Nov 22, 2023

Harga dan spesifikasi Honda PCX 60 terbaru

 Harga dan spesifikasi Honda PCX 60 terbaru

Harga dan spesifikasi Honda PCX 60 terbaru

Halo sobat abm_Honda meluncurkan produk terbarunya yaitu PCX 60 Pada Bulan Februari 2023 ini
Dan Mesin PCX 160 ini dibekali dengan mesin baru eSP+ SOHC 1 silinder 4 katup 156,9 cc itulah yang mebedakan dengan PCX 150,
Namun disini saya tidak akan membahas apa perbedaan antara PCX 60 dan PCX 50, walaupun begitu dua-duanya sama-sama memiliki keistimewaan.
Tak panjang lebar mari kita simak apa sih spesifikasi dari PCX 60 yang lagi ngetrend untuk versi Skustik ini
,



Berikut adalah spesifikasi dari PCX 60 dan harganya.


Tipe Mesin
4-Langkah, 4-Valve, eSP+
Tipe Pendingin
Pendingin Cairan
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI ( Programmed Fuel Injection )
Volume Langkah
156,9 cc
Diameter X Langkah
60 x 55,5 mm
Perbandingan Kompresi
12,1
Tipe Transmisi
Otomatis, V-Matic
Tipe Starter
Elektrik
Tipe Kopling 
Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Minyak Pelumas
0,8 liter (Penggantian Periodik)
Daya Maksimu
11,8 kW (16 PS) 8.500 rpm
Torsi Maksim
14,7 Nm (1,5 kgf m) 6.500 rpm


Harga motor Honda pcP 160 ini mulai Rp. 32,620,000
Vario 160 Harga mulai Rp. 26,539,000

Harga PCX 60 ini mungkin tiap-tiap daerah berbeda-beda untuk (OTR Jakarta ) atau (OTR) wilayah Kediri Jawa timur, 
Dan untuk yang berdomisili di sekitar Kediri Jatim ada pilihan lain lainnya 
Seperti daftar motor terbaru dari MPM motor brenggolo Plosoklaten Kediri




Ukuran kerenggangan klep motor standar

 Assalamu'alaikum wr,wb


Ukuran klep kendaraan motor standar

Ukuran klep motor

Sebelum kita membahas bagaimana caranya belajar menyetel KLEP pada sepeda motor, alangkah baiknya kita mengetahui dulu,berapa ukuran atau jarak renggang pada setelan KLEP tersebut,

Nah Bagi yang sudah mahir ini sangat lah mudah tp bagi yang belum, ini sangatlah berarti bagi yang ingi belajar sendiri (otodidak) bagi yang sudah mahir bisa ditambahkan di kolom komentar agar teman-teman yang membutuhkan bisa mendapat informasi yang kalian bagikan juga bisa manfaat buat kita semua.
Kita awali belajar memahami dari cara kerja katup(KLEP) dan kompresi yang ada di dalam ruang bakar,

Ruang bakar atau bisa disebut kompresi ini adalah bagian penting dari mesin kendaraan, karena disaat dari TMA ke TMB itulah langkah hisap dimulai, ketika katup(KLEP) in membuka dan mengalirkan campuran antara udara dan bahan bakar(BBM) masuk ke ruang bakar,setelah melalui pemadatan dan di bakar oleh api dari busi, lalu di buanglah sisa pembakaran tersebut melalui katup(KLEP), EX.

Katup(KLEP) bekerja untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar,Klep ini sangat besar pengaruhnya oleh sebab itulah penyetelan Katup(KLEP) harus benar-benar tepat . Jika celah Katup(KLEP) tidak tepat maka peforma mesin tidak bisa maksimal, dan jika salah juga bisa berakibat fatal,maka dari itu untuk menghindari hal-hal semacam itu alangkah baiknya mengetahui karakter juga ukuran standarnya πŸ™„

Knalpot motor ngebul
Pixabay.com

Ukuran kerenggangan klep motor standar

Akibat bensin lebih boros biasanya di tandai keluarnya asap hitam dari knalpot,ini juga bisa karena penyetelan kurang tepat, bila keterlambatan KLEP saat menutup tekanan kompresi bisa menjadi bocor, hal tersebut dikarenakan saat terjadinya pemadatan kompresi atau Piston posisi di atas , katup(KLEP) belum menutup sepenuhnya, nah terjadilah kebocoran alhasil bensin akan lebih boros,

