Cara mengecek elektrik starter motor
Photo by pixabay.com |
lalu bagaimana jika mengalami masalah pada bagian elektrik starternya yang menyebabkan mesin tidak bisa hidup, Jika motor yang kamu punya sudah di lengkapi dua tipe starter itu tidak menjadi masalah karena kamu masih bisa menggunakan kick starter manualnya untuk menghidupkan mesin motor kamu,
Akan tetapi jika motor kamu hanya memiliki satu tipe starter yaitu elektrik starter tentunya kamu akan merasa jengkel jika mengalami mogok ketika mau jalan, Sebab motor yang akan kamu bawa kemana-mana tidak mau hidup, tapi kalau ini benar-benar darurat kamu nisa pakai cara mendorongnya dengan cara memasukan gigi 2/3 sambil dalam posisi di kopling ketika dirasa sudah kuat lepas kopling otomatis mesin akan hidup,
Tapi kali ini kita akan membahas belajar mengecek dan memperbaiki elektrik starter yang mengalami mati dengan tiba-tiba dan gak bisa menyalakan mesin,
2, Coba kamu cek bagian kabel yang tersambung oleh starter, socket atau yang terhubung dengan tombol starter. Pakai alat tester kalian bisa bikin sendiri dari dop riting untuk mengecek ada tidaknya arus listrik yang di alirkan oleh starter. Apabila ada kabel konektor yang putus tester tersebut tidak menyala, kalau kamu punya Avometer kalian bisa gunakan alat tersebut, tombol elektrik starter juga harus di cek karena jika tombol mengalami karatan atau kotor pada tembaganya ini bisa mengakibatkan tidak koneksi dengan aliran ke bendik ,
3, Bagian Relay Starter juga harus di perhatikan, relay ini merupakan saklar elektromagnetik yang menjadi konektor arus listrik dari sumber tenaga langsung dari baterai atau aki ke dinamo starter yang di koneksikan oleh tombol starter, kamu bisa pakai cara pengecekan pada relay bendik tersebut caranya di relay bendik ada dua kabel kecil yang satu tempelkan ke masa yang kedua tempelkan ke 12+ jika relay bunyi cetak-cetak berarti relay/bendik tidak masalah selanjutnya hubungkan dua baut atau kosletkan baut yang ada pada relay atau bendik tersebut jika saat di konekkan langsung melalui relay bendik, tapi dinamu tidak ada reaksi aama sekali, sudah di pastikan dinamonya bermasalah ,bisa karena brostel Habi atau kotor .
Kesimpulan nya jika kita mengalami masalh tidak nyalanya pada elektrik starter pengecekan pertama memastikan baterai terlebih dahulu ciri-ciri baterai lemah bisa kita lihat
Saat tombol elektrik starter kamu pencet lampu netral terasa redup seketika jika di motor kamu tidak ada lampu indikator netral nya karena memang tak semu motor ada lampu indikator netral nya ,tapi kamu bisa lihat dengan cara menyalakan riting/sen lalu pencet tombol klakson jika klakson berbunyi seperti sirine tandanya aku mulai lemah jika kamu ingin lebih memastikan lagi nyalakan riting+klakson lalu pencet tombol starter nya jika baterai lemah otomatis suara klakson akan berhenti ,
Tes power bateri jika sudah menunjukkan angka 12 volt atau lebih berarti kondisi baterai aman dan layak untuk kebutuhan elektrik starter, akan tetapi apabila hasil angka tesnya dibawah 12 volt jadi dapat dikatakan baterai mengalami masalahan dan baterai harus di charge isi ulang jika tetep tidak bisa sudah dipastikan baterai sowak atau rusak, ( daya maksimal low.)
Baca juga:
Ciri-ciri sepul CDI (AC) mulai lemah
Cara gulung ulang spul CDI (AC)
Warna kabel body untuk sepeda motor
Sementara ini yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
~~¥~~
Assalamualaikum wr,wb