Jan 22, 2022

Tandanya kiprok Motor rusak

Tandanya kiprok Motor rusak


Ciri ciri kiprok Motor rusak 

Regulator atau kiprok adalah komponen yang berperan sebagai alat untuk merubah arus listrik motor dari arus bolak-balik menjadi arus searah , kiprok juga salah satu komponen motor yang berperan penting dalam kelistrikan ,
Regulator atau yang lebih sering dikenal sebagai " Kiprok ialah salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan di sepeda motor, selain berfungsi sebagai penyuplai energi dari spul , juga berfungsi sebagai penahan lampu sepeda motor agar tidak mudah putus,

Baca juga:

Belajar mengenal warna kabel motor

Mencari jalur kiprok

Memasang lampu HID di motor jenis lama,

Kiprok yang berperan untuk mengatur atau merubah arus bolak-balik menjadi arus searah atau arus DC, kiprok juga sebagai penahan atau menyetabilkan arus ke lampu sepeda motor agar tidak mudah putus , karena tegangan dari proses penerangan motor tersebut ,

Ciri ciri kiprok Motor rusak 

Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana caranya bisa belajar mengetahui jika regulator atau kiprok di sepeda motor kita mulai rusak atau sudah tidak berfungsi lagi, 

Ciri ciri kiprok Motor rusak 

  

Pertama jika kiprok sudah rusak itu bisa kita lihat salahnya adalah seringnya bolam atau lampu mati atau putus,dan ketika di gas pada rpm tinggi lampu langsung mati atau putus ini sudah,
Selain lampu mudah putus saat di gas , ada ciri-ciri lain, yaitu lampu yerasa redup, dan ciri-ciri terakhir jika pada umumnya lampu tetap stabil saat di gas atau rpm tinggi, tapi ini sebaliknya makin redup saat di gas para rpm tinggi, ini juga salah satu ciri-ciri kiprok mengalami kerusakan pada komponen di dalamnya,
Hal tersebut dikarenakan fungsi kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang tegangannya semakin tinggi, namun arus listrik yang mengarah ke lampu tetap stabil,

Spul motor


 Melihat kondisi kiprok normal atau tidak melalui motor jenis DC, 

 Ciri-ciri kiprok motor rusak lainnya adalah  jika motor kamu menggunakan sistem pengapian DC , ciri-ciri kiprok mengalami kerusakan , coba kamu hidupkan mesin , disaat mesin menyala tapi usahakan rpm dalam  posisi rendah, lalu lepas  sekring atau salah satu kabel yang mengarah ke baterai (aki) bisa negatif atau positif ,jika kiprok sudah rusak otomatis mesin akan ikut mati, 


Sementara ini dulu yang bisa kita bahas tentang ciri-ciri kiprok motor rusak , semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba ,

Jan 20, 2022

Fungsi baterai atau aki pada kendaraan


Fungsi baterai atau aki pada kendaraan

Bagi kamu yang belum tahu dengan sistem kelistrikan motor, Saya akan beri informasi sedikit tentang komponen yang harus kita perhatikan , agar bisa menambah wawasan tentang salah satu bagian dari sistem kelistrikan di sepeda motor.

  Nah maka dari itulah kita sama-sama  mulai memperhatikan dan kayaknya ini mudah untuk kita lakukan setiap hari sebelum berangkat kerja , untuk perawatan di bagian ini, (merawat agar aki lebih awet)

 Pada kendaraan sepeda motor, kita harus rutin melakukan pengecekan terhadap aki di kendaraan motor kita,  karena ini salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan adalah baterai (aki) agar kondisi kendaraan motor kita tetap stabil dan tetap dalam kondisi prima,
Accu

Baterai



Sedangkan jenis baterai atau (aki) ini ada dua macam , yang pertama baterai (aki) basah , artinya baterai  yang menggunakan air zuur untuk awal pemakaian, dan air accu untuk menambahkan jika air mengalami penurunan pada air nya, 

Pada baterai /aki basah ini membutuhkan perawatan berkala , butuh pengecekan pada ketinggian air di dalamnya, pastikan air tidak mengalami kekurangan , jika telat ini bisa mengakibatkan baterai/aki Soak (rusak) 

