pixabay.com |
spul motor bisa rusak efek kebanjiran
Namun tidak ada salahnya jika kamu cek terlebih dahulu sebelum memutuskan kerusakan ke yang lebih parah.. yaitu cek terlebih dahulu yang ringan-ringan bro,,
- Menepi cari tempat;
- Cek pada bagian busi;
Nah bila kejadian kamu mirip seperti di atas yang saat mogok saat menerjang banjir atau genengan air . kamu bisa coba cek di area busi, coba kamu menepi cari tempat agar pengerjaan perbaikan lebih tenang, coba kamu buka tutup busi (cop busi) dan cabut dari kabelnya lalu coba kamu bersihkan dengan kain dan sambil tiup-tiup agar cepet kering ,dan bersihkan area busi tersebut agar tidak terjadi konsleting di bagian badan busi dengan body ( massa )
selain itu perlu diperhatikan jika terjadi banjir usahakan jangan menerjang Karena ada banyak rangkaian kelistrikan serta akan berbahaya jika air tersebut masuk kedalam saluran intake,,,
kamu juga bisa dengan cara membuka busi tersebut dan mengengkol terus menerus , hsl tersebut dilakukan karena takutnya ada air yang masuk melalui knalpot dan masuk keruang bakar alhasil pembakaran tidak bisa sempurna,
Selain itu saat kamu menerjang genangan atau banjir, terkadang masalah yang muncul biasanya tidak langsung dirasakan biasanya akan terasa beberapa hari kemudian dan akan sering merasakan motor tidak nyaman saat di Kendari ,
memang sih biasanya sehabis nerjang banjir motor tidak mengalami suatu hal sedikitpun namun di kemudian hari kadang pemilik motor merasakan hal yang tidak nyaman kadang motor enek saat di langsam kadang tau-tau nyendat-nyendat habis gitu tau-tau mogok, di hidupin sulit di biarkan bentar di coba kembali eh hidup , nah pernah kan ngalami seperti ini,
- Cek pada karburator;
Jika kejadian mogok saat nerjang banjir dan langsung mesin mati kamu bisa lakukan seperti hal di atas tadi dengan melepas tutup busi dan membersihkan namun jika motor mengalami ketidak normalan beberapa hari setelah menerjang banjir, ini biasanya terjadi air tersebut masuk ke ruang karburator karena air yang masuk kedalam karburator ini akan mengganggu proses dalam pembakaran,
karena bercampur dengan air Sehingga pembakaran didalam ruang bakar akan sulit terjadinya proses pembakaran, dan mengakibatkan busi yang menjadi basah hal yang harus dilakukan adalah membuka karburator dan membersihkan, dari air.Namun jika kamu tidak bisa cara membuka pembuangan yang terletak di bagian bawah karburator biasanya di bawah ada obeng (-)skrup nah kamu buka pastikan tidak tercampur air , dan ingat jangan terlalu lama, karena air jika ada di dalam posisinya di bawah jadi ketika kamu buka dan keluar maka airnya dulu yang akan keluar, segera tutup kembali,
jika motor kamu memiliki sistem pengapian dari spul kering seperti AC atau arus bolak-balik biasanya sepul ini mudah terjadi konsleting jika terkena air atau sehabis kebanjiran, yang harus kamu lakukan adalah membukanya, coba kamu keringkan dan angin-anginkan, hal tersebut biasanya spul CDI ini rawan konsleting bila terkena air selain rawan konsleting juga rawan putus dan mudah gosong,
dan jika hal yang paling fatal terjadi seperti spul terbakar dikarenakan motor sehabis kebanjiran yaitu spul bisa gosong dikarenakan konsleting saat terkena airsolusinya adalah dengan menggulung ulang ke tukan spul atau bengkel terdekat ,
namun jika kamu ingin belajar menggulung ulang spul CDI kamu bisa belajar sendiri, kamu bisa mencai artikel tentang belajar menggulung ulang spul CDI,
baca juga;
sementara ini dulu yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua amin 🤲