Jan 31, 2023

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup,

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup

penyebab semacam ini sering terjadi, dan kebanyakan Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup baik itu
distarter maupun kita engkol,
padahal aki baru otomatis setrum juga besar ,
Salah satu yang sering terjadi jika kita sudah menghidupkan dengan cara pakai tombol start dan pakai engkol tetep gak bisa ,

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup


ini biasanya ada masalah di bagian Swift satndar samping,
Namun sebelum mengarah ke situ Untuk memastikan penyebab utama motor Honda Beat injeksi gak 
bisa hidup,
kita coba mulai cara tahu ciri-cirinya jika masalah ada pada switch standar nya dengan cara kita tes 
tombol klakson , jika bunyinya keras, baru kita mulai mengeceknya di bagian bawah dasbor nya


Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup


Karena posisi jalur Swift standar memang berbeda di bagian bawah,Selanjutnya kita lihat dua kabel Swift standar yang berwarna hijau putih, yang posisinya berada di bawah di belakang selebor depan,Penyebab ini biasanya yang sering terjadi adalah putus d, jika kabel yang berwarna hijau putih ini putus , dan motor tak kan bisa hidup
Putus nya kabel tersebut kebanyakan karena posisinya yang berbeda dibagian bawah, yang rentan di makan tikus,
Swift ini yang berfungsi sebagai memutus arus dari soket distributor koil yang artinya motor Honda Beat injeksi ini ada pengaman tambahan di bagian standar nya, Sementara ini dulu yang bisa kita pelajari , semoga bermanfaat untuk kita semua.


Jan 29, 2023

Warna kabel soket CDI grand dan supra

CDI (Capacitor Discharge Ignition)
berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol pada pengapian kendaraan bermotor ,seperti sistem pengapian sebelumnya platina,

Warna kabel soket CDI grand
pemanis


Baca juga:  cara-bikin-jalur-klakson-motor-sendiri



Salah satu komponen yang sangat penting untuk kita ketahui pada sepeda motor adalah CDI (Capacitor Discharge Ignition)Warna kabel soket CDI grand
CDI berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol pada pengapian kendaraan bermotor, yang menjadi pengganti dari sistem pengapian manual platina,
Sistem pengapian tipe ektronik ini dirasa lebih simpel dan tidak repot-repot untuk menyetel ulang seperti platina,


Warna kabel soket CDI grand


CDI (Capacitor Discharge Ignition) Pada dasarnya adalah sama seperti platina sama-sama berperan sebagai pengatur atau pengontrol waktu terjadinya percikan bunga api pada ujung busi,

Artikel terkait:  manfaat belajar kelistrikan sepeda motor


Berikut ini CDI pada kendaraan motor honda yang memiliki kesamaan dengan beberapa jenis motor Honda lainnya

  • Untuk motor honda jenis lainnya seperti:

  1. Honda Star
  2. Honda Astrea Prima
  3. Honda Legenda
  4. Honda Supra Series
  5. Honda Revo
  6. Honda Win 100

Dan dibawa ini adalah Warna kabel soket CDI grand dan beberapa jenis motor Honda lainnya seperti supra x ,yang memiliki kesamaan seperti daftar di atas.


Warna kabel soket CDI grand

Dari gambar di atas kita pelajari bagian warna kabel soket CDI dari tempat angka-angkanya  seperti: 

  1. Dari spul ac
  2. Menuju ke arah kontak
  3. Mengarah ke massa
  4. Tersambung dengan pulser
  5. Menuju ke arah koil


Jan 18, 2023

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang


Abm-halo sobat otodidak kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara Mengatasi
penurunan tenaga pada mesin kendaraan motor kita ,

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang

salah satu penyebab atau kemungkinan kemungkinan penyebab menurunnya tenaga pada mesin kendaraan kita adalah adanya kebcoran pada kompresi

penyebab dan cara mengatasi tenaga mesin motor berkurang


hal tersebut bisa saja terjadi jika ruang kompresi bocor akibat adaa celah pada dinding kelep yang mungkin disebabpak kotor dari sisa pembakaran , yang mungkin kurang sempurna ,
namun sebelum kita berasumsi atau menebak nebak yang lebih parah ,
tidak ada salahnya kita melakukan pengecekan yang ringan-ringan dulu,
sebelum mengeksekusi mesin atau membongkar messin tersebut,
hal yang harus kita lakukan pengecekan selain adanya Kebocoran Kompresi, akibat dari Piston, Ring Piston, Silinder yang Aus dan itu kayaknya agak berat, sebaiknya kita lakukan dulu seperti di bawah ini,
cek kondisi busi aatau jarak kerenggangan terhadap busi tersebut, jangan terlalu mepet atau terlalu renggang,

selanjutnya lakukan pengecekan pada klep, hal tersebut dikarenakan adanya kebocoran yang mungkin dikarenakan kurang tepatnya kerenggangan pada klep tersebut, hal yang harus kita lakukan adalah melakukan penyetelan ulang pada klep tersebut, agar tidak ada kebocoran pada bibir klep tersebut namun jangan terlalu renggang atau terlalu rapat.untuk menyetel klep kