Feb 1, 2022
Cara pasang sitemap blog
Jan 22, 2022
Tandanya kiprok Motor rusak
Ciri ciri kiprok Motor rusak
Regulator atau kiprok adalah komponen yang berperan sebagai alat untuk merubah arus listrik motor dari arus bolak-balik menjadi arus searah , kiprok juga salah satu komponen motor yang berperan penting dalam kelistrikan ,
Regulator atau yang lebih sering dikenal sebagai " Kiprok ialah salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan di sepeda motor, selain berfungsi sebagai penyuplai energi dari spul , juga berfungsi sebagai penahan lampu sepeda motor agar tidak mudah putus,
Baca juga:
Kiprok yang berperan untuk mengatur atau merubah arus bolak-balik menjadi arus searah atau arus DC, kiprok juga sebagai penahan atau menyetabilkan arus ke lampu sepeda motor agar tidak mudah putus , karena tegangan dari proses penerangan motor tersebut ,
Ciri ciri kiprok Motor rusak
Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana caranya bisa belajar mengetahui jika regulator atau kiprok di sepeda motor kita mulai rusak atau sudah tidak berfungsi lagi,
Ciri ciri kiprok Motor rusak
Pertama jika kiprok sudah rusak itu bisa kita lihat salahnya adalah seringnya bolam atau lampu mati atau putus,dan ketika di gas pada rpm tinggi lampu langsung mati atau putus ini sudah,
Selain lampu mudah putus saat di gas , ada ciri-ciri lain, yaitu lampu yerasa redup, dan ciri-ciri terakhir jika pada umumnya lampu tetap stabil saat di gas atau rpm tinggi, tapi ini sebaliknya makin redup saat di gas para rpm tinggi, ini juga salah satu ciri-ciri kiprok mengalami kerusakan pada komponen di dalamnya,
Hal tersebut dikarenakan fungsi kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang tegangannya semakin tinggi, namun arus listrik yang mengarah ke lampu tetap stabil,
Selain lampu mudah putus saat di gas , ada ciri-ciri lain, yaitu lampu yerasa redup, dan ciri-ciri terakhir jika pada umumnya lampu tetap stabil saat di gas atau rpm tinggi, tapi ini sebaliknya makin redup saat di gas para rpm tinggi, ini juga salah satu ciri-ciri kiprok mengalami kerusakan pada komponen di dalamnya,
Hal tersebut dikarenakan fungsi kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang tegangannya semakin tinggi, namun arus listrik yang mengarah ke lampu tetap stabil,
Melihat kondisi kiprok normal atau tidak melalui motor jenis DC,
Ciri-ciri kiprok motor rusak lainnya adalah jika motor kamu menggunakan sistem pengapian DC , ciri-ciri kiprok mengalami kerusakan , coba kamu hidupkan mesin , disaat mesin menyala tapi usahakan rpm dalam posisi rendah, lalu lepas sekring atau salah satu kabel yang mengarah ke baterai (aki) bisa negatif atau positif ,jika kiprok sudah rusak otomatis mesin akan ikut mati,
Sementara ini dulu yang bisa kita bahas tentang ciri-ciri kiprok motor rusak , semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba ,
Jan 20, 2022
Fungsi baterai atau aki pada kendaraan
Fungsi baterai atau aki pada kendaraan
Bagi kamu yang belum tahu dengan sistem kelistrikan motor, Saya akan beri informasi sedikit tentang komponen yang harus kita perhatikan , agar bisa menambah wawasan tentang salah satu bagian dari sistem kelistrikan di sepeda motor.Jan 12, 2022
Jalur dan warna kabel sepeda motor
Warna kabel sepeda motor
Honda:
- Hijau : ( – ) massa, berlaku untuk semua negatif
- Merah : ( + ) Aki
- Hitam : arus dari Kontak
- Putih : pengisian dari spul
- Kuning : lampu dari spul
- Biru : Lampu jauh
- Abu-abu tua : Flasher
- Biru Laut : Sein kanan
- Oranye : Sein kiri
- Coklat : Lampu kota/ senja
- Hitam – Merah : Spull CDI
- Hitam – Putih : Kunci kontak
- Hitam – Kuning : Koil
- Biru – Kuning : Pulser CDI
- Hijau – Kuning : Lampu rem
Suzuki
- Hitam – Putih : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif
- Putih – Merah : Pengisian spul
- Merah : ( + ) Aki
- Oranye : Kunci kontak
- Abu-abu : Lampu belakang
- Putih – Hitam : Lampu rem
- Hijau Muda : Sein kanan
- Hitam : Sein kiri
- Kuning – Putih : Lampu depan
- Putih – Biru : Koil ke CDI
- Biru – Kuning : ( + ) Pulser ke CDI
Yamaha
- Hitam : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif
- Merah : ( + ) Arus positif dari akiK
- uning : Lampu depan jauhH
- ijau : Lampu depan dekatC
- oklat : Sein kiriH
- ijau : lampu
- utih – Merah : ( + ) Pulser CDI
- Hijau – Hitam : ( + ) Rem
Kawasaki
- Hitam – Kuning : ( – ) Massa
- Putih – Merah : Aki
- Merah – Hitam : Lampu depan jauh ( DIM )
- Merah – Kuning : Lampu depan dekat
- Abu-abu : Sein kanan
- Hijau : Sein kiri
- Biru : Lampu rem
- Merah : Lampu belakang
- Coklat : Klakson
Untuk kendaraan bermotor yang keluaran baru dari pabrikan yang mungkin akan terus ada tambahan-tambahan dari warna-warna kabelnya,Dengan seiringnya perkembangan teknologi , ini hanyalah sebagai warna dasar atau ciri warna identik atau (code warna) pabrikannya masing-masing,
Jan 9, 2022
Tiger memakai CDI DC Megapro
Tiger pakai CDI DC Megapro
Tiger memakai CDI DC Megapro |
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana caranya agar CDI DC Seperti gl neotegh, Shogun, atau Megapro, bisa di aplikasikan pada kendaraan motor yang memiliki pangapian jenis AC, seperti Honda Tiger ,
Honda Tiger baik itu Tiger lama (tilam)atau Tiger Revo (tirev) yang memiliki pengapian AC dari pabrikan, nah apasih yang dimaksud dengan pengapian DC dan AC, seperti yang sudah pernah saya tulis pada artikel yang dulu dan kamu bisa mencarinya di situs ini melalui kotak pencarian yang sudah saya sediakan , sebetulnya baik CDI AC maupun DC semua memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing,
pada Pengapian AC atau (Alternative Current)
Atau biasa disebut arus bolak – balik ini adalah, pengapian yang bersumber langsung dari spul itu sendiri.
