Aug 16, 2022

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

 Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya, ini sebenarnya di akibatkan oleh kinerja regulator atau kiprok kurang maksimal, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya


atau juga bisa di sebabkan banyak hal, seperti kabal-kabel di bagian penahan putus ,soket terbakar dansebgainya , maka dari itulah kita belajar mencari dn menganalisa tentanng Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Ciri-ciri kiprok rusak


Ok kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menganalisa , kenapa begitu karena kita disini memang sedang lagi belajar, kalau sudah mahir saya kira ini sangat mudah , kita akan membahas penyebab lampu motor sering putus, dan darimana dulu cara mengetahui  tanda-tandanya supaya kita bisa memutuskan bahwa yang kita maksud itu tepat saat mengeksekusinya, 

Penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya

Sebelumnya kita membahas tentang penyebab lampu motor sering mati, tidak ada salahnya jika kita belajar mengetahui cara kerja regulator atau kiprok yang terdapat pada kendaraan bermotor, 

Baca juga: ciri -ciri kiprok rusak 

Kita ketahui bersama bahwa regulator atau kiprok yang ada pada kendaraan bermotor berfungsi sebagai alat untuk pengisian atau charger pada baterai (aki) selain bekarja atau berfungsi sebagai alat pengisian regulator atau kiprok juga berfungsi untuk menahan arus listrik yang berlebihan voltase nya,

Maka dari itu jika regulator atau kiprok ini mengalami kerusakan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kendaraan bermotor, dan kerusakan pada regulator ini juga bisa mengakibatkan motor jenis tertentu menjadi tidak bisa hidup sama sekali, contohnya seperti kendaraan motor yang memiliki sistem pengapiannya full DC, atau full wave ,  

Hal tersebut dikarenakan semua kelistrikan yang ada pada kendaraan jenis ini tergantung pada kondisi regulator atau kiprok tersebut, 

Kembali lagi ke topik utama jika lampu motor kita sering mengalami putus coba kamu cek kondisi regulator atau kiprok tersebut, hal tersebut dikarenakan jika regulator atau kiprok ini rusak dan kita tahu fungsi dari kiprok itu sendiri adalah sebagai penahan arus listrik yang berlebihan,Jika regulator itu normal di gas pada rpm tinggi pun tidak akan putus karena pada titik tertentu arus listrik nya akan tertahan dan tidak mengikuti irama dari tarikan gas tersebut, 

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, dan selamat mencoba dan salam belajar.


Aug 14, 2022

Starter motor kadang nyala kadang tidak


Starter suatu rangkaian yang ada pada kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan mesin, dengan adanya starter ini kita tinggal pencet tombol start yang ada di holder sebelah kanan, kita juga tak perlu repot-repot menghidupkan mesin dengan cara mengengkol dengan kaki,


Starter motor rusak




Selain itu dengan adanya starter atau elektrik starter ini, juga memudahkan kita Untuk menghidupkan mesin kembali disaat mesin tiba-tiba mengalami mati mendadak saat posisi rpm rendah, apalagi saat berada di area traffic light,



Nah Hal semacam ini mungkin sering terjadi pada kendaraan yang biasanya setingan stansioner atau rpm nya terlalu rendah , alhasil saat gas turun otomatis mesin jadi ikut mati mendadak, dan tiba-tiba lampu traffic light menunjukkan waktunya berjalan kembali,

Mah disinilah untungnya jika kendaraa kita memiliki elektrik starter , kita tinggal pencet tombol start , mesin langsung hidup,Selain itu dengan kita menggunakan elektrik starter kita tidak susah-susah untuk menghidupkan moy yang mati secara tiba-tiba, simpel juga cepat,

Namun terkadang ada masalah pada elektrik STARTER yang mungkin macam macam jenis nya,
Ada kadang kadang hidup kaday tidak, otomatis mau tidak mau kita akan pakai kembali pedal engkol yang menggunakan kaki tadi,

Namun demikian kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hal-hal seperti di atas tadi, hal yang harus kita perhatikan adalah pahami dulu ciri-ciri dari gejala ,

Akan tetapi jika kamu belum mengetahui ciri ciri dari penyebab elektrik starter di motor kamu sedikit rewel, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai hal ini,


Pertama kita putar kontak dalam posisi on, atau (hidup) sekarang coba tombol start pada holder sebelah kanan yang biasa kamu gunakan untuk menghidupkan mesin,

Jika tombol start kamu pencet mesin motor tidak bisa hidup namun ada suara cetak-cetak, ini bertanda dinamo starter kamu kotor atau brostel habis,

