SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR

Sistem Jalur pengapian sepeda motor :

Asalamualaikum wr,wb
Kali ini kita akan belajar mengetahui jalur dari sistem pengapian Sepeda motor, semoga ini bisa sedikit membantu yang mau oprek motor sendiri,
Membuat skema tentang jalur atau skema sistem pengapian CDI ini sebetulnya sudah saya post tapi gak apa semoga kali ini bisa di pahami,
Pada setiap kendaraan bermotor, yang namanya sistem pengapian selalu diperhatikan, karena di sini banyak penyebab-penyebab terjadinya mogok pada kendaraan kita,
Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kalau kita belajar memahami jalur-jalur dari sistem pengapian,

Pengapian, 
pada sepeda motor tentu saja sangat penting peranya dikarenakan mesin bisa hidup karena adanya komponen-komponen yang salah satunya ialah pengapian selain, untuk membakar bahan bakar di ruang akompresi, Di sebut Pengapian juga karena adanya beberapa rangkaian komponen-komponen seperti contoh CDI /kondensator-(Capasitor Discharge) ini merupakan salah satu jenis komponen dari sistem pengapian pada sepeda motor
CDI, sendiri yang berperan sebagai penyimpan arus dari input dan kemudian di lepaskan ke ignition Coil untuk di perbesar dan di serahkan ke Spark plug /busi untuk membakar BBM di ruang pemadatan (kompresi)
Sedangkan sistem CDI ini juga ada dua macam yaitu
SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR

  • CDI AC dan CDI DC

  •  CDI AC merupakan cdi yang bersumber dari altenator atau (Spul) yang di hasilkan melalui arus bolak -balik atau (AC) lalu Untuk menyuplai ke bagian CDI AC,
    Sedangkan pada CDI jenis DC, ini lebih sederhana dan simpel lagi, karena tak membutuhkan altenator atau dari Spul arus bolak-balik tadi ,Cdi DC ini hanya membutuhkan output dari tegangan+12vol dari batrai yang di hasilkan dari regulator (kiprok) untuk pengisian ke batrai (aki)
Sistem Jalur pengapian sepeda motor


Sedang kedua cdi ini harus di dukung juga dari komponen-komponen lainya yang sama-sama penting fungsinya misalnya, seperti (pulser), pulser sendiri berfungsi sebagai sensor data yang di butuhkan oleh CDI, dan untuk di baca dan di lepaskan lagi ke koil


PULSER
SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR

  Sedangkan (Pulser) sendiri mempunyai peran dan tugas untuk membaca sinyal data, yang di hasilkan dari pickup yang berada di bagian badan magnet,
 (Pulser)ini juga sebagai penentu kapan percikan api akan menyala dan kapan percikan api akan berhenti menyala yang lalu di kirim ke CDI,
KOIL



SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR


Komponen-komponen lain ialah (KOIL), koil sendiri Berperan sebagai memperbesar daya tegangan listrik yang tadinya 12v menjadi 20kv Bahkan bisa lebih, ini bertujuan agar bisa memberikan bunga api besar pada busi..

Spark plug


SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR

Spark plug atau yang biasa kita kenal Busi, nah sedangkan Busi ini berperan sebagai memercikkan bunga api untuk membakar bahan bakar BBM yang ada di dalam ruang pemadatan kompresi yang sudah siap di bakar atau di ledakan

Contoh sistem pengapian Ac


SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR



Contoh sistem pengapian Dc

SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR


Maaf gambar nya kurang bagus karena masih menggunakan android abal abal 🤭


Sementara ini dulu pembahasan mengenay sistem pengapian pada sepeda motor kesayangan kita
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
Dan selamat ber OTAK-ATIK di rumah masing"
Wasallam,,wr,wb 
 

 Salam otodidak 


Baca Juga
close