blogger otodidak

belajar otomotif secara otodidak

Jan 3, 2023

Fungsi pickup dan pulser motor

| Jan 3, 2023

Pickup dan Sistem Pengapian:


Assalamu'alaikum wr,wb
~~~~~


 pernahkah Anda saat perjalanan motor agan mengalami mogok secara tiba-tiba,, 
 dan setelah di cek semuanya terlihat seperti normal, namun motor tetap saja tidak mau hidup , padahal logikanya jika ada bensin, tenaganya, apinya motor akan hidup, tp kenyataannya motor tetep ngambek gak mau hidup jengkel bukan ???
Namun hal ini bisa terjadi biasanya pada motor oprek atau motor yang di modif pada mesinnya, sedangkan untuk motor pabrikan kayaknya langka , walaupun ada kecil kemudian terjadi seperti ini, 

 Ok kita tidak akan membahas permasalahan mogoknya, kita fokus aja pada fungsinya  yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi, 

Sekarangn mari kita belajar tentang dasar ini dulu, kita tahu penyebab motor kita mogok itu kan buuanyak banget dari yang sepele hingga,,tak terlihat seperti πŸ‘» hantu 😁

termasuk juga motor kita mogok di karenakan terlihat sepele tapi bikin kita yang masih awam bingung , 
Padahal segala sesuatu sudah kita cek, Bensin adA, kompresi besar, setrumnya juga ada lalu apalagi!!
 padahal logikanya Ada bensin tenaga (kompresi)api pasti nyala,


pickup dan pulser motor
 

  mari kita fokus ke pengapian dulu aja , karena semua sudah kita cek dan ternyata semua ada tapi motor belum juga bisa hidup, coba di teliti dulu di bagian pengapian kita perhatikan saat mengecek ujung koil kita dekatkan ke masa lalu kita ayun kick starter nya setrumnya besar tapi tidak ber irama seperti treeeee,, agak panjang nah itu tidak normal , yang normal biasanya terdengar tretet-tretet , (putus-putus) maksudnya listrik yang keluar dari ujung koil harusnya putus-putus ,

fungsi pickup

ini masalah pada sistem pengapian mari kita belajar memahami pengapian dan cari tau apa fungsi pickup atau tonjolan yang ada pada badan magnet itu ?

Pickup dan pulser memiliki peranan penting dalam sistem pengapian motor, Yaitu menentukan saat di mulainya dan mengakhirinya terjadinya pembakaran pada ruang kompresi , sedang di CDI inilah listrik di atur waktunya, arus listrik yang mengalir secara terus menerus ke CDI, namun di putus oleh pulser dan tonjolan yang ada di magnet tersebut,

yuk kita belajar mengenal apa yang di maksud sistem pengapian, pengapian ialah perubahan dari energi listrik yang di ubah menjadi sebuah percikan api yang bertujuan untuk membakar campuran antara bensin dan udara yang sudah di kompresi/pemadatan, berhubungan beda potensial diantara kedua kutub itu yang cukup besar maka akan timbul sebuah loncatan electron,untuk menghindari yang tidak terarahnya listrik di buatkanlah sistem seperti di gambar iniπŸ‘‡

Gambaran terjadinya percikan
 

pickup dan pulser motor
mari kita belajar sama-sama karena memang blog ini untuk kita belajar dan sharing dan tukar pengalaman apa yang kita ketahui ok?
disini kita akan belajar bagaimana terjadinya sebuah sistem pada pengapian yang dari tidak beraturan menjadi teratur (sistematis)πŸ€” wes mbuh lah istilahnya apa..heee
Diatas ada gambar bagaimana saat posisi terjadinya suatu percikan pada ujung busi namun sebelum itu perlu di ingat ya lur.. setiap motor memiliki jumlah panjang pick up yang berbeda-beda tergantung dari sistem motor itu sendiri ,
lalu bagaimana proses saat api menyala untuk membakar bbm yang sudah bercampur udara dan sudah posisi pemadatan di dalam ruang kompresi✍️πŸ˜ͺ mari kita belajar memahami πŸ‘‡