  • Di bawah ini kita akan sama-sama belajar mengenal ukuran KLEP dari motor standar,

Ukuran kerenggangan klep kendaraan motor standar
Ilustrasi,Pixabay.com



CELAH KLEP STANDART HONDA


JENIS MOTOR> KLEP IN> KLEP EX

  1. Astrea Star 0.05_0.05
  2. Astrea Prima 0.05_0.05
  3. Grand 0.05_0.05
  4. Legenda 0.05 _0.05
  5. Revo 0.05_0.05
  6. Revo Injeksi 0.05_0.05
  7. Supra Fit 0.05_0.05
  8. Supra X 0.050.05
  9. Supra 125 0.05_0.05
  10. Supra 125PGM-Fi0.10_0.15
  11. Supra Helm In 0.05_0.05
  12. Kirana 0.05_0.05
  13. Kharisma 125 X 0.05_0.05
  14. Blade 0.10_0.10
  15. Blade Injeksi 0.10_0.10 CS I 0.06_0.28
  16. Sonic 0.16_0.24
  17. GL Max 0.10_0.10
  18. GL Pro 0.10_0.10
  19. Mega Pro 0.10_0.10
  20. New Mega Pro 0.10_0.10
  21. Mega Pro FI 0.10_0.14
  22. Tiger 0.10_0.10
  23. Verza 0.10_0.14
  24. CB150 R 0.16_0.25
  25. CB150R New 0.16_0.25
  26. CBR150R 0.16_0.25

Sekuter matik

  1. Beat Karbu 0.16_0.16
  2. Beat PGM-FI 0.14_0.14
  3. Beat FI eSP 0.12_0.18
  4. Vario 110 0.16_0.27
  5. Vario 110 Injeksi 0.16_0.16
  6. Vario 110 eSP 0.12_0.18
  7. Vario 125 FI eSP 0.10_0.24
  8. Vario 150 FI eSP 0.10_0.24
  9. Vario Techno110 0.16_0.27
  10. Vario Techno125FI 0.10_0.24
  11. Scoopy 0.16_0.16
  12. Scoopy PGM-FI 0.16_0.16
  13. Scoopy FI eSP 0.12_0.18
  14. PCX 125 0.10_0.24
  15. Sonic 150R 0.16_0.24


CELAH KLEP STANDART YAMAHA

JENIS MOTOR> KLEP IN> KLEP EX

  1. Crypton 0.05 0.08
  2. Vega 0.05 0.08
  3. Vega ZR 0.05 0.08
  4. Jupiter Z 0.05 0.08
  5. Jupiter Z1 0.08 0.10
  6. Force 115 0.08 0.10
  7. Jupiter MX 135 0.10 0.15
  8. Jupiter MX King 0.10 0.15
  9. Byson 0.10 0.12
  10. Vixion 0.15 0.18
  11. Scorpio Z 0.10 0.15

Sekuter / matik  

  1. Nouvo 0.08 0.10
  2. Mio Sporty 0.08 .010
  3. Mio J 0.10 0.10
  4. Mio Soul GT 0.10 0.10
  5. Mio M3 0.10 0.10
  6. Fino 125 0.08 0.10
  7. X-Ride 125 0.10 0.15
  8. Xeon 0.10 0.15
  9. Nmax 0.10 0.15



CELAH KLEP STANDART SUZUKI 


Ukuran kerenggangan klep motor standar

JENIS MOTOR> KLEP IN> KLEP EX

  1. Smash>0.07-0.07
  2. Smash New>0.07-0.07
  3. Shogun 110 0.07 0.07
  4. Shogun 125 0.08 0.10
  5. Shogun SP 125 0.08 0.10
  6. Thunder 125 0.10 0.15
  7. Satria F150 0.15 0.25



Sekuter / matik

Spin 0.06 0.10
NEX 0.06 0.10
Skywave 125 0.06 0.10
Skydrive 125 0.06 0.10

NB; khususnya motor yang tidak memakai pelatuk(templar) celah di tentukan oleh ketebalan dari (chip) kamu bisa cari atau beli yang ukurannya bisa tepat sesuai ukuran standar,
Semoga ini bisa manfaatnya bagi kita yang masih belajar tentunya yang belajar sendiri (otodidak)
Belajar dengan sungguh-sungguhlah agar cepat bisa,


🀝

Salam otodidak πŸ™

Wassalamualaikum wr,wb
~~¥~~

Nov 1, 2023

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk melayani segala BUBUT yang berhubungan dengan motor , bubut yang ada di wilayah kabupaten Nganjuk ini sering di manfaatkan oleh para penggemar modifikasi motor kinclong,


Mas sis. yang mengelola bengkel KBP ini mengaku , sekarang ini mang lagi ngetrend anak muda yang memodifikasi motornya dengan cara membubut bagian muka atau lapisan luar dari part-part yang akan di pasang di motornya agar terlihat cantik dan menarik untuk di lihat.

Part yang lagi rame di kerjain oleh mas sis seperti , bagian tromol,batem, kaliper,dan masih banyak lainnya seperti gambar di bawah ini.


Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk

Bengkel bubut KBP Nganjuk



Untuk kamu yang ingin tampilan motornya menjadi lebih keren n apik kamu bisa manfaatkan jasanya yang beralamat di Tanjung tani prambon Nganjuk


Oct 30, 2023

cek jalur cdi tiger lama


cek jalur cdi tiger lama

  Abm _ sobat blogger terutama untuk sobat belajar otomotif degan cara otodidak,
Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara cek jalur cdi tiger lama ,


Alasan kenapa kita harus belajar untuk mengecek pada CDI , hal ini disebabkan CDI merupakan salah satu bagian dari sistem pengapian pada kendaraan bermotor salah satunya pada kendaraan motor milik Honda Tiger,


Alasan lain mengapa kita harus belajar untuk mengetahui lebih jauh tentang bagian dari jalur CDI tersebut , karena yang sering terjadi motor mengalami setrum pengapian mati mendadak dan manfaatnya bila kita mau belajar tentang seputar jalur pengapian adalah , akan mempercepat proses kerja saat penanganan kasus pengapian hilang,

Coba bayangkan jika kita tidak tahu sama sekali jalur-jalur dari pengapian pada kendaraan bermotor, otomatis akan mengalami kesulitan dalam pembetulan kendaraan bermotor yang mengalami mati total (matot) dan mana dulu yang akan kita cek terlebih dahulu ,

apabila kamu belum begitu paham alangkah baiknya kita ditemani oleh teman atau orang yang sudah paham tentang seputar warna kabel saat ingin praktek dan melakukan pemeriksaan Pada seputar kelistrikan di kendaraan motor,

Nah jika sudah mulai paham, bila terjadi pengapian mati total (matot) pada kendaraan motor dalam hal ini disebabkan strum pengapian mati ,
Dan ini yang bisa kamu praktekan sendiri .
Berikut ini adalah beberapa contoh yang perlu diketahui seputar jalur pengapian pada CDI Tiger lama.
Berikut ini adalah letak/posisi dan warna kabel yang ada di CDI Tiger lama


cek jalur cdi tiger lama


Keterangan di atas sebagai berikut:. 
1. Negatif (masa body ) 
2. Pulser (sensor CDI )
3. Koil
4. Kontak
5. Spul CDI

Sedangkan untuk mengetahui atau melakukan pengecekan dari segi warna kabel tersebut kamu bisa buka halaman di bawah ini πŸ‘‡


Nb;
Dengan catatan proses Pengecekan terhadap Jalur CDI tersebut  saya sarankan di dampingi oleh orang yang sudah paham tentang kelistrikan motor, agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Selamat mencoba. 

Oct 15, 2023

Jalur CDI standar Supra lama

 

Jalur CDI standar Supra lama

Abm_Jalur CDI standar Supra lama yang memiliki kesamaan dengan motor lainnya seperti Honda Astrea grand, legenda, GL CDI atau series, sangat memudahkan Anda, bila terjadi sesuatu pada CDI seperti motor-motor yang saya sebut di atas tadi.

Jadi kalau ada masalah seperti CDI kamu rusak baik itu kepunyaan salah satu di atas kamu bisa pakai CDI lainnya yang memiliki kesamaan seperti daftar motor di atas.

Karena motor-motor tersebut memang memiliki kesamaan pada pin atau soketnya,


Jalur CDI standar Supra lama


Jalur CDI standar Supra lama


Keterangan dari gambar di atas menurut angka-angka sebagai berikut.


  1. Negatif /ground (masa)
  2. Pulser/sendor
  3. Kontak 
  4. Spul CDI AC
  5. Koil
Keterangan dari gambar di atas menurut warna kabel standar sebagai berikut:
  1. Hijau polos
  2. Biru strip kuning
  3. Hitam strip putih
  4. Hitam strip merah
  5. Hitam strip kuning

Selamat mencoba salam otodidak 🀝