Bagian Kelistrikan dari sepeda motor salah satunya ialah regulator atau yang sering kita dengar (kiprok), fungsi kiprok sendiri bertugas merubah yang dari semula dari arus bolak balik menjadi arus searah.
Baca juga:
Hal tersebut dikarenakan aliran listrik yang berasal dari spul itu masih bersifat (AC) Alternating Current,Biasa disebut arus bolak-balik,nah,,disinilah pentingnya peran regulator (kiprok) untuk menyuplai semua kelistrikan yang ada di kendaraan motor tersebut.
Disini Saya mau berbagi mengenai jalur kiprok sepeda motor dan fungsinya, perlu kita ketahui beda motor beda juga tempat dan posisi dari soket dan warnanya, sedangkan Kiprok Honda Yamaha Suzuki ada yang memiliki kesamaan seperti yang akan saya gambarkan di bawah,
Namun juga ada kesamaan posisi tapi tidak untuk warna kabelnya, kabel kiprok antara merek motor satu dengan merek motor lainnya berbeda warnanya namun sama posisinya,
Seperti contoh Motor Yamaha posisi atau letak soletnya sama dengan Suzuki akan tetapi tidak sama warna kabelnya, namaun intinya sama, yang membedakan cuma warnanya,
Berikut akan saya kasih gambaran agar kita bisa memahami letak-posisi dan fungsi-fungsinya biar disaat kita ada masalah bisa memperbaiki sendiri,
Contoh Tampilan Kiprok Yamaha
Di atas adalah contoh dari kiprok jenis yamaha, disini kita perlu tau arti tempat dan posisi juga arti dari warna tersebut
- Warna Hitam polos adalah massa dari motor yamaha dan ini terhubung dengan body motor juga terhubung dengan Negatif baterai,
- Warna putih adalah warna kabel Pengisian yang terhubung dari spul pengisian,
- Warna Kuning adalah warna yang terhubung dengan lampu juga dari spul tujuannya sebagai Penahan lampu agar tidak putus,
- Warna Merah terhubung dengan baterai juga terhubung dengan kontak,
Contoh Tampilan Kiprok Suzuki
Baca juga:
- Warna Hitamstrip putih adalah massa atau dengan body motor juga terhubung dengan Negatif baterai,
- Warna putih adalah warna kabel Pengisian yang terhubung dari spul,
- Warna Kuning adalah terhubung dengan lampu juga dari spul tujuannya sama sebagai Penahan lampu agar tidak mudah putus,
- Warna Merah terhubung dengan baterai juga terhubung dengan kontak,
Dari keterangan di atas kita bisa simpulkan bahwa kiprok tersebut adalah sama arus maupun soketnya,
Contoh Tampilan Kiprok Honda
- Warna Merah adalah positif yang terhubung dengan baterai dan kontak,
- Warna Kuning adalah warna kabel yang terhubung dengan lampu juga spul bertujuan agar lampu tidak mudah putus,
- Warna Putih adalah terhubung dengan spul pengisian,
- Warna Hijau dari motor Honda ini terhubung dengan Massa juga negatif baterai,
Di bawah ini akan saya beri sedikit gambaran dari skema jalur regulator (kiprok) untuk sepeda motor Honda,
Dari sini kita bisa membayangkan posisi dari jalur kiprok standar, sebelum kamu ingin merubah, dari bagian-bagian yang ingi di aplikasikan untuk kiprok jenis motor lain,
Sementara ini yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat,