abm_ Cara buat kunci rahasia pengaman kendaraan motor. Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Gurah, Kediri perlu diwaspadai, bukan saja untuk pihak kepolisian namun juga untuk pemilik kendaraan. Aksi-aksi pencurian seperti ini marak, salah satunya karena kurangnya kewaspadaan pemilik kendaraan yang teledor dan munculnya tren atau produk yang mengundang perhatian pihak yang berniat jahat.
Inti dari membuat artikel ini tidak lain adalah berbagi agar kendaraan/motor kita aman dari pencurian kendaraan bermotor.
Cara buat kunci rahasia pengaman kendaraan motor
Selain itu, marak juga masyarakat yang mencari motor-motor bodong (tanpa surat). Motor yang tidak jelas bukti kepemilikannya memicu tingginya kasus curanmor. Perlu perhatian khusus agar kita tidak menjadi korban dan mencari solusi, salah satunya menambahkan kunci / pengaman sederhana buatan sendiri yang murah dan mudah.
Menurut teman-teman di wilayah tersebut, dalam satu minggu sudah ada 3 orang kehilangan kendaraan — kejadian berlangsung cepat sehingga pemilik tidak menyangka. Saran untuk teman dan sahabat: menambahkan pengaman pada kendaraan sendiri adalah langkah bijak. Pencurian tidak hanya terjadi di tempat sepi; di tempat ramai juga berisiko.
Pola hidup yang sembrono dan teledor membuat aksi pencurian semakin mudah. Oleh karena itu, berikut cara sederhana menambah keamanan motor dengan alat buatan sendiri.
Artikel terkait: Cara membuat kunci rahasia motor sendiri — Kunci motor rahasia sederhana
Coba perhatikan contoh gambar/skema sederhana di bawah ini — mudah dibuat sendiri.
Gambar 1. Skema sederhana kunci rahasia (klakson + saklar)
| Bagian | Fungsi | Keterangan Tambahan |
|---|---|---|
| Klakson | Sebagai penghubung/pemutus arus dalam mekanisme rahasia. | Bisa pakai klakson bekas yang masih berfungsi. |
| Saklar (On/Off / Push) | Mengontrol aliran arus dari aki ke rangkaian. | Sembunyikan di bawah jok atau balik panel agar tak terlihat. |
| Kabel | Menghubungkan aki, klakson, dan saklar. | Gunakan kabel berkualitas dan berisolasi rapat (±2 meter atau sesuai kebutuhan). |
| Aki (Terminal + / -) | Sumber arus utama. | Pastikan sambungan kuat dan diberi isolasi untuk mencegah korsleting. |
Bahan & Persiapan
- 1 klakson (baru atau bekas)
- 1 saklar kecil (on/off) atau push button
- Kabel ±2 meter
- Isolasi, skun/terminal, zip tie
- Peralatan: obeng, tang, pisau kabel
Gambar 2. Posisi klakson dan saklar tersembunyi pada motor.
| Posisi | Bagian | Keterangan |
|---|---|---|
| Bawah Jok | Saklar Rahasia | Diletakkan tersembunyi tetapi mudah dijangkau pemilik (mis. di balik busa jok). |
| Dekat Rangka / Kolong | Klakson | Tersembunyi agar tidak mudah dilihat; sambungkan ke + aki. |
| Sepanjang Jalur Kabel | Kabel Listrik | Rapikan dengan zip tie dan tutup sambungan dengan isolasi. |
| Terminal Aki | Kabel Positif (+) | Sambungkan ke terminal klakson melalui skun; isolasi rapat. |
Langkah Pemasangan (Singkat)
- Lepaskan terminal negatif aki untuk memutus arus sebelum bekerja.
- Tentukan posisi klakson dan saklar tersembunyi.
- Sambungkan kabel positif (+) aki ke terminal klakson (gunakan skun).
- Sambungkan terminal klakson ke saklar, lalu dari saklar ke massa/negatif sesuai rangkaian motor.
- Rapatkan & isolasi semua sambungan, pasang kembali aki, lalu uji fungsi.
Tips Tambahan
- Gunakan saklar yang tersembunyi (di bawah jok atau balik panel).
- Gabungkan pengaman ini dengan kunci cakram atau alarm untuk proteksi ganda.
- Jangan menyimpan STNK apalagi BPKB di motor; 😂 hindari membeli motor tanpa surat.
Peringatan
Modifikasi kelistrikan berisiko: korsleting, kerusakan sistem, atau hilangnya garansi. Jika ragu, minta bantuan teknisi/bengkel terpercaya. Panduan ini untuk tujuan pencegahan dan edukasi.
Semoga panduan ini membantu kita menjadi lebih waspada dan melindungi kendaraan. Semoga bermanfaat — amin 🤲
Selamat mencoba!