Sedangkan untuk  jenis baterai (aki) yang satunya ialah baterai /aki yang tidak menggunakan air atau biasa di sebut aki kering, sedang  baterai /aki ini (kering) tidak perlu repot-repot mengecek seperti di atas tadi, bila kamu membeli aki jenis kering yang tidak ada airnya , bisa langsung digunakan,
 Fungsi baterai atau aki pada kendaraan
 Atau Di dalam Sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan motor yang perlu diperhatikan adalah baterai (aki) kenapa ini sangat penting untuk diperhatikan,

 Baca juga:



Perlu diketahui baterai (aki) ini yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik DC yang berasal dari kiprok sebagai penyuplai nya, sementara itu baterai (aki) juga berfungsi sebagai energi cadangan selain pengisian dari kiprok tersebut, baterai yang terdapat pada kendaraan motor juga berperan sebagai penyimpan arus listrik yang digunakan untuk menyalakan komponen lainnya, seperti Sein , klakson, starter, dan utamanya untuk CDI jenis DC, 

 Walaupun begitu jika baterai/aki kering tidak perlu melakukan perawatan namun yang perlu kamu lakukan adalah rutin melakukan pengecekan terhadap jalur positif pada baterai/aki tersebut,  tujuannya  agar bisa memastikan bahwa baterai tetap mendapatkan suplai dai pengisian kiprok, seperti yang sudah pernah saya tulis di halaman lainnya, 

Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua agar rutin melakukan perawatan berkala terhadap baterai 

Jan 12, 2022

Jalur dan warna kabel sepeda motor



Warna kabel sepeda motor


Dalam hal ini kita akan membahas tentang belajar membaca warna kabel sepeda motor agar kita bisa membaca dan mengenali, jalur-jalur mana yang mengarah ke komponen yang ada di kendaraan bermotor, contohnya seperti  warna kabel yang menuju CDI , kiprok, lampu, spul, holder dan masih banyak lainnya,
Manfaat nya itu banyak, bila kita mau belajar mengenal arti warna kabel sepeda motor,
Warna kabel sepeda motor


Selain memperkecil terjadinya konsleting yang diakibatkan kesalahan-kesalahan dalam penyambungannya, juga bermanfaat untuk mempersingkat waktu pengerjaan nya,

Maka dari itu perlunya kita belajar mengenal Warna kabel sepeda motor agar kita bisa lebih berhati-hati sebelum mengeksekusi setiap permasalahan pada kelistrikan kendaraan motor, 

 
Skema kelistrikan motor

 Kita tahu sekarang ini sepeda motor mengalami perubahan yang signifikan pada teknologinya yang dulunya awal-awalnya kendaraan motor masih menggunakan sistem manual pada pengapiannya seperti platina, yang resikonya tidak sebesar sekarang ini, yang pada sistem pengapianya semakin canggih dengan menggunakan sistem dari elektronik seperti CDI dan lainnya,
Namun kita tidak akan membahas bagaimana cara kerjanya atau bla-bla... Kita akan belajar mengenal warna kabel dari sepeda motor, dan berikut dibawah ini akan saya tulis beberapa jenis warna kabel yang ada di kendaraan motor kita,

Warna kabel sepeda motor untuk merk :

Honda:

  • Hijau : ( – ) massa, berlaku untuk semua negatif
  • Merah : ( + ) Aki
  • Hitam : arus dari Kontak
  • Putih :  pengisian dari spul
  • Kuning :  lampu dari spul
  • Biru : Lampu jauh
  • Abu-abu tua : Flasher
  • Biru Laut : Sein kanan
  • Oranye : Sein kiri
  • Coklat : Lampu kota/ senja 
  • Hitam – Merah : Spull CDI
  • Hitam – Putih : Kunci kontak
  • Hitam – Kuning :  Koil
  • Biru – Kuning : Pulser CDI
  • Hijau – Kuning :  Lampu rem