gambar menunjukkan tonjolan berjalan mendekati pulser,,nah ini juga perlu diperhatikan sebelumnya, ketika mesin dalam kondisi rpm rendah atau stansioner antara 1000 hingga 1500 percikan api dari ujung koil , ketika itu pulser juga dalam posisi di ujung belakang tonjolan, dan gambar di atas menurut rpm rendah atau stansioner 1000-1500
menunjukkan pickup mulai menentukan atau bersiap-siap menyalakan api pada ujung busi jika posisi yang tepat (ujung tonjolannya)
pickup dan pulser motor
pickup dan pulser motor



disinilah di tentukan durasinya dalam posisi pulser sama pickup yang sejajar dengan pulser,

Saat pickup/ tonjolan magnet bergerak menjauhi pulser percikan api  menyala  namun jika rpm pada putaran tinggi bergeser mengikuti jejak TMA dengan ujung depan tonjolannya, 
pickup dan pulser motor



 Dan biasanya di badan magnet ada tanda huruf (F) artinya api/listrik mulai menyala dan otomatis membakar BBM bercampur udara yang sudah di padatkan kompresi disini terjadinya ledakan yang membuat piston terdorong kebelakang setelah lepas dari TMA atau ( titik mati atas) dan otomatis magnet berputar kembali dan  begitu seterusnya ,,

mari di ingat lagi
sebetulnya listrik pada motor kita itu terus menerus menyala dan terus memecikan api' akan tetapi mesin tidak bisa hidup meski semua seperti bensin-kompresi ada ,di karenakan tidak adanya sistem yang megatur, waktu dimana bensin yang sudah di padatkan oleh kompresi itu sudah siap atau belum untuk di bakar ,disinilah pengapian membutuhkan komponen-komponen seperti sepul-pulser - dan CDI, nah inilah yang arus listrik tadinya mengalir secara terus menerus ke CDI, namun di putus dan di atur durasinya oleh pulser agar tepat saat memercikkan πŸ”₯✍️


pickup dan pulser motor

Maka disini lah peran pulser sangan menentukan karena bekerja sebagai sensor dan mengirmkan perintah ntuk di atur oleh CDI,ketika pulser berada di sekitar pickup dan durasinya di tentukan oleh panjang pendeknya tonjolan/pickup?

Nb:
Kalau kita tidak memiliki busur untuk mengukur derajatnya, kita bisa mengikuti jumplah yang sebetulnya sudah ada pada magnet itu sendiri, yang sebetulnya cara menghitungnya sama dengan memakai busur derajat , 

Seperti yang saya bilang di atas tadi setiap magnet motor memiliki tanda dan setiap tanda itu ada artinya, untuk kita baca 
Misalnya jumlah panjang pick up biasanya sama dengan jumplah panjang tanda garis di depan atau sebelum tanda ( F ) tersebut ketika kita ingin menggeser posisi tinggal kita baca dengan memberi tanda pada jarak garis dengan tanda ( F ) 

Dan bila belum memahaminya karena kita masih belajar sebaiknya tidak usah dilakukan penggeseran pada tonjolan pada magnet tersebut, karena bila kita ingin menggesernya tentu akan ada efeknya seperti tidak tepat waktunya menyala Al hasil kick starter akan mengenai kaki saat kit engkol , 

maaf gambarnya jelek πŸ€­πŸ™πŸ™
semoga ini bisa membantu memahami fungsi dari tonjolan magnet tersebut





~~~ wassalamualaikum wr,wb


Pixabay.com



Hai, semua. Maaf ya bila tulisanku masih terlihat amburadul😁 aku harap bisa di pahami apa yang sudah kalian baca πŸ™
Baca Juga
πŸ”Š Informasi per-CB-an 🌍JAMDA I CB D.I.Yogyakarta, Mengundang untuk dulur2 CB se INDONESIA, Di acara JAMDA I CB D.I.Yogyakarta yang akan DI selenggarakan pada hari Minggu 05 Mei 2024 di Lanud Gading Gunungkidul Yogyakarta,KONTES : >CB Original >CB Racing touring >CB Standard Touring >CB Karat Fashion >CB modif Original karat >CB Lokal Ab dailyuse, 🌍 Selamat ulang tahun yang ke-1087 untuk Kabupaten Nganjuk!
close
klik closeπŸ‘† untuk menghilangkan iklan