Tapi jika kamu ingin memastikan bahwa kerusakan pada dinamo starter tersebut kamu bisa pakai cara melangsingkan jalur dari aki ke posting dinamo starternya, dengan menggunakan kabel ,

Atau kamu bisa melakukan cara lain yaitu
Degan melangsungkan atau mengkonek kan langsung melalui bendik, seperti gambar di bawah ini,


Starter sulit di hidupkan


Namun cara seperti di atas ini agak susah karena kita harus membuka kostum yang tiap motor berbeda-beda letaknya, , 

Sebenarnya sebelum kita melakukan pengecekan seperti di atas pastikan bahwa aki pada kendaraan motor kamu benar-benar bagus kondisinya ,

Selamat mencoba.. 

Aug 13, 2022

foto aksi para penunggang kuda besi kelas ber CC besar di motogp

Berikut adalah beberapa foto aksi para penunggang kuda besi kelas ber CC besar, dari ajang kelas dunia , yang sangat menakjubkan ketika beraksi di lintasan , mereka ini adalah koki terhebat di ajang balap Moto GP,

Aksi mereka yang terlihat eks trim terutama jika kita lihat di saat-saat aksinya berada di tikungan, saat menyalip, ini yang menjadi terlihat eks trim, siapa saja mereka yang menjadi idola para pecinta motor balap, kelas dunia atau Moto GP ,

Di bawah ini Foto aksi pembalap dunia MotoGP ,yang sudah tidak asing lagi yang sering kita lihat di acara Moto GP di layar kaca televisi,

Foto aksi pembalap dunia Moto GP Foto aksi pembalap dunia Moto GP

Foto aksi pembalap dunia Moto GP 

MotoGP






Aksi Valentino Rossi 
Ditikungan

Bermanuver


Aug 12, 2022

Ciri ciri Piston Honda Beat rusak

Piston atau seher yang ada di dalam mesin sepeda motor memang bagian penting yang harus kita perhatikan, maka dari itulah kita wajib menjaganya agar tetap awet dan tahan lama, 
Ciri ciri Piston Honda Beat rusak


Bagaimana cara menjaga piston atau seher yang terdapat di dalam mesin kendaraan tersebut , apa tiap bulan harus bongkar pasang untuk membersihkan piston atau seher tersebut ,
Ya tidak seperti itu ya gan kalau untuk motor jenis 2dua tak sih tidak menjadi masalah namun kalau untuk motor 4empat tak seperti Honda Beat misalnya , caranya menjaga agar piston tetap bersih salah satunya adalah memakai bahan bakar yang sudah di rekomendasikan seperti pertamak hal yang paling penting selain itu adalah kita wajib rutin mengganti oli mesin tersebut Dengan tepat waktu,

 Manfaat Melakukan servis rutin ;

Melakukan Servis pada kendaraan bermotor ini memang sangat dianjurkan, kenapa ?
Pertama untuk menjaga agar kondisi motor kita tetap dalam kondisi prima,


Kedua , bila dengan kita rutin melakukan servis terhadap kendaraan motor kita otomatis jika ada hal yang kurang tepat atau ada sesuatu mengenai komponen yang sudah tidak layak lagi ini akan ketahuan oleh mekanik nya,

Sebagai contoh ketika kita melakukan servis rutin tujuan awalnya hanya melakukan tune up berkala serta ganti oli mesin , saat mekaniknya mulai dan mengecek satu persatu alhasil komponen yang lainnya ketahuan oleh si mekanik nya, contohnya ada sil yang sudah aus atau packing mulai rembes
Salah satu lampu sein tidak menyala, dsb.

Ganti piston Beat

Namun selain itu penyebab keluar asap putih dari knalpot juga tidak musti piston nya yang rusak bisa juga bagian dinding silinder yang rusak , namun begitu tetap saja itu bagian dari pistonnya atau yang akan di benahi area piston tersebut, nah jika piston tidak terlalu rusak namun bagi rumahnya atau silinder yang rusak otomotif tetap saja piston minta ganti , bisa saja piston tidak ganti nama biayanya akan membengkak ,

Kembali lagi ke topik utama mengenai ciri ciri Piston Honda Beat rusak jika di atas tadi mengenai bagaimana caranya merawat agar piston tidak mudah aus atau rusak, kali ini mengenai ciri-ciri jika piston mulai aus atau rusak,
Salam satunya adalah keluarnya asap putih dari knalpot baik posisi mesin dingin maupun sudah panas ,

Cara lainnya;
Jika tidak keluar bisa kamu cek di bibir knalpot dengan cara memasukkan jari namun dalam kondisi Knalpot masih keadaan dingin gan, tidak di sarankan merogoh dalam keadaan panas 😁 (mlonyoh )

