Jul 20, 2021

fungsi oli mesin motor


fungsi oli mesin motor

baca juga: cara ganti oli mesin sendiri

Oli atau pelumas untuk kendaraan motor sangatlah dibutuhkan oleh komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor. sedangkan Cairan oli pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin ataupun komponen-komponen lainnya yang ada di dalam mesin motor tersebut.

 Sedangkan oli pelumas sendiri berfungsi untuk menjaga agar mesin kendaraan motor kita tetap dalam kondisi  prima, oleh karena itulah pemilik kendaraan di anjurkan selalu memperhatikan hal yang sangat penting ini.

Dengan memperhatikan kondisi oli mesin secara rutin, ini akan membuat mesin motor kamu lebih awet dari keausan dari gesekan antar komponen yang ada dalam mesin tersebut.

 Perlu kita ketahui Pelumas atau oli mesin ini, selain menjadi pelindung bagi komponen-komponen yang ada di dalam mesin dari gesekan, juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh gesekan maupun panas dari proses pembakaran yang ada di dalam silinder tersebut.

karena disaat mesin itu bekerja akan ada yang bekerja lebih cepat. yaitu antara piston dengan silinder, sedangkan Oli atau Pelumas sendiri dapat mengurangi suhu panas sekaligus menjaga kebocoran-kebocoran kompresi, dari tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran tersebut.

selain itu pelumas oli juga bisa mengisi celah antara piston dan silinder dan menutupi dari kebocoran lainnya yang ada di bawah ring piston tersebut, jadi fungsi oli untuk mesin itu banyak kegunaan dan fungsinya ,selain jadi pelumas pelindung juga pendingin ruangan banyak sekali kan fungsinya, jadi jangan remehkan masalah oli ,



jarak waktu ganti oli

untuk berapa lama atau waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli mesin tersebut ialah kamu bisa lihat di buku panduan, 

  Di Dalam buku panduannya biasanya penggantian oli pada kendaraan motor ialah tiap 2,500 hingga 3,000 km. namun itu semua juga tergantung pada cara memakai kendaraan tersebut, jika kamu menggunakan nakan buat trek-trek atau seperti balap-balap gitu . ya bisa saja gak sampai 2,5000 udah ganti, 
hal tersebut dikarenakan daya pelumas sendiri di percepat durasi proses pemanasan, 

Maka dari itu penggantian oli mesin secara berkala, merupakan kewajiban untuk perawatan mesin motor kamu,
 itulah fungsi oli mesin motor

Jul 18, 2021

chord guitar seberkas sinar Nike Ardilla

 

Nike Ardilla

Seberkas Sinar
Merupakan sebuah satu singgel dari album pertama Nike Ardila,
Album Seberkas Sinar dirilis pada tahun 1989-1990 lalu dan juga kaset-kaset nya yang begitu laris di pasaran kala itu.


Artis: Nike Ardilla
: Seberkas sinar,
Dirilis: 1989
Genre: Pop
berikut adalah Kunci atau chord: seberkas sinar 🎸


INTRO ; A M EM F AM
AM EM D G AM


AM
kala ku seorang diri
AMG
hanya berteman sepi dan angin malam
F
ku coba merenungi
D M F E G F
tentang jalan hidupku ,, ho,,,
AM
kulangkahkan kakiku
A M G
dan menyimak sebuah arti kehidupan
F F E D M
hati s’lalu bertanya
Dm FFE
Ada kah kasih suci...
Am Dm
Dalam cinta haa..haaa...
G C F D M E
adakah cintamu...ha....

Nike Ardilla

Reff;
C .G .F.C
Seberkas cahaya terang..
C.F.G.F C
Menyinari hidupku..
C.G E A M
Sesejuk embun-embun di pagi hari..
F E A M
dambaan insan di dunia ini..
Reef....

C G F C
Seberkas cahaya terang..
G f g f c
Menyinari hidupku..
C G E A M
Sesejuk embun-embun di pagi hari
F E A M
dambaan insan di dunia ini..------

A M
jauh ku dengar lagu
A M G
di keheningan malam aku sendiri
F E D M
kucoba merenungi
D M E E
Tentang jalan hidupku...
A M D M
Dalam cinta...haaa
G C F D M
Adakah cintamu...haha...
Kembali,,,


Beranda otodidak

Kunci gitar:

Bintang Kehidupan Nike Ardilla.



Jul 7, 2021

Spesifikasi Honda Mega Pro 160 standar

Megapro

Megapro 

 sebagai motor peralihan dari Honda GL Pro Neotegh dengan melakukan debut di Indonesia pada tahun 1999 di tipe Megapro ini Megapro sempat bertahan cukup lama di pasaran,
Sebagai motor idaman kaula muda Megapro mampu mengambil hati para pecinta motor di Nusantara ini, di bawah nanti akan saya bagikan informasi sedikit mengenai spesifikasi dari motor Honda GL pro ke Honda Megapro,

Spesifikasi Honda Mega Pro 160

      Perlu kita ketahui Honda Megapro ini adalah penerus dari sang legendaris Honda GL Pro, yang dimana Honda GL Pro sendiri sudah menjadi primadona kaum lelaki yang suka sport touring, dari mulai tahun 80an hingga ke generasi mudanya Megapro.
Kejayaan dari Honda GL pro sudah banyak yang mengakui ketangguhannya dari era itu hingga sekarang, dan juga di spek mesin ini banyak digemari karena jenis motor ini selain kapasitas CC lumayan besar 160Cc, juga mengandalkan nafasnya yang panjang dan cocok untuk perjalanan jauh , atau touring.
Nah yang suka perjalanan jauh atau touring ini cocok untuk kalian  , jangan lupa baca sambil ☕ bro..

Honda lalu mengeluarkan adiknya yaitu Honda Megapro lama yang masih mengantongi mesin berkapasitas 160cc dan masih belum sama belum adanya elektrik starter, perubahan pada body dan perubahan lebih ka kostum


Namun Honda lagi-lagi belum puas untuk menyenangkan para pecintanya dengan itu Honda menyempurnakan lagi yang lebih besar daripada yang sebelumnya terlihat lebih gagah cocok untuk ke kaum laki-laki ,perubahan yang signifikan adalah full body dan di lengkapi dengan elektrik starter keren bukan πŸ‘

Honda Megapro sport yang awal di produksi dari tahun
2002 hingga 2005 dan berlanjut hingga generasi ke Megapro Advance / Megapro Primus ( 2006 – 2009 ).


Spesifikasi Megapro lama adalah sebagai berikut :

Spek mesin:

  • 4-stroke, OHC
  • Cylinder: 1
  • Kapasitas mesin: 156,7 cc
  • Bore x stroke: 63,5 x 49,7 mm
  • Rasio kompresi: 9,0: 1
  • Max power: 13,3 hp @ 8500 rpm
  • Max torque: 1,3 kgf.m @ 6500 rpm
  • Fuel system: Silinder ventury karbu 24
  • Pengapian: CDI-DC, battery
  • Busi: ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
  • Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
  • Kopling: manual, tipe basah, double clutch
  • Starter: kick(engkol)

Dimensi:



Jarak sumbu roda: 1281 mm
Tinggi jok: 772 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Cam chain: silent chain (rantai)
Kapasitas olie mesin: 0,9 liter
Kapasitas tangki: 8.0 liter
Konsumsi bbm: 51,4 km per liter @ 50 km/jam
Berat: 106 kg
Rangka: diamond steel






Spesifikasi Megapro Primus adalah sebagai beriku:


Mesin: 4-stroke, SOHC,
1 silinder
Diameter x langkah: 63.5 x 49.5 mm
Max. power: 13.3 ps @ 8500 rpm
Max. torsi: 1.3 kgf.m @ 6000 rpm
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kapasitas mesin (volume langkah): 156.7cc (160)K
Kopling manual, tipe basahB
Battery accu: 12V – 5 AhP
Pengapian DC – CDI, BatteryS
Starter electric dan kick B
Busi ND X 24 EP – U9/MGK DP8 EA-9T
Tangkibbm: 13,2 liter




