Jan 12, 2022

Jalur dan warna kabel sepeda motor



Warna kabel sepeda motor


Dalam hal ini kita akan membahas tentang belajar membaca warna kabel sepeda motor agar kita bisa membaca dan mengenali, jalur-jalur mana yang mengarah ke komponen yang ada di kendaraan bermotor, contohnya seperti  warna kabel yang menuju CDI , kiprok, lampu, spul, holder dan masih banyak lainnya,
Manfaat nya itu banyak, bila kita mau belajar mengenal arti warna kabel sepeda motor,
Warna kabel sepeda motor


Selain memperkecil terjadinya konsleting yang diakibatkan kesalahan-kesalahan dalam penyambungannya, juga bermanfaat untuk mempersingkat waktu pengerjaan nya,

Maka dari itu perlunya kita belajar mengenal Warna kabel sepeda motor agar kita bisa lebih berhati-hati sebelum mengeksekusi setiap permasalahan pada kelistrikan kendaraan motor, 

 
Skema kelistrikan motor

 Kita tahu sekarang ini sepeda motor mengalami perubahan yang signifikan pada teknologinya yang dulunya awal-awalnya kendaraan motor masih menggunakan sistem manual pada pengapiannya seperti platina, yang resikonya tidak sebesar sekarang ini, yang pada sistem pengapianya semakin canggih dengan menggunakan sistem dari elektronik seperti CDI dan lainnya,
Namun kita tidak akan membahas bagaimana cara kerjanya atau bla-bla... Kita akan belajar mengenal warna kabel dari sepeda motor, dan berikut dibawah ini akan saya tulis beberapa jenis warna kabel yang ada di kendaraan motor kita,

Warna kabel sepeda motor untuk merk :

Honda:

  • Hijau : ( – ) massa, berlaku untuk semua negatif
  • Merah : ( + ) Aki
  • Hitam : arus dari Kontak
  • Putih :  pengisian dari spul
  • Kuning :  lampu dari spul
  • Biru : Lampu jauh
  • Abu-abu tua : Flasher
  • Biru Laut : Sein kanan
  • Oranye : Sein kiri
  • Coklat : Lampu kota/ senja 
  • Hitam – Merah : Spull CDI
  • Hitam – Putih : Kunci kontak
  • Hitam – Kuning :  Koil
  • Biru – Kuning : Pulser CDI
  • Hijau – Kuning :  Lampu rem


Suzuki


  • Hitam – Putih : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif
  • Putih – Merah : Pengisian spul
  • Merah : ( + ) Aki
  • Oranye : Kunci kontak
  • Abu-abu : Lampu belakang
  • Putih – Hitam :  Lampu rem
  • Hijau Muda : Sein kanan
  • Hitam : Sein kiri
  • Kuning – Putih : Lampu depan
  • Putih – Biru : Koil ke CDI
  • Biru – Kuning : ( + ) Pulser ke CDI

Yamaha

  • Hitam : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif 
  • Merah : ( + ) Arus positif dari akiK
  • uning : Lampu depan jauhH
  • ijau : Lampu depan dekatC
  • oklat : Sein kiriH
  • ijau : lampu
  • utih – Merah : ( + ) Pulser CDI
  • Hijau – Hitam : ( + ) Rem


Kawasaki

  • Hitam – Kuning : ( – ) Massa
  • Putih – Merah :  Aki
  • Merah – Hitam :  Lampu depan jauh ( DIM )
  • Merah – Kuning : Lampu depan dekat
  • Abu-abu :  Sein kanan
  • Hijau :  Sein kiri
  • Biru : Lampu rem
  • Merah :  Lampu belakang
  • Coklat :  Klakson

Nb: 
  Untuk kendaraan bermotor yang keluaran baru dari pabrikan yang mungkin akan terus ada tambahan-tambahan dari warna-warna kabelnya, 
Dengan seiringnya perkembangan teknologi , ini hanyalah sebagai warna dasar atau ciri warna identik atau (code warna)  pabrikannya masing-masing, 

Jika ada yang kurang bisa kamu tambahkan , semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua,  salam Otodidak 🀝

