
Sebelumnya saya akan jelaskan fungsi sepul jenis dc ini,sepul ini berfungsi sebagar sumber dari segala kelistrikan di sepeda motor,,dan motor yang menggunakan jenis ini..biasanya tergantung pada satu sepul ini saja kalo-
Motor yang menggunakan kelistrikan jenis full dc rusak atau terbakar maka motor akan mengalami mati total alias (matot)ππ
_walau meski bisa hidup dengan bantuan acu(aki) tapi-lama kelamaan dan tak akan lamaππ
..
_ akan habis juga dayanya ,,
Di karenakan yang menyuplay /ngecash acu(aki)tidak ada..
πππ
Karena semua kelistrikan bersumber hanya dari satu system saja (DC)
.??
Motor yang mengaplikasikan jenis ini seperti:honda kharisma,supra125,gl jenis neotegh,
Susuki :thunder,shogun,smash
Tapi sepul ini jarang hangus atau gosong karena terbakar karena kawat memakai ukuran besar..
Yang biasa di pakai dari (0,8- 0,9 atau bisa gede in lagi 1mili ..)
..#SEPUL AC/CDI
Kalo spul ac
βΊβΊ
Sepul ac atau biasa di bilang sepul cdi..
Mempunyai peran untuk menghidupkan kendaraan dan khusus untuk menghidupkan pengapian..
Kalao motor yang mengaplikasikan -
Sepul ini (ac/cdi) di pastikan tidak ada sungkut pautnya dengan acu(aki)
Karena mempunyai tugas masing-masing..
Kalo yang gulungan kawat kecil hanya bertugas memberi sumber dari pengapian,,
Dan kalau yang lilitan kawat besar bertugas eh....kayak pegawai aja bertugasππ maklum blog dari "Sangat Pemula Sekali (SPS) haaa...β
Maksutnya untuk menyuplay ke aku eh..
Aki πmaaf tulisanya ndak karuan ππππ
Yang kawat besar untuk menyuplay acu(aki) yang nantinya buat-
Menghidupkan seperti klakson,..(bel)
Sen..(reteng) ,masih babyak lagi yang berhubungan dengan aki..
Tapi kelemahan dari sepul ini biasanya
Mudah hangus atau gosong jika waktu nyepul ulang kurang rapat bungkusnya karena kena air...atau kurang padat (longgar) waktu gulungnya..
Karena kawatnya sangat kecil yaitu (0,12 atau bisa pakai 0,15) saat gulung ulang ...
Sak mene disek ya lor..
Sekali lagi mohon maaf karena tulisanya belepotanππ