Aug 17, 2021

ciri ciri kiprok lemah atau rusak

ciri ciri kiprok lemah atau rusak
baca juga:




Pengisian regulator atau kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand


Untuk motor jenis DC seperti GL neotegh , Megapro, dan lainnya yang memakai pengapian dari pengisian ,

Namun jika kita nyalakan dalam posisi bersamaan, dengan komponen lainnya seperti lampu utama ,sein dan klakson, alhasil mesin sulit untuk di hidupkan, ini dikarenakan tegangan yang di butuhkan oleh CDI untuk pengapian tersebut menjadi kurang dan tidak stabil,

Biasanya jika kiprok motor mulai melemah mesin masih bisa dihidupkan menggunakan kick starter. atau engkol, hal tersebut Dikarenakan kebutuhan kelistrikan untuk pengapian masih bisa disuplai oleh sisa tegangan dari sisa πŸ”‹ dan sedikit tegangan dari kiprok tersebut.

Ciri-ciri kiprok mulai lemah atau rusak untuk yang menggunakan pengapian DC seperti di atas tadi yaitu, jika motor mengalami kiprok lemah atau mati ini biasanya, saat motor di hidupkan namun saat sudah berjalan terasa berat, hal yang mencolok adalah, jika kita yang masih awam , cara melihatnya sebagai berikut.ketika motor dalam kondisi berjalan lalu lampu utama kamu nyalakan motor akan mengalami tersendat tiba-tiba atau seperti mau mati,

Dan bila hal ini dibiarkan atau tidak segera di lakukan perbaikan atau tidak segera di bawa ke bengkel untuk pengecekan resikonya adalah kamu akan mengalami mogok secara tiba-tiba dan akan mengalami mogok total Jika kiprok tersebut benar-benar mengalami mati,


hal ini disebabkan tidak adanya komponen yang menyuplai kelistrikan yang dibutuhkan pada pengapian motor tersebut. Akibatnya, saat tegangan pada aki benar-benar mati total atau ngedrop, motor akan benar-benar mogok total, dan tidak bisa dihidupkan sama sekali walau menggunakan kick starter, ini yang lebih parah untuk motor pengapian
jenis DC.

  Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai
(aki)

  Namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,

Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti di atas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,
  Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami over charging atau arus tidak beraturan .over charge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

ciri ciri kiprok lemah atau rusak


Beberapa gejala salah satunya :

Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.
sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,


itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..

sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


Aug 16, 2021

lirik lagu 17agustus chord gitar

  • lirik lagu 17agustus chord  gitar

Berkut adalah Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Hari Kemerdeka 
(Cipt H Mutahar)


Intro) C-G-C-F-C-G-C C


C          G               C
Tujuh belas Agustus tahun empat lima
C            G                        C
Itulah hari kemerdekaan kita
F                          C
Hari merdeka nusa dan bangsa
Am                        G
Hari lahirnya bangsa Indonesia
G F D
Merdeka


C                G                             C
Sekali merdeka tetap merdeka
C                        G                     C
Selama hayat masih di kandung badan
C         G    C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C      G     F         G
Mempertahankan Indonesia
C       G      C         F
Kita tetap setia tetap sedia
C           G        C
Membela negara kita


Musik ;C-G-C-F-C-G-C C

C              G           C
Tujuh belas Agustus tahun empat lima
C           G             C
Itulah hari kemerdekaan kita
F            C
Hari merdeka nusa dan bangsa
Am                  G
Hari lahirnya bangsa Indonesia
G   F   D
Merdeka
C                 G                C
Sekali merdeka tetap merdeka
C                      G                 C
Selama hayat masih di kandung badan
C          G        C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C         G        F      G
Mempertahankan Indonesia
C       G      C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C        G      C
Membela negara kita


Jul 20, 2021

fungsi oli mesin motor


fungsi oli mesin motor

baca juga: cara ganti oli mesin sendiri

Oli atau pelumas untuk kendaraan motor sangatlah dibutuhkan oleh komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor. sedangkan Cairan oli pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin ataupun komponen-komponen lainnya yang ada di dalam mesin motor tersebut.

 Sedangkan oli pelumas sendiri berfungsi untuk menjaga agar mesin kendaraan motor kita tetap dalam kondisi  prima, oleh karena itulah pemilik kendaraan di anjurkan selalu memperhatikan hal yang sangat penting ini.

