Jan 18, 2023

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang


Abm-halo sobat otodidak kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara Mengatasi
penurunan tenaga pada mesin kendaraan motor kita ,

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang

salah satu penyebab atau kemungkinan kemungkinan penyebab menurunnya tenaga pada mesin kendaraan kita adalah adanya kebcoran pada kompresi

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang


hal tersebut bisa saja terjadi jika ruang kompresi bocor akibat adaa celah pada dinding kelep yang mungkin disebabpak kotor dari sisa pembakaran , yang mungkin kurang sempurna ,
namun sebelum kita berasumsi atau menebak nebak yang lebih parah ,
tidak ada salahnya kita melakukan pengecekan yang ringan-ringan dulu,
sebelum mengeksekusi mesin atau membongkar messin tersebut,
hal yang harus kita lakukan pengecekan selain adanya Kebocoran Kompresi, akibat dari Piston, Ring Piston, Silinder yang Aus dan itu kayaknya agak berat, sebaiknya kita lakukan dulu seperti di bawah ini,
cek kondisi busi aatau jarak kerenggangan terhadap busi tersebut, jangan terlalu mepet atau terlalu renggang,

selanjutnya lakukan pengecekan pada klep, hal tersebut dikarenakan adanya kebocoran yang mungkin dikarenakan kurang tepatnya kerenggangan pada klep tersebut, hal yang harus kita lakukan adalah melakukan penyetelan ulang pada klep tersebut, agar tidak ada kebocoran pada bibir klep tersebut namun jangan terlalu renggang atau terlalu rapat.untuk menyetel klep kita bisa buka hlaman dibawah ini,

selanjutnya mungkin adanya kebocoran pada Packing Silinder hal ini juga bisa mengakibatkaan ke bocoran kompresi melalui ini, mungkin baut pada
pengikat kepala silinder
longgar. atau kurang rapat,


jika kita sudah melakukan hal-hal seperti di atas dan masih tetap tidak ada perubahan baru kita melakukan pembongkaran terhadap mesin tersebut,

Jan 14, 2023

manfaat belajar kelistrikan sepeda motor

kelistrikan untuk sepeda motor fungsinya
jalur yang sudah berubah

    Abm_apa sih manfaat belajar kelistrikan untuk sepeda motor
Pada Sistem kelistrikan untuk sepeda motor ,merupakan bagian yang amat penting untuk kita pelajari , karena dengan kita mempelajari kelistrikan dan fungsi-fungsinya, ini akan mempermudah dalam hal menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kelistrikan yang ada di kendaraan bermotor,

Selain memudahkan bila kita nanti mendapati trouble-troubel di bagian kelistrikan seperti jalur yang sudah berubah kabel yng sudah putus-putus dan lain seagainya 

Selin itu juga akan mempersingkat waktu kerja dalam menyelenggarakan masalah yang saya rasa sangat penting dan banyak manfaatnya ,
Coba agan bayangkan jika kita belajar otak atik kendaraan motor dan kita mendapati masalah tentang kelistrikan , tentu ini akan membuat kita menjadi kebingungan apalagi jika kita tidak tahu sama sekali fungsi-fungsinya kelistrikan yang ada di kendaraan bermotor , dan juga pengerjaannya akan membutuhkan waktu yang sangat lama... apalagi bagi pemula seperti saya heee , untuk belajar otak atik otomotif apalagi dengan secara mandiri atau otodidak adalah masalah kelistrikan,

Kembali lagi ke topik semula , kali ini di kelistrikan sepeda motor, Sistem kelistrikan pada sepeda motor merupakan bagian penting karena sistem ini menyediakan arus listrik untuk keperluan salah satunya adalah untuk menghidupkan mesin kendaraan, dan banyak lagi fungsinya ,

Selain itu pembakaran bahan bakar ini pun membutuhkan adanya listrik agar bisa menggerakkan kendaraan sepeda motor , hingga bisa berjalan ,

Nah berikut ini adalah Sistem kelistrikan untuk sepeda motor dan fungsinya-fungsinya.