Pengecekan seperti ini dengan syarat knalpot tidak pernah di beri pelumas atau oli mesin, baru bisa dilakukan pengecekan seperti ini,

Dan lihat jika di jari kamu menunjukkan terdapat semacam oli hitam dan basah berarti ada kebocoran yang mengakibatkan oli mesin ikut terbakar , atau bisa dibilang  ruang kompresi tercampur dengan oli mesin 
Nah jalan satu-satunya oli bisa masuk adalah dari celah silinder , 
Ini bisa silinder atau boring rusak , ring piston rusak , 
Namun meskipun celah yang membuat oli bisa masuk ke ruang bakar itu banyak seperti Bos klep kocak , atau sil klep aus, namun jika masih ragu segera bawa ke bengkel terdekat anda, untuk memastikannya



Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua amin, 


Aug 9, 2022

Penyebab motor 4 tak keluar asap putih dari knalpot



Abm_ pagi kali ini kita belajar mencari tahu Penyebab motor keluar asap putih dari knalpot,

Knalpot pada kendaraan sepeda motor untuk motor jenis 4 (empat )tak yang normalnya tidak mengeluarkan asap baik itu asap berwarna hitam maupun adap yang berwarna putih,


Jika kendaraa motor kita mengeluarkan asap berwarna hitam atau putih ini bertanda ada masalah pada bagian pembakaran tersebut, dan masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya keluar asap dari Knalpot memang beragam,
Hal ini bisa jadi hanya bagian paking saja, dan kebocoran akan membuat oli mesin merembes lalu melewati bagian sela-sela blok dan masuk kedalam ruang bakar alhy oli tadi jadi ikut terbakar dan mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot,

Namun bila knalpot motor kamu mengeluarkan asap hitam ini bisa di atasi tanpa bongkar mesin namun faktor-faktor keluarnya asap hitam bisa juga disebabkan oleh kinerja mesin dan setingan karburator kurang pas ,namun jika semua pengecekan pada setingan sudah benar mau tidak mau kita harus membongkar mesin dan menurunkanya, yang pertama kamu cek terutama di bagian kepala mesin tersebut yaitu bagian klep,
knalpot keluar asap putih



Namun kali ini kita belajar menganalisa untuk motor kita yang mengeluarkan asap berwarna putih,
Sedangkan untuk kasus motor yang mengeluarkan asap hitam dari knalpot nya, kit skan bahas di lain waktu,


Namun untuk Sementara ini kita akan mencoba belajar menganalisa penyebab knalpot keluar asap putih,

Baca juga;

Penyebab motor 4tak keluar asap putih dari knalpot

Penyebab knalpot motor kita yang mengeluarkan asap putih berarti ini ada kebocoran yang mengakibatkan oli mesin jadi ikut campur kebakar di ruang bakar, hal yang umum terjadi pada motor 4 (empat ) kerusakannya pada bagian piston dan ring piston tersebut , namun sebelum memastikan kita coba cek juga bagian lainnya , seperti sil klep dan cek juga pada bos klep ,

Karena jika keluar asap warna putih saat pertama kali menghidupkan mesin atau di pagi hari saja , biasanya yang perlu di benahi adalah bagian klep , coba cek sil klep atau bos klep terlalu Oblak (aus)


Cara mengatasinya jika:

  • Sil klep solusinya ganti,Bos klep kocak atau terlalu longgar solusinya , ganti di tempat bubut.
  • Piston atau ring aus solusinya ganti dan kolter di tempy bubut,

Setelah itu cek boring (silinder ) plus cek ring piston yang mungkin sudah lemah dan hal ini juga bisa mengakibatkan  kebocoran dan akan membuat oli mesin merembes melewati sela-sela dinding silinder otomatis oli mesin yang masuk tadi ikut terbakar di ruang bakar atau ruang kompresi, 
Alhasil asap putih pun jadi keluar karen oli mesin yang ikut terbakar, tadi, 
Ganti seher baru



Sementara cek kondisi piston (seher) masih bagus atau ada goresan-goresannya jika iya solusinya adalah ganti piston dan harus dilakukan kolter ke  bubut dan dilakukan oversize atu di besarkan, tujuannya adalah agar dinding silinder dan piston rata dan tidak ada celah , jika rapat otomotif tidak ada oli mesin yang ikut terbakar , 

Oversize piston

Ok sementara itu dulu ya gan mengenai bagaimana caranya mengetahui Penyebab motor 4 tak keluar asap putih dari knalpot semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, 
Salam belajar