Assalamu'alaikum wr,wb
Panduan Lengkap Merawat dan Menyetel Rantai Sepeda Motor
Selamat malam gan! Mumpung di luar hujan sangat lebat, lebih baik waktu saya gunakan untuk menulis. Kali ini kita akan bahas tentang merawat dan menyetel rantai sepeda motor.
Walaupun kedengarannya sepele, ini adalah hal yang **penting** untuk keselamatan berkendara. Artikel ini dibuat khusus untuk yang masih awam, meski yang mahir juga tidak apa-apa membacanya. 🙏
Bagi yang sudah terbiasa oprek motor, ini hal yang mudah. Tapi sangat penting bagi yang belum tahu. Baik, kita akan bahas bagaimana merawat dan menjaga agar rantai lebih awet.
Seperti kita ketahui, rantai berfungsi sebagai penghubung putaran mesin ke bagian roda melalui gir. Jika rantai kamu ingin tetap kondisi bagus dan awet, sebaiknya setiap **5000 km** wajib kamu periksa dan perhatikan kondisinya.
⚙️ Tips Perawatan Harian Agar Rantai Awet
-
Perhatikan Pelumasan Rantai
Rantai membutuhkan pelumas agar tidak mudah berkarat, yang bisa menimbulkan suara berisik. Rantai mengalami gesekan dari gir, jadi harus diberi pelumas agar mata-mata dan roller tidak mudah aus.
Apalagi saat musim penghujan, pelumas rantai jadi mudah hilang karena sering terkena air. Untuk menghindari aus yang lebih cepat, sebaiknya kamu beri pelumas khusus rantai. Jika tidak ada, beri pelumas yang masih bagus tidak apa-apa, daripada tidak sama sekali.
-
Cek Kondisi Nap Gir/Karet Tromol
Cek kondisi nap gir atau tempat dudukan gir yang ada di samping tromol sebelah kiri. Setiap gir yang menempel di tromol motor kamu, itu tidak langsung bersentuhan dengan tromol. Di situ ada yang namanya **bos-bosan** atau **karet tromol**.
Contoh Motor yang Menggunakan Karet Tromol/Bos-bosan:
- Honda: GL Max/Pro, Megapro/Tiger (menggunakan bos-bosan).
- Motor Bebek (menggunakan karet tromol): Honda Grand, Supra, Yamaha Alfa, Vega, Jupiter, Suzuki Shogun, Smash, dan generasinya.
Bila bos-bosan/karet tromol mengalami kerusakan dan kocak, sebaiknya segera ganti. Kerusakan pada komponen ini membuat umur rantai menjadi pendek, sebab fungsi utamanya adalah **meredam kejut** yang dihasilkan dari putaran mesin. Rantai akan menjadi kasar dan mudah molor.
⚠️ Ciri-Ciri Karet Tromol Waktunya Ganti
Ciri-ciri bos-bosan/karet tromol aus atau waktunya ganti adalah:
- Ketika gas ditarik pelan, terasa ada **hentakan kasar** seperti didorong dari belakang.
- Begitu gas diturunkan, terasa ada yang **menahan** atau menarik dari belakang.
Jika mengalami hal seperti itu, segera cek kondisi karet tromol. Rantai yang kendor juga bisa terasa seperti itu, jadi cek keduanya.
Jika tidak segera ditangani, rantai akan mengalami kerusakan yang lebih cepat. Ciri-ciri kerusakan rantai parah:
- Seringnya rantai kendor tiba-tiba.
- Roller dan mata rantai menjadi oblak atau tidak stabil (kendor-kenceng).
🔧 Prosedur Penyetelan Rantai
Lakukan penyetelan dengan cara ini:
- Kendorkan mur as roda belakang dan mur pengunci stelan rantai.
- Kendorkan mur batang penahan panel (jika ada).
- Kendorkan baut penyetel rantai.
- Lalu setel kembali jangan terlalu kencang, juga tidak terlalu kendor.
- Pastikan posisi kiri dan kanan stelan rantai **sama** untuk melihat kelurusan roda antara depan dan belakang.
Musim penghujan seperti ini, rantai sering mengalami kering. Jadi kita harus sering-sering mengecek kondisi rantai tersebut agar tidak mudah kendor karena sering kering dan menjadi aus pada mata-mata roller rantai.
Sementara ini yang bisa saya informasikan mengenai merawat rantai. Semoga Bermanfaat.
Salam otodidak 🤝
Wassalamualaikum wr wb