Mencari solusi tentang Gigi rasio yang cocok dan pas buat touring

- GL 100
- GL max series
- GL max neotegh
- Gl pro platina
- GL pro series
- GL pro neotegh
- Megapro
- GL 200(Tiger)
![]() |
Pixabay |
Kenapa saya ambil tema tentang motor yang satu ini, karena walaupun di era serba modern ini, tentang dunia otomotif, yang masih banyak di gandrungi bagi pecinta motor di Nusantara ini yaitu keluarga Honda,
Yang membuat para penggemarnya tetap setia dengan jenis-jenis motor yang satu ini adalah, mudahnya mencari part, mulai dari keluaran Honda Cb GL Megapro dan juga Tiger, semua terkesan serba auto PNP, π
Maka dari itu tidak heran jika motor Cb GL Megapro juga Honda Tiger,bisa saling selingkuh π dan saling bertukar part atau saling isi kekurangannya,
Untuk memotong ocehan saya π€ kali ini kita akan melihat di bagian girbok atau Gigi Rasio dari keluarga Honda ini untuk mendapatkan hasil terbaik bagi yang suka perjalanan jarak jauh atau touring,
Disini kita akan mencoba mencari jumplah Rasio manakah menurut kalian atau transmisi yang cocok buat touring,
Di bawah ini saya akan memberikan contoh agar bisa jadi referensi untuk di olahππ€ dan menghasilkan yang sesuai keinginan kita,

- Urutan gigi: primer-skunder
CB 100 K5
1: 13-362: 17-32
3: 20-29
4: 23-27
5: 25-25
CB 100 K2 atau CB Gelatik
1: 14-352: 18-31
3: 21-28
4: 24-26
5: 26-24
GL 100
1: 13-362: 17-32
3: 20-28
4: 23-26
5: 25-24
GL 125
1: 13-362: 17-32
3: 20-28
4: 23-26
5: 25-24
GL PRO lama (Platina)
1: 13-362: 17-32
3: 20-28
4: 23-26
5: 25-25
GL PRO Series
1: 13-362: 17-31
3: 20-28
4: 23-26
5: 25-24
GL MAX Neo Tech
1: 13-362: 17-31
3: 19-26
4: 22-24
5: 31-22
GL PRO Neo Tech
1: 13-362: 18-31
3: 19-24
4: 22-22
5: 31-26
GL 200(Tiger)
1: 11-282: 16-27
3: 25-32
4: 24-25
5: 28-31
6: 27-22
Dari jumlah rasio di atas, rasio manakah yang cocok dan ideal untuk motor jarak jauh /touring, silahkan yang mau berbagi pengetahuan atau solusi bisa isi kolom komentar dibawah sanaπ
- Kembali saya sampaikan tentang keluarga yang satu ini,
Motor tua Honda CB adalah harta Karun para pecinta sepeda motor tua terutama di negeri ini, Sebagian besar model CB adalah bukan asli dari motor cb tersebut, melainkan bentuk dari hasil memodifikasi jenis motor lainnya seperti Honda:
- GL 100
- GL max series
- GL max neotegh
- Gl pro platina
- GL pro series
- GL pro neotegh
- Megapro
- GL 200(Tiger)
Hal tersebut dikarenakan jumplah penggemarnya jauh lebih banyak dari produk CB aslinya,
Alhasil sepeda motor-motor yang semula terdapat di daftar diatas tadi di rubah bentuk dan di modifikasi seperti Honda CB aslinya, karena bentuk kecintaan terhadap CB sampai tidak sedikit merogoh kocek lebih dalam, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan,
Hingga saat ini Model CB walaupun modelnya yang lebih kecil tapi kepopuleranya lebih besar dari bentuknya dan ketenarannya sampai se Nusantara,
Menurut kalian Gigi rasio yang cocok buat touring yang mana, tergantung selera anda πππ€