Assalamualaikum wb
halo sobat blogabm,, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengenali ciri ciri kiprok motor yang sudah rusak , namun sebelum itu tidak ada salahnya jika kita akan sedikit membahas apa sih kiprok itu dan apa fungsinya dan apakah penting komponen ini untuk kendaraan motor ?
Jawabnya adalah sangat penting kawan,, kiprok atau biasa disebut dengan regulator yang biasa kita lihat di kendaraan motor ini memiliki peran penting ,nah kiprok tersebut mempunyai dua arti untuk kerjanya
Pertama sebagai pengubah arus atau kta lain mengubah arus AC yang dihasilkan oleh alternator atau spul menjadi arus DC ,fungsinya untuk menyuplai arus listrik ke baterai untuk di simpan, atau disebut juga dengan sistem pengisian, tentu Hal ini supaya dapat memenuhi kebutuhan semua kelistrikan yang ada pada sepeda motor terutama yang menggunakan sistem DC
dan
kedua ialah untuk menahan arus lampu agar tidak mudah putus hal tersebut dikarenakan aruss listrik dari spul terus menerus tanpa hambatan dari kiprok tersebut, karena memang fungsi kiprok selain untuk merubah arus ac ke dc untuk mengisi baterai juga berfungsi untuk menahan russ berlebih ke lampu,,
Ciri ciri kiprok motor rusak
kita langsung saja ke topik awal,, nah untuk mengenai ciri-ciri kiprok motor yang sudah mulai lemah atu rusak, ini ditandai lampu motor menjadi redup untuk motor yang memiliki sistem dc atau sistem baterai, selanjutnya , ciri ciri kiprok motor rusak bisanya elektrik starter motor berat, karena daya yang ada di baterai kurang,karna suplay daya dari kiprok menurun,untuk lebih lengkapnya kamu bisa cari artikel yangpernah saya post sebelumnya mengenai kiprok,
nah itulah ciri ciri kiprok motor rusak semoga bisa bermanfaat amin