Nov 27, 2022

Penyebab Rem cakram Seret atau macet

 Abm_ Penyebab Rem cakram Seret atau macet dan cara mengatasinya,
Penyebab Rem cakram Seret atau macet dan cara mengatasinya,


Cara ini memang gampang-gampang susah sih...apalagi bagi kita yang masih belajar tentang otomotif,

Perlu diperhatikan , jika rem cakram ini macet itu sangat berbahaya dan membahayakan pengendara itu sendiri,
Kalau rem cakram tiba-tiba macet saat motor di kendarai di jalan raya yang ramai , tentu bukan saja membahayakan si pengendara motor itu sendiri tapi juga bisa membahayakan pengendara atau pengguna jalan lainnya,

Penyebab Rem cakram Seret atau macet;

  • Maka dari itu sebaiknya lakukan pengecekan berkala terhadap kampas rem secara rutin, namun berhubung waktu penggantinya tidak bisa ditentukan , alangkah baiknya sering-seringlah mengontrol atau pengecekan setiap ada waktu luang,
Hal tersebut dikarenakan penyebab rem cakram macet bisa karena kita jarang mengontrolnya, dan sering terlupakan alhasil kampas jadi tipis /habis tanpa kita tanpa kita ketahui, jika seperti ini kinerja kampas rem akan terganggu yang mengakibatkan kampas rem macet.

Mengganti kampas tepat pada waktunya,

Bila kita telat mengganti kampas rem cakram dan tinggal besinya saja ini sangat berbahaya lo gan,,,,

Penyebab Rem cakram Seret atau macet
cob bayangkan ,ketika handel rem di tekan otomatis besi dari kampas rem tersebut akan menjepit piringan cakram yang ada di roda motor kamu dan pirringanpun sudah tipis akibat tergerus dari sepatu atau besi kampas cakram tersebut, dan nini bisa mengakibatkan macet mendadak,

jadilah besi bertemu besi otomatis akan panas dan membuat piston panas, dan mengakibatkan oring atau karet yang ada didalam kaliper tersebut menjadi melar dan seret, ,Sedangkan kita tahu rem cakram yang ada di kendaraan kita adalah suatu alat pengereman yang digunakan dan berfungsi sebagai penjepit piringan cakram, yang ada di bagian roda kendaraan bermotor,
 
   Sedangkan untuk menjepit piringan cakram tersebut membutuhkan rumah pendorong atau kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorongnya, ke kampas rem tersebut , 

Untuk mengatasinya coba bongkar satu persatu rumah piston pendorong atau kaliper rem tersebut, dan keluarkan piston yang ada di dalam kaliper tersebut, setelah itu cuci semua baik itu rumah (kaliper) dan pistonnya, tapi ingat jangan mencuci pakaian bensin atau bahan bakar lainnya, 
Gunakan air dan cuci dengan sabun colek hingga bersih, 

Setelah itu pasang kembali seperti semula dengan mengoleskan minyak rem atau pakai sedikit sabun colek agar memudahkan pemasangan piston ke dalam kaliper tersebut, 

 Nb; jika karet yang ada di dalam rumah piston atau di dalam kaliper sudah lembek atau melar sebaiknya di ganti , hal tersebut dikarenakan bisa membuat piston macet karena terselip karet sil, atau oring .

Sementara itu yang bisa kita pelajari tentang Penyebab Rem cakram Seret atau macet
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲, 

Selamat mencoba dan salam belajar, 


Nov 10, 2022

Cara kerja mesin empat dan tak


PENGERTIAN SIKLUS PADA MOTOR BAKAR 4TAK 

Abm_sobat otomotif Mari kita sekarang belajar perihal cara kerja pada mesin empat tak atau empat langkah, dan bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui, apakah yang dimaksud dalam sistem atau cara kerja, pada mesin empat tak atau ( empat langkah ) tadi ,

Cara kerja mesin empat tak
seperti yang biasa kita dengar dari mereka-mereka yang sudah mengerti,
Kita tidak belajar tentang apa itu sistem atau suatu yang terprogram atau apalah itu, namun yang kita pelajari disini adalah proses dari cara kerja mesin empat tak atau empat langkah tersebut ok...
  Pengertian mesin motor empat tak adalah proses kerja pada suatu mesin motor yang melalui beberapa tahapan agar bisa menghasilkan suatu pergerakan berkelanjutan , 
Contohnya kerja  mesin empat langkah  adalah sebagai berikut, 


  1. Pertama ada yang namanya proses masuknya bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara yang keluar dari karburator yang terhisap masuk ke ruang kompresi, atau biasa disebut langkah penghisapan.Langkah 
  2. kedua adalah proses pemadatan pada bahan bakar dan udara.Langkah kerja selepas dari pembakaran bahan bakar dan udara Langkah pembuangan atau sisa dari bahan bakar dan udara yang sudah terbakar dan untuk di buang melalui knalpot.