Dengan memperhatikan kondisi oli mesin secara rutin, ini akan membuat mesin motor kamu lebih awet dari keausan dari gesekan antar komponen yang ada dalam mesin tersebut.

 Perlu kita ketahui Pelumas atau oli mesin ini, selain menjadi pelindung bagi komponen-komponen yang ada di dalam mesin dari gesekan, juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh gesekan maupun panas dari proses pembakaran yang ada di dalam silinder tersebut.

karena disaat mesin itu bekerja akan ada yang bekerja lebih cepat. yaitu antara piston dengan silinder, sedangkan Oli atau Pelumas sendiri dapat mengurangi suhu panas sekaligus menjaga kebocoran-kebocoran kompresi, dari tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran tersebut.

selain itu pelumas oli juga bisa mengisi celah antara piston dan silinder dan menutupi dari kebocoran lainnya yang ada di bawah ring piston tersebut, jadi fungsi oli untuk mesin itu banyak kegunaan dan fungsinya ,selain jadi pelumas pelindung juga pendingin ruangan banyak sekali kan fungsinya, jadi jangan remehkan masalah oli ,



jarak waktu ganti oli

untuk berapa lama atau waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli mesin tersebut ialah kamu bisa lihat di buku panduan, 

  Di Dalam buku panduannya biasanya penggantian oli pada kendaraan motor ialah tiap 2,500 hingga 3,000 km. namun itu semua juga tergantung pada cara memakai kendaraan tersebut, jika kamu menggunakan nakan buat trek-trek atau seperti balap-balap gitu . ya bisa saja gak sampai 2,5000 udah ganti, 
hal tersebut dikarenakan daya pelumas sendiri di percepat durasi proses pemanasan, 

Maka dari itu penggantian oli mesin secara berkala, merupakan kewajiban untuk perawatan mesin motor kamu,
 itulah fungsi oli mesin motor

Jul 18, 2021

chord guitar seberkas sinar Nike Ardilla

 

Nike Ardilla

Seberkas Sinar
Merupakan sebuah satu singgel dari album pertama Nike Ardila,
Album Seberkas Sinar dirilis pada tahun 1989-1990 lalu dan juga kaset-kaset nya yang begitu laris di pasaran kala itu.


Artis: Nike Ardilla
: Seberkas sinar,
Dirilis: 1989
Genre: Pop
berikut adalah Kunci atau chord: seberkas sinar 🎸


INTRO ; A M EM F AM
AM EM D G AM


AM
kala ku seorang diri
AMG
hanya berteman sepi dan angin malam
F
ku coba merenungi
D M F E G F
tentang jalan hidupku ,, ho,,,
AM
kulangkahkan kakiku
A M G
dan menyimak sebuah arti kehidupan
F F E D M
hati s’lalu bertanya
Dm FFE
Ada kah kasih suci...
Am Dm
Dalam cinta haa..haaa...
G C F D M E
adakah cintamu...ha....

Nike Ardilla

Reff;
C .G .F.C
Seberkas cahaya terang..
C.F.G.F C
Menyinari hidupku..
C.G E A M
Sesejuk embun-embun di pagi hari..
F E A M
dambaan insan di dunia ini..
Reef....

C G F C
Seberkas cahaya terang..
G f g f c
Menyinari hidupku..
C G E A M
Sesejuk embun-embun di pagi hari
F E A M
dambaan insan di dunia ini..------

A M
jauh ku dengar lagu
A M G
di keheningan malam aku sendiri
F E D M
kucoba merenungi
D M E E
Tentang jalan hidupku...
A M D M
Dalam cinta...haaa
G C F D M
Adakah cintamu...haha...
Kembali,,,


Beranda otodidak

Kunci gitar:

Bintang Kehidupan Nike Ardilla.