Suzuki


  • Hitam – Putih : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif
  • Putih – Merah : Pengisian spul
  • Merah : ( + ) Aki
  • Oranye : Kunci kontak
  • Abu-abu : Lampu belakang
  • Putih – Hitam :  Lampu rem
  • Hijau Muda : Sein kanan
  • Hitam : Sein kiri
  • Kuning – Putih : Lampu depan
  • Putih – Biru : Koil ke CDI
  • Biru – Kuning : ( + ) Pulser ke CDI

Yamaha

  • Hitam : ( – ) Massa, berlaku untuk semua negatif 
  • Merah : ( + ) Arus positif dari akiK
  • uning : Lampu depan jauhH
  • ijau : Lampu depan dekatC
  • oklat : Sein kiriH
  • ijau : lampu
  • utih – Merah : ( + ) Pulser CDI
  • Hijau – Hitam : ( + ) Rem


Kawasaki

  • Hitam – Kuning : ( – ) Massa
  • Putih – Merah :  Aki
  • Merah – Hitam :  Lampu depan jauh ( DIM )
  • Merah – Kuning : Lampu depan dekat
  • Abu-abu :  Sein kanan
  • Hijau :  Sein kiri
  • Biru : Lampu rem
  • Merah :  Lampu belakang
  • Coklat :  Klakson

Nb: 
  Untuk kendaraan bermotor yang keluaran baru dari pabrikan yang mungkin akan terus ada tambahan-tambahan dari warna-warna kabelnya, 
Dengan seiringnya perkembangan teknologi , ini hanyalah sebagai warna dasar atau ciri warna identik atau (code warna)  pabrikannya masing-masing, 

Jika ada yang kurang bisa kamu tambahkan , semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua,  salam Otodidak 🀝

Jan 9, 2022

Tiger memakai CDI DC Megapro

Tiger pakai CDI DC Megapro


Tiger memakai CDI DC  Megapro
Tiger memakai CDI DC  Megapro

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana caranya agar CDI DC Seperti gl neotegh, Shogun, atau Megapro, bisa di aplikasikan pada kendaraan motor yang memiliki pangapian jenis AC, seperti Honda Tiger ,

Karena untuk jenis motor Honda Tiger memang memiliki pengapian yang berbeda dengan kendaraan lainnya, seperti yang saya bilang di atas,

Honda Tiger baik itu Tiger lama (tilam)atau Tiger Revo (tirev) yang memiliki pengapian AC dari pabrikan, nah apasih yang dimaksud dengan pengapian DC dan AC, seperti yang sudah pernah saya tulis pada artikel yang dulu dan kamu bisa mencarinya di situs ini melalui kotak pencarian yang sudah saya sediakan , sebetulnya baik CDI AC maupun DC semua memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing,
pada Pengapian AC atau (Alternative Current)
Atau biasa disebut arus bolak – balik ini adalah, pengapian yang bersumber langsung dari spul itu sendiri.

Dan untuk cara kerja dari jenis pengapian ini ialah , katika magnet berputar semakin kencang, maka semakin besar pula pengapian yang akan dihasilkan , selain besarnya pengapian yang dihasilkan. Ada kelebihan lainnya untuk pengapian jenis AC ini,
Yaitu tidak perlu atau tidak membutuhkan aki sama sekali untuk sistem pengapiannya, baterai atau aki hanya dibutuhkan untuk keperluan lainnya seperti menyalakan lampu sein atau klakson dan lainnya, namun tidak untuk menghidupkan mesin, karena sudah memiliki pengapian AC yang bersumber langsung dari spul tersebut,

Kelemahan dan kekurangannya:

Namun kelemahan pada jenis pengapian ini AC (Alternative Current) , yang pengapiannya bersumber langsung dari spul , kehidupan mesin tersebut tergantung pada spul dari arus bolak-balik tersebut, dan jika terjadi sesuatu pada spul seperti kobong atau putus, terkena air yang mengakibatkan konsleting pada spul tersebut maka akan berpengaruh pada sistem pengapianya , dan yang lebih buruknya mesin akan mengalami mati dikarenakan bermasalahnya pada sumbernya yaitu spul .