Cara kerja mesin empat tak

  1. Langkah penghlsapan
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah kerja
  4. Langkah pembuangan

Jadi kesimpulannya adalahMesin 4 tak yang berarti terdapat proses 4 langkah pada pembakaran diruang bakar,

Kita ulangi lagi jadii yang dimaksud dari mesin empat tak , yang terjadi ketika katup in atau klep hisap dalam posisi terbuka, piston bergerak dari titik mati atas atau yang biasa disebut (TMA) bergerak ke arah titik mati bawah atau yang biasa disebut (TMB)


apa saja komponen yang ada di mesin kendaraan motor



  Abm_ Pada kendaraan bermotor yang sering kita jumpai di jalan-jalan, pada umumnya menggunakan bahan bakar atau(BBM) meski kendaraan bermotor yang menggunakan sistem listrik sudah mulai di rancang, namun hal itu masih pro kontra terhadap konsumen,
Ya kita tidak tahu sih..nanti seperti apa pengguna kendaraan bermotor memang benar-benar akan beralih ke produk motor listrik,

baca juga;
legendaris motor bebek dan pemintnya

   Namun sekarang kita tidak akan membahas tentang kendaraan bermotor sistem listrik atau tidak menggunakan bahan bakar (BBM)
Tapi kita akan membahas bagaimana cara mengetahui bagian-bagian yang penting pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem bahan bakar selama ini ,
Pertama di kendaraan bermotor yang selama ini kita gunakan yang memakai sistem bahan bakar sebagai berikut:

foto cb glatik

  • Kepala silinder
  • Silinder
  • Piston & Ring Piston
  • Batang Penggerak
  • Poros Engkol
  • Bak mesin

  Keterangan di atas untuk kendaraan sistem empat tak(4) yang berfungsi sebagai pendukung proses pembakaran bahan bakar  dan di dalam Kepala Silinder terdapat komponen-komponen pendukung lainya seperti

seher tiger




  • noken
  • templar
  • klep

Silinder atau blok atau rumah pistonatau seher ; di dalamnya terdapat komponen lainya seperti;

  • piston, seher 
  • ring piston
  • stang


istilah-istilah lain yang biasa kita dengar ialah ;

  • (cylinder head atau silinder kop)
  • (cylinder atau silinder blok)
  • (piston & ring piston atau seher & ring seher)
  • (connecting roda atau stang seher)
  • (crank-shaft atau kruk As)
  • (crank-case/karter)

maka dari itu Untuk menggerakkan kendaraan motor yang kita gunakan dan mengendarainya ini diperlukan adanya sistem daya gerak dan dibutuhkan komonen-komponeen seperti yang aada di ats tadi,

untuk kendaraan yang memakai bahan bakar saja, itu tidak akan cukup untuk menghasilkan suatu tenaga kalau tidak ada sesuatu komponen-komponen seperti di tas untuk merubah menjadi tenaga gerak dari sepeda motor itu tadi.
hal tersebut di karenakan adanya pembakaran bahan bakar di dalam mesin tersebut yang
dipergunakan dan dibutuhkan oleh mesin untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor yang kita kendraai sehri-hri.


oke semmntara ini dulu ya lor yang kita bahas mengenai apa saja komponen yang ada di mesin kendaraan motor


Nov 3, 2022

Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya

Tune Up


 Dalam istilah Tune UP di dunia otomotif yang artinya pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan secara menyeluruh dan melakukan perawatan seperti mengganti pelumas agar kondisi komponen-komponen yang berhubungan dengan mesin tidak mudah aus atau rusak, itu adalah salah satu Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya.

