Assalamu'alaikum wr,wb
Pas lagi hujan-hujan gini cuba saya buat nulis semoga bisa bermanfaat,
Mari kita sama-sama belajar mengenal Perbedaan komponen mesin dua tak sama empat tak:Secara keseluruhan dimana kita sudah bisa memprediksi atau istilah umum sudah mengetahui dengan menebak , mana kendaraan motor dua tak, juga mana motor yang empat tak,Yang paling mudah dan sering kita jumpai kendraan motor yang ada asapnya itulah ciri-ciri motor dua tak, memang itulah tanda yang paling mudah jika orang awam melihat dari segi asap yang mengepul dari knalpot,
Daftar artikel lain:
Lalu bagaiman jika motor yang bukan dua tak juga mengeluarkan asap dari knalpot seperti motor empat tak juga bisa mengeluarkan asap dari knalpot di karenakan kebocoran pada ring piston juga lainnya,bila asap jadi patokan untuk memastikan mana motor dua tak dan empat tak,
Mari kita saling berbagi pengetahuan, dengan sama-sama belajar di sini,bila nanti ada yang kurang bisa kalian tambahkan di kolom komentar dibawah sana ππ
Untuk mengetahui lebih banyak daripada ciri dan perbedaan motor dua tak dengan empat tak,
Kita coba lihat dari segi komponen yang membedakan pada mesin dua tak antara lain,
- Kepala silinder
- Di kepala silinder dua tak tidak adanya seperti klep
- Tidak ada noken as kontribusinya sangat sederhana sekali
- Tidak adanya templar (pelatuk) yang mendorong ujung klep seperti di motor empat tak,
- Silinder (buring)
- Di sini pada motor dua tak, ada rongga-rongga atau lubang, fungsinya untuk masuknya bahan bakar yang sudah di olah oleh karburator agar masuk kedalam silinder untuk di bakar,
- Rongga/lubang berikutnya, untuk membuang sisa hasil pembakaran untuk di atau lubang pembuangan knalpot
- Piston seker
Di motor dua tak juga bisa kita lihat dari seker atau pistonnya
- Bagian dari piston yaitu tempat dudukan ring piston ada semacam tonjolan, tujuannya agar ring piston tidak berputar
- Ring piston pada dua tak hanya ada dua jumlahnya yaitu ring kompresi atas dan ring kompresi bawah,
Sekarang Kita coba lihat dari komponen yang membedakan pada mesin empat tak antara lain,
- Kepala silinder
- Di dalam kepala silinder empat tak ada dua klep, yaitu klep (IN) untuk membuka atau menutup saluran masuknya bahan bakar (BBM)-klep (EX) untuk membuka dan menutup saluran buang sisa gas pembakaran
- Templar yang berfungsi sebagai penekan ujung batang klep
- Noken as yang mengatur durasi pada ujung pelatuk untuk menekan klep secara bergantian
- Silinder (buring)
- Di dalam silinder tidak ada rongga-rongga atau lubang sperti kepunyaan silinder dua tak
- Bagian samping silinder terdapat rantai penghubung atau biasa disebut rantai kamprat
- Piston
- Jika piston dua memiliki dudukan tempat ring dan ada tonjolannya namun pada empat tak tidak ada dan ring piston bisa di putar untuk di atur posisinya
- Ring piston empat tak jumlahnya ada "tiga"yaitu ring kompresi paling atas dan di tengahnya dan paling bawah ring untuk pelumasan
Itulah sedikit perbedaan antara mesin dua tak dan juga mesin empat tak dari segi komponen mesin, bila kalian ingin menambahkan silahkan isi di kolom komentar sudah tersedia di bawah sanaπ
Mohon maaf bila ada kekuranga dari segi penulisan artikel di atas hanyalah sedikit contoh perbedaan kedua jenis motor tersebut, memang cara mudah membedakannya cukup melalui asap dari knalpot, namun seperti yang telah saya sebutkan di atas knalpot yang keluar asap bukan saja motor jenis dua tak, namun bila motor empat tak mengalami kerusakan pada atau kebocoran pada ruang bakar,hal ini juga bisa menimbulkan keluarnya asap melalui knalpot,