Sedangkan untuk pengapian jenis DC (Direct Current) seperti yang dimiliki oleh kendaraan motor GL neotegh, Megapro, dan yang memiliki jenis pengapiannya sama, (DC) yang ini tidak membutuhkan spul pengapian lagi, atau arus bolak-balik
Karena jenis pengapian DC ini yang bersumber dari pengisiannya adalah dari pengisian atau dari baterai (aki) jadi terlihat lebih simpel , bahkan untuk kendaraan yang memiliki pengapian jenis DC ini tidak ada spul pun tetap bisa hidup , namun yang mensuplai ke aki tidak ada, jadi hidupnya tergantung terhadap umur dari aki tersebut.

Untuk Kelebihan lainnya juga seperti pengapian jenis DC ini, sudah pasti lebih stabil, karena begitu kontak di posisikan pada on, seketika pengapiannya sudah siap untuk digunakan untuk membakar gas yang ada dalam ruang bakar (silinder) jadi bagitu kontak dalam posisi on pengapian sudah dalam keadaan stabil,

Namun selain ada kelebihan kelemahannya juga ada, untuk sistem pengapian DC ini, yaitu semua baik itu pengapiannya,aki, dan kelistrikan lainya, tergantung pada pengisian dari regulator atau kiprok, dan jika pengisian atau baterai (aki) bermasalah, otomatis motor juga akan mengalami gangguan, dan juga ketika regulator atau kiprok ini bermasalah atau rusak alhasil aki akan ikut tekor, dan otomatis juga motor akan mati tyalias mogok,

Namun bila aki ini mengalami tekor atau Soak, motor jenis DC ini masih bisa hidup dari pengisiannya yaitu regulator (kiprok) tersebut, syarat nya bagian kiprok tidak boleh terganggu atau bermasalah jika rusak , semuanya akan mati , karena semua bersumber dari pengisian regulator atau kiprok tersebut,

Baca juga: 


Gunakan baterai atau aki, 


Maka dari itu sangat di anjurkan untuk motor yang memiliki jenis dc (Direct Current) harus memakai baterai (aki) untuk menjadi pengaman bagi komponen lainnya seperti CDI, dan komponen lainnya, jika tiada aki yang di khawatirkan CDI rusak atau jebol, jadi perlu diperhatikan disini jika kendaraan motor kamu menggunakan pengapian DC, usahakan untuk menggunakan aki , agar lebih aman dari over charger,

Nah jika motor kamu itu Honda Tiger dan ingi menggunakan atau merubah pengapiannya menjadi pengapian DC (Direct Current) kamu bisa perhatikan diagram dibawah ini, namun kali ini kita tidak akan membahas bagaimana merubah durasi panjang tonjolan pada magnet, yang sebetulnya ini juga perlu diperhatikan, namun untuk hal semacam itu perlu berhati-hati, jika tidak tahu mending tidak usah, repot-repot merubah bagian pickupnya ,

Kembali lagi jika kita ingin belajar merubah pengapian yang semula dari AC ke DC berikut akan saya berikan gambaran atau skema rangkaiannya,


CDI Tiger

  Gambar di atas ini adalah dua jenis CDI yang berbeda meskipun pin atau soketnya sama persis,
Untuk yang nomor 1 (satu)itu adalah CDI jenis DC yang biasa ada di motor GL neotegh Shogun atau Megapro, soketnya sama juga,
Sementara yang satunya lagi nomor 2(dua) yang agak kecil itu adalah CDI jenis AC kepunyaan Honda Tiger, walaupun soketnya sama namun jangan salah itu berada jenisnya,

Skema CDI Tiger

  Jika kita melihat pin di atas ini untuk beberapa bagian memang sama,  coba kita lihat lagi dibawah ini ,
Tiger memakai CDI DC  Megapro

     Jika kita lihat di bagian pin nya atau soketnya, memang sama, seperti yang saya lingkari warna merah itu, yang membedakan adalah di bagian yang tidak ada lingkaran merahnya, disitulah letak yang membedakan,

Jika motor kamu Honda Tiger dan ingin memakai CDI Megapro, kamu hanya memindah colokan yang ada lingkaran merah nya, sedang yang kecil yang tidak ada lingkaran tersebut kamu bisa ambilkan jalur, dari kabel setelah kontak, atau kabel yang berwarna hitam polos seperti di bawah ini.
Skema CDI Tiger

