Aug 20, 2021

Busi sering mati dan cara pengecekannya

Tags

  • Busi sering mati dan cara pengecekannya


busi sering mati



Busi
  pada motor berfungsi sebagai penyala api di ruang bakar yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar yang sudah di sempurnakan dan dalam penetapan,
 Busi juga bisa untuk kalian jadikan suatu cara untuk mengetahui dalam proses penyetelan karburator sudah menemui ketepatan atau belum.
ada ciri-ciri untuk kalian jadikan sebagai patokan saat melakukan penyetelan pada motor kesayangan kamu,

dari busi kamu bisa mengenali seperti apa proses pembakaran yang ada di ruang bakar atau silinder tersebut, dan ada tiga tanda warna itulah yang akan kalian jadikan patokan dalam proses penyetelan nantinya,

Ada tiga warna bekas yang dihasilkan oleh sisa pembakaran bahan bakar tersebut jika warna dan bila Kondisi di area ujung Elektroda sebagai berikut:

1.  Bersih, kekuning-kuningan atau coklat
itu menunjukkan pembakaran sudah sempurna atau dari segi pembakaran pas penyetelan,

2.  Buram, kusam keitam-hitaman seperti arang 
itu menunjukkan pembakaran terlalu boros atau tidak tepat dalam penyetelan, hal tersebut dikarenakan tidak semua bahan bakar terbakar habis di ruang bakar,

3.  Bersih, putih kering , ini menunjukkan proses pembakarannya terlalu miskin atau irit efek dari busi seperti ini mesin mudah panas dan jika perjalanan jauh juga berisiko ngejem (ceket) 


Biasannya dari pengalaman tersebut saya dapatkan hasil patokan dari tiga warna tadi . dan membaca dari hasil pembakaran dari busi, walaupun ini bukanlah satu-satunya untuk menyelesaikan masalah pada kendaraan , akan tetapi jika kita mau telaten mencari penyebab-penyebab yang ada di kendaraan bukan tidak mungkin permasalahan akan cepat teratasi, salah satunya cara yang sering digunakan yaitu pengecatan pada bagian busi tersebut, untuk mengetahui hasil pembakaran, aba setingan terlalu irit sedang atau boros,  

 Bagi saya busi merupakan komponen terakhir pada sistem kendaraan yang berfungsi untuk memercikkan bunga api dan bertugas membakar yang sudah melalui proses pemadatan di dalam silinder, pada saat akhir langkah kompresi yang sudah ditentukan,

itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan sebuah penyetelan saat melakukan servis sendiri, 
 selain itu kita juga harus pastikan kondisi busi yang kita pasang dalam keadaan normal tidak mengalami kerusakan atu setengah mati, agar kita bisa dapatkan hasil yang maksimal,

 selain itu penyebab lainnya seperti:

Adanya suatu kebocoran Sehingga berakibat tenaga mesin yang didapat pada mesin tersebut menjadi tidak stabil, dan imbas dari kebocoran pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran menjadi tidak bisa maksimal dan sempurna. Efeknya adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam pekat.

busi berfungsi sebagai penyalur dari listrik bisa dari aki jika motor memakai sistem DC dan spul jika sistem AC, lalu menuju komponen yang bertegangan tinggi yaitu igntion coil dan melalui elektroda yang ada di dalam busi tersebut,

baca juga : sistem pengapian 

Dari sini kita belajar bagaimana mengenali kondisi busi dan beberapa penyebab busi mengalami masalah seperti diatas tadi, 
maka dari itulah perlunya kita merawat busi seperti membersihkan ujungnya dari kotoran sisa pembakaran tersebut.

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi tentang penyebab Busi sering mati dan cara pengecekannya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, 

baca juga πŸ”©

BangAli : Pendiri

web referensi :

otoabm | blog otodidak

"Halo, saya Bangali. Saya adalah penulis dan pemilik blog ini. Saya sangat bersyukur bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman saya tentang belajar otomotif secara otodidak dengan adanya situs ini saya bergarap bisa bermanfaat untuk Anda semua.”