4cara mengatasi sein tidak nyala serta fungsinya


4 cara mengatasi sein tidak nyala serta fungsinya


Riting atau sein adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yang dipakai untuk memberi aba-aba atau tanda pada pengguna jalan lain sebelum kendaraan kita berbelok ke kiri atau ke kanan, oleh Karena itu pentingnya kita merawat dengan cara mengontrol setiap saat mau bepergian menggunakan kendaraan motor, Agar kita tetap aman saat melakukan perjalanan, perlu diketahui salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan bisa dari komponen satu ini, maka dari itulah perlunya kita melakukan pengecekan setiap mau berangkat berkendara,

Baca juga:


 Coba kita bayangkan jika kendaraan Kamu tidak memiliki sen atau riting, pasti kamu akan kesulitan saat mau memberikan aba-aba pada pengguna jalan lainnya, baik itu yang ada di depan motor kamu maupun yang ada di belakang, itulah fungsi komponen sen atau riting tersebut, sebagai tanda,

  Mungkin kamu Pernah, saat berkendara ketika kamu mau belok tahu-tahu ada yang mengatakan atau mengingatkan kita, kalau belok nyalain dulu tuh sen (riting nya)... padahal kamu merasa sudah memberi aba-aba pada yang ada di belakang, dengan nyalain lampu sen (riting ) namun ketika kamu lihat gak taunya dop pada riting tak menyala,
Lalu Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya agar lampu sein tersebut bisa nyala kembali , sebetulnya penyebabnya ini bisa dari banyak faktor yang menjadikan lampu sen(riting) tidak mau menyala ..
  1.  coba kita nyalakan lampu sen (riting) kanan atau kiri kita coba semua kalau semua tidak bisa coba cek di bagian fleser, untuk memastikan coba kita pakai sambungkan langsung pakai kabel kalau dengan kabel ini bisa nyala sudah dipastikan flesernya rusak, dan peelu di ganti,
  2. Jika yang tidak menyala hanya satu lampu sen, misalnya lampu sen di bagian kiri jika di nyalakan hanya satu saja yang nyala,coba kita cek lampu yang mati tersebut, siapa tahu putus,
  3. Jika kita nyalakan lampu sen bagian kiri misalnya, depan belakang tidak nyala bisa kita cek di bagian holder siapa tahu kotor atau ada kerak di bagian plat tembaganya, kita bersihkan pakai amplas lalu coba pasang kembali,
  4. yang agak sulit ini , jika kita nyalakan sen kiri atas kanan tapi lampu sen menyala semua itu biasanya ada masa (negatif) lampu yang putus, kita coba periksa massa(negatif) di bagian depan,, atau area lampu sen siapa tahu disini ada massa yang putus, jika sudah ganti periksa massa (negatif) di bagian belakan,

Itu adah cara sederhana untuk memeriksa kasus yang sering di alami, walaupun terkesan spela tapi sangat penting, karena lampu sen(riting) masuk ke kategori perlengkapan sistem keselamatan pengendara, atau active safety system,


  Ciri-ci eri dari sen normal ialah lampu sen yang masih bisa di kategorikan layak dalam sistem keselamatan, ini yang masih bisa berkedip-kedip, warna kunih jangan merah atau warna-warna lainnya, usahakan tetep memakai lampu berwarna kuning setandartnya ,hal tersebut di karenakan berkedipnya lampu sen otomatis akan memberikan perhatian pengendara lainnya untuk melihat dan memperhatikannya,,
Kalau lampu sen menyala akan tetapi tidak berkedip ini juga mempengaru reaksi pengendara lainya kebanyakan akan di abaikan pengendara lainnya,
,,,

Nb:

Kebiasaan prilaku:

Ada yang lebih membahayakan lagi ialah ketika menyalakan lampu sen (riting) sebelah kiri akan tetapi pengendaranya berbelok ke kanan atau sebaliknya menyalakan sen ke kanan justru berbelok ke kiri,

Solusi lainnya

  Itu bisa di karenakan lupa kalau sen (riting) masih menyala Untuk menghindari hal tersebut atau biar tidak lupa kalau sen pada motor kita masih menyala, saya sarankan ganti otomatis atau flesernya yang berbunyi, Ini akan membuat kita tahu kondisi lampu sen masih nyala atau sudah mati,

 Kalau motor bawaan dari pabrikan hampir semua tidak ada bunyinya pada otomatis flesernya, hanya memberi tahu melalui indikator sen yang ada di spidometer tersebut,
Semoga artikel ini bisa membantu yang membutuhkan, 
Salam otodidak 🤝

Baca Juga
close