blogger otodidak

belajar otomotif secara otodidak

Waktu di Plosoklaten

Jun 8, 2021

Belajar membaca kerusakan pada mesin motor

| Jun 8, 2021
🙏

 Assalamualaikum wr, wb

Cara analisa mesin


Ini saya akan memberikan tips bagaimana agar kita bisa mengetahui kondisi motor yang kita punya apa sudah waktunya membawa ke tempat servis atau bengkel atau hanya perlu penanganan ringan dan tidak perlu membawanya ke bengkel ,
Belajar membaca kerusakan pada mesin motor sebetulnya juga perlu untuk dipelajari,hal itu agar kita bisa memprediksi seberapa  besar kerusakan dan seberapa  banyak biaya yang harus disiapkan nantinya sebelum kita membawanya ke bengkel motor.

Untuk Mesin kendaraan itu sebetulnya perlu juga butuh dilakukan perawatan-perawatan ringan biar mesin tetap dalam kondisi prima. Dan Untuk mengetahui apakah kondisi mesin motor mulai tidak normal atau masih normal, tentunya itu tidak mudah bagi kita yang masih awam soal permesinan.

 Walau yang akan kita bahas kali ini bukan berarti kita harus melakukan sesuatu dengan sendiri,
Namun Ini hanya untuk sekedar belajar untuk mengetahui kondisi motor kita membutuhkan perawatan yang ringan atau berat.
Dan juga ingin tahu kondisi mesin kendaraan ini masih prima atau sebaliknya yang harus dilakukan pemeriksaan juga penanganan khusus ke bengkel. karena ketidak tahuan kita tentang dunia otomotif terutama pada mesin motor kita mengakibatkan tepatnya penanganan terhadap kendaraan kita.

Mari kita belajar untuk menganalisa agar saat kita tahu kita bisa segera menangani dan memperkirakan berapa biaya yang harus kita keluarkan nanti bila masuk ke bengkel,
Belajar membaca kerusakan pada mesin motor


  Pertama kita belajar mengenali suara dari kepala mesin motor tersebut, jika kita mendengar suara berisik pada kepala mesin, ini biasanya suara dari bagian klep, bisa karena klep tersebut terlalu renggang jika iya, solusi di stel jarak kerenggangan agar lebih mepet,
Suara kasar pada kepala masih tersebut juga bisa dari per dari kelep itu sendiri yang artinya per sudah mulai lembek (lemah)
Selanjutnya suara kasar di bagian atas juga bisa dari suara rantai kateng atau kamprat molor,, solusinya minta di stel bagian stut stasionernya.atau bisa suara tersebut di karenakan Gigi timing sudah aus ,yang efeknya suara jadi kasar atau berisik bagian depan.

 Selanjutnya suara kasar pada mesin motor juga bisa dari piston atau seker sendiri yang sudah mulai aus, solusinya beli baru dan kolter,di tempat bubut.
Karena piston mengalami kerusakan bukan saja keluar asap sebagai ciri-ciri pada umumnya.piston ruaak juga bisa dari suara yang kasar dan (ngeplek) namun yidak mengalami keluar asap dari knalpot tersebut.
 Nah yang lebih parahnya lagi ,, jika kasar di bagian mesin itu juga bisa disebbkan suara dari stang tersebut. Bila suara Sanga kasar itu terjadi di area jantung mesin  ini kebanyakan poros engkol sudah aus juga bisa Laker atau (bearing) penanganan seperti ini harus dilakukan oleh orang yang sudah menguasainya seperti mekanik.

Saran saya sebaiknya lakukan perawatan rutin pada kendaraan kamu agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang berat,
Kita bisa lakukan sendiri dirumah seperti halnya rutin mengganti pelumas, agar part yang ada didalam bak mesin awet dan tidak mudah melakukan pengecekan terhadap kakai-kaki seperti rem penyetelan pada RANTAI dan melunasinya agar tidak kering, 
 Sementara ini dulu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat informasi yang mengenai belajar membaca kerusakan sebelum membawa ke tempat servis 

Jangan takut untuk belajar 

Wassalamu'alaikum wr
Baca Juga
🔊 Informasi per-CB-an 🌍JAMDA I CB D.I.Yogyakarta, Mengundang untuk dulur2 CB se INDONESIA, Di acara JAMDA I CB D.I.Yogyakarta yang akan DI selenggarakan pada hari Minggu 05 Mei 2024 di Lanud Gading Gunungkidul Yogyakarta,KONTES : >CB Original >CB Racing touring >CB Standard Touring >CB Karat Fashion >CB modif Original karat >CB Lokal Ab dailyuse, 🌍 Selamat ulang tahun yang ke-1087 untuk Kabupaten Nganjuk!
close