Nov 3, 2022

Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya

Tune Up


 Dalam istilah Tune UP di dunia otomotif yang artinya pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan secara menyeluruh dan melakukan perawatan seperti mengganti pelumas agar kondisi komponen-komponen yang berhubungan dengan mesin tidak mudah aus atau rusak, itu adalah salah satu Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya.

Selain itu Tune UP dalam hal servis seperti halnya di lakukan oleh mekanik bengkel tersebut contohnya adalah melakukan pengecekan Komponen-komponen yang perlu dilakukan penggantian atau cuma butuh perawatan ,

 Baca juga :

  Lalu apa sajakah yang harus kita lakukan dan kerjakan bila kita ingin melakukan Tune Up terhadap kendaraan motor sendiri atau jika kita sedang belajar menjadi mekanik ,
Hal yang harus kita lakukan adalah bila konsumen datang dan minta servis total /Tune Up seperti pengecekan di seluruh komponen yang ada di kendaraan , seperti motor,

Cek kondisi mesin dan servis meliputi

  1. Bersihkan karburator dan stel
  2. Cek dan stel klep jika perlu dilakukan penyetelan ulang.
  3. Cek kondisi pengapian seperti busi 
  4. Cek kondisi pengeriman depan belakang dan ganti kampas rem jika dirasa perlu untuk penggantian.
  5. Cek kondisi rantai dan bila perlu lakukan penyetelan ulang .
  6. Cek kondisi baterai (aki) dan kondisi pengisiannya
  7. Cek kondisi penerangan seperti lampu utama dalam lampu stop
  8. Cek kondisi sein (riting) depan belakang

Itulah beberapa contoh yang harus kita pelajari dan lakukan bila kita sedang belajar menjadi mekanik  dan penanganan tentang Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya, 

Sementara ini dulu ya gan yang bisa saya uraikan mengenai Apa yang di maksud Tune Up dan pengerjaannya
Semoga ini bisa menjadi penyemangat untuk belajar secara mandiri dan semoga bermanfaat , 

salam belajar 

Oct 27, 2022

ukuran piston megapro dan tiger

 Assalamualaikum wr,wb 

Abm _perlunya kita mengenl ukuran dadir diameter piston standart kepunyaannya honda seperti ukuran piston cb gl megapro dan tiger ini, memang penting  Karena dengan mengetahui ukuran standar piston milik Honda  tersebut  , kita bisa mengetahui mentukan bore up ke selanjutnya atau bila ingin meelakukan oversize yang lebih besar lagi,

ukuran piston megapro dan tiger


    Untuk yang masih pemula atau yang baru belajar seperti saya hanya ingatkan ketika mau melakukan bore up, oversize dan lain sebaginya usahakan pengerjaannya dengan hati-hati agar nanti tidak mengakibatkan fatal misalnya , terlalu longgar atau tidak rata akhirnya hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan ,dan mengulangi bore up lagi kan jadi kehilangan urutan satu tingkatan diameter piston honda cb gl megapro dan tiger

  • Berikut adalah daftar ukuran standar piston dari pabrikan motor Honda dan ukuran pen dari piston tersebut,

Honda tipe 

  • C50 39 mm 
  • C70 47 mm 
  • Astrea 800 47 mm 
  • Star 47 mm 
  • Prima 50 mm 
  • Grand 50 mm 
  • Impresa 50 mm 
  • Legenda 50 mm 
  • Legenda2 50 mm
  • Supra 50 mm 
  • Supra X 50 mm 
  • Supra Fit 50 mm 
  • Supra XX 50 mm 
  • Supra X 125 52.4 mm 
  • Fit X 50 mm 
  • Revo 50 mm 
  • Absolute Revo 50 mm 
  • Blade 50 mm 
  • New Blade 50 mm 
  • Kirana 52.4 mm 
  • Kharisma 52.4 mm


