persamaan kiprok honda yamaha Suzuki
Mari kita belajar mengenal janis komponen sepeda motor yang satu ini, Regulator namanya atau bahasa sehari-hari (KIPROK) ✍️ ini adalah salah satu komponen yang amat penting bagi kelistrikan di sepeda motor , perlu kita ketahui ya gan kelistrikan yang ada di kendaraan itu jenisnya ada dua yaitu AC dan DC,
AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current),
apalagi jika kendaraan kita yang menggunakan sistem pengapian DC, nah untuk motor jenis-jenis ini sangatlah penting banget gan , soalnya peran dari regulator /kiprok itu sendiri tugasnya untuk mengolah atau merubah dari arus bolak-balik menjadi arus searah, dan di pakai juga untuk mensuplai daya/setrum ke baterai,Sedangkan untuk kendaraan motor yang memakai sistem pengapian AC Kiprok atau regulator selain untuk mengecas aki juga berfungsi untuk sebagai penahan setrum yang mengarah ke bagian lampu, tujuannya agar lampu utama tidak mudah putus, buat yang memiliki sistem pengapian DC di anjurkan harus memakai baterai/aki ya gan agar strum lebih stabil dan sekaligus bisa sebagai pengaman buat CDI itu sendiri,
|
persamaan kiprok |
karena untuk kendaraan jenis ini DC (Direct Current) hidupnya melalui baterai (aki) sedang aki juga tergantung pada regulator (kiprok) untuk menyuplai listrik yang di hasilkan dari sepul yang semula arusnya bolak balik menjadi searah?
Mengganti kiprok saat darurat?
Tapi Bagaimana jika kita mengalami gangguan pada regulator (kiprok) Contohnya saat aki mengalami tekor atau lampu sering putus atau lainnya yang berkaitan dengan jalur atau masalah kiprok,,
Lalu bagaimana jika kita hanya mempunyai satu regulator (kiprok) dan ternyata itu tidak sama atau,misalnya motor kita yamaha sedang kita beli di toko tapi kepunyaan yamaha itu habis apa kita balik dengan tangan kosong,jangan panik jika benar beli kemanapun tidak ada,
kita tak usah khawatir jika memang keadaan darurat, atau pas kita beli yang ada kepunyaan motor lainnya,
Contohnya; harusnya yamaha tapi adanya Suzuki ataupun honda tidak apa
kita pakai yang itu jg bisa namanya kan darurat,lalu bagaimana cara memasangnya bila kiprok tidak sama dengan kendaraan kita,
Gini kalau motor kita yamaha kita masih bisa pakai kepunyaannya Suzuki ,dan tidak usah merubah jalur atau memotong-motong kabel yang ada pada regulator (kiprok)
langsung saja tinggal pasang tidak apa,
Begitu kebalikanya jika punya motor Suzuki kasih kiprok yamaha langsung tancapkan tidak masalah karena memang jalur pada kiprok yamaha sama Suzuki itu memang sama posisi nya,
~~~~
Akan tetapi bila kendaraan kita itu honda dan kiprok kita itu yamaha/Suzuki itu tidak sama,
kita bisa menyiasati nya ,apa kita harus merubah jalur/kabel dan memotong untuk di rubah di bagian kiprok itu, tidak perlu ya lorπ sebaiknya jangan merubah jalur yang ada bawaan di bagian itu, caranya cukup simpel aja kok sebenarnya, kita hanya membalikkan posisinya saja waktu menancapkan kiprok,
kita ketahui setiap kiprok ada bagian penguncinya yang seharusnya pengunci pada kiprok itu bertemu dengan pengunci di bagian soketnya kalau di balik yang awalnya pengait atau pengunci di atas kita putar menghadap ke bawah, dan jika kesulitan memasukkan karena memang beda karena di balik kita cukup angkat pengait yang posisinya ada di tengah soket,
kita tarik keluar lalu tekan dah itu aja sudah bisa ..jadi kita tidak perlu khawatir kan bila saat mengalami kerusakan pada regulator (kiprok) dan mengganti nya saat darurat seperti saat melakukan tauring apalagi sendirian π€
NB,ini berlaku untuk motor yang menggunakan kiprok jenis lama seperti gambar di bawah
KETERANGAN:
HONDA
- baterai(aki)
- lampu
- pengisian
- masa/body
YAMAHA/SUZUKI
- masa/body
- pengisian
- lampu
- baterai (aki)
persamaan motor sbagian
HONDA