 Komponen yang ada di kendaraan bermotor yang membutuhkan adanya listrik agar bisa bekerja meliputi:

  1. Baterai (aki)
  2. Elektrik starter dan dinamo.
  3. CDI atau (bagian sistem pengapian) 
  4. Klakson
  5. Penerangan (lampu )
  6. Sein (riting)

  Sekali lagi manfaat bila kita sedang belajar atau menuntut ilmu tentang otomotif apalagi bagi kita yang tidak pernah belajar di bangku sekolah kejuruan, kita berharap semoga bisa mempelajarinya supaya kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat dan juga baik, 

Manfaatnya lain bagi kita yang mau belajar atau mempelajari bagian ini (kelistrikan) selain mengurangi resiko-resiko yang berhubungan dengan kelistrikan , juga sangat mempersingkat waktu proses pengerjaanya , 

Dibawah ini ada beberapa link yang berhubungan dengan kelistrikan , dan bisa untuk menambah wawasan kita tentang belajar kelistrikan sederhana untuk sepeda motor, 

Artikel kelistrikan : 

Jan 11, 2023

kontrol jarum bensin motor tidak bisa naik


Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik atau(
PELAMPUNG PENGUKUR BAHAN BAKAR RUSAK ) 

Atasi jarum bensin gak bisa naik
Pelampung bensin


  

Ini salah satu yang harus kita periksa,
Karena dari sinilah ( PELAMPUNG PENGUKUR BAHAN BAKAR ) alat tersebut mengirimkan pemberitahuan seberapa banyak isi bahan bakar yang ada di dalam tangki motor kita,Jika kita melihat jarum petunjuk bensin di motor kita tidak naik, kita bisa pakai cara-cara sebagai berikut
Pertama kita buka jok pada kendaraan motor kita, setelah itu Lepaskan tutup di samping tutup pengisian bensin , biasanya tiap-tiap kendaraan memiliki atau berbeda posisinya, ada yang di belakang tutup pengisian tangki , ada juga yang posisinya di depannya tempat pengisian bensin, bentuk nya seperti dibawah ini,

Namun sebelum itu agar kita tidak mengalami kesulitan mendapatkan kabelnya tau soket nya, sebaiknya kita buka penutup bodinya atau bok sampingnya,

Atasi jarum bensin gak bisa naik
Pelampung bensin

Untuk kendaraan motor jenis Honda penutup kontrol bensin biasanya cara membukanya memutar ke arah kiri, bisa dengan obeng minus lalu di dorong, karena sistemnya cuma mengunci ke arah kanan, dan membukanya ke arah kiri,

Setelah berhasil membuka sekarang cabutlah sambungan atau soketnya, lalu coba tes dengan cara memaki avo meter, sambil menggerakkan pelampungnya kita melihat jarum avo meter tersebut apakah bisa bergerak atau tidak, seperti gambar dibawah ini,

Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik

Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik


Atau jika kita tidak memiliki alat bantu seperti avo meter kita pakai petunjuk dengan jarum kontrol bensin yang ada pada spidometer Motor kamu,

Cara mengeceknya juga sama seperti di atas dengan menggerakkan pelampungnya sambil melihat jika pelampungnya kita tarik ke atas , jarum petunjuk bensin berada pada posisi huruf ( f. ) artinya full, (penuh)

jarum bensin gak bisa naik




Gambar di atas menunjukkan bahwa bahan bakar bensin dalam keadaan habis,

Jika kedua cara di atas tidak ada reaksi bisa dipastikan alat pengukur bahan bakar atau pelampung rusak,

Sementara ini yang bisa kita pelajari mengenai cara, Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik, Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua   

salam otodidak,, πŸ™

PILIHAN LAIN

Jan 9, 2023

Lirik Lagu Nyalakan Api Kehidupan Nike Ardilla

Nike Ardilla
Lirik Lagu Nyalakan Api Kehidupan Nike Ardilla


Lirik Lagu Nyalakan Api Kehidupan

vocal Nike Ardilla
diciptakan oleh Deddy Dores.