Tipe matic

  • Scoopy 50 mm
  • Spacy 50 mm
  • Beat 50 mm
  • Vario 110 50 mm
  • Vario 125 52.4 mm
  • PCX 150 58 mm
  • PCX 125 52.4 mm

Honda tipe sport

  • CB 100 50.5 mm
  • CB 125 56.5 mm
  • CB 200 55.5 mm
  • CG 150 57.5 mm
  • GL 100 52 mm
  • GL Max 56.5 mm
  • GL Pro 61 mm
  • CS-1 58 mm
  • Mega Pro 63.5 mm
  • New Mega Pro 57.3 mm
  • Verza 57.3 mm
  • Tiger 63.5 mm
  • CB 150R 63.5 mm
  • CBR 150 63.5 mm

    ok sobat belajar sementara ini dulu yang bisa saya bagikan untuk  belajar agar bisa tau sebelum melakukan oversize atau ingin memodifikasi piston lainnya ,
semoga catatan mengenai diameter piston Honda  ini bisa membantu dan bermanfaat untuk mengetahui salah satu komponen yaitu diamerter piston keluarga Honda  πŸ€πŸ™
jika masih ada yang tertinggal bisa di tambahkan di kolom
komentar 🀝

~~~~~¥¥~~~~~
wassalamualaikum wr,wb


"jangan lupa niat sungguh-sungguh"

Aug 31, 2022

Cara servis karburator motor sendiri

  Belajar servis karburator motor sendiri, alasan mengapa kita harus servis karburator ? Nah alasannya karena karburator yang terletak di bagian bawah rentan terhadap kotoran dan debu-debu di jalan, 
Cara servis karburator motor sendiri




Lalu apakah karburator bisa menyebabkan busi sering mati, jawabannya adalah tentunya ini bisa, Hal tersebut dikarenakan adanya kotoran yang menempel di karburator yang menyebabkan tersumbatnya saluran-saluran ventilasi yang ada di badan karburator tersebut,
Selain itu lubang-lubang kecil spuyer akan berubah ukurannya apabila tersumbat oleh kotoran yang ikut masuk ke dalam karburator,

Cara servis karburator motor sendiri

Hal semacam ini bisa mengakibatkan settingan karburator menjadi tidak stabil dan berubah-ubah , dan menjadi boros alhasil busi pun jadi sering mati , Dikarenakan pembakaran yang dihasilkan di ruang bakar tidak sempurna,

Berikut ini cara membersihkan karburator dari kotoran yang menempel di karburator kendaraan motor kita,


  • Pertama lepaskan dulu semua cover body motor agar mempermudah pelepasan karburator dari dudukannya atau manifol  yang akan kita bersihkan.nanti,

  • Selanjutnya buka dulu baut karbu dari dudukannya atau manifol yang ada di bagian kepala mesin tersebut agar karburator bisa kita ambil untuk kita bersihkan.

  • Jika sudah selanjutnya Buka mangkuk karburator tersebut lalu bersihkan dengan bensin dan menggunakan kuas dan bilas dengan bensin kembali agar mangkuk menjadi bersih.

Jangan lupa untuk membersihkan juga spuyer-spuyer yang ada di dalam karburator dengan melepas semua spuyer tersebut dengan obeng , lalu jika sudah bersihkan dengan menyemprotkan angin kompresor jika tidak ada bisa meniup -niup dan di siram dengan bensin lalu di lap , pastikan bahwa lubang-lubang kecil yang ada pada spuyer tersebut tidak mengalami kebuntuan , 

Tapi ingat ya gan jangan sekali-kali merubah ukuran dari lubang-lubang kecil yang ada di bagian spuyer tersebut,
Cara servis karburator motor sendiri

biarkan saja ukuran lubang spuyer seperti awal pertama buka tadi, 

Mengapa kita tidak boleh merubah ukuran tersebut ini dikarenakan merubah ukuran dari spuyer tersebut butuh orang yang sudah paham dalam hal ini, berhubungan kita masih belajar sebaiknya kita lakukan dengan membersihkan dengan mencucinya saja tanpa merubah ukuran yang ada di dalam karburator tersebut, 

Cara servis karburator motor sendiri



Jika semuanya dirasa sudah bersih dan sudah memastikan bahwa spuyer tersebut dalam keadaan bersih tidak tersumbat oleh kotoran-kotoran , 


Selamat belajar ,
Salam Otodidak, πŸ™☕




Aug 25, 2022

cara buat blog melalui hp android

 