Jan 9, 2022

Tiger memakai CDI DC Megapro

Tiger pakai CDI DC Megapro


Tiger memakai CDI DC  Megapro
Tiger memakai CDI DC  Megapro

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana caranya agar CDI DC Seperti gl neotegh, Shogun, atau Megapro, bisa di aplikasikan pada kendaraan motor yang memiliki pangapian jenis AC, seperti Honda Tiger ,

Karena untuk jenis motor Honda Tiger memang memiliki pengapian yang berbeda dengan kendaraan lainnya, seperti yang saya bilang di atas,

Honda Tiger baik itu Tiger lama (tilam)atau Tiger Revo (tirev) yang memiliki pengapian AC dari pabrikan, nah apasih yang dimaksud dengan pengapian DC dan AC, seperti yang sudah pernah saya tulis pada artikel yang dulu dan kamu bisa mencarinya di situs ini melalui kotak pencarian yang sudah saya sediakan , sebetulnya baik CDI AC maupun DC semua memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing,
pada Pengapian AC atau (Alternative Current)
Atau biasa disebut arus bolak – balik ini adalah, pengapian yang bersumber langsung dari spul itu sendiri.

Dan untuk cara kerja dari jenis pengapian ini ialah , katika magnet berputar semakin kencang, maka semakin besar pula pengapian yang akan dihasilkan , selain besarnya pengapian yang dihasilkan. Ada kelebihan lainnya untuk pengapian jenis AC ini,
Yaitu tidak perlu atau tidak membutuhkan aki sama sekali untuk sistem pengapiannya, baterai atau aki hanya dibutuhkan untuk keperluan lainnya seperti menyalakan lampu sein atau klakson dan lainnya, namun tidak untuk menghidupkan mesin, karena sudah memiliki pengapian AC yang bersumber langsung dari spul tersebut,

Kelemahan dan kekurangannya:

Namun kelemahan pada jenis pengapian ini AC (Alternative Current) , yang pengapiannya bersumber langsung dari spul , kehidupan mesin tersebut tergantung pada spul dari arus bolak-balik tersebut, dan jika terjadi sesuatu pada spul seperti kobong atau putus, terkena air yang mengakibatkan konsleting pada spul tersebut maka akan berpengaruh pada sistem pengapianya , dan yang lebih buruknya mesin akan mengalami mati dikarenakan bermasalahnya pada sumbernya yaitu spul .

Sedangkan untuk pengapian jenis DC (Direct Current) seperti yang dimiliki oleh kendaraan motor GL neotegh, Megapro, dan yang memiliki jenis pengapiannya sama, (DC) yang ini tidak membutuhkan spul pengapian lagi, atau arus bolak-balik
Karena jenis pengapian DC ini yang bersumber dari pengisiannya adalah dari pengisian atau dari baterai (aki) jadi terlihat lebih simpel , bahkan untuk kendaraan yang memiliki pengapian jenis DC ini tidak ada spul pun tetap bisa hidup , namun yang mensuplai ke aki tidak ada, jadi hidupnya tergantung terhadap umur dari aki tersebut.

Untuk Kelebihan lainnya juga seperti pengapian jenis DC ini, sudah pasti lebih stabil, karena begitu kontak di posisikan pada on, seketika pengapiannya sudah siap untuk digunakan untuk membakar gas yang ada dalam ruang bakar (silinder) jadi bagitu kontak dalam posisi on pengapian sudah dalam keadaan stabil,

Namun selain ada kelebihan kelemahannya juga ada, untuk sistem pengapian DC ini, yaitu semua baik itu pengapiannya,aki, dan kelistrikan lainya, tergantung pada pengisian dari regulator atau kiprok, dan jika pengisian atau baterai (aki) bermasalah, otomatis motor juga akan mengalami gangguan, dan juga ketika regulator atau kiprok ini bermasalah atau rusak alhasil aki akan ikut tekor, dan otomatis juga motor akan mati tyalias mogok,

Namun bila aki ini mengalami tekor atau Soak, motor jenis DC ini masih bisa hidup dari pengisiannya yaitu regulator (kiprok) tersebut, syarat nya bagian kiprok tidak boleh terganggu atau bermasalah jika rusak , semuanya akan mati , karena semua bersumber dari pengisian regulator atau kiprok tersebut,

Baca juga: 


Gunakan baterai atau aki, 


Maka dari itu sangat di anjurkan untuk motor yang memiliki jenis dc (Direct Current) harus memakai baterai (aki) untuk menjadi pengaman bagi komponen lainnya seperti CDI, dan komponen lainnya, jika tiada aki yang di khawatirkan CDI rusak atau jebol, jadi perlu diperhatikan disini jika kendaraan motor kamu menggunakan pengapian DC, usahakan untuk menggunakan aki , agar lebih aman dari over charger,

Nah jika motor kamu itu Honda Tiger dan ingi menggunakan atau merubah pengapiannya menjadi pengapian DC (Direct Current) kamu bisa perhatikan diagram dibawah ini, namun kali ini kita tidak akan membahas bagaimana merubah durasi panjang tonjolan pada magnet, yang sebetulnya ini juga perlu diperhatikan, namun untuk hal semacam itu perlu berhati-hati, jika tidak tahu mending tidak usah, repot-repot merubah bagian pickupnya ,

Kembali lagi jika kita ingin belajar merubah pengapian yang semula dari AC ke DC berikut akan saya berikan gambaran atau skema rangkaiannya,


CDI Tiger

  Gambar di atas ini adalah dua jenis CDI yang berbeda meskipun pin atau soketnya sama persis,
Untuk yang nomor 1 (satu)itu adalah CDI jenis DC yang biasa ada di motor GL neotegh Shogun atau Megapro, soketnya sama juga,
Sementara yang satunya lagi nomor 2(dua) yang agak kecil itu adalah CDI jenis AC kepunyaan Honda Tiger, walaupun soketnya sama namun jangan salah itu berada jenisnya,

Skema CDI Tiger

  Jika kita melihat pin di atas ini untuk beberapa bagian memang sama,  coba kita lihat lagi dibawah ini ,
Tiger memakai CDI DC  Megapro

     Jika kita lihat di bagian pin nya atau soketnya, memang sama, seperti yang saya lingkari warna merah itu, yang membedakan adalah di bagian yang tidak ada lingkaran merahnya, disitulah letak yang membedakan,

Jika motor kamu Honda Tiger dan ingin memakai CDI Megapro, kamu hanya memindah colokan yang ada lingkaran merah nya, sedang yang kecil yang tidak ada lingkaran tersebut kamu bisa ambilkan jalur, dari kabel setelah kontak, atau kabel yang berwarna hitam polos seperti di bawah ini.
Skema CDI Tiger

Ingat yang perlu diperhatikan disini adalah perbedaan di soket yang kecil, jika ingin mengganti CDI dari Tiger ke Megapro, yang perlu diperhatikan adalah bagian soket yang kecil , uang untuk pin atu soket yang besar yang isi empat 4, tidak perlu merubahnya cukup meminjam soket yang ada saja,

Demikian yang bisa saya bagikan informasi bagaimana caranya motor Tiger memakai CDI DC Megapro
Semoga bisa membantu untuk yang mau mengaplikasikan CDI Megapro ke motor Tiger,

Salam Otodidak 🀝

Dec 28, 2021

Lampu sein motor mati



Beberapa penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya salah satunya ialah, kecelakaan yang disebabkan oleh lampu sein atau lampu riting yang tidak berfungsi, padahal si pengendara merasa sudah menyalakan lampu sein atau riting nya, namun karena tidak tahu jika lampu sein atau riting pada kendaraan motornya tidak menyala,

Alhasil kecelakaan tidak bisa dihindarkan, ini memang sangat disayangkan, bila ini terjadi oleh seseorang yang patuh terhadap rambu-rambu lalulintas, namun karena ada permasalahan yang diluar dugaan yah... Mau apalagi, yang ada pasti akan debat di jalan karena sama-sama merasa benar.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika setiap hari kita mengecek kondisi lampu sein atau lampu riting tersebut, agar jika ada yang tidak beres kita bisa tahu sebelum berangkat menggunakan kendaraan motor,

Mulai sekarang sejak membaca artikel saya ini , tidak ada salahnya jika setiap hari kita melakukan pengecekan terhadap lampu sein atau riting motor kita, siapa tahu ada yang tidak menyala, atau salah satu komponen sudah waktunya ganti,

Dibawah ini saya bagikan tips mengenali jalur-jalur pada sistem sein atau riting, dengan gambar dibawah ini semoga kita bisa melihat sebelah mana saja yang perlu diperhatikan dan di periksa jika kamu mengalami, Lampu sein atau riting motor mati, atau menyala namun tidak bekerja dengan baik,

Lampu sein mati


Di atas bisa kita lihat bagian-bagian yang perlu diperhatikan jika kita mengalami permasalahan pada lampu sein atau lampu riting motor kita tidak bisa nyala, 

Berikut keterangan dari tanda-tanda angka yang sudah saya siapkan, tentunya tiap-tiap kendaraan itu warnanya berbeda, namun fungsinya sama,

Jalur sein Honda

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flesher 
  5. Holder
  6. Kabel orange untuk sein kiri
  7. Kabel abu-abu muda untuk sein kanan
  8. Hijau tua polos (Massa)

Jalur sein Yamaha

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Kabel coklat tua sein kiri
  7. Kabel hijau tua sein kanan
  8. Kabel hitam polos (Massa)

Jalur sein Suzuki

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Kabel hitam sein kiri
  7. Kabel hijau muda sein kanan
  8. Kabel hitam putih (massa)

Jalur sein Kawasaki

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Hijau sein kiri
  7. Abu-abu sein kanan
  8. Kabel hitam kuning (massa)
Berikut ini yang perlu diperhatikan saat sein atau riting mati atau tidak bekerja dengan baik
Sein motor mati

Jika lampu sein nyala namun tidak bisa berkedip hal yang perlu kamu lakukan adalah mengecek  Flesher , namun sebelum itu pastikan bahwa lampu depan belakang sudah nyala, 
Soalnya lampu tidak bisa berkedip juga bisa dikarenakan salah satu lampu sein mati, 
Contohnya jika kamu nyalakan sein atau riting kiri , namun lampu tidak bisa berkedip coba lihat bagian depan juga belakang, 
Jika salah satu tidak menyala itu juga bisa mengakibatkan lampu sein yang masih nyala tidak bisa berkedip, 
Jalur sein
Skema sein indikator



Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi mengenai lampu sein atau riting motor mati


Dec 23, 2021

Belajar ngeblog secara otodidak

Belajar ngeblog secara otodidak


Belajar ngeblog secara otodidak

Belajar ngeblog secara otodidak


Bagi kamu yang ingin mbuat blog atau blogger, usahakan dan membiasakan membaca baik itu dari blog yang ada di internet, ataupun membacanya melalui majalah-majalah ,
Seperti situs saya ini yang masih terus memperbaiki agar pengelolaan bisa lebih baik lagi,  

Belajar ngeblog secara otodidak
Ilustrasi
kenapa kita harus membiasakan membaca sebuah blog atau majalah atau buku-buku , Belajar ngeblog secara otodidak saya dari kebiasaan kita membaca tanpa kita sadari kita akan mendapatkan ide-ide yang akan mengisi otak kita,Hal tersebut bukan tanpa alasan menurut saya kalau kita membiasakan membaca ntah itu membaca majal atau novel , tanpa disadari kita akan terbawa dalam cerita yang kita baca, dan juga kita akan mengenal sebuah kata-kata penataan bahasa atau istilah-istilah dari apa yang kita baca,

Belajar ngeblog secara otodidak


Karena sebuah blog secara umum itukan sebuah aktivitas menulis , jikalau kita seringkali membaca lama kelamaan akan mendapatkan ide-ide dari yang kita baca,
Menulis tanpa tahu atau buta wawasan yang akan di tulis , itu akan terasa lebih sulit , dalam penulisan artikel, dibandingkan yang sering membaca, begitu juga dengan membiasakan membaca itu akan menambah banyak pengetahuan tentang informasi-informasi tentang beberapa hal,
Dan jangan lupa menurut pengalaman saya yang notabene minim pengetahuan di dunia blogging,sampai sekarangpun ini masih banyak belajar, agar bisa memperbaiki situs ini,
Nah dari kebiasaan membaca sedikit demi sedikit saya mulai memahami dan mulai mengerti, dengan sebutan atau istilah-istilah dunia blogging ,yang akan di uraikan melalui tulisan nantinya,

