blogger otodidak

belajar otomotif secara otodidak

Waktu di Plosoklaten

Aug 17, 2021

ciri ciri kiprok lemah atau rusak

| Aug 17, 2021
🙏
ciri ciri kiprok lemah atau rusak
baca juga:




Pengisian regulator atau kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand


Untuk motor jenis DC seperti GL neotegh , Megapro, dan lainnya yang memakai pengapian dari pengisian ,

Namun jika kita nyalakan dalam posisi bersamaan, dengan komponen lainnya seperti lampu utama ,sein dan klakson, alhasil mesin sulit untuk di hidupkan, ini dikarenakan tegangan yang di butuhkan oleh CDI untuk pengapian tersebut menjadi kurang dan tidak stabil,

Biasanya jika kiprok motor mulai melemah mesin masih bisa dihidupkan menggunakan kick starter. atau engkol, hal tersebut Dikarenakan kebutuhan kelistrikan untuk pengapian masih bisa disuplai oleh sisa tegangan dari sisa 🔋 dan sedikit tegangan dari kiprok tersebut.

Ciri-ciri kiprok mulai lemah atau rusak untuk yang menggunakan pengapian DC seperti di atas tadi yaitu, jika motor mengalami kiprok lemah atau mati ini biasanya, saat motor di hidupkan namun saat sudah berjalan terasa berat, hal yang mencolok adalah, jika kita yang masih awam , cara melihatnya sebagai berikut.ketika motor dalam kondisi berjalan lalu lampu utama kamu nyalakan motor akan mengalami tersendat tiba-tiba atau seperti mau mati,

Dan bila hal ini dibiarkan atau tidak segera di lakukan perbaikan atau tidak segera di bawa ke bengkel untuk pengecekan resikonya adalah kamu akan mengalami mogok secara tiba-tiba dan akan mengalami mogok total Jika kiprok tersebut benar-benar mengalami mati,


hal ini disebabkan tidak adanya komponen yang menyuplai kelistrikan yang dibutuhkan pada pengapian motor tersebut. Akibatnya, saat tegangan pada aki benar-benar mati total atau ngedrop, motor akan benar-benar mogok total, dan tidak bisa dihidupkan sama sekali walau menggunakan kick starter, ini yang lebih parah untuk motor pengapian
jenis DC.

  Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai
(aki)

  Namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,

Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti di atas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,
  Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami over charging atau arus tidak beraturan .over charge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

ciri ciri kiprok lemah atau rusak


Beberapa gejala salah satunya :

Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.
sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,


itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..

sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


Baca Juga
🔊 Informasi per-CB-an 🌍JAMDA I CB D.I.Yogyakarta, Mengundang untuk dulur2 CB se INDONESIA, Di acara JAMDA I CB D.I.Yogyakarta yang akan DI selenggarakan pada hari Minggu 05 Mei 2024 di Lanud Gading Gunungkidul Yogyakarta,KONTES : >CB Original >CB Racing touring >CB Standard Touring >CB Karat Fashion >CB modif Original karat >CB Lokal Ab dailyuse, 🌍 Selamat ulang tahun yang ke-1087 untuk Kabupaten Nganjuk!
close