Halo sobat blogger Otodidak, kali ini kita akan membahas tentang seputar modifikasi mesin motor agar tarikan lebih enteng melalui piston,
GL max pakai piston Tiger atau CBR
Nah bagi yang sudah biasa mengotak-atik bagian ini tentunya hal yang sudah biasa, namun bagi kita yang baru belajar nah ini sangat perlu dan penting untuk diketahui,
Baik itu material apa saja yan perlu dipersiapkan untuk memodifikasi mesin GL max di bagian piston ini,
Sama halnya overseas
Memodifikasi piston dengan harapan tenaga lebih besar sebetulnya hampir mirip dengan kita melakukan oversize atau memperbesar ukuran piston dari sebelumnya menjadi lebih besar pada kendaraan motor tersebut,,
Kolter
Dan alasan kenapa dilakukan untuk memperbesar ukuran piston tersebut, tentunya banyak faktor dan alasannya, seperti piston sudah rusak yang biasanya di tandai dengan keluarnya asap putih dari knalpot, atau suaranya yang kasar ,
Maka dari itulah sebabnya mengapa kita harus melakukan overseas atau kolter untuk mengganti piston tersebut di tempat bubut,
Selanjutnya kita pakai contoh pada kendaraan motor GL max, yang semula piston nya masih bawaannya, karena dibagian ini rusak maka dilakukanlah penggantian piston tersebut di tempat bubut, dan otomatis ukuran piston tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya dari standar "0"ml ke 25-50 dan seterusnya,Hal tersebut dikarenakan agar dinding boring yang semula tergores atau longgar karena aus dari pemakaian, menjadi lebih rata agar tidak ada celah kebocoran yang menyebabkan oli mesin ikut terbakar,Kita kembali ke topik utama,
Lalu bagaimana jika kita mau mengganti piston tersebut yang semula GL max ke lebih besar lagi, karena boring bawaan GL max tersebut ada batasan akhir dari "0"hingga 100 "mili
Dan jika kita mau mengaplikasikan piston Tiger atau CBR apa yang harus kita ketahui dan apa yang harus diperlukan,Memperbesar ukuran krengkes(kalter)
Merubah ukuran di bagian ini memang harus dilakukan, Karena ukuran boring milik Tiger atau CBR lebih besar,
Dan ini membutuhkan waktu agak lama tergantung antrian bubut jika kita memakai jasa bengkel bisa lebih lama, antrian di bengkel tersebut belum lagi di tempat bubut, namun itu semua tergantung antri tidaknya kedua jasa tersebut.
Ganti boring
Untuk merubah ukuran piston dari standar GL max ke piston Tiger atau CBR kita harus membawa silinder blok tersebut ke tempat bubut untuk mengganti rumah (boring) yang lebih besar karena jika tidak boring miliki GL max tersebut tidak muat,
Nah itu semua mungkin tidak membutuhkan biaya yang sedikit kawan,
Ada juga yang menginginkan lebih bertenaga lagi dengan merubah lainnya seperti langkah atau struk bandul,
Merubah ukuran piston dan langkah
Ada lagi memang sengaja menginginkan mesin GL max tersebut menjadi lebih besar CC nya sekaligus lebih bertenaga dengan merubah langkah nya juga , mungkin biayanya lebih besar lagi 🤒
Jika yang semula ukuran piston standar dari Honda GL max, dan menginginkan mesin menjadi seperti Honda Tiger yang harus kita perhatikan adalah, Kamu harus merubah boring (silinder) ke yang lebih besar dan juga menambah pak aluminium setebal yang diperlukan, misalnya;
Standar Tiger stroke 62,2 mm,
Sedangkan punya GL Max 49.5 mm
Sementara ini dulu yang bisa bagikan semoga bermanfaaat untuk kita semua