Dan untuk cara kerja dari jenis pengapian ini ialah , katika magnet berputar semakin kencang, maka semakin besar pula pengapian yang akan dihasilkan , selain besarnya pengapian yang dihasilkan. Ada kelebihan lainnya untuk pengapian jenis AC ini,
Yaitu tidak perlu atau tidak membutuhkan aki sama sekali untuk sistem pengapiannya, baterai atau aki hanya dibutuhkan untuk keperluan lainnya seperti menyalakan lampu sein atau klakson dan lainnya, namun tidak untuk menghidupkan mesin, karena sudah memiliki pengapian AC yang bersumber langsung dari spul tersebut,
Kelemahan dan kekurangannya:
Namun kelemahan pada jenis pengapian ini AC (Alternative Current) , yang pengapiannya bersumber langsung dari spul , kehidupan mesin tersebut tergantung pada spul dari arus bolak-balik tersebut, dan jika terjadi sesuatu pada spul seperti kobong atau putus, terkena air yang mengakibatkan konsleting pada spul tersebut maka akan berpengaruh pada sistem pengapianya , dan yang lebih buruknya mesin akan mengalami mati dikarenakan bermasalahnya pada sumbernya yaitu spul .
Sedangkan untuk pengapian jenis DC (Direct Current) seperti yang dimiliki oleh kendaraan motor GL neotegh, Megapro, dan yang memiliki jenis pengapiannya sama, (DC) yang ini tidak membutuhkan spul pengapian lagi, atau arus bolak-balik
Karena jenis pengapian DC ini yang bersumber dari pengisiannya adalah dari pengisian atau dari baterai (aki) jadi terlihat lebih simpel , bahkan untuk kendaraan yang memiliki pengapian jenis DC ini tidak ada spul pun tetap bisa hidup , namun yang mensuplai ke aki tidak ada, jadi hidupnya tergantung terhadap umur dari aki tersebut.
Untuk Kelebihan lainnya juga seperti pengapian jenis DC ini, sudah pasti lebih stabil, karena begitu kontak di posisikan pada on, seketika pengapiannya sudah siap untuk digunakan untuk membakar gas yang ada dalam ruang bakar (silinder) jadi bagitu kontak dalam posisi on pengapian sudah dalam keadaan stabil,
Baca juga:
Gunakan baterai atau aki,
Maka dari itu sangat di anjurkan untuk motor yang memiliki jenis dc (Direct Current) harus memakai baterai (aki) untuk menjadi pengaman bagi komponen lainnya seperti CDI, dan komponen lainnya, jika tiada aki yang di khawatirkan CDI rusak atau jebol, jadi perlu diperhatikan disini jika kendaraan motor kamu menggunakan pengapian DC, usahakan untuk menggunakan aki , agar lebih aman dari over charger,
Nah jika motor kamu itu Honda Tiger dan ingi menggunakan atau merubah pengapiannya menjadi pengapian DC (Direct Current) kamu bisa perhatikan diagram dibawah ini, namun kali ini kita tidak akan membahas bagaimana merubah durasi panjang tonjolan pada magnet, yang sebetulnya ini juga perlu diperhatikan, namun untuk hal semacam itu perlu berhati-hati, jika tidak tahu mending tidak usah, repot-repot merubah bagian pickupnya ,
Kembali lagi jika kita ingin belajar merubah pengapian yang semula dari AC ke DC berikut akan saya berikan gambaran atau skema rangkaiannya,
Jika kita lihat di bagian pin nya atau soketnya, memang sama, seperti yang saya lingkari warna merah itu, yang membedakan adalah di bagian yang tidak ada lingkaran merahnya, disitulah letak yang membedakan,
Ingat yang perlu diperhatikan disini adalah perbedaan di soket yang kecil, jika ingin mengganti CDI dari Tiger ke Megapro, yang perlu diperhatikan adalah bagian soket yang kecil , uang untuk pin atu soket yang besar yang isi empat 4, tidak perlu merubahnya cukup meminjam soket yang ada saja,