cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

 

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah ?? kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand

Cara pasang kiprok grand di motor Tiger

 

Ciri Kiprok motor mulai rusak

Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai (aki)

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah


namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,


Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti diatas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,


Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami overcharging atau arus tidak beraturan .overcharge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah



 Beberapa gejala salah satunya :
Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.

sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,



itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..
sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


Baca Juga
close