Feb 26, 2022

Spesifikasi Honda Vario 160

Spesifikasi Honda Vario 160


PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengeluarkan produk terbarunya dari jenis skutik, yaitu Honda Vario 160 yang juga memiliki dua varian tipe yaitu tipe (CBS) dan (ABS) .

Bukan saja sekedar untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara namun new Honda Vario CBS maupun ABS juga memberikan beberapa keunggulan lain, seperti tenaga yang lebih besar dari tipe-tipe sebelumnya ( matic sport)

Untuk Honda Vario 160 ini selain banyak perubahan pada tenaga dan penambahan di dalam mesin-mesinnya seperti memiliki 4 klep atau (4katup) yang semakin memperjelas bahwa motor jenis matic ini memiliki ketangguhan yang tidak diragukan lagi, bagaimana tidak walu motor matic namun ber Cc besar ciri-ciri  sport nya  terlihat jelas , seperti saudara tuanya yaitu PCX 160 yang memiliki mesin yang sama , 

Selain itu di lihat dari segi body Honda Vario 160 ini juga terlihat lebih tinggi dari generasi sebelumnya, ini juga menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi yang menyukai  sekutik yang terlihat tinggi dan besar.


Dibawah ini adalah sedikit informasi mengenai Spesifikasi Honda Vario 160 yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen Honda Vario 160 ini menambahkan  fitur-fitur teknologi canggih yang sudah disematkan pada tipe skutiknya, ini merupakan idaman para pengendara benek yang dalam hal ini adalah jenis tipe skutik sport.

Spesifikasi Honda Vario 160

  • Tipe Mesin4 Langkah, 4-Valve, eSP+Sistem PendinginPendingin CairanSistem
  • PengapianPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
  • Volume Langkah 156,9 cc
  • Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm Perbandingan Kompresi 12:1
Foto by Astra Honda motor


  • Daya Maksimum  : 11,3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm
  • Torsi Maksimum 13,8 Nm (1,4 kgf,m) / 7.000 rpm
  • Tipe Transmisi : Otomatis, V-Matic
  • Tipe Starter : Elektrik
  • Tipe Kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
  • Tipe Minyak Pelumas : Basah
  • Kapasitas Minyak Pelumas : 0,8 liter
Tipe Rangka
  • Underbone  eSAF
  • (enhanced Smart
  • Architecture Frame)
  • Ukuran Ban Depan 100/80-14M /  C Tubeless
  • Ukuran Ban Belakang: 120/70 - 14M/C Tubeless 
Rem Depan
  • Cakram :  Hidrolik, Piston Tunggal
  • Rem Belakang : Tromol (CBS), Cakram Hidrolik (ABS)
  • Sistem Pengereman : Combi Brake System (CBS) & Anti-Lock
  Braking System
(ABS)
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik

 Untuk Spesifikasi Honda Vario 160 di atas bisa kamu jadikan acuan untuk mendapatkan produk terbaru lainnya dari PT Astra Honda Motor (AHM) seperti beberapa varian warna dan aksesoris lainnya sedangkan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk terbaru kamu bisa mendapatkan melalui link dibawah ini.
πŸ‘‡
Artikel terkait

Feb 18, 2022

Susunan komponen isi di dalam kepala mesin 4 tak



Susunan komponen di dalam kepala mesin 

Mesin Honda Megapro

Mesin sepeda motor terdiri dari banyak komponen yang sangat penting untuk kita ketahui dan perhatikan,Salah satu bagian penting yang harus kita perhatikan disini adalah isi dari kepala mesin kendaraan, 

Lalu apa sajakah yang terdapat di dalam kepala mesin kendaraan motor kita itu, 
Isi yang ada di dalam kepala mesin adalah sebagai berikut

  • Noken 
  • Klep
  • Dua per klep besar
  • Dua per klep kecil
  • Dua templar
  • Dua pen templar
  • Dua Sil klep
  • Dua pasang penaha per klep


 belajar mengenal bagian-bagian dari mesin kendaraan motor kita adalah , tujuannya agar kita bisa mengetahui urutan-urutan atau tahapan saat mau merakitnya, 
 
Lalu apa saja yang harus kita dahulukan saat menyusun beberapa komponen yang ada dalam kepala mesin kendaraan motor kita itu. 

 Namun kali ini kita tidak akan membahas fungsi-fungsinya dari komponen yang ada dalam kepala mesin kendaraan tersebut, 
Tapi kita akan belajar bagaimana caranya agar kita bisa dan menghafal dan mengenali bentuk-bentuk satu persatu dari komponen yang ada di dalam kepala mesin tersebut, 

Salah satunya adalah menghafal urutan yang ada dalam isi silinder kop/ head 
Dibawah ini adalah contoh atau gambar yang mungkin bisa kita jadikan sebagai rujukan untuk belajar mengenali ciri-ciri dan bentuk sebelum merakit atau menyusun klep dkk, yang ada pada kendaraan motor kita,

Kali ini kita mengambil contoh salah satu kendaraan dari motor Honda All GL series hingga ke Honda GL200 (Tiger)

Daftar isi kepala mesin 4tak


1-VALVE, INTAKE /klep hisap
2-VALVE, EXHAUST / klep buang
3-DUA SEAL, VALVE STEM /sil klep
4-DUA RING PER KLEP
5-VALVE SPRING / per klep besar
5-VALVE SPRING / per klep besar
6-COTTER, VALVE / kancing klep
7-RETAINER, VALVE SPRING / penahan per
8-ARM, VALVE ROCKER / templar/pelatuk
9-SCREW, VALVETRONIC ADJUSTING / baot stelan klep
10-NUT / mur pengunci stelan klep
11-SHAFT, ROCKER / pen templar/pelatuk

Sedangkan kita ketahui fungsi dari Kepala silinder tersebut adalah memiliki peranan yang sangat penting untuk menghidupi serta untuk penyetelan agar menghasilkan performa  terbaik,
Seperti  ketahui pengaturan waktu,dan durasi yang dihasilkan juga dari sini,

 Dan Inti dari kepala silinder kop tersebut untuk mesin kendaraan motor yang adanya di jenis mesin 4 (empat) tak, ini bekerja untuk:

Sistem kerja mesin 4tak

  1. penghisapan gas campuran bahan bakar dan udara
  2. pemadatan atau pemampatan gas campuran bahan bakar dan udara tadi
  3. pembakaran gas campuran bahan bakar hingga terjadinya tenaga panas 
  4. Pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran 

Seperti yang sudah saya tulis di artikel pengertian mesin 4 empat tak dan 2 dua tak 


 moga bisa bermanfaat bagi kita yang sedang belajar mengetahui isi dari kepala mesin atau Susunan komponen isi di dalam kepala mesin 4 tak

Feb 17, 2022

Jalur kabel kontak motor honda

Selamat datang di blog Otodidak sobat blogger,, dan para pecinta otomotif ,

Jalur kabel kontak

Kita tahu di dalam kendaraan motor kita itu ada banyak sistem kelistrikan, 
Nah kali ini bagi yang masih awam atau yang lagi mencari informasi tentang kelistrikan pada sepeda motor, kebetulan kali ini kita akan membahas dan belajar bersama tentang Jalur kontak lampu dari kiprok grand , atau sekitar kiprok, 

Jalur kontak dan lampu motor :

Dan untuk bagian kelistrikan yang satu ini memang sering di cari karena memang, dalam kendaraan motor yang masih di cari adalah bagian kelistrikan pada sepeda motor tersebut ,

 Baca juga:


Walaupun sebenarnya semua perangkat yang ada di kendaraan bermotor semua bagi saya sangat penting untuk di pelajari, semuanya punya tingkat kesulitannya sendiri,
Baik itu di bagian kelistrikan, mesin, dan suspensi dan masih banyak lainnya, 
Semuanya perlu kita pelajari,  agar saat terjadi apa-apa pada kendaraan motor kita sedikit banyak kita bisa tangani sendiri, 
Misalnya saat terjadi trouble di jalan , entah itu dikarenakan adanya kerusakan pada kelistrikan, apa di bagian masin, dan bagian-bagian lainnya, 

Jalur kontak dan lampu motor 

Itulah manfaatnya jika kita mau mempelajari satu persatu dari komponen yang ada di kendaraan motor kita, selama kita masih bisa menangani kenapa tidak di tanganin sendiri, 
Terkecuali jika ada permasalahan yang agak berat dan membutuhkan penanganan khusus dan harus di bawa ke bengkel motor misalnya, apa boleh buat kita harus membawanya ke tempat yang sudah berpengalaman seperti ke bengkel motor, 