Dec 29, 2022

Cek jalur kiprok Honda grand supra GL

  bismillah..

Cek jalur kiprok Honda grand supra GL 

Cek jalur kiprok Honda grand supra GL
contoh pengecekan  tahanan lampu


Abm -Halo sobat.. selamat sore , saya berharap kalian masih tetap semangat untuk belajar terus dan tidak kendor,,
Ok kali ini kita akan membahas atau belajar bersama-sama, mengenai tentang kelistrikan yang ada di sepeda motor,
Dan kali ini kita akan memakai satu kendaraan untuk di jadikan contoh yaitu Motor Honda grand Supra gl dan lain sebagainya yang memiliki jenis regulator atau kiprok sama ,
Untuk motor jenis lain kita bisa mempelajari di lain waktu kalau ini tidak cukup heeeee😁, insyaalloh jika ada wktu akan saya tulis,🀝

Cek jalur kiprok Honda grand supra GL 

Kita tahu Meski Di Setiap kendaraan memiliki peran yang sama untuk jalur kelistrikannya, yang disekitar spul hingga ke pengisian aki,
Nah coba kita lihat di bagian ini, ada sebuah komponen yang sangat penting untuk diperhatikan , komponen tersebut adalah regulator (kiprok)
Fungsi dari regulator atau kiprok ini adalah sebagai pengatur arus listrik yang mengalir dari spul ke regulator atau kiprok untuk di salurkan ke baterai dan ke lampu utama,
Sedangkan untuk mengetahui apakah regulator atau kiprok ini masih bagus dan sudah mulai lemah,atau harus di ganti,

Cek jalur kiprok supra GL

Ciri-ciri jika regulator atau kiprok ini sudah mulai rusak kita bisa memakai cara dengan cara mengukur daya arus listrik dengan alat bantu seperti avo meter,

Cek jalur kiprok Honda grand supra GL

Di bawah ini adalah cara untuk mengetahui letak-letak keluar masuk arus listriknya dan kita ambil contoh untuk motor Honda grand.dan persamaannya seperti dibawah ini.


Cek jalur kiprok Honda grand



Kita tahu banyak motor yang memiliki kesamaan baik itu bentuk , jumlah isi soket nya, namun cara ini bisa kita gunakan untuk regulator atau kiprok jenis lainnya,
Namun Kenali dan cek dulu posisi skun-skun atau( PIN )agar kita tidak salah sambung jika berniat mengadopsi kiprok motor lain.

Karena yang kita perlukan disini adalah mengetahui keluar masuk arus listrik karena beda kendaraan bermotor beda juga dengan kendaraan lainnya,
Posisi seperti ini adalah untuk mengetahui jalur pengisian dengan cara jarum avo meter di tempelkan ke skun,

Cek yang benar untuk motor Honda grand Supra gl seperti gambar di bawah ini

Cek jalur pengisian grand supra GL
Cek jalur pengisian motor Honda Supra grand GL 

Keterangan dari gambar di atas sebagai berikut:
  1. Jarum avo meter meraih berada di atas
  2. Jarum avo meter hitam berada di bawah

Contoh dari gambar di atas bisa kita lakukan dengan motor-motor yang memiliki kesamaan seperti motor-motor dibawah ini:

Astrea prima
Grand
Supra
Supra x
GL pro CDI
GL pro Neo TEGh
GL MAX series
GL MAX NEO TEGh  

Dan yang memiliki kesamaan,namun walaupun begitu kita tetap harus berhati-hati dan bila baru mempelajari lebih baik di dampingi oleh orang yang sudah mengetahui hal ini.jika ingin menyambunng kabelnya,Ada kesamaan Warna kabel spul, lampu dll yang terdiri dari 4 macam warna kabel,

Dan masing-masing warna kabel tersebut tentu saja mempunyai kegunaan yang berbeda-beda juga namun yang paling penting adalah jalur yang sama


Selamat mencoba
Salam otodidak..🀝



alhamdulillah...