Aug 31, 2022

Cara servis karburator motor sendiri

  Belajar servis karburator motor sendiri, alasan mengapa kita harus servis karburator ? Nah alasannya karena karburator yang terletak di bagian bawah rentan terhadap kotoran dan debu-debu di jalan, 
Cara servis karburator motor sendiri




Lalu apakah karburator bisa menyebabkan busi sering mati, jawabannya adalah tentunya ini bisa, Hal tersebut dikarenakan adanya kotoran yang menempel di karburator yang menyebabkan tersumbatnya saluran-saluran ventilasi yang ada di badan karburator tersebut,
Selain itu lubang-lubang kecil spuyer akan berubah ukurannya apabila tersumbat oleh kotoran yang ikut masuk ke dalam karburator,

Cara servis karburator motor sendiri

Hal semacam ini bisa mengakibatkan settingan karburator menjadi tidak stabil dan berubah-ubah , dan menjadi boros alhasil busi pun jadi sering mati , Dikarenakan pembakaran yang dihasilkan di ruang bakar tidak sempurna,

Berikut ini cara membersihkan karburator dari kotoran yang menempel di karburator kendaraan motor kita,


  • Pertama lepaskan dulu semua cover body motor agar mempermudah pelepasan karburator dari dudukannya atau manifol  yang akan kita bersihkan.nanti,

  • Selanjutnya buka dulu baut karbu dari dudukannya atau manifol yang ada di bagian kepala mesin tersebut agar karburator bisa kita ambil untuk kita bersihkan.

  • Jika sudah selanjutnya Buka mangkuk karburator tersebut lalu bersihkan dengan bensin dan menggunakan kuas dan bilas dengan bensin kembali agar mangkuk menjadi bersih.

Jangan lupa untuk membersihkan juga spuyer-spuyer yang ada di dalam karburator dengan melepas semua spuyer tersebut dengan obeng , lalu jika sudah bersihkan dengan menyemprotkan angin kompresor jika tidak ada bisa meniup -niup dan di siram dengan bensin lalu di lap , pastikan bahwa lubang-lubang kecil yang ada pada spuyer tersebut tidak mengalami kebuntuan , 

Tapi ingat ya gan jangan sekali-kali merubah ukuran dari lubang-lubang kecil yang ada di bagian spuyer tersebut,
Cara servis karburator motor sendiri

biarkan saja ukuran lubang spuyer seperti awal pertama buka tadi, 

Mengapa kita tidak boleh merubah ukuran tersebut ini dikarenakan merubah ukuran dari spuyer tersebut butuh orang yang sudah paham dalam hal ini, berhubungan kita masih belajar sebaiknya kita lakukan dengan membersihkan dengan mencucinya saja tanpa merubah ukuran yang ada di dalam karburator tersebut, 

Cara servis karburator motor sendiri



Jika semuanya dirasa sudah bersih dan sudah memastikan bahwa spuyer tersebut dalam keadaan bersih tidak tersumbat oleh kotoran-kotoran , 


Selamat belajar ,
Salam Otodidak, πŸ™☕




Aug 25, 2022

cara buat blog melalui hp android

 


bloger otodidak

cara buat blog melalui hp android

 halo sobat abm_ kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana caranya agar kita bisa membuat sebuah situs melalui hp android , sebetulnya membuat situs web,blog, wordpress dsb tidak harus menggunakan perangkat seperti laptop pakai hp itu juga bisa, 

 asal bisa untuk mengakses internet itu sudah bisa membuat blog web wordpress , namun berhubung saya hanya memliki sebuah hp saja dan tidak mempunyai pc atau laptop ya saya akan bagikan informasi ini dengn apa yang saya alami ,atau menurut pengalaman sendiri ,

situs saya ini juga awalnya hanya pakai hp saja karena memng itu yang saya punya,  atau dengan perangkat seadanya , 

 nah bagi kamu yang ingin membuat situs dengan hp atau memang hanya perangkat itu yang dimiliki , tidak usah hawatir ,pakai hp seadanya juga gpp,

 namanya juga dengan cara otodidak seperti situs saya ini πŸ˜‚langsung saja kamu simak video dibawah ini .

video tentang belajar membuat situs atau blog 

semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba 


salam otodidak πŸ‘ŒπŸ‘Œ

Aug 16, 2022

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

 Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya, ini sebenarnya di akibatkan oleh kinerja regulator atau kiprok kurang maksimal, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya


atau juga bisa di sebabkan banyak hal, seperti kabal-kabel di bagian penahan putus ,soket terbakar dansebgainya , maka dari itulah kita belajar mencari dn menganalisa tentanng Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Ciri-ciri kiprok rusak


Ok kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menganalisa , kenapa begitu karena kita disini memang sedang lagi belajar, kalau sudah mahir saya kira ini sangat mudah , kita akan membahas penyebab lampu motor sering putus, dan darimana dulu cara mengetahui  tanda-tandanya supaya kita bisa memutuskan bahwa yang kita maksud itu tepat saat mengeksekusinya, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Sebelumnya kita membahas tentang penyebab lampu motor sering mati, tidak ada salahnya jika kita belajar mengetahui cara kerja regulator atau kiprok yang terdapat pada kendaraan bermotor, 