Dimensi:

Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1065 mm
Jarak sumbu roda: 1281 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Tinggi jok: 774 mm
Rangka: pola berlian (diamod style)





Suspensi:
depan: teleskopik
belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
depan: 2.75 – 18 42P
belakang: 3.00 – 18 47P
Pengeriman:
depan: cakram hidrolik dengan piston ganda
belakang: tromol








Jika kita lihat produk pabrikannya Honda Megapro Primus masih mempertahankan mesin generasi sebelumnya seperti Megapro lama dan lebih tua yaitu Honda GL pro Neo tegh dengan spesifikasi yang masih sama dan tidak berubah namun lebih ke penyempurnaan,



Honda Megapro juga menjadi motor idaman kalangan muda body kekar spek mesin yang mumpuni,

itulah sedikit informasi tentang dari generasi Honda GL pro Neo tegh hingga MegaPro, 

Nb: jika kamu ingin menambah apa yang belum tertulis di atas kamu bisa menambahkan di kolom komentar dibawah πŸ‘‡

Salam seduluran🀝

Jul 5, 2021

Modifikasi Honda GL max atau pro


Modifikasi Honda GL max atau pro



Honda gl max


Di bawah ini, kami akan memberikan informasi tentang tampilan modifikasi motor Honda GL pro maupun Max. Ada banyak gambar yang dapat kamu jadikan referensi untuk membuat dan mempermudah dalam proses modifikasi yang tetap menjaga dan tidak meninggalkan model aslinya.


  • Sebelum kita membahas tentang penampilan dari motor Honda GL pro maupun Max tidak ada salahnya kita menengok kebelakang dan sejarah singkat dari motor Honda GL pro dan Max ini

Baca juga: mengganti kiprok saat darurat


Lahirnya atau Kemunculan  Honda tipe GL  yang sebelumnya telah  dulu lahir dan dikeluarkan sodara tuanya yaitu Honda CB juga GL 100 atau GL 125. sedangkan Honda CB sendiri memiliki banyak jenisnya , namun kali ini kita tidak akan membahas tentang kemunculan dari Honda CB - GL 100 (Cepek) tersebut.


 Berhentinya produksi CB dari pabrikan Honda juga GL series. Pabrikan Honda lanjut kemudian mengeluarkan jenis baru atau model terbarunya yaitu di awali dari jenis GL max series  yang masih menggunakan sistem pengapian platina, di Indonesia Honda GL max sendiri pertama muncul masih belum banyak yang memiliki kala itu, kalaupun ada hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membelinya. Ini di daerah kalau di kota mungkin sudah banyak yang memilikinya.


Dengan perkembangan teknologi dan GL max sendiri mulai di gemari banyak kalangan , dan hingga sekarang ini Honda GL max atau pro makin banyak yang peminatnya, dan diburu oleh para pecintanya untuk di modifikasi baik bentuk maupun mesinnya.


  Dari merubah kaki-kakinya dan menambahkan aksesoris Honda GL max atau pro makin tampil mempesona, di Indonesia saat ini banyak sekali bermunculan generasi-generasi yang kreatif dan inovatif ini sangat bagus untuk menggali potensi kreatifitas di kalangan anak muda.


 Perlu kita ketahui bahwa mendesain motor agar sesuai dengan apa yang diinginan itu adalah suatu hobi yang nggak bisa di anggap remeh. Karena merubah atau memodifikasinya harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Dari segi  keamanan penampilan dan aksesoris-aksesorisnya yang akan di gunakan untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.


  • Berikut adalah beberapa jenis motor GL yang sudah dimodifikasi oleh pemiliknya dan tetap menjaga tampilan aslinya.



Honda GL max
Honda GL pro


Honda GL max
Honda GL max
Baca juga: Honda Bebek legendaris

GL max


GL pro


Honda GL


  Kreatifitas anak bangsa ini diharapkan akan melahirkan bibit-bibit baru modifikator dan juga bisa menginspirasi  modifikator-modifikator lainnya untuk menuangkan ide-ide kreativitasnya melalui modifikasi di bidang sepeda motor di negeri ini.


