3 manfaat bisa memperpanjang umur aki lebih awet
Baterai (aki) salah satu komponen yang sangat penting untuk kelistrikan sepeda motor, peranannya sebagai mensuplai
seperti:
- Klakson
- Sein(reteng)
- Switch rem
- Indikator
- Elektrik starter
- CDI DC
Banyaknya pasien yang datang mengeluhkan kenapa baterai (aki) sekarang tidak se awet aki jaman dulu katanya, ada lagi yang bilang,dulu aki bisa bertahan sampai 2-3tahun.
Tapi sekarang jangankan 2tahun satu tahun saja kadang gak nyampe, ladang 5-6bulan udah mulai Soak tambahnya lagi,
Saya tidak mengatakan bahwa baterai (aki) sekarang tidak se awet jaman dulu,, namun menurut saya ya, jangan melihat dari segi baterai nya saja, tapi coba kita bayangkan sebelum kita mengatakan aki dulu lebih awet,
Kalau jaman dulu aki Memeng bisa bertahan bertahun-tahun itu di karenakan kebutuhan dulu tidak sebanyak sekarang,
Kalau kendraan jaman dulu aki jarang di gunakan untuk siang hari , kalau siang hari di gunakan hanya untuk klakson atau sein , itu aja yang sering,
Coba kita lihat kendraan sekarang semua serba menggunakan aki, sedang sumber daya yang di hasilkan sama dengan dulu akan tetapi kebutuhan lebih banyak dari dulu,
Sebagai contoh, regulator atau biasa' di sebut kiprok yang berfungsi sebagai charger atau pengisian untuk mengisi ulang daya ke baterai, kita lihat kalau jaman dulu aki di siang hari bisa ter isi penuh dan arus listrik dari spul dulu hanya fokus menyuplai ke baterai (aki) tidak ke lainnya,
Lalu bagaimana cara yang sederhana Agar ada bisa memperpanjang umur aki lebih awet
Coba kita perhatikan lagi, bagaimana bisa aki bisa awet sedangkan penggunaan terlalu berlebihan, sedangkan waktu pengisian seperti dulu sudah tidak bisa mengimbangi dengan kebutuhan yang digunakan,
Baterai (aki) dulu di manjakan dengan pengisian di siang hari jadi sumber dari spul hanya untuk aki di siang hari, tapi tidak untuk sekarang, aki yang sekarang harus berbagi dengan yang lainnya, seperti lampu siang malam yang terus-menerus menyala,
Intinya aki yang dulu lebih awet di karenakan arus dari spul tidak di bagi -bagi , lampu di pakai pun hanya di malam harinya, otomatis di siang hari aku bisa terisi penuh,
Apalagi sekarang serba menggunakan baterai (aki) walau kita harus mengikuti era sekarang, namun untuk mengurangi keborosan daya seperti halnya orang Dagan, kalau bisa pengeluaran lebih sedikit dari pemasukan agar tidak mengalami tekorππ
Berikut adalah skema atau gambar jalur untuk pemasangan saklar lampu
![]() |
Lampu langsung nyala saat mesin hidup |
![]() |
Sudah terpasang saklar lampu on-off |
Gambar yang kedua itu adalah skema dari kelistrikan motor yang lama yang masih memakai saklar on-off sebelum Sekar dihilangkan,
Semoga ini bisa manfaat dan membantu kamu untuk memasang sklar on-off