blogger otodidak

belajar otomotif secara otodidak

Waktu di Plosoklaten

Mar 18, 2021

Suka dukanya buka bengkel sepeda motor di rumah

| Mar 18, 2021
Assalamu'alaikum wr,wb

Bengkel motor




Selamat datang di blog saya,  🤝
  Sekarang Saya akan berbagi pengalam saya waktu pulang kampung setiap saya libur kerja ,
Saya pengen tau suka dukanya seorang mekanik itu seperti apa, kebetulan pak lek (paman saya) seorang mekanik
sudah lama menggeluti usahanya sejak tahun 90an,


Ceritanya Ketika saya pulang kampung, saya suka sering main ke bengkel motor paman saya yang jaraknya idak jauh dari kampung saya, yah,, daripada liburan gak ngapa-ngapain mendin waktu luang, saya gunakan buat main ke bengkel paman saya, itung-itung biar tambah wawasan tentang dunia otomotif 🤭,


Pas lagi nyampe di rumahnya Paman saya, saya lihat beliau baru saja selesai membuka bengkelnya dan selesai bersih-bersih halaman depan bengkelnya,
Wah kebetulan pagi itu saya liat pasiennya yang nginap banyak, jadi saya bisa ikut-ikut bantu-bantu beliau,

Memang Biasanya saat saya pulang kampung selalu saya sempetin main ke bengkel paman saya dan ikut-ikutan bantu beliau, maksudnya bantu ngrepotin😂ya,, contohnya bantu-bantu megangin motor biar tidak jatuh ,atau bantu ngambilin alat-alat kunci atau apalah yang kiranya dibutuhkan oleh paman saya biar kerjanya lebih ringan,

Mekanik


Pas lagi bantu betulin motor pelanggannya, iseng-iseng saya pengen tau juga, bagaimana sih suka dukanya jadi mekanik dan buka usaha bengkel sendiri.

  • Menyukai bidang

Kata paman saya,saat saya bertanya apa yang harus dilakukan saat belajar usaha buka bengkel motor sendiri,
Beliau bilang jika ingin membuka usaha sendiri seperti mendirikan bengkel sepeda motor, harus dilakukan dan dijalankan dengan senang hati,
Jadi mekanik itu gampang-gampang susah, gampang kalau di jalankan dengan senang hati leee,,(panggilan beliau kepada saya) kalau setengah-setengah jadinya hati kamu akan terasa tertekan oleh pekerjaanmu
,


Sebetulnya sesuatu yang menyangkut pekerjaan itu harusnya dijalankan sepenuh hatimu dan cintai pekerjaanmu agar kamu betah menjalankannya, katanya kalau mau jadi mekanik mandiri harus seperti itu?

  • Berdasarkan hobi sekaligus pekerjaan

Gini lee,,🤫, pertama kamu harus mempunyai rasa hobi dan cintai pekerjaanmu,jadikan pekerjaanmu itu sebagai hobimu juga, dan harus siap mental , apalagi di kampung, mayoritas kendaraan yang masuk bengkel paman itu adalah motor keluaran tahun lama, dan itu butuh kesabaran dan ke telitian dalam menanganinya,

Ketelitian juga Kesabaran

Selain itu sabar juga di perlukan lee , karena jadi mekanik itu harus belajar sabar , sabar menangani hal-hal yang sulit pada setiap penyakit pada kendaraan , kerusakan pada motor itu banyak jenisnya juga karakter si pemilik itu juga berbeda-beda kamu harus belajar bersabar juga belajar menguasai itu semua

"🙄"

 

Sabar menghadapi situasi misalnya, kamu harus bisa memprioritaskan Pelanggan kamu, bersikap ramah, dan yang paling berat itu jika disaat kamu dalam keadaan ada problem pribadi misalnya, di depan pelanggan kamu di tuntut besikap seperti tidak ada apa-apa dalam dirimu,


Dan kamu di tuntut bersikap netral dan memperlakukan semua pelanggan itu sama, karena mereka semua itu yang utama , dalam profesi mu,

Juga kita di tuntut menguasai permasalahan yang di kaluhkan para pelanggan , walaupun tidak semua pelanggan itu sama namun sebagian,


Seperti contoh,

Ada bagian-bagian dari komponen yang rusak dan kamu tahu itu harus di ganti misalnya, tapi orang yang mempunyai kendaraan itu tidak mau menggantinya di karenakan harganya mahal, dan mintanya di akali ,walau itu hanya sebagian orang,Otodidak



Mayoritas motor di kampung paman kendaraan agak tua jadi kita harus mempunyai ketelitian dalam menanganinya, walaupun kita tahu sesuatu yang main akal-akalan tidak akan bertahan lama, kalu tidak bertahan lama tapi dianya menyadari tidak ada masalah,

yang repot lagi yag gak bisa menyadarinya, bahwa sesuatu yang sifatnya sementara pasti tidak akan lama, tapi kamu harus menuruti kemauannya dan tidak harus memaksanya untuk membeli yang baru,
Begitu juga dengan membagi waktunya, jika komponen yang akan kita beli ternyata sulit di dapat, belum lagi kerjaan yang lainya harus tepat waktunya, dan salah satu pasti molor proses pekerjaanmu, dikarenakan termakan waktu lainya, dan orang-orang tidak tahu apa yang kau usahakan, belum lagi jika waktunya molor otomatis si pemiliknya bertanya, iya jika hanya menanyakan selesainya saja, kadan ada yang gak menyadari, tapi itu semua sudah konsekwensinya sebagai penjual jasa lee,, kamu harus bisa memaklumi, itu hanya sebagian yang lainnya banyak yang menyadari proses yang harus dilakukan si mekaniknya,