Baca juga: ciri -ciri kiprok rusak 

Kita ketahui bersama bahwa regulator atau kiprok yang ada pada kendaraan bermotor berfungsi sebagai alat untuk pengisian atau charger pada baterai (aki) selain bekarja atau berfungsi sebagai alat pengisian regulator atau kiprok juga berfungsi untuk menahan arus listrik yang berlebihan voltase nya,

Maka dari itu jika regulator atau kiprok ini mengalami kerusakan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kendaraan bermotor, dan kerusakan pada regulator ini juga bisa mengakibatkan motor jenis tertentu menjadi tidak bisa hidup sama sekali, contohnya seperti kendaraan motor yang memiliki sistem pengapiannya full DC, atau full wave ,  

Hal tersebut dikarenakan semua kelistrikan yang ada pada kendaraan jenis ini tergantung pada kondisi regulator atau kiprok tersebut, 

Kembali lagi ke topik utama jika lampu motor kita sering mengalami putus coba kamu cek kondisi regulator atau kiprok tersebut, hal tersebut dikarenakan jika regulator atau kiprok ini rusak dan kita tahu fungsi dari kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang berlebihan,Jika regulator itu normal di gas pada rpm tinggi pun tidak akan putus karena pada titik tertentu arus listrik nya akan tertahan dan tidak mengikuti irama dari tarikan gas tersebut, 

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, dan selamat mencoba dan salam belajar.


Aug 14, 2022

Starter motor kadang nyala kadang tidak


Starter suatu rangkaian yang ada pada kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan mesin, dengan adanya starter ini kita tinggal pencet tombol start yang ada di holder sebelah kanan, kita juga tak perlu repot-repot menghidupkan mesin dengan cara mengengkol dengan kaki,


Starter motor rusak




Selain itu dengan adanya starter atau elektrik starter ini, juga memudahkan kita Untuk menghidupkan mesin kembali disaat mesin tiba-tiba mengalami mati mendadak saat posisi rpm rendah, apalagi saat berada di area traffic light,



Nah Hal semacam ini mungkin sering terjadi pada kendaraan yang biasanya setingan stansioner atau rpm nya terlalu rendah , alhasil saat gas turun otomatis mesin jadi ikut mati mendadak, dan tiba-tiba lampu traffic light menunjukkan waktunya berjalan kembali,

Mah disinilah untungnya jika kendaraa kita memiliki elektrik starter , kita tinggal pencet tombol start , mesin langsung hidup,Selain itu dengan kita menggunakan elektrik starter kita tidak susah-susah untuk menghidupkan moy yang mati secara tiba-tiba, simpel juga cepat,

Namun terkadang ada masalah pada elektrik STARTER yang mungkin macam macam jenis nya,
Ada kadang kadang hidup kaday tidak, otomatis mau tidak mau kita akan pakai kembali pedal engkol yang menggunakan kaki tadi,

Namun demikian kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hal-hal seperti di atas tadi, hal yang harus kita perhatikan adalah pahami dulu ciri-ciri dari gejala ,

Akan tetapi jika kamu belum mengetahui ciri ciri dari penyebab elektrik starter di motor kamu sedikit rewel, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai hal ini,


Pertama kita putar kontak dalam posisi on, atau (hidup) sekarang coba tombol start pada holder sebelah kanan yang biasa kamu gunakan untuk menghidupkan mesin,

Jika tombol start kamu pencet mesin motor tidak bisa hidup namun ada suara cetak-cetak, ini bertanda dinamo starter kamu kotor atau brostel habis,

Tapi jika kamu ingin memastikan bahwa kerusakan pada dinamo starter tersebut kamu bisa pakai cara melangsingkan jalur dari aki ke posting dinamo starternya, dengan menggunakan kabel ,

Atau kamu bisa melakukan cara lain yaitu
Degan melangsungkan atau mengkonek kan langsung melalui bendik, seperti gambar di bawah ini,


Starter sulit di hidupkan


Namun cara seperti di atas ini agak susah karena kita harus membuka kostum yang tiap motor berbeda-beda letaknya, , 

Sebenarnya sebelum kita melakukan pengecekan seperti di atas pastikan bahwa aki pada kendaraan motor kamu benar-benar bagus kondisinya ,

Selamat mencoba.. 

Aug 13, 2022

foto aksi para penunggang kuda besi kelas ber CC besar di motogp

Berikut adalah beberapa foto aksi para penunggang kuda besi kelas ber CC besar, dari ajang kelas dunia , yang sangat menakjubkan ketika beraksi di lintasan , mereka ini adalah koki terhebat di ajang balap Moto GP,

Aksi mereka yang terlihat eks trim terutama jika kita lihat di saat-saat aksinya berada di tikungan, saat menyalip, ini yang menjadi terlihat eks trim, siapa saja mereka yang menjadi idola para pecinta motor balap, kelas dunia atau Moto GP ,

Di bawah ini Foto aksi pembalap dunia MotoGP ,yang sudah tidak asing lagi yang sering kita lihat di acara Moto GP di layar kaca televisi,

Foto aksi pembalap dunia Moto GP Foto aksi pembalap dunia Moto GP

Foto aksi pembalap dunia Moto GP 

MotoGP






Aksi Valentino Rossi 
Ditikungan

Bermanuver