Jul 1, 2021

Cara pasang relay klakson untuk sepeda motor

 Cara pasang relay klakson untuk sepeda motor

Ilustrasi pixabay

    Sebuah klakson pada kendaraan motor memang sangat penting dalam keselamatan berkendara , klakson pada kendaraan motor, sebagai alat bantu si pengendara untuk pemberian aba-aba pada pengguna motor lainnya,
Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang keamanan saat berkendara,
Akan tetapi kita akan sama-sama belajar memahami kerja dan fungsi dari sebuah alat bantu untuk klakson pada kendaraan motor tersebut.

 Untuk yang baru belajar saya akan membagikan sedikit tips-tips belajar bagaimana cara memasang alat tambahan untuk klakson kendaraan motor kita sendiri, nah untuk yang sudah mahir boleh menambahkan di kolom komentar, agar kita bisa sama-sama berbagi pengalaman. Karena berbagi akan jauh lebih bermanfaat daripada tidak di bagikan, janngan lupa ☕ dulu supaya bisa sama-sama fokus 😁

 komponen relay ini adalah alat tambahan  untuk  motor yang menggunakan dua klakson, pada kendaraan motor, namun untuk kendaraan yang keluaran baru memang ada yang sudah memakai relay dari bawaan pabrikannya. sedangkan untuk jenis motor keluaran lama relay kebanyakan belum ada,

 dan kebanyakan yang  sering saya jumpai banyak yang  hangus dan terbakar karena tidak adanya relay klakson pada kendaraan tersebut.

Baca juga:

Kenapa harus memakai relay

  Kenapa kita harus menambahkan relay? untuk kendaraan motor yang memiliki dua klakson , hal tersebut dikarenakan jika kamu atau kendaraanmu memiliki dua klakson tanpa di tambahkan komponen satu ini yaitu relay , pertama tentu hasilnya kurang maksimal dan suaranya kurang bagus karena aliran listriknya  banyak yang terhambat , 

Dan jika  kamu menggunakan dua klakson pada kendaraan motor kamu, arus listrik akan melewati beberapa tahapan seperti  melewati  kontak-holder-holder atau sambungan-sambungan lainnya,  

Ini akan membuat suara yang dihasilkannya kurang maksimal.namun bila kamu menggunakan relay hasilnya akan jauh lebih bagus dan maksimal.

  Fungsi dari relay sendiri selain membuat suara klakson menjadi bagus juga berfungsi sebagai pengaman komponen-komponen lainnya , dan juga Relay bisa berfungsi untuk melindungi Motor ataupun komponen-komponen lainnya dari kelebihan Tegangan ataupun hubung singkat (Short) 

Jadi bila motor kamu menggunakan dua klakson seperti kepunyaan mobil ataupun dari aksesoris lainnya lebih baik kemu tambahkan relay agar hasilnya lebih bagus juga aman , selain itu suara yang dihasilkannya dari klakson jauh lebih bagus. 

Juga yang terpenting berfungsi sebagai pengaman dari kebakaran pada kabel-kabel karena kelebihan beban atau hubungan singkat arus listrik tersebut.

Selain itu solet-soket bawaan motor akan labih aman tidak mudah  terbakar, dan juga membuat isi holder menjadi lebih awet, karena beban yang melewati holder akan lebih ringan, tidak mudah gosong atau keropos,

Berikut adalah contoh pemasangan relay untuk klakson pada kendaraan motor:

Klakson motor
Relay klakson


Sementara itu relay sendiri berfungsi juga untuk melindungi Motor ataupun komponen lainnya dari kelebihan Tegangan ataupun hubung singkat (Short) yang bisa mengakibatkan kebakaran pada kabel-kabel listrik di kendaraan, 

Nb: Di usahakan saat pemasangan  relay telitilah terlebih dahulu sudah kuat atau Masih kendor di bagian penyambungan kabel tersebut.

 Sementara ini yang bisa saya sampaikan informasi mengenai cara pasang relay klakson untuk sepeda motor.semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, 

Selamat mencoba salam otodidak 🀝  


Back to home