Bagaimana cara menjaga piston atau seher yang terdapat di dalam mesin kendaraan tersebut , apa tiap bulan harus bongkar pasang untuk membersihkan piston atau seher tersebut ,
Ya tidak seperti itu ya gan kalau untuk motor jenis 2dua tak sih tidak menjadi masalah namun kalau untuk motor 4empat tak seperti Honda Beat misalnya , caranya menjaga agar piston tetap bersih salah satunya adalah memakai bahan bakar yang sudah di rekomendasikan seperti pertamak hal yang paling penting selain itu adalah kita wajib rutin mengganti oli mesin tersebut Dengan tepat waktu,
Manfaat Melakukan servis rutin ;
Melakukan Servis pada kendaraan bermotor ini memang sangat dianjurkan, kenapa ?
Pertama untuk menjaga agar kondisi motor kita tetap dalam kondisi prima,
Baca juga: diameter piston motor Honda
Kedua , bila dengan kita rutin melakukan servis terhadap kendaraan motor kita otomatis jika ada hal yang kurang tepat atau ada sesuatu mengenai komponen yang sudah tidak layak lagi ini akan ketahuan oleh mekanik nya,
Sebagai contoh ketika kita melakukan servis rutin tujuan awalnya hanya melakukan tune up berkala serta ganti oli mesin , saat mekaniknya mulai dan mengecek satu persatu alhasil komponen yang lainnya ketahuan oleh si mekanik nya, contohnya ada sil yang sudah aus atau packing mulai rembes
Salah satu lampu sein tidak menyala, dsb.
Namun selain itu penyebab keluar asap putih dari knalpot juga tidak musti piston nya yang rusak bisa juga bagian dinding silinder yang rusak , namun begitu tetap saja itu bagian dari pistonnya atau yang akan di benahi area piston tersebut, nah jika piston tidak terlalu rusak namun bagi rumahnya atau silinder yang rusak otomotif tetap saja piston minta ganti , bisa saja piston tidak ganti nama biayanya akan membengkak ,
Kembali lagi ke topik utama mengenai ciri ciri Piston Honda Beat rusak jika di atas tadi mengenai bagaimana caranya merawat agar piston tidak mudah aus atau rusak, kali ini mengenai ciri-ciri jika piston mulai aus atau rusak,
Salam satunya adalah keluarnya asap putih dari knalpot baik posisi mesin dingin maupun sudah panas ,
Cara lainnya;
Jika tidak keluar bisa kamu cek di bibir knalpot dengan cara memasukkan jari namun dalam kondisi Knalpot masih keadaan dingin gan, tidak di sarankan merogoh dalam keadaan panas 😁 (mlonyoh )
Pengecekan seperti ini dengan syarat knalpot tidak pernah di beri pelumas atau oli mesin, baru bisa dilakukan pengecekan seperti ini,
Dan lihat jika di jari kamu menunjukkan terdapat semacam oli hitam dan basah berarti ada kebocoran yang mengakibatkan oli mesin ikut terbakar , atau bisa dibilang ruang kompresi tercampur dengan oli mesin
Nah jalan satu-satunya oli bisa masuk adalah dari celah silinder ,
Ini bisa silinder atau boring rusak , ring piston rusak ,
Namun meskipun celah yang membuat oli bisa masuk ke ruang bakar itu banyak seperti Bos klep kocak , atau sil klep aus, namun jika masih ragu segera bawa ke bengkel terdekat anda, untuk memastikannya
Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua amin,