Dec 16, 2022

jalur pengisian kiprok Honda Megapro Tiger

Jalur pengisian Megapro dan Tiger

   Abm_ kelistrikan yang ada pada kendaraan dalam hal ini sepeda motor, sangatlah penting untuk dipelajari bagi kita yang sedang dalam belajar otak Atik , hal ini dikarenakan kendaraan bermotor itu bisa jalan juga adanya peran penting di bagian kelistrikan,selain komponen mesin dan komponen pendukung lainya , 

Sebelum kita membahas bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui dimana atau bagaimana jalur-jalur pengisian untuk kendaraan bermotor, dan komponen apa sajakah yang perlu diketahui yang berperan penting dalam sistem pengisian, kita buat contoh dari motor Megapro atau Tiger , 

  • jalur pengisian kiprok Honda Megapro Tiger


Apalagi jika kendaraan bermotor tersebut menggunakan sistem kelistrikannya full DC, termasuk dari sistem pengapiannya,
Nah apalagi didera sekarang ini hampir semua kendaraan bermotor menggunakan sistem full DC, sekali lagi bagian yang paling penting yang harus kita perhatikan disini adalah di bagian pengisian
Seperti di bagian regulasi atau kiprok, hal ini dikarenakan pada sistem kendaraan ini semuanya menggunakan arus listrik dari pengisian tersebut,
Baik itu untuk keperluan seperti lampu klakson sein arus listrik ini juga di gunakan untuk sistem pembakaran seperti CDI dan sejenisnya,Baca juga:
Persamaan kiprok Honda


Maka dari itulah sebabnya bagian ini sangat penting untuk diperhatikan, dan jika dibagian (pengisian ) bermasalah otomatis akan berdampak serius dan berimbas pada komponen-komponen yang berhubungan dengan arus listrik, seperti lampu, indikator digital, dan bisa merambat ke sistem pengapiannya seperti CDI,
Untuk mengetahui bagian dari sistem pengisian pada kendaraan bermotor yang kali ini kita ambil contoh dari kendaraan motor Honda Megapro maupun Honda GL 200 (Tiger)
Dan di bawah ini adalah contoh gambar atau skema dari jalur pengisian kiprok Honda Megapro Tiger


Untuk mengetahui keterangan dari gambar di atas sebagai berikut:
Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan kendaraan bermotor yang memiliki peran masing-masing yang pertama;
Sepul:

Sepul atau generator yang berfungsi sebagai penghasil listrik yang digunakan untuk banyak hal seperti contoh meng hidupi lampu sein, klakson dan yang paling penting adalah , untuk menghidupi mesin,

Selain itu apa sajakah yang dibutuhkan agar bisa menghasilkan pengisian misalnya kita ingin merakit pengisian sendiri,

  • Komponen yang dibutuhkan agar bisa menghasilkan pengisian sebagai berikut:


Sepul;
sepul ac dc

sepul 

Kita tahu Pada bagian sepul ini yang kebanyakan berbentuk bulat seperti donat namun adakalanya ada yang berbentuk lain untuk motor jenis lama, sepul yang terlihat ada lilitan atau kumparan tembaga inilah yang menghasilkan listrik dan sepul ini ada pasangannya yaitu magnet Magnet yang berbentuk seperti mangkuk maka ketika magnet ini berputar arus listrik akan keluar bahkan semakin cepat putaran magnet terhadap sepul ini, maka arus listrik yang dihasilkan juga besar. Pula,

Kiprok Megapro dan Tiger

Regulator atau ( kiprok ), sebagai pengubah arus AC (alternating current) yang semula dari spul itu masih arus bolak-balik ,keluar dari regulator atau ( kiprok )menjadi arus DC (direct current) sehingga listrik yang masuk dan disimpan ke dalam aki menjadi lebih setabil,selain itu regulator atau kiprok juga berfungsi sebagai penahan arus berlebih yang menuju ke bolam (lampu) agar tidak mudah putus ,

artikel terkait:

Jalur kiprok Yamaha Honda Suzuki

Untuk mengetahui jalur pengisian Megapro dan Tiger yang berada di soket kiprok kamu bisa melihat dari gambar di bawah ini:

jalur pengisian kiprok  Megapro Tiger


Dec 5, 2022

naff terendap laraku

 Musik

  Salah satu Lagu terhits dari grup band yang dirilis pada 2003, adalah yang berjudul "Terendap Laraku" yang sangat familiar di telinga anak muda kala itu, berikut adalah chord dari lagu,

# Simak juga 2 chord di bawah ini:

  1.  Cinta terbaik dari grup band Cassandra
  2. Chord gitar: bintang Kehidupan Nike Ardilla 


"terendap laraku"


[intro] F C 2x

F C
Resah jiwaku menanti..

F C
Mengingat Semua yg Terlewati

Em Am
Saat kau masih ada disisi

F G
Mendekapku dalam hangatnya cintamu

F C
Lambat sang waktu berganti

F C
Endapkan laraku di sini

Em Am
Coba tuk lupakan bayangan dirimu

F G
Yang selalu saja memaksa tuk merindumu..

F C
Sekian lama aku mencoba

Em Am
Menepikan diriku diredupnya hatiku..

F C
Letih menahan perih yang kurasakan..

Em Am
Walau ku tahu ku masih mendambamu...

[int] F C Em Am 2x

F C
Lihatlah aku disini..

Em Am
Melawan getirnya takdirku sendiri..

F C G
Tanpamu aku lemah dan tiada berarti..

Kembali ,,

Nov 27, 2022

Penyebab Rem cakram Seret atau macet

 Abm_ Penyebab Rem cakram Seret atau macet dan cara mengatasinya,
Penyebab Rem cakram Seret atau macet dan cara mengatasinya,


Cara ini memang gampang-gampang susah sih...apalagi bagi kita yang masih belajar tentang otomotif,

Perlu diperhatikan , jika rem cakram ini macet itu sangat berbahaya dan membahayakan pengendara itu sendiri,
Kalau rem cakram tiba-tiba macet saat motor di kendarai di jalan raya yang ramai , tentu bukan saja membahayakan si pengendara motor itu sendiri tapi juga bisa membahayakan pengendara atau pengguna jalan lainnya,

Penyebab Rem cakram Seret atau macet;

  • Maka dari itu sebaiknya lakukan pengecekan berkala terhadap kampas rem secara rutin, namun berhubung waktu penggantinya tidak bisa ditentukan , alangkah baiknya sering-seringlah mengontrol atau pengecekan setiap ada waktu luang,
Hal tersebut dikarenakan penyebab rem cakram macet bisa karena kita jarang mengontrolnya, dan sering terlupakan alhasil kampas jadi tipis /habis tanpa kita tanpa kita ketahui, jika seperti ini kinerja kampas rem akan terganggu yang mengakibatkan kampas rem macet.

Mengganti kampas tepat pada waktunya,

Bila kita telat mengganti kampas rem cakram dan tinggal besinya saja ini sangat berbahaya lo gan,,,,

Penyebab Rem cakram Seret atau macet
cob bayangkan ,ketika handel rem di tekan otomatis besi dari kampas rem tersebut akan menjepit piringan cakram yang ada di roda motor kamu dan pirringanpun sudah tipis akibat tergerus dari sepatu atau besi kampas cakram tersebut, dan nini bisa mengakibatkan macet mendadak,

jadilah besi bertemu besi otomatis akan panas dan membuat piston panas, dan mengakibatkan oring atau karet yang ada didalam kaliper tersebut menjadi melar dan seret, ,Sedangkan kita tahu rem cakram yang ada di kendaraan kita adalah suatu alat pengereman yang digunakan dan berfungsi sebagai penjepit piringan cakram, yang ada di bagian roda kendaraan bermotor,
 
   Sedangkan untuk menjepit piringan cakram tersebut membutuhkan rumah pendorong atau kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorongnya, ke kampas rem tersebut , 

Untuk mengatasinya coba bongkar satu persatu rumah piston pendorong atau kaliper rem tersebut, dan keluarkan piston yang ada di dalam kaliper tersebut, setelah itu cuci semua baik itu rumah (kaliper) dan pistonnya, tapi ingat jangan mencuci pakaian bensin atau bahan bakar lainnya, 
Gunakan air dan cuci dengan sabun colek hingga bersih, 

Setelah itu pasang kembali seperti semula dengan mengoleskan minyak rem atau pakai sedikit sabun colek agar memudahkan pemasangan piston ke dalam kaliper tersebut, 

 Nb; jika karet yang ada di dalam rumah piston atau di dalam kaliper sudah lembek atau melar sebaiknya di ganti , hal tersebut dikarenakan bisa membuat piston macet karena terselip karet sil, atau oring .

