Cara membuat kunci rahasia motor sendiri
Maraknya kasus pencurian sepeda motor (curanmor) membuat pemilik was-was. Bahkan pencurian seringkali berani berlangsung siang bolong.
Sebagai pemilik kendaraan kita harus selalu waspada. Kejadian bisa terjadi di parkiran umum, halaman rumah, atau tempat lain — jangan sampai lengah.
Cara Pasang kunci rahasia motor dengan alat tambahan
Kita membutuhkan alat tambahan sederhana untuk pengaman, seperti klakson tambahan, saklar, dan kabel. Berikut skema & keterangan:
    Gambar: skema rangkaian kunci rahasia motor
| Bagian | Keterangan | 
|---|---|
| Aki | Sumber daya utama untuk rangkaian (positif & negatif). | 
| Saklar | Untuk memutus/menyambung aliran arus ke klakson atau sistem pengaman. | 
| Klakson | Komponen yang dimanfaatkan sebagai sensor/pemutus arus tambahan. | 
| Kontak | Posisi on/off standar motor — sumber positif sesudah kontak bila diperlukan. | 
Keterangan untuk kabel (tabel)
| No | Jenis Kabel | Keterangan | 
|---|---|---|
| 1 | Kabel massa | Digunakan untuk ground/negatif sambungan klakson. | 
| 2 | Kabel dari saklar | Menghubungkan saklar ke klakson atau ke sumber arus. | 
| 3 | Kabel ke positif aki | Ambil arus positif langsung dari aki (lebih efektif, klakson bisa aktif terlepas dari kontak). | 
| 4 | Kabel positif setelah kontak | Alternatif jika sulit mengambil arus langsung dari aki; memerlukan kontak posisi ON terlebih dahulu. | 
Kunci rahasia Anti maling untuk motor transmisi (gigi)
    | Bahan | Keterangan | 
|---|---|
| Klakson | Gunakan klakson tambahan (jangan pakai bawaan jika ingin aman dari skema berbeda). | 
| Saklar | Saklar kecil tersembunyi untuk memutus/menyambung arus. | 
| Kabel (±0.5–2 m) | Panjar kabel dari indikator transmisi (1/2 m biasanya cukup) untuk mengaktifkan klakson pada gigi tertentu. | 
Penjelasan singkat: sambungkan kabel massa klakson ke kabel indikator gigi (mis. netral atau gigi 1). Jika disambung ke netral, klakson akan aktif saat gigi dipindah ke posisi netral (bergantung sambungan yang dibuat).
Kunci rahasia Anti maling untuk motor non transmisi (matic)
    | Komponen | Fungsi | 
|---|---|
| Kabel massa | Ground untuk klakson. | 
| Kabel positif sebelum/ sesudah kontak | Sumber arus untuk mengaktifkan klakson via saklar. | 
| Kabel saklar ke klakson | Jalur kontrol dari saklar ke klakson. | 
Catatan: untuk matic lebih mudah karena cukup memanfaatkan positif dari kontak; saklar memutus jalur tersebut sehingga klakson tidak aktif kecuali saklar ON.
Langkah pemasangan (tabel)
| Langkah | Deskripsi | 
|---|---|
| 1 | Putuskan arus dengan melepas terminal negatif aki sebelum mulai kerja. | 
| 2 | Tentukan posisi klakson dan saklar tersembunyi (mis. bawah jok, balik panel). | 
| 3 | Sambungkan kabel positif aki ke terminal klakson (atau ke positif setelah kontak bila memilih metode matic). | 
| 4 | Sambungkan terminal klakson ke saklar, dan sambungkan saklar ke massa/ground sesuai skema. | 
| 5 | Rapatkan semua sambungan dengan skun & isolasi, rapikan kabel dengan zip tie, pasang kembali aki, lalu uji fungsi. | 
Penutup & Peringatan
Modifikasi listrik berisiko (korsleting, kerusakan, atau hilangnya garansi). Jika ragu, minta bantuan teknisi. Panduan ini untuk tujuan edukasi dan pencegahan.
Semoga bermanfaat — selamat mencoba!