Belajar ngeblog secara otodidak



Walaupun kebanyakan yang saya tulis di situs ini mengenai belajar otomotif secara otodidak, namun yang saya baca tidak mesti harus tentang dunia otomotif, karena sudah menggeluti dunia blogging saya jadi lebih suka membaca , apapun yang sifatnya bermanfaat pasti saya baca,
Padahal dulunya tidak suka membaca loh...πŸ˜… Nah ini adalah bukti dari efek kebiasaan membaca, jadinya mulai suka membaca, dan dikit-dikit menulis di blog, yang hampir semua serba Otodidak , 😁,





Kita lanjutkan ke pembahasan awal, jika kamu ingi ngeblog secara otodidak, ya seperti yang saya bilang di atas tadi, kenapa saya bilang ngeblog secara otodidak , karena cara seperti itu memang kebanyakan dari orang-orang yang bukan dunianya, atau serba keterbatasan misalnya, atau tidak banyak menimba ilmu di sekolah, atau hanya lulusan SD/smp,Seperti yang saya bilang di atas tadi dengan membiasakan membaca kita akan menambah banyak wawasan , menambh banyak informasi yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui,


Belajar ngeblog secara otodidak selain berisikan sebuah artikel atau tulisan-tulisan entah itu kamu isi tentang informasi, memasak, wisata, otomotif, atau lainnya, sebuah blog juga berisikan sebuah foto-foto yang nantinya untuk menambah sebuah penjelasan dalam artikel kamu,

Tambahkan foto yang terkait dengan apa yang kamu tuliskan, karena selain judul judul dari artikel tadi , sebuah gambar juga bisa menjadi jalan untuk blog kita di ketahui atau ditemukan oleh orang melalui Google search,  

Belajar ngeblog secara otodidak


Sebelumnya mohon di maklumi tulisan saya ini juga masih banyak kekurangannya , namun saya harap bisa di mengrti πŸ™πŸ˜
Namanya berbagi melalui tulisan, 🀝

Menambahkan dengan foto atau gambar ke sebuah Konten yang kamu tulis di halaman, ini akan menambah blog kamu lebih disukai,karwna tidak jenuh ,
Cuba bayangkan bila kamu membaca sebuah artikel namu seisinya hanya tulisan dari mulai atas hingga bawah tidak ada gambar atau foto sama sekali bacanya pun jadi jenuh, Dan terlihat tidak menarik, kecuali bagi seseorang kutubuku , yang benar-benar menyukai membaca,
Namun gambar atau foto yang kamu pasang harus sesuai dengan tema yang kamu bahas jang sampai gambar atau foto yang kamu pasang tidak nyambung, misalkan artikel kamu mengenai tutorial cara memasak tapi di situ gambar tidak ada hubungannya dengan alat-alat masak atau bahan-bahan seperti bumbunya, kan aneh 😁

Selain itu usahakan kamu menulis artikel dengan hasil tulisan kamu sendiri tidak dapat dari blog atau web orang , atau kopy paste, karena hal tersebut tidak di anjurkan dan sulit muncul dan ditemukan di halaman google search,
Ngeblog menurut saya ada kebanggaan tersendiri dari kita ngeblog kita jadi bisa berbagi ke orang lain mulai dari berbagi pengalaman , berbagi tip-tip berbisnis,dengan artikel yang bermanfaat , dan bisa memberikan solusi terhadap orang yang membutuhkan,
Ngeblog Selain bisa bermanfaat bagi sesama karena membagikan melalui tulisan, ngeblog juga bisa mendatangkan uang dari iklan Adsense, seperti artis yang pernah saya tulis dulu

Baca juga: 



Semoga artikel yang ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mau belajar ngeblog secara otodidak san jika sudah memiliki situs usahakan tetaplah rajin membaca,


Dec 22, 2021

Cara Cek pajak kendaraan melalui HP android


Cara Cek pajak kendaraan melalui HP android


Cara cek pajak kendaraan



  Memiliki alat transportasi pribadi seperti halnya kendaraan bermotor yang bisa membantu kamu dalam beraktivitas sehari-hari, tentunya ini sangat menyenangkan bukan, kemana-mana kita jadi lebih mudah dan cepat, ini adalah impian setiap orang,

  Namun  kamu juga harus mengetahui apabila memiliki kendaraan sendiri ada hal yang perlu kamu ketahui dan harus kamu taati , 