Selain itu Tune UP dalam hal servis seperti halnya di lakukan oleh mekanik bengkel tersebut contohnya adalah melakukan pengecekan Komponen-komponen yang perlu dilakukan penggantian atau cuma butuh perawatan ,

 Baca juga :

  Lalu apa sajakah yang harus kita lakukan dan kerjakan bila kita ingin melakukan Tune Up terhadap kendaraan motor sendiri atau jika kita sedang belajar menjadi mekanik ,
Hal yang harus kita lakukan adalah bila konsumen datang dan minta servis total /Tune Up seperti pengecekan di seluruh komponen yang ada di kendaraan , seperti motor,

Cek kondisi mesin dan servis meliputi

  1. Bersihkan karburator dan stel
  2. Cek dan stel klep jika perlu dilakukan penyetelan ulang.
  3. Cek kondisi pengapian seperti busi 
  4. Cek kondisi pengeriman depan belakang dan ganti kampas rem jika dirasa perlu untuk penggantian.
  5. Cek kondisi rantai dan bila perlu lakukan penyetelan ulang .
  6. Cek kondisi baterai (aki) dan kondisi pengisiannya
  7. Cek kondisi penerangan seperti lampu utama dalam lampu stop
  8. Cek kondisi sein (riting) depan belakang

Itulah beberapa contoh yang harus kita pelajari dan lakukan bila kita sedang belajar menjadi mekanik  dan penanganan tentang Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya, 

Sementara ini dulu ya gan yang bisa saya uraikan mengenai Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya
Semoga ini bisa menjadi penyemangat untuk belajar secara mandiri dan semoga bermanfaat , 

salam belajar 

Oct 27, 2022

ukuran piston megapro dan tiger

 Assalamualaikum wr,wb 

Abm _perlunya kita mengenl ukuran dadir diameter piston standart kepunyaannya honda seperti ukuran piston cb gl megapro dan tiger ini, memang penting  Karena dengan mengetahui ukuran standar piston milik Honda  tersebut  , kita bisa mengetahui mentukan bore up ke selanjutnya atau bila ingin meelakukan oversize yang lebih besar lagi,

ukuran piston megapro dan tiger


    Untuk yang masih pemula atau yang baru belajar seperti saya hanya ingatkan ketika mau melakukan bore up, oversize dan lain sebaginya usahakan pengerjaannya dengan hati-hati agar nanti tidak mengakibatkan fatal misalnya , terlalu longgar atau tidak rata akhirnya hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan ,dan mengulangi bore up lagi kan jadi kehilangan urutan satu tingkatan diameter piston honda cb gl megapro dan tiger

  • Berikut adalah daftar ukuran standar piston dari pabrikan motor Honda dan ukuran pen dari piston tersebut,

Honda tipe 

  • C50 39 mm 
  • C70 47 mm 
  • Astrea 800 47 mm 
  • Star 47 mm 
  • Prima 50 mm 
  • Grand 50 mm 
  • Impresa 50 mm 
  • Legenda 50 mm 
  • Legenda2 50 mm
  • Supra 50 mm 
  • Supra X 50 mm 
  • Supra Fit 50 mm 
  • Supra XX 50 mm 
  • Supra X 125 52.4 mm 
  • Fit X 50 mm 
  • Revo 50 mm 
  • Absolute Revo 50 mm 
  • Blade 50 mm 
  • New Blade 50 mm 
  • Kirana 52.4 mm 
  • Kharisma 52.4 mm


Tipe matic

  • Scoopy 50 mm
  • Spacy 50 mm
  • Beat 50 mm
  • Vario 110 50 mm
  • Vario 125 52.4 mm
  • PCX 150 58 mm
  • PCX 125 52.4 mm

Honda tipe sport

  • CB 100 50.5 mm
  • CB 125 56.5 mm
  • CB 200 55.5 mm
  • CG 150 57.5 mm
  • GL 100 52 mm
  • GL Max 56.5 mm
  • GL Pro 61 mm
  • CS-1 58 mm
  • Mega Pro 63.5 mm
  • New Mega Pro 57.3 mm
  • Verza 57.3 mm
  • Tiger 63.5 mm
  • CB 150R 63.5 mm
  • CBR 150 63.5 mm

    ok sobat belajar sementara ini dulu yang bisa saya bagikan untuk  belajar agar bisa tau sebelum melakukan oversize atau ingin memodifikasi piston lainnya ,
semoga catatan mengenai diameter piston Honda  ini bisa membantu dan bermanfaat untuk mengetahui salah satu komponen yaitu diamerter piston keluarga Honda  πŸ€πŸ™
jika masih ada yang tertinggal bisa di tambahkan di kolom
komentar 🀝

~~~~~¥¥~~~~~
wassalamualaikum wr,wb


"jangan lupa niat sungguh-sungguh"