blogger otodidak

belajar otomotif secara otodidak

Waktu di Plosoklaten

Feb 26, 2024

Atasi rem cakram yang keras macet

| Feb 26, 2024
🙏



Halo sobat otodidak . Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa membetulkan sendiri pada rem cakram yang terkadang keras macet, namun sebelum kita belajar mengatasi sendiri jika rem cakram motor kita terasa keras. Kita coba belajar memahami cara kerja dari rem cakram tersebut ,
rem cakram yang berfungsi sebagai alat untuk penghambat laju dari kendaraan motor maupun mobil ini sangatlah penting untuk kita perhatikan.  

Hal tersebut dikarenakan fungsi dari rem cakram tersebut sebagai alat pengaman saat kita sedang mengendarai motor, coba bayangkan bagaimana jika saat kita memakai kendaraan yang tanpa ada rem cak , gak kebayang kan ,

Rem Cakram atau rem drolis ini meliputi master rem, dispat , dan minyak , ini wajip kita perhatikan dan kita harus rutin mengeceknya , agar kita tahu dan meminimalisir terjadiny macet dan mengakibaykan rem cakram jadi keras bahkan bila parah bisa mengakibatkan macet padapkomponen-komponen nya.

Bagian yang perlu kita cek ;

Nah kinerja dari rem cakram tersebut karena kampas yang di terdorong oleh piston di bagian bawah atau kaliper, bagin untuk mengubah tekanan hidrolis dari piston menjadi energi gerak berupa tekanan

Disc Brake Oil Reservoir

Seperti kasus yang sering terjadi rem blog di karenakan adanya anginayang masiluk ke dalam selang bercampur dengan minyak tersebut , maka dari itulah pentingnya kita rutin mengecek kondiy rem cakram tersebut dan dipastikan ready bila kendaraan kita pakai kemampuan.
Kembali lagi ke topik pembahasan tadi bagaimana caranya agar kita bisa membetulkan rem cakram yang keras bila kita tekan bendel nya , 


Brake Caliper ;  (kaliper bwah) 

Ok pertama kita cek dulu kondisi rem bagian bawah atau di bagian sekitar Brake Caliper dan kmpas Jika di rasa sudah habis cobalah di ganti dahulu atau jika kampas masih baru tidak parlu diganti , sekarang coba kita tes jika hendel masih terasa keras bila kita tekan coba cek kondisi master yang berada di bagian dalam kaliper atas, ini biasanya terdapat kotoran ataa karet dari master tersebut mengalami lecet dan mengakibatkan macet.

Namun sebenarnya bila kita rutin ganti kampas dan minyak rem secara rutin ini akan jauh dari kata macet,


Hal tersebut di karenakan minyak rem bila terlalu lama di pakai akan menjadi lebih kotor dan kotoran tersebut akan mengendap di bagian master rem atas mauy pada kaliper bagian bawah dan mengendap di bagian belakang pistonnya.
Perlu kita perhatikan lagi bila minyak rem ini kalau lama nggak diganti ini bisa terjadi kotoran di saluran saluran rem khususnya di dalam master rem, Selang dan kaliper bawah, jadi sebaiknya ganti minyak rem bilamana di rasa urah gak enak saat hendel di gunakan.

Sementara ini yang bisa kita bahas semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.




Baca Juga
🔊 Informasi per-CB-an 🌍JAMDA I CB D.I.Yogyakarta, Mengundang untuk dulur2 CB se INDONESIA, Di acara JAMDA I CB D.I.Yogyakarta yang akan DI selenggarakan pada hari Minggu 05 Mei 2024 di Lanud Gading Gunungkidul Yogyakarta,KONTES : >CB Original >CB Racing touring >CB Standard Touring >CB Karat Fashion >CB modif Original karat >CB Lokal Ab dailyuse, 🌍 Selamat ulang tahun yang ke-1087 untuk Kabupaten Nganjuk!
close