Jul 7, 2021

Spesifikasi Honda Mega Pro 160 standar

Megapro

Megapro 

 sebagai motor peralihan dari Honda GL Pro Neotegh dengan melakukan debut di Indonesia pada tahun 1999 di tipe Megapro ini Megapro sempat bertahan cukup lama di pasaran,
Sebagai motor idaman kaula muda Megapro mampu mengambil hati para pecinta motor di Nusantara ini, di bawah nanti akan saya bagikan informasi sedikit mengenai spesifikasi dari motor Honda GL pro ke Honda Megapro,

Spesifikasi Honda Mega Pro 160

      Perlu kita ketahui Honda Megapro ini adalah penerus dari sang legendaris Honda GL Pro, yang dimana Honda GL Pro sendiri sudah menjadi primadona kaum lelaki yang suka sport touring, dari mulai tahun 80an hingga ke generasi mudanya Megapro.
Kejayaan dari Honda GL pro sudah banyak yang mengakui ketangguhannya dari era itu hingga sekarang, dan juga di spek mesin ini banyak digemari karena jenis motor ini selain kapasitas CC lumayan besar 160Cc, juga mengandalkan nafasnya yang panjang dan cocok untuk perjalanan jauh , atau touring.
Nah yang suka perjalanan jauh atau touring ini cocok untuk kalian  , jangan lupa baca sambil ☕ bro..

Honda lalu mengeluarkan adiknya yaitu Honda Megapro lama yang masih mengantongi mesin berkapasitas 160cc dan masih belum sama belum adanya elektrik starter, perubahan pada body dan perubahan lebih ka kostum


Namun Honda lagi-lagi belum puas untuk menyenangkan para pecintanya dengan itu Honda menyempurnakan lagi yang lebih besar daripada yang sebelumnya terlihat lebih gagah cocok untuk ke kaum laki-laki ,perubahan yang signifikan adalah full body dan di lengkapi dengan elektrik starter keren bukan πŸ‘

Honda Megapro sport yang awal di produksi dari tahun
2002 hingga 2005 dan berlanjut hingga generasi ke Megapro Advance / Megapro Primus ( 2006 – 2009 ).


Spesifikasi Megapro lama adalah sebagai berikut :

Spek mesin:

  • 4-stroke, OHC
  • Cylinder: 1
  • Kapasitas mesin: 156,7 cc
  • Bore x stroke: 63,5 x 49,7 mm
  • Rasio kompresi: 9,0: 1
  • Max power: 13,3 hp @ 8500 rpm
  • Max torque: 1,3 kgf.m @ 6500 rpm
  • Fuel system: Silinder ventury karbu 24
  • Pengapian: CDI-DC, battery
  • Busi: ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
  • Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
  • Kopling: manual, tipe basah, double clutch
  • Starter: kick(engkol)

Dimensi:



Jarak sumbu roda: 1281 mm
Tinggi jok: 772 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Cam chain: silent chain (rantai)
Kapasitas olie mesin: 0,9 liter
Kapasitas tangki: 8.0 liter
Konsumsi bbm: 51,4 km per liter @ 50 km/jam
Berat: 106 kg
Rangka: diamond steel






Spesifikasi Megapro Primus adalah sebagai beriku:


Mesin: 4-stroke, SOHC,
1 silinder
Diameter x langkah: 63.5 x 49.5 mm
Max. power: 13.3 ps @ 8500 rpm
Max. torsi: 1.3 kgf.m @ 6000 rpm
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kapasitas mesin (volume langkah): 156.7cc (160)K
Kopling manual, tipe basahB
Battery accu: 12V – 5 AhP
Pengapian DC – CDI, BatteryS
Starter electric dan kick B
Busi ND X 24 EP – U9/MGK DP8 EA-9T
Tangkibbm: 13,2 liter




Dimensi:

Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1065 mm
Jarak sumbu roda: 1281 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Tinggi jok: 774 mm
Rangka: pola berlian (diamod style)





Suspensi:
depan: teleskopik
belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
depan: 2.75 – 18 42P
belakang: 3.00 – 18 47P
Pengeriman:
depan: cakram hidrolik dengan piston ganda
belakang: tromol








Jika kita lihat produk pabrikannya Honda Megapro Primus masih mempertahankan mesin generasi sebelumnya seperti Megapro lama dan lebih tua yaitu Honda GL pro Neo tegh dengan spesifikasi yang masih sama dan tidak berubah namun lebih ke penyempurnaan,



Honda Megapro juga menjadi motor idaman kalangan muda body kekar spek mesin yang mumpuni,

itulah sedikit informasi tentang dari generasi Honda GL pro Neo tegh hingga MegaPro, 

Nb: jika kamu ingin menambah apa yang belum tertulis di atas kamu bisa menambahkan di kolom komentar dibawah πŸ‘‡

Salam seduluran🀝