Kembali lagi ke topik pembahasan tadi sobat blogger.. kali ini kita akan membahas dan belajar bersama tentang seputar Jalur kontak lampu dari kiprok grand  
Dibawah akan saya bagikan diagram atau gambar yang mungkin bisa bermanfaat untuk dipelajari, dimana letak dan posisi nya fungsi,dan warna kabelnya, semoga ini bisa kita pelajari bersama-sama, 

  •  Contoh pin kiprok grand

Jalur kabel kontak motor honda

 Kita pelajari bersama-sama dengan melihat gambar di atas ini, itu adalah bentuk dari regulator atau yang biasa disebut kiprok, sedangkan kiprok sendiri di kendaraan motor Honda grand memiliki dua fungsi yaitu,
  1. Berfungsi sebagai alat untuk pengisian (charger) ke baterai (aki)
  2. Fungsi yang kedua untuk penahan lampu agar tidak mudah putus 

Arti dari warna yang ada pada kiprok 

a. Untuk kendaraan motor grand warna merah kiri atas ini mengarah ke baterai atau (aki) dan di teruskan ke kontak tentunya setelah melalui sekring, ini jalur bawaan dari motor tersebut,(grand)

b. Warna kuning pada kiprok di atas ini berfungsi untuk penahan arus listrik ke lampu agar tidak mudah putus, setelah dari spul lampu tersebut.

c. Untuk warna hijau kanan bawah, ini adalah untuk massa , dan yang berhubungan dengan masa atau ke- body motor.

d. Dan yang terakhir untuk warna putih kiri bawah , ini adalah untuk pengisian dari spul pengisian, yang arusnya masih bolak-balik, 

Berikut ini akan saya bagikan juga diagram atau gambar sederhana / jalur dari komponen yang satu ini regulator (Kiprok) 

Jalur kiprok grand  Supra gl

 Ket. Dari gambar di atas ini biasanya ada di motor Honda grand ,Supra ,dll
 Kita bisa pelajari bersama-sama untuk gambar di atas

  1. Kabel warna merah identik untuk aki ke kontak
  2. Kabel kuning untuk lampu, dari spul ke lampu dan ke kiprok untuk di tahan agar lampu tidak mudah putus.
  3. Kabel warna hijau identik dengan kabel masa atau ke-body.
  4. Untuk warna kabel putih atau no ( 4) sebetulnya itu warnanya putih berhubungan background putih jadi saya bikin samar 😁 ya namanya juga belajar ,,
Sementara ini dulu ya sis.., semoga ini bermanfaat bermanfaat untuk yang lagi belajar seperti saya , ingat belajar apapun yang penting sungguh-sungguh 


Salam otodidak

Feb 8, 2022

Penyebab oli mesin motor tidak naik

Penyebab oli mesin motor tidak naik 

Pentingnya kita melakukan perawatan terhadap yang satu ini yaitu selalu melakukan perawatan pada mesin salah satunya adalah rutin melakukan pengecekan terhadap oli mesin, 

Hal lain yang perlu diperhatikan disini adalah, ketika kita rutin melakukan perawatan berkala seperti mengganti oli mesin motor, kita akan tau apa-apa yang terjadi terhadap kondisi mesin kita, 

Oli mesin tidak naik
Karena kita tidak tahu kapan dan dari mana oli mesin motor kita bisa terkena kotoran atau tercampur dengan lainnya,  Karena memang sewaktu-waktu bisa saja oli mengalami perubahan kerena usia dan faktor tercampur dengan lainnya, 

Oli mesin

   Mengganti oli secara rutin sudah dapat dipastikan pelumas yang ada di dalam tetap kondisi bersih dari Kotoran-kotoran yang bisa berisiko mengganggu kelancaran dari sirkulasi oli mesin tersebut, 

Kita tahu manfaat oli mesin bila sering ganti , ini akan membuat komponen-komponen yang saling bersentuhan akan lebih awet, dan mengurangi keausan dari efek gesekan antara komponen satu dengan yang lainnya, 

  Fungsi oli mesin juga bisa memperpanjang umur komponen yang bergesekan di dalamnya, maka dari itu pemilik kendaraan di anjurkan untuk melakukan perawatan salah satunya ialah mengecek kondisi oli mesin tersebut, agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak terduga, dan juga peran oli sangatlah penting bagi mesin kendaraan motor kita, fungsi oli selain untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin motor kita juga untuk sebagai pendingin terhadap mesin motor tersebut

  • Penyebab oli mesin tidak bisa naik ke kepala mesin motor atau tempat noken as juga templar, bisa kita lakukan pengecekan , salah satunya ialah , memastikan disaat membongkar mesin dalam kondisi bersih, 

Komponen yang perlu diperhatikan disini adalah , pastikan bagian pompa oli tidak mengalami kerusakan atau ke bisa bekerja dengan normal, 

oli mesin motor tidak naik

Baca juga: belajar ganti oli mesin motor sendiri

  • Yang kedua cek lubang jalur oli pada badan atau bak mesin tersebut ,  dengan melakukan pengetesan dengan bensin, dan berulang-ulang, jika kita sudah melakukan hal-hal seperti di atas kita akan melakukan pengecekan selanjutnya,  
  •   Yang terakhir jika  kita sudah memastikan yang tadi sudah normal, tahap selanjutnya adalah, mengece di area head atau kepala bagian noken juga templar berada,  pastikan lubang yang menuju ke ruang tersebut tidak mengalami kebuntuan, artinya sebelum memasang head kepala mesin , cek terlebih dahulu saluran oli yang mengarah ke noken juga templar , aman atau tidak tersumbat dengan apapun, 

Jika semua sudah melalui pengecekan , hal selanjutnya adalah bagaimana caranya agar kondisi oli mesin motor kita tetap bersih, 

Yaitu dengan cara melakukan perawatan berkala terhadap kendaraan motor kita terutama bagian oli mesin tersebut, 

   Nb: lakukan pengecekan oli mesin secara rutin agar tahu kondisi oli mesin tersebut, 

  Salam Otodidak

 

Feb 7, 2022

cara jerja mesin 4 empat tak dan 2 dua tak

Belajar mengenal cara kerja mesin 2 (dua)/ 4 (empat) langkah atau (struk)


cara jerja mesin 4 empat tak dan 2 dua tak
Mesin dua tak


cara jerja mesin 4 empat tak dan 2 dua tak
Mesin 4 tak



   Baca juga: 
Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas kunjungan Anda di situs otodidak ini, 

Kembali lagi ke topik pembahasan tadi kendaraan motor yang selama ini kita pakai memiliki mesin yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan motor tersebut,

Nah untuk itu tak ada salahnya jika kita belajar juga mengenal dasar-dasar utama dari cara kerja mesin yang ada pada kendaraan motor kita itu,
Perlu kita ketahui ya sis mesin pada kendaraan motor kita itu sebetulnya ada dua jenis kerjanya yaitu, mesin 2 (dua) tak, dan 4 (empat)tak,

Nah apa sih yang dimaksud 2 (dua) tak dan 4 (empat) tersebut,
Pertama yang dimaksud 2 (dua) tak itu adalah 2 (dua) langkah kerja yang menggerakkan mesin agar bisa hidup sekaligus Bergerak / berjalan,

Begitu juga dengan mesin yang memiliki sistem 4 (empat) tak atau 4 (empat ) langkah, sebagai contoh dibawah ini akan saya bagikan yang dimaksud cara kerja mesin 2 (dua) tak /langkah
Dan mesin 4 (empat) tak /langkah,

Berikut ini merupakan yang dimaksud cara kerja pada mesin kendaraan motor kita 2 (dua) tak dan 4 (empat) tak

  1. Langkah penghisapan
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah kerja
  4. Langkah pembuangan

Proses cara kerja pada mesin kendaraan motor bahan bakar meliputi

  1. Penghisapan gas yang sudah bercampur antara  bahan bakar atau BBM dan udara,
  2. Kompresi/pemadatan gas dari campuran tersebut (bahan bakar dan udara)
  3. Pembakaran gas campuran tadi (bahan bakar dan udara)
  4. Terakhir Pembuangan  sisa  gas hasil dari pembakaran bahan bakar

Walau sebenarnya dulu pernah saya tuliskan tentang ini , namun  saya bagikan kembali agar bisa lebih mudah memahami, karena pada dasarnya kita sama sama belajar, semakin sering dibaca semakin menambah wawasan untuk kita semua, 
Semoga ini bisa bermanfaat 🀝


Selamat belajar  dan salam otodidak