Pertama memiliki kendaraan sendiri kamu juga harus rutin melakukan perawatan, seperti halnya menservis atau mengganti oli mesin setiap bulannya, agar kendaraan motor kamu tetap dalam kondisi yang prima, dan juga mentaati tata cara berkendara yang baik aman dan benar, (safety riding) mematuhi segala bentuk peraturan dari kepolisian, 
  Salah satunya ialah selalu menggunakan helm bila berkendara di jalan raya, dan juga selalu membawa surat-surat seperti, surat izin mengemudi (SIM ) Surat tanda nomor kendaraan (STNK) agar tetap aman saat dalam perjalanan, 
 Baca juga:
 namun kamu juga harus memastikan bahwa nomor kendaraan kamu tidak mati atau telat pajak. Hal tersebut dikarenakan
Setiap orang yang memiliki kendaraan diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak tahunan dan juga 5(lima) tahunan, atau bahasa sehari-hari ganti plat nomor kendaraan,

 Lalu bagaimana caranya agar bisa mengetahui bahwa surat kendaraan motor kita sudah waktunya pembayaran pajak tahunan atau belum, 
Sebetulnya  info lengkap tentang pajak kendaraan bermotor sudah ada di STNK yang selalu kita bawa sehari-hari, 

 Namun kamu juga bisa mengeceknya melalui android kamu, jika kelupaan membawa surat-surat STNK, berapa besarnya jumlah pajak yang harus kamu bayar setiap tahunnya dan juga besar yang perlu kamu bayar setiap lima  (5)tahun sekali, 

  Nah Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang besarnya jumlah pajak kendaraan motor kamu yang wajib kamu bayar, dengan Cara Cek pajak kendaraan melalui HP android sebagai berikut,

Caranya cukup mudah, kita bisa browsing melalui Google search dan mencari informasi pajak tahunan,

Pertama kita buka google search di android kamu,

Google search


  Setelah itu kamu isi di kolom pencarian google search tersebut dengan mengetikkan keyword, kali ini kita akan ambil contoh dari pajak kendaraan untuk daerah Jawa timur(Jatim)

Cek pajek motor




  Lalu Coba kamu isi Nomor plat motor kamu di kolom " pajak kendaraan Jatim" seperti gambar di bawah ini πŸ‘‡

Cara cek pajak


Lalu isikan juga code dan kemudian tinggal klik cari seperti  gambar di bawah ini πŸ‘‡

Pajak motor


Pajak kendaraan


Disini kamu bisa melihat seberapa besar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus kamu bayar ,dan beberapa keterangan yang lebih jelas juga lebih lengkap,


Nilai Jual Objek Pajak (NJKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Pajak kendaraan




Mudah kan ,

Walaupun sebetulnya kita juga bisa melihat besarnya jumlah pajak kendaraan motor kita melalui STNK, namun jumlahnya setiap saat atau setiap tahun bisa berubah-ubah, ,

Nah bila kita ingin mendapatkan informasi yang update /terbaru kita bisa melihat lebih detil seperti di atas tadi ☝️,

  Tapi jika kamu ingin melihat informasi detail nya secara langsung,  tentang seberapa besar sih uang yang harus kita siapkan nanti , untuk itu akan saya kasih link nya di bawah ini agar kamu bisa melihat lebih jelas informasi tentang pajak kendaraan kamu,  selain itu agar kamu bisa memprediksi keuangannya yang akan disiapkan nantinya,   kalau begitu coba kamu cek sendiri dengan  meng klik link yang ada dibawah ini,πŸ‘‡

Cek pajak kendaraan motor Jawa timur


Disini kamu bisa mengetahui informasi mengenai kendaraan motor kamu. Mulai dari pengecekan data pajak, besaran pajak, dan masih banyak informasi yang kamu inginkan,

Walau sebenarnya kamu juga bisa melihat informasi tentang besarnya jumlah pajak motor yang perlu kamu bayar setiap tahunnya melalui tulisan yang ada di surat tanda nomor kendaraan bermotor kamu sendiri (STNK) 

  Cara pengecekan pajak kendaraan motor melalui online memang sangat mudah dan cepat , karena di disamping lebih mudah kita juga bisa mengetahui informasi jika ada perubahan atau kenaikan pajak kendaraan bermotor yang kamu miliki,

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi tentang, Cara Cek pajak kendaraan melalui HP android
 Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲


 Salam Otodidak 🀝