Lampu pada sepeda motor adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan agar tetap berfungsi secara normal saat kita menggunakannya, selain pelengkap untuk kendaraan, lampu pada kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai alat penerangan jalan dikala malam hari, dan juga salah satu syarat untuk mematuhi berlalulintas di jalan,
Sedangkan lampu utama kendaraan bermotor yang seharusnya terang karena memang fungsi utama dari lampu itu sendiri sebagai alat penerangan bagi pengendaranya, dan apa penyebab lampu motor jadi redup ?
Namun bagaimana jika lampu pada kendaraan motor kita mengalami redup atau tidak terang seperti pada umumnya, tentunya ini sangat menjengkelkan dan juga ini sangat membahayakan jika digunakan di malam hari,
Pixabay |
Karena pada dasarnya lampu utama kendaraan itu untuk membantu pengendara terutama waktu di malam hari agar kita bisa melihat apapun yang ada di depan kita dan membutuhkan cahaya yang lebih terang,
Lalu apa sajakah yang menjadi penyebab lampu depan motor jadi redup, ini yang perlu diperhatikan dan di lakukan pengecekan pada bagian-bagian yang ada berhubungan dengan lampu tersebut, dan bagi yang sudah memahami mungkin ini hanyalah masalah yang tidak menjadi masalah namun bagi yang belum mengetahui dan memahami dan yang baru belajar seperti saya ini tentu ini masalah yang berarti,
Berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa mengakibatkan lampu kendaraan kita menjadi redup atau tidak terang dan mungkin ini bisa kita lakukan sendiri di rumah,
pertama yang harus kita dilakukan pemeriksaan dan sebelum benar-benar kita membawanya ke tempat ahlinya atau ke bengkel terdekat tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pengecekan sendiri,
Rangkaian kelistrikan yang menggunakan kiprok jenis lampu dari spul
Dengan gambar di atas sebelum mengecek di bagian lainnya, kita bisa melihat kabel warna kuning yang bersumber langsung dari spul generator menuju ke kiprok dan ke lampu, untuk memastikan kiprok mengalami kerusakan atau tidak kita bisa pakai cara dengan melepas kabel warna hijau tapi jika tidak mau ribet kita bisa melepaskan soket dari kiprok nya bedakan cahaya dari lampu motor tersebut , antara soket di lepas sama di tancapkan ada perbedaan atau tidak,Jika saat di lepas dan cahaya bisa terang dan begitu di tancapkan lampu terlalu redup dan tidak normal tandai kerip-kedip , tandanya kiprok rusak,
Namun cara seperti ini tidak di anjurkan kecuali yang sudah memahami seperti seorang bengkel atau mekanik ,
Tapi kalau di atas kita tidak bisa atau tidak ouny pengalaman sebaiknya pakai pemeriksaan dengan cara seperti dibawah ini,
Pertama pastikan lampu pada kendaraan kita tidak mengalami leleh pada kawat di dalam bolam tersebut, ada kalanya ketika lampu kelebihan muatan listrik juga mengakibatkan lampu leleh pada kawatnya dan juga bisa melembung dan gosong , jika lampu sudah kita pastikan normal kita ke tahap selanjutnya,
Setelah lampu dipastikan aman dan normal selanjutnya kita coba Periksa dulu di bagian soketnya dan yang mengarah ke lampu seperti pitingan dan kabel di sekitarnya siapa tahu ada kabel yang mulai terbakar atau sambungan yang mulai rapuh dan gosong, nah Sebelum melakukan pengecekan pada bagian lainnya Pastikan dulu kondisi kabelnya dan jika sudah dipastikan kabel-kabel tersebut bungkus dengan isolasi agar tidak terjadi konsleting di area lampu hingga ke holder
Selanjutnya kita coba melakukan pengecekan pada baterai atau aki, kita tahu baterai ini berfungsi sebagai alat penyimpan arus listrik , penting juga untuk dilakukan pengecekan di bagian ini,
karena lampu kendaraan yang memiliki sistem arusnya menggunakan baterai (Aki) dan bila baterai mulai melemah alhasil lampu juga ikut redup dan menyala tidak maksimal,
Namun jika lampu kendaraan kita tidak membutuhkan baterai atau aki, ini tidak masalah, yang dimaksud disini adalah kendaraan yang lampu utama arusnya dari baterai, jika ingin mengetahui lampu kendaraan kita menggunakan baterai (Aki) atau tidak , bisa dilihat lampu akan menyala ketika kontak dan saklar dalam kondisi nyala(ON) meski mesin tidak kita hidupkan,
Jika di atas tidak bisa atau tidak ada perubahan dan lampu tetap redup dan tidak terang selanjutnya coba kita melakukan pengecekan terhadap kiprok , karena bagi kendaraan yang memiliki lampu menggunakan arus listrik langsung dari spul generator di sini kiprok juga sebagai penentu terang redupnya lampu bolam tersebut,
Karena kita ketahui kiprok pada kendaraan selain berfungsi sebagai alat pengisian ke baterai (aki) kiprok juga sebagai alat penahan lampu agar lampu tidak mudah putus atau kelebihan arus listrik, maka dari itu jika kiprok mengalami kerusakan atau rusak ini akan berimbas pada lampu kendaraan kita,
Namun ada ciri-ciri lain bila kondisi kiprok mulai lemah biasanya di tandai lampu kadang redup kadang terang sendiri, ciri-ciri lain ketika di gas lampu redup jika tidak di gas lampu menyala secara normal ini yang sering terjadi ,
untuk memastikan bahwa kiprok masih normal atau sudah mulai melemah namun ini membutuhkan alat tambahan yaitu avo meter, dan ini memerlukan ketelitian atau bisa dibawa ke bengkel terdekat,
Sementara ini dulu yang bisa kita lakukan sendiri saat mengalami lampu kendaraan kita redup atau tidak terang,
Semoga bisa bermanfaat,
Salam belajar 🤝