Assalamu'alaikum wr,wb
Pixabai.com |
Walaupun kedengarannya sepele tapi ini penting juga untuk keselamatan berkendara,dan saya buat artikel ini untuk yang masih awam meski yang mahir juga tidak apa-apa membacanya 🙏
Yang sudah terbiasa Oprek motor ini hal yan mudah, tapi sangat penting bagi yang belum tahu,
Baik kita akan bahas bagaimana merawat dan menjaga agar Rantai lebih awet,
kita ketahui Rantai itu berfungsi sebagai penghubung dari putaran mesin ke bagian roda melalui rantai,
Jika rantai kamu ingin tetap kondisi bagus dan awet, sebaiknya setiap 5000 km, wajib kamu periksa dan perhatikan kondisinya agar rantai kamu tetap bagus, yang dimaksud periksa itu, tujuannya untuk memastikan rantai dalam kondisi aman, dan tidak kering atau kotor, apalagi saat musim penghujan seperti ini, pelumas rantai jadi mudah hilang karena seringnya terken air,
Rantai juga membutuhkan pelumas agar tidak mudah berkarat, yang bisa menimbulkan suara, dan setiap di gunakan rantai mengalami gesekan dari gir, jadi harus di beri pelumas agar mata-mata dan roller tidak mudah aus,
Untuk menghindari aus yang lebih cepat, sebaiknya kamu beri pelumas khusus rantai , jika tidak ada beri pelumas yang masih bagus tidak apa-apa, dari pada tidak sama sekali,
Baca juga: buat kunci rahasia sendiri:
Cek kondisi nap gir atau temoat dudukan gir yang ada di samping tromol sebelah kiri, Setiap gir yang menempel di tromol motor kamu, itu tidak langsung bersentuhan dengan tromol, jadi di situ ada yang namanya bos-bos an, seperti yang ada di motor Honda Gl max,/pro, megapro/Honda Tiger, semua itu menggunakan jenis Bos-bos an,
Belajar mekanik secara otodidak
Ada juga tromol yang memakai karet untuk peredam Gir,atau biasa disebut karet tromol seperti yang ada di motor bebek contohnya:
Honda: Grand,supra dan generasinya,
Yamaha: contohnya, Alfa , Vega , Jupiter dan generasinya ,
Suzuki: Shogun, smash, dan generasinya,
Bila bos-bos an/karet tromol mengalami kerusakan dan kocak, sebaiknya segera ganti bos/karet tromolnya,
Karena kondisi seperti ini membuat umur rantai menjadi pendek, sebab fungsi dari bos-bos an dan karet tromol yang buat rumah gir, fungsinya untuk meredam kejut yang dihasilkan dari putaran dalam mesin, dan rantai pun menjadi mudah molor karena kerja rantai menjadi kasar dan mudah molor,
Ciri-ciri bos-bosan/karet tromol aus atau waktunya ganti, ialah ketika gas di tarik pelan, terasa ada hentakan seoerti di dorong dari belakang( kasar ), dan begitu gas di turunkan terasa ada yang menahan atau menarik dari belakang, jika mengalami hal seperti itu Sebaiknya cek kondisi karet tromol yang ada di balik atau di belakang nap gir tersebut, bila mengalami kocak sebaiknya di ganti saja, rantai kondisi kendor juga bisa terasa seperti itu,,
Jika tidak segera di tangani rantai akan mengalami kerusakan yang lebih cepat ciri-ciri kerusakan seperti,
• seringnya rantai kendor
• Roller dan mata rantai menjadi oblak atau tidak stabil(kendor-kenceng) lagi,
penyetelan:
Lakukan penyetelan:
Caranya:
Kendorkan mur as roda belakang dan mur pengunci stelan rantai
Kendorkan mur batang penahan panel
Kendorkan baut penyetel rantai
Lalu setel kembali jangan terlalu kencang juga tidak terlalu kendor,
Pastikan posisi kiri dan kanan untuk melihat kelurusan roda antara depan dan belakang dan samping,
Ukuran piston Yamaha
Musim penghujan seperti ini rantai sering mengalami kering jadi kita harus sering-seringlah mengecek kondisi rantai tersebut agar tidak mudah kendor Karen seringnya kering terus menjadi aus pada mata-mata roller rantai,
- Sementara ini yang bisa saya informasikan mengenai merawat rantai,
Semoga Bermanfaat:
Salam otodidak 🤝
Wassalamualaikum wr wb,