Cara service dan setting karburator sendiri
Cara service dan setting karburator standar
Kita tahu Karburator yang ada di kendaraan baik mobil maupun sepeda motor itu bekerja untuk mencampurkan antara udara dan bahan bakar
sebelum masuk ke dalam ruang bakar atau ruang kompresi ,
selanjutnya melalui proses pemadatan kompresi di dalam, dan Barulah campuran tersebut terbakar oleh percikkan api dari ujung busi, dan kendaraan bermotor maupun mobil bisa hidup dan berjalan,maka itulah pentingnya merawat dan rutin service karburaator, .dan ini sangat penting untuk proses pembakaran yang ssempurna.Di dalam karburator terdapat beberapa komponen untuk menyempurnakan proses pengabutan sebelum masuk ke ruang bakar,
isi atau komponen yang ada di dalam karburator meliputi;
- Katup Throttle.
- Saringan.
- Venturi.
- Sistem pengukuran.
- Ruang Apung.
- Ruang Pencampuran.
- Idle dan Transfer port.
Lalu bagaimana jika karburator di kendaraan kita itu bermasalah dan bagaimana caranya agar kita bisa setting sendiri karburator.
Hal yang harus kita siapkan sebelum belajar setting sendiri karburator tersebut siapkan dulu alat-alatnya seperti;
- Obeng blimbing (+)
- Kunci ring pas 8/10
- Obeng min (-)
- Tang
- Kuas kecil
proses pengerjaannya;
Sekarang kita mulai ke proses pengerjaannya;
Pertama lepaskan karburator dari tempatnya atau dari manifolnya,
Setelah selesai melepas selanjutnya buka baut mangkok dan lepas dari badan karburator nya setelah terbuka lepas semua yang ada di dalam karburator dan cuci dengan bensin, dan bersihkan spuyer mani jet dan pilot jet nya,pastikan tidak ada yang buntu atau tersumbat kedua spuyer tersebut,
jika sudah dan dirasa sudah bersih selanjutnya pasang kembali pada tempatnya,
Setting karburator standar
Pertama; Hidupkan mesin.sambil tarik tuas gas atau naikin rpm sedikit yang penting tidak mati saat kita melkukan penyetelan
Putar sekrup penyetelan udara se-arah jarum jam sampai habis ke-dalam,
kemudian kembalikan putar-annya keluar sampai menghasilkan penyetelan yang sempurna.ciri-cirinya adalah suara akan meninggi dan di posisi itulah Hasil penyetelan yang sempurna,nqamun jangan terlalu keluar dan jika terlelu keluar kita memutar skrup tersebut biasany rpm akan naik turun dan tidak stabil.
karena hasil penyetelan yang sempurna dapat dipastikan apabila Putaran mesin langsam/stationer terdengar enak dan/rata tidak naik turun,
dan perlu di ingat lagi jika kebanyakan aangin knalpot akan ada suara meletus-letus seperti suara tembakan Saat menutup gas dari putaran,
nah sementara ini dulu yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat, 🤲