 Kondisi tempat

Kamu juga harus tahu lee,, di kota sama di desa itu tidak sama, kalau di kota tempat kamu bekerja misalanya , orang akan lebih mempertimbangkan waktu saat mereka membawa motornya ke bengkel, seperti contoh, saat istirahat makan siang misalnya mereka akan memasukan motornya ke bengkel sambil makan siang, dia pasti menginginkan tepat waktu, jadi ketika makan siang selesai motor udah siap , iya kan , justru kalu kamu memakai cara seperti akal"an yang membutuhkan waktu lama dia pasti tidak mau, karena baginya waktu yang tepat itu yang utama,
Dan lagipula jika main akal-akalan otomatis akan menambah waktu banyak juga le,, "hemmm gitu ya jawab ku😔,sambil menunggu perintahnya,
Ada juga yang lebih menjengkelkan leee,, jika kamu mau menjadi mekanik apalagi niat buka sendiri kamu harus siap tekor dulu, kadang-kadang harus membelanjakan duluan ketika pas sudah selasai pembayarannya kurang atau lupa gak bawa uang, akhirnya di hutang deh,, onderdil nya sekaligus jasanya,
Yah tapi itu tidak semuanya leeee,, 🤭cuma sebagian orang,,

Bengkel motor


Sekarang Kalau Sukanya apa paman pertanyaan saya lagi?sambil sruput kopi sebentar yang disuguhkan bulek tadi,☕😁

Kalau sukanya sih ,, saya jadi merasa senang selain bisa membantu orang yang lagi membutuhkan juga, mendapatkan penghasilan juga, dan bisa menghidupi keluarga paman,, Bagi paman bekerja sambil belajar itu kuncinya agar kita tidak tertinggal dengan yang lainnya,, tapi paman sangat menikmati pekerjaan  paman ini

Masih banyak pelanggan paman yang masih datang kembali. Malah mereka semua itu jadi pelanggan setia Paman .

Yaa mungkin karena mereka itu sudah sangat percaya sama kerja paman dan itu harus di jaga kepercayaan nya,.
Memang besar tanggung jawabnya tapi  banyak sukanya karena Paman melakukan dengan hobi sekaligus kerja , 

Paman ingetin lagi  menikmati pekerjaan mu sekaligus hobi dulu juga sukai pekerjaanmu, karena semua profesi pekerjaan itu jika di dasari rasa kecintaan terhadap apa yang di gelutinya, pasti akan bertahan lama,

Dari sini saya jadi tau profesi bengkel paman saya atau profesi lainnya harus bener-bener di dasari rasa kecintaan kita terhadap pekerjaan juga,karwna semua kemampuan ketrampilan akan di dapat jika kita mau ngejalaninya dengan senang hati dan menikmati profesi kita,

Pixabay


Tidak terasa saat makan siang tiba, pas saya mau pamit pulang, eh gak di ijinin sama paman taunya bulek(bibi) istri paman keluar bawa makanan nasi lengkap sama lauk pauknya,,
Wah,,, sambil berkata"iki lee ndang di pangan nko lak wes mangan nko oleh moleh"( ini nak cepat di makan nanti kalu sudah makan baru boleh pulang) wahhh, kebetulan nih udah laper dari tadi "kerjo gak pati mangane mesti😂"

Yah itulah ceritanya paman yang berprofesi mekanik yang menurut informasi lulusan Mts, yah itulah mungkin karena beliau dulunya niatnya kuat dan menyukai pekerjaanya,

Semoga kita bisa belajar mencintai profesi kita masing-masing, dan bisa menjadi manfaat bagi sesama, ,

Wassalamualaikum wr,wb

Daftar isi:

Wassalamualaikum wr,wb
Hai, semua. Maaf ya bila tulisanku masih terlihat amburadul😁 aku harap bisa di pahami apa yang sudah kalian baca 🙏
Baca Juga
🔊 Informasi per-CB-an 🌍 Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.🙏 🌍JAMDA I CB D.I.Yogyakarta, Mengundang untuk dulur2 CB se INDONESIA, Di acara JAMDA I CB D.I.Yogyakarta yang akan DI selenggarakan pada hari Minggu 05 Mei 2024 di Lanud Gading Gunungkidul Yogyakarta,KONTES : >CB Original >CB Racing touring >CB Standard Touring >CB Karat Fashion >CB modif Original karat >CB Lokal Ab dailyuse, 🌍 Selamat ulang tahun yang ke-1087 untuk Kabupaten Nganjuk!
close
klik close👆 untuk menghilangkan iklan