Ciri ciri kampas kopling habis dan penyebabnya


       Abm_ Kopling merupakan salah satu komponen utama pada kendaraan yang memiliki fungsi untuk memutuskan dan menyambungkan agar tenaga mesin b terhubung dengan roda kendaraan bermotor,
Ciri ciri kampas kopling habis dan penyebabnya
Selain itu bagian ini (kopling) yang bekerja mengikuti putaran mesin lalu terhubung dengan transmisi dan berlanjut ke putaran akhir yaitu roda kendaraan , juga sebagai sistem untuk mengontrol bagian transmisi agar bisa halus disaat kita melakukan perpindahan gigi persneling , maka dari itu ketika kita menarik tuas kopling yang ada di bagian kiri otomatis akan memutuskan tenaga antara mesin dengan transmisi.

kampas kopling honda

Bagian kopling manual pada kendaraan motor yang perlu diperhatikan disini adalah perawatannya degan kita rutin melakukan pergantian pelumas, ketika pelumas atau oli mesin ini sudah jelek ini akan bercampur dengan kotoran dan mengganggu kinerja kopling itu sendiri,

Kotoran-kotoran pada oli mesin akan masuk ke sela-sela kopling dan juga membuat lapisan kopling ( kampas ) menjadi keras ( atos )
Alhasil putaran ke crankshaft menuju transmisi lalu ke roda tidak bekerja dengan baik ,

Ciri-ciri kampas kopling habis: 

Salah satu ciri-cirinya bila kampas kopling ini mulai habis, atau mengeras alias (atos) itu akan ada suara/ bunyi (ce klak) terdengar kasar suaranya dissaat gigi transmisi di itu pindahkan,
Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kotoran dari oli mesin bercampur serpihan logam yang ada di dalam mesin , menempel di lapisan kampas kopling tersebut,
Maka dari itulah jika kita selalu telat mengganti pelumas (oli mesin) akan berimbas pasp kinerja mesin tersebut,

kampas kopling hond


Penyebab lain:

Selain itu penyebab kanvas kopling manual mudah habis ini dikarenakan seringnya menekan tuas kopling sambil di gas-gas hal tersebut bisa mengakibatkan lapisan pada kanvas kopling mudah termakan ring (plat) kopling dan mengakibatkan Kanvas kopling itu sendiri menjadi lebih tipis ,

karena kita tahu Kinerja kopling itu sendiri adalah sebagai pemutus putaran crankshaft yang menuju transmisi dan roda jika tekanannya berkurang otomatis akan mudah selip saat kita tarik gas secara spontan,

berikut adalah gambr dari susunan dari bagian kampas kopling yng daa di kendar


susunan kampas kopling kendaraan motor


demikin yang bisa saya bgikaan mengenai Ciri ciri kampas kopling habis dan penyebabnya

semoga bisa bermanfaat bagi kita yang sedang beljar dengn cara otodidk
selamat belajar

Baca Juga
close