PERAWATAN DAN MEMAHAMI MOTOR INJEKSI
Assalamualaikum wr,wb
~~~~~
Seberapa pentingkah pengetahuan kita tentang otomotif di era saat ini
dibilang penting ya tergantung pada si pemiliknya,tapi kalau menurut saya penting juga untuk mengetahui apa saja yang harus kita lakukan dan bagian-bagian manakah yang perlu di perhatikan jikalau kita memiliki kendaraan sendiri, yang tiap hari tak ada hentinya untuk kita gunakan,
bagaimana tidak, jika kemana-mana kita sudah tergantung pada kendaraan/motor tapi bagaimana lagi alat transportasi yang simpel dan praktis cepat ya in(kendaraan bermotor)
sedang kendaraan /motor saat ini terus menerus mengalami perubahan semakin hari semakin canggih dan semakin di sempurnakan oleh pabrikan, dengan di lengkapi berbagai komponen-komponen yang serba modern dari mulai jaman dulu (jadul) sistem platina berubah menjadi sistem cdi dan karburator, dan sekarang di sempurnakan lagi dengan sistem injeksi 👍
Akan tetapi kebanyakan dari kita masih belum bisa mengimbangi tekhnologi yang satu ini ,bahkan semakin hari semakin maju saja tekhnologinya di Dunia otomotif, semua itu harus di imbangi dengan pengetahuan kita agar bisa merawatnya dengan baik,,
- baca juga
- menangani matic terendam banjir
kita ambil contoh dari motor matic, kebetulan kendaraan jenis satu ini sangat di gemari hampir semua kalangan terutama kaum hawa, karena kendaraan jenis ini (matic) sangat simpel gak perlu repot-repot memindahkan gigi persneling (1234) kita tinggal gas aja langsung jalan wus.... 👍😁
oleh sebab itu tidak ada salahnya bila kita sama-sama belajar dengan mencari tahu bagaimana cara merawat dan mengetahui bagian-bagian mana yang harus kita waspadai pada motor-motor injeksi ,kita belajar mulai dari perawatan yang ringan-ringan saja yang bisa kita lakukan sendiri,
pertama kita harus sering-sering kontrol,
Seperti:Filter udara, perlunya kita menjaga kebersihan di ruangan ini, karena di motor jenis injeksi ini ,filter udara sangatlah penting dan besar pengaruhnya,apabila filter udara kotor tidak rutin di bersihkan.dan mengganggu kinerja dari injeksi tersebut,
Sebab ini akan menggangu laju dari motor itu sendiri, misalnya tarikan terasa berat' ekslarasi berkurang, saran saya bila sudah terlalu kotor mendingan filter udaranya di ganti saja , gantinya gampang kok posisinya ada di bagian sebelah kiri di atasnya kick starter/engkol dengan cara membuka baut dengan obeng (+)
filter udaraselanjutnya harus rutin servis tiap satu bulan sekali dan jangan sampai lupa ganti oli ya ,baik itu oli masin atau oli gardan ,biasanya oli gardan gantinya sesudah dua kali ganti Oli mesin , memakai oli mesin dengan kekentalan SAE 10W-30 dengan perbandingan2x oli mesin 1kali oli gardan) mengganti oli mesin secara berkala, minimal tiap 4.000 km ya gan ,tapi kalau lebih sayang lagi ganti oli mesin ganti pula oli gardan 😁
berikutnya jangan sampai lupa air radiator bila motor kita menggunakan sistem radiator seperti Vario kalau Vario lama tempatnya ada di bagian dalam jok, tapi yang Vario baru ada di atas kipas radiator ,jangan lupa cek masih ada apa sudah Habis tapi kalau Beat,scupy, tidak ada radiatornya
air radiator
jangan sampai telat ini bisa fatal dan tidak sedikit yang turun mesin gara-gara radiator kering bahkan bisa merembet ke bagian waterpom dan mengenai sil
aduh gak bisa di bayangkan biayanya makin banyak gara-gara telat kontrol air radiator nya,, contohnya bisa seperti ini gan,,👇
yang terakhir filternya fuel pump bila motor injeksi kita sudah berjalan mencapai 25.000 - 30.000
filter
sebaiknya kita pergi ke bengkel karena perawatan di bagian ini agak Sulit dibutuhkan orang yang sudah berpengalaman posisi fuel pump itu sendiri berada di dalam tangki , biasanya si mekanik juga sudah paham bila (km )sudah sebanyak itu, kalau sudah terlalu kotor mending di ganti aja , karena filter itu gunanya menyaring bahan bakar di dalam tangki sebelum dialirkan ke rotak yang bertugas menyalurkan bensin-
rotak
ke injektor ,,
filter fuel pump ini sebenarnya berperan sangat penting mencegah kotoran terisap dan parahnya lagi itu bisa menyumbat di bagian lubang injektor yang sangat kecil sekali,karena cara gantinya agak lama maka lebih baik kita serahkan pada ahlinya, kalau dibiarkan kotor itu akan membuat kerja fuel pump semakin berat untuk menyedot bensin,,
mengakibatkan injektor tersumbat
injektor
seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati 😁😁
lebih baik rutin merawat,
kalau tidak mau turun mesin seperti ini 👇
di era sekarang ini kendaraan bermotor sudah menjadi suatu kebutuhan transportasi yang bisa melayani semua rutinitas kita sehari-hari
~~~~~~ Klik menu
semangat belajar 🤝