Mar 31, 2022
Persiapan arus mudik Ramadhan dan idul Fitri 2022
Mar 21, 2022
Cara membuat jalur pengapian otodidak
Penapian atau ingnition atau sistem pengapian atau apalah namanya yang penting paham dengan apa yang saya maksudkan (penjelasan otodidak)ππ
Kembali ke topik di atas sistem pengapian adalah sebuah rangkaian dari beberapa peralatan yang bertujuan untuk merubah yang semula dari energi listrik menjadi pengapian yang nantinya bisa menjadi bunga api di ujung busi, untuk membakar gas dari bahan bakar yang ada dalam ruang bakar (silinder)
Berikut adalah cuplikan, salah satu proses pembuatan skema di salah satu artikel blog Otodidak ini dengan menggunakan handphone seadanya namanya juga belajar dengan cara otodidak π
Belajar membuat diagram melalui aplikasi di Android
Mar 19, 2022
Fungsi lampu rem belakang dan cara membuatnya sendiri
Fungsi lampu rem belakang dan cara membuatnya sendiri
Blogger Otodidak Salam belajar dengan cara otodidak, kali ini saya akan mencoba membahas tentang bagaimana cara mudah
membuat jalur lampu rem pada kendaraan motor kita sendiri, perlu kita ketahui lampu rem atau lampu stop pada kendaraan bermotor ini termasuk salah satu bagian dari safety riding, saat kita berkendara di jalan raya, tujuannya untuk memberi aba-aba pada pengendara di belakang kita,
Kenapa ini sangat perlu kita perhatikan di kendaraan bermotor kita lampu rem ini harus di pastikan bekerja dengan normal.
Nah sambil belajar mengetahui Fungsi lampu rem belakang dan cara membuatnya sendiri fungsi dan pentingnya melakukan pengecekan terhadap kondisi lampu rem,
kali ini kita akan belajar bagaimana Caranya membuat jalur lampu rem belakang sendiri.
Jika ada Hal yang harus diperhatikan saat lampu rem belakang tidak menyala- Baterai/aki
- Kontak
- Switch /saklar
- Lampu belakang/stop
Jika kita rutin melakukan pengecekan kita akan tahu bagian mana yang harus dilakukan perbaikan, jika tidak ini bisa membahayakan saat kita gunakan untuk berkendara, baik diri kita sendiri juga bisa membahayakan bagi pengendara lainnya.
untuk itu perlu dilakukan pengecekan secara rutin sebelum kita melakukan aktivitas dengan menggunakan kendaraan kita, dan kita dapat memastikan bahwa lampu rem dalam kondisi normal atau siap untuk digunakan,
Baca juga:
- Baterai/aki
- Kontak
- Switch/saklar
- Lampu belakang/stop
Terkadang jika kita tidak rutin mengeceknya kita tidak tahu apakah lampu rem belakang kita mati atau bekerja tidak normal, dan yang dimaksud tidak normal adalah terkadang nyala Kadang tidak nyala, hal inilah yang di khawatirkan.
Sebetulnya lampu rem belakang ini juga bagian dari safety riding dan mengutamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, karena disaat kita hendak berhenti lampu rem belakang ini otomatis akan menyala terang ,
- Mekanisme kerja lampu rem belakang dan depan
Tujuannya jelas untuk memberi aba-aba atau peringatan terhadap pengendara di belakang kita, lampu rem belakang secara otomatis akan menyala dikarenakan terhubung dengan pedal rem belakang maupun dengan hendel rem depan atau cakram.
