Perawatan cvt motor matik

Perawatan cvt motor matik

Cvt beat


Perawatan cvt motor matik


Kita ketahui di era sekarang ini sekutik atau biasa dibilang motor matik adalah yang paling di gemari para kaum hawa,
Tapi tidak sedikit pula kaum Adam banyak yang menggemarinya,sebab skutik dinilai punya kelebihan, salah satunya adalah mudah dikendarai dan kita tidak repot-repot untuk memikirkan perpindahan gigi persneling dan ini sepertinya  lebih simpel dan mudah untuk di Kendarai

 Namun perlu diperhatikan Perawatan cvt motor matik ini ternyata cukup rumit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dibanding motor persneling atau manual lainya , maka dari itulah motor ini perlu di rawat secara rutin ,perawatan motor matik harus dilakukan secara rutin baik itu dilakukan sendiri jika sudah pernah atau suka otak Atik motor sendiri, atau melakukan perawatan di bengkel-bengkel terdekat kita, dan itu harus dilakukan berkala.
Terutama pada komponen penggeraknya yang letaknya di bagian dalam ,Continous Variable Transmission atau (CVT)
Nah  komponen ini adalah yang penting untuk di perhatikan, sebab seringkali orang melupakan karena posisinya yang berada di dalam dan tidak terlihat oleh mata, jadi tidak sedikit yang mengalami tau-tau kerusakannya sudah parah, 
 dikarenakan posisi di dalam cover orang jadi jarang mengontrolnya,

Beda lagi dengan motor manual yang memiliki gigi transmisi ketika rantai kendor meski tidak sengaja itu tetap akan terlihat oleh mata bila kendor atau aus kita akan segera memperbaikinya ataupun menggantinya,

Kembali lagi ke topik cvt tadi,Perawatan cvt motor matik
Perlu kita ketahui ditempat inilah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk penggerak motor matik sebagai pengganti rantai pada motor manual tadi , tapi di bagian ini terdapat komponen pendukung lainnya yang memiliki fungsi otomatis seperti ganda ,pully, skunder, pully primer yang yang di dalamnya terdapat roller semua itu sebagai alat penggerak, agar roda belakang bisa berputar, dan motor pun berjalan, 

kali ini saya akan membagikan informasi yang pernah saya alami dan saya lihat, mengenai komponen CVT?
Lalu apa saja yang perlu kita perhatikan dan periksa secara rutin jika kita mau melakukan sendiri dirumah, namun demikian bila kita baru belajar sebaiknya di dampingi oleh orang yang sudah pengalaman ,

  • Yang pertama V-Belt ,

V-belt
V-Belt Yamaha

V-Belt ini terbuat dari bahan karet khusus yang sangat kuat bahan pengikat struktur karet berfungsi sebagai elastisitas dari V-belt dan menjaga agar V-belt tidak selip, serta cord atau kawat pengikat yang berguna sebagai penguat agar V-belt tidak mudah putus , V-Belt sebagai penghubung antara pully depan (primer)dan pully belakang (sekunder) yang bekerja sebagai pengganti rantai di motor manual, meskipun bahannya sangat kuat akan tetapi V-Belt mempunyai umur dan masa pemakaiannya, tapi sebaiknya pengecekan dilakukan setiap enam bulan sekali atau setiap 1.000 kilometer, komponen ini harus dicek.tapi jika kilometer menunjukkan 24-27 ribu km,ini harus di lakukan pemeriksaan dan biasanya di angka itu sudah saatnya penggantian pada karet (V-Belt) tersebut,

Perawatan cvt motor matik
V-belt Honda beat


    Biasanya karet sudah mengalami retak-retak dan agak kendor, jika ini di biarkan Dan tidak segera di ganti akan beresiko putus pada karet (V-Belt) tersebut, oleh sebab itu Posisi V-belt sendiri berada di balik cover CVT, sehingga tidak langsung terlihat oleh mata kita,
berbeda dengan rantai pada motor manual. Karena tidak terlihat itulah, sehingga pemilik harus rajin memeriksanya untuk mengetahui kondisi karet ( V-belt ) dan V-belt harus rutin di kontrol  apalagi bila motor sudah terasa tidak enak di Kendarai dan terasa ada getaran tarikanpun terasa berat dan suaranya berbisik segeralah memeriksakan ke bengkel-bengkel terdekat anda,

Baca juga

Roller cvt beat


  • Yang kedua Roller,,

Roller merupakan salah satu komponen yang ada di dalam CVT ini juga krusial, alat ini juga berfungsi sebagai pelontar dan pemberat rumah roller atau pulley dibagian primer, yang akan mempermudah rotasi perputaran pulley tersebut,

   Ciri-ciri bila roller ini sudah waktunya di ganti, ialah ada perubahan bentuk yang seharusnya bulat dan utuh, jika sudah tidak berbentuk bulat lagi atau bentuknya penyok-penyok ini tandanya roller harus di ganti, 

Jka ini tidak segera di ganti kinerja roller tidak bisa maksimal dan rotasinya pada pully tidak teratur ini bisa kita rasakan selain suara terasa kasar di bagian CVT, juga saat di gas akan terasa ada gredeg-gredeg semacam getaran di bagian mesin, dan ini bisa berimbas rusaknya rumah roller tersebut ,


  Seringlah melakukan perawatan pada bagian CVT ini Dengan melakukan servis rutin di bengkel, jika kalian rutin melakukan perawatan di bagian ini ruang pengerak pada motor matik otomatis ini akan lebih awet mesin juga terasa lebih halus dan nyaman saat di kendarai


Sementara ini yang bisa saya bagikan 
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 

Salam belajar otodidak 🙏




Baca Juga
close