Sementara itu yang bisa kita pelajari tentang Penyebab Rem cakram Seret atau macet
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲, 

Selamat mencoba dan salam belajar, 


Nov 10, 2022

Cara kerja mesin empat dan tak


PENGERTIAN SIKLUS PADA MOTOR BAKAR 4TAK 

Abm_sobat otomotif Mari kita sekarang belajar perihal cara kerja pada mesin empat tak atau empat langkah, dan bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui, apakah yang dimaksud dalam sistem atau cara kerja, pada mesin empat tak atau ( empat langkah ) tadi ,

Cara kerja mesin empat tak
seperti yang biasa kita dengar dari mereka-mereka yang sudah mengerti,
Kita tidak belajar tentang apa itu sistem atau suatu yang terprogram atau apalah itu, namun yang kita pelajari disini adalah proses dari cara kerja mesin empat tak atau empat langkah tersebut ok...
  Pengertian mesin motor empat tak adalah proses kerja pada suatu mesin motor yang melalui beberapa tahapan agar bisa menghasilkan suatu pergerakan berkelanjutan , 
Contohnya kerja  mesin empat langkah  adalah sebagai berikut, 


  1. Pertama ada yang namanya proses masuknya bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara yang keluar dari karburator yang terhisap masuk ke ruang kompresi, atau biasa disebut langkah penghisapan.Langkah 
  2. kedua adalah proses pemadatan pada bahan bakar dan udara.Langkah kerja selepas dari pembakaran bahan bakar dan udara Langkah pembuangan atau sisa dari bahan bakar dan udara yang sudah terbakar dan untuk di buang melalui knalpot.

Cara kerja mesin empat tak

  1. Langkah penghlsapan
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah kerja
  4. Langkah pembuangan

Jadi kesimpulannya adalahMesin 4 tak yang berarti terdapat proses 4 langkah pada pembakaran diruang bakar,

Kita ulangi lagi jadii yang dimaksud dari mesin empat tak , yang terjadi ketika katup in atau klep hisap dalam posisi terbuka, piston bergerak dari titik mati atas atau yang biasa disebut (TMA) bergerak ke arah titik mati bawah atau yang biasa disebut (TMB)


apa saja komponen yang ada di mesin kendaraan motor



  Abm_ Pada kendaraan bermotor yang sering kita jumpai di jalan-jalan, pada umumnya menggunakan bahan bakar atau(BBM) meski kendaraan bermotor yang menggunakan sistem listrik sudah mulai di rancang, namun hal itu masih pro kontra terhadap konsumen,
Ya kita tidak tahu sih..nanti seperti apa pengguna kendaraan bermotor memang benar-benar akan beralih ke produk motor listrik,

baca juga;
legendaris motor bebek dan pemintnya

   Namun sekarang kita tidak akan membahas tentang kendaraan bermotor sistem listrik atau tidak menggunakan bahan bakar (BBM)
Tapi kita akan membahas bagaimana cara mengetahui bagian-bagian yang penting pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem bahan bakar selama ini ,
Pertama di kendaraan bermotor yang selama ini kita gunakan yang memakai sistem bahan bakar sebagai berikut:

foto cb glatik

  • Kepala silinder
  • Silinder
  • Piston & Ring Piston
  • Batang Penggerak
  • Poros Engkol
  • Bak mesin

  Keterangan di atas untuk kendaraan sistem empat tak(4) yang berfungsi sebagai pendukung proses pembakaran bahan bakar  dan di dalam Kepala Silinder terdapat komponen-komponen pendukung lainya seperti

seher tiger




  • noken
  • templar
  • klep

Silinder atau blok atau rumah pistonatau seher ; di dalamnya terdapat komponen lainya seperti;

  • piston, seher 
  • ring piston
  • stang


istilah-istilah lain yang biasa kita dengar ialah ;

  • (cylinder head atau silinder kop)
  • (cylinder atau silinder blok)
  • (piston & ring piston atau seher & ring seher)
  • (connecting roda atau stang seher)
  • (crank-shaft atau kruk As)
  • (crank-case/karter)

maka dari itu Untuk menggerakkan kendaraan motor yang kita gunakan dan mengendarainya ini diperlukan adanya sistem daya gerak dan dibutuhkan komonen-komponeen seperti yang aada di ats tadi,

untuk kendaraan yang memakai bahan bakar saja, itu tidak akan cukup untuk menghasilkan suatu tenaga kalau tidak ada sesuatu komponen-komponen seperti di tas untuk merubah menjadi tenaga gerak dari sepeda motor itu tadi.
hal tersebut di karenakan adanya pembakaran bahan bakar di dalam mesin tersebut yang
dipergunakan dan dibutuhkan oleh mesin untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor yang kita kendraai sehri-hri.


oke semmntara ini dulu ya lor yang kita bahas mengenai apa saja komponen yang ada di mesin kendaraan motor