Ingat yang perlu diperhatikan disini adalah perbedaan di soket yang kecil, jika ingin mengganti CDI dari Tiger ke Megapro, yang perlu diperhatikan adalah bagian soket yang kecil , uang untuk pin atu soket yang besar yang isi empat 4, tidak perlu merubahnya cukup meminjam soket yang ada saja,

Demikian yang bisa saya bagikan informasi bagaimana caranya motor Tiger memakai CDI DC Megapro
Semoga bisa membantu untuk yang mau mengaplikasikan CDI Megapro ke motor Tiger,

Salam Otodidak 🀝

Dec 28, 2021

Lampu sein motor mati



Beberapa penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya salah satunya ialah, kecelakaan yang disebabkan oleh lampu sein atau lampu riting yang tidak berfungsi, padahal si pengendara merasa sudah menyalakan lampu sein atau riting nya, namun karena tidak tahu jika lampu sein atau riting pada kendaraan motornya tidak menyala,

Alhasil kecelakaan tidak bisa dihindarkan, ini memang sangat disayangkan, bila ini terjadi oleh seseorang yang patuh terhadap rambu-rambu lalulintas, namun karena ada permasalahan yang diluar dugaan yah... Mau apalagi, yang ada pasti akan debat di jalan karena sama-sama merasa benar.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika setiap hari kita mengecek kondisi lampu sein atau lampu riting tersebut, agar jika ada yang tidak beres kita bisa tahu sebelum berangkat menggunakan kendaraan motor,

Mulai sekarang sejak membaca artikel saya ini , tidak ada salahnya jika setiap hari kita melakukan pengecekan terhadap lampu sein atau riting motor kita, siapa tahu ada yang tidak menyala, atau salah satu komponen sudah waktunya ganti,

Dibawah ini saya bagikan tips mengenali jalur-jalur pada sistem sein atau riting, dengan gambar dibawah ini semoga kita bisa melihat sebelah mana saja yang perlu diperhatikan dan di periksa jika kamu mengalami, Lampu sein atau riting motor mati, atau menyala namun tidak bekerja dengan baik,

Lampu sein mati


Di atas bisa kita lihat bagian-bagian yang perlu diperhatikan jika kita mengalami permasalahan pada lampu sein atau lampu riting motor kita tidak bisa nyala, 

Berikut keterangan dari tanda-tanda angka yang sudah saya siapkan, tentunya tiap-tiap kendaraan itu warnanya berbeda, namun fungsinya sama,

Jalur sein Honda

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flesher 
  5. Holder
  6. Kabel orange untuk sein kiri
  7. Kabel abu-abu muda untuk sein kanan
  8. Hijau tua polos (Massa)

Jalur sein Yamaha

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Kabel coklat tua sein kiri
  7. Kabel hijau tua sein kanan
  8. Kabel hitam polos (Massa)

Jalur sein Suzuki

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Kabel hitam sein kiri
  7. Kabel hijau muda sein kanan
  8. Kabel hitam putih (massa)

Jalur sein Kawasaki

  1. Baterai (aki)
  2. Sekring
  3. Kontak
  4. Flasher
  5. Holder
  6. Hijau sein kiri
  7. Abu-abu sein kanan
  8. Kabel hitam kuning (massa)
Berikut ini yang perlu diperhatikan saat sein atau riting mati atau tidak bekerja dengan baik
Sein motor mati

Jika lampu sein nyala namun tidak bisa berkedip hal yang perlu kamu lakukan adalah mengecek  Flesher , namun sebelum itu pastikan bahwa lampu depan belakang sudah nyala, 
Soalnya lampu tidak bisa berkedip juga bisa dikarenakan salah satu lampu sein mati, 
Contohnya jika kamu nyalakan sein atau riting kiri , namun lampu tidak bisa berkedip coba lihat bagian depan juga belakang, 
Jika salah satu tidak menyala itu juga bisa mengakibatkan lampu sein yang masih nyala tidak bisa berkedip, 
Jalur sein
Skema sein indikator



Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi mengenai lampu sein atau riting motor mati