Maka dari itu pentingnya kita melakukan pengecekan terhadap lampu rem tersebut agar kita bisa mengetahui jika ada yang tidak beres pada lampu atau jalur-jalurnya,
Usahakan kaca atau mika lampu belakang ini berwarna merah yang artinya stop π, hal tersebut juga perlu diperhatikan, tidak sedikit orang warna kaca atau mika belajar di ganti warna putih atau transparan, hal ini justru akan membahayakan bagi pengendara sepeda motor lainnya,
Perlu diperhatikan ya bro.. jangan menggunakan kaca lampu belakang atau stop dengan menggunakan kaca transparan atau warna putih, jika kaca lampu belakang atau lampu stop itu rusak atau pecah karena banyak hal, usahakan untuk mengganti dengan yang warna aslinya atau warna merah,
Salam Otodidak
Mar 16, 2022
Motogp Indonesia 2022
Motogp Indonesia 2022
Valentino rossi |
Marquez ilustrasi |
Marquez foto pixabay |
- Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha),
- Joan Mir (SUZUKI ECSTAR SUZUKI),
- Aleix Espargaro (Aprilia Racing Aprilia),
- Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team Ducati),
- Pol Espargaro (Repsol Honda)
- Maverick ViΓ±ales (Aprilia Racing Aprilia),
- Alex Marquez (Lcr Honda Castrol Honda)
Marquez saat di ajang motogp |
Acara tersebut akan berlangsung di sirkuit Mandalika yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia,
- Yakni sesi latihan bebas (3) pada pukul 9.50 WIB Hingga 10.35 WIB,
- KUALIFIKASI :1 pada pukul 14.05 Hingga 14.20 WIB,
- KUALIFIKASI : 2 pada pukul 14.30 hingga 14.15 WIB,
- Minggu tanggal 20/3/22
- Race yang akan berlangsung pada pukul : 14.00 WIB
Feb 27, 2022
Ukuran bearing Roda motor Depan belakang
Ukuran bearing Roda motor Depan belakang
Bangali.. Laker atau Bearing merupakan komponen penting pada sepeda motor dengan adanya bearing atau laker tersebut komponen lain yang bersentuhan langsung dengan as atau poros dengan rumah atau dudukannya terbebas dari gesekan-gesekan yang disebabkan oleh berputar Nya antara as dan bagian poros serta dudukannya,
sedang bagian-bagian manakah yang memerlukan laker atau bearing, contohnya seperti,
Roda,kruk as, noken as dan masih banyak lagi seperti as kopling dan as transmisi dan sebagainya, fungsinya tetap sama yaitu mengurangi gesekan antara as dan bagian tempat dudukanya.
Perlu kita ketahui lagi , fungsi dari adanya bearing atau laker tersebut adalah untuk
menjaga poros agar tidak langsung bersentuhan yang menimbulkan gesekan-gesekan dengan rumah atau dudukanya,
bearing ini bisa mengurangi gaya gesekan pada tempat atau rumahnya, Sehingga dengan adanya laker( bearing ) kerja as akan perputaran lebih ringan, stabil dan aman dari gesekan,
Namun walaupun demikian fungsinya untuk mengurangi atau aman dari gesekan seperti yang saya tulis di atas tadi perlu kita ketahui juga , bearing atau laker ini juga memiliki masa pemakaian.
Baca juga:
Spul Tiger pakai kiprok Grand
LAKER/BEARING RODA BUAT SEPEDA MOTOR:
"HONDA DEPAN:
- MEREK KENDARAAN=UKURAN BEARING
- Honda C70 =6301
- Honda C700 =6301
- Honda C800 =6301
- Honda Astrea Star =6301
- Honda Astrea Prima =6301
- Honda Astrea Grand =6301
- Honda Legenda =6301
- Honda Supra Fit=6301
- Honda Supra X =6301
- Honda Supra X 125 =6301
- Honda Karisma 125 =6301
- Honda Beat =6201
- Honda Scoopy =6201
- Honda Vario 110 =6201
- Honda Vario 125 =6201
- Honda Sonic =6301
- Honda S90 =6301
- Honda Win =6301
- Honda CB 100 =6301
- Honda CB 125 =6301
- Honda GL 100 =6301
- Honda GL 125 =6301
- Honda GL Max =6301
- Honda GL Max NeoTech =6301
- Honda GL Pro =6301
- Honda GL Pro NeoTech =6301
- Honda NSR 150 =6301
- Honda Mega Pro =6301
- Honda Tiger 2000 =6301
- Honda Tiger C/W =6301
- Honda CB150R =6301
- Honda CBR 150R =6301
- MEREK KENDARAAN=UKURAN BEARING
- Honda C70 =6301
- Honda C700 =6301
- Honda C800 =6301
- Honda Astrea Star =6301
- Honda Astrea Prima =6301
- Honda Astrea Grand =6301
- Honda Legenda =6301
- Honda Supra Fit =6301
- Honda Supra X =6301
- Honda Supra X 125 =6301
- Honda Revo =6301
- Honda Revo Absolute =6301
- Honda Blade =6301
- Honda Kirana =6301
- Honda Karisma =6301
- Honda Beat =6301
- Honda Scoopy =6301
- Honda Vario =6301
- Honda Vario 125 =6301
- Honda Sonic =6301
- Honda S90 =6301
- Honda Win =6301
- Honda CB 100 =6301
- Honda CB 125 =6301
- Honda GL 100 =6301
- Honda GL 125 =6301
- Honda GL Max =6302
- Honda GL Max NeoTech =6302
- Honda GL Pro =6302
- Honda GL Pro NeoTech =6302
- Honda Mega Pro =6302
- Honda Tiger 2000 =6302
- Honda Tiger C/W / Revo =6302
- Honda CB150R =6302
- Honda CBR 150R =6302
- Honda NSR150 =6302