bloger otodidak

cara buat blog melalui hp android

 halo sobat abm_ kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana caranya agar kita bisa membuat sebuah situs melalui hp android , sebetulnya membuat situs web,blog, wordpress dsb tidak harus menggunakan perangkat seperti laptop pakai hp itu juga bisa, 

 asal bisa untuk mengakses internet itu sudah bisa membuat blog web wordpress , namun berhubung saya hanya memliki sebuah hp saja dan tidak mempunyai pc atau laptop ya saya akan bagikan informasi ini dengn apa yang saya alami ,atau menurut pengalaman sendiri ,

situs saya ini juga awalnya hanya pakai hp saja karena memng itu yang saya punya,  atau dengan perangkat seadanya , 

 nah bagi kamu yang ingin membuat situs dengan hp atau memang hanya perangkat itu yang dimiliki , tidak usah hawatir ,pakai hp seadanya juga gpp,

 namanya juga dengan cara otodidak seperti situs saya ini πŸ˜‚langsung saja kamu simak video dibawah ini .

video tentang belajar membuat situs atau blog 

semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba 


salam otodidak πŸ‘ŒπŸ‘Œ

Aug 16, 2022

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

 Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya, ini sebenarnya di akibatkan oleh kinerja regulator atau kiprok kurang maksimal, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya


atau juga bisa di sebabkan banyak hal, seperti kabal-kabel di bagian penahan putus ,soket terbakar dansebgainya , maka dari itulah kita belajar mencari dn menganalisa tentanng Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Ciri-ciri kiprok rusak


Ok kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menganalisa , kenapa begitu karena kita disini memang sedang lagi belajar, kalau sudah mahir saya kira ini sangat mudah , kita akan membahas penyebab lampu motor sering putus, dan darimana dulu cara mengetahui  tanda-tandanya supaya kita bisa memutuskan bahwa yang kita maksud itu tepat saat mengeksekusinya, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Sebelumnya kita membahas tentang penyebab lampu motor sering mati, tidak ada salahnya jika kita belajar mengetahui cara kerja regulator atau kiprok yang terdapat pada kendaraan bermotor, 

Baca juga: ciri -ciri kiprok rusak 

Kita ketahui bersama bahwa regulator atau kiprok yang ada pada kendaraan bermotor berfungsi sebagai alat untuk pengisian atau charger pada baterai (aki) selain bekarja atau berfungsi sebagai alat pengisian regulator atau kiprok juga berfungsi untuk menahan arus listrik yang berlebihan voltase nya,

Maka dari itu jika regulator atau kiprok ini mengalami kerusakan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kendaraan bermotor, dan kerusakan pada regulator ini juga bisa mengakibatkan motor jenis tertentu menjadi tidak bisa hidup sama sekali, contohnya seperti kendaraan motor yang memiliki sistem pengapiannya full DC, atau full wave ,  

Hal tersebut dikarenakan semua kelistrikan yang ada pada kendaraan jenis ini tergantung pada kondisi regulator atau kiprok tersebut, 

Kembali lagi ke topik utama jika lampu motor kita sering mengalami putus coba kamu cek kondisi regulator atau kiprok tersebut, hal tersebut dikarenakan jika regulator atau kiprok ini rusak dan kita tahu fungsi dari kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang berlebihan,Jika regulator itu normal di gas pada rpm tinggi pun tidak akan putus karena pada titik tertentu arus listrik nya akan tertahan dan tidak mengikuti irama dari tarikan gas tersebut, 

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, dan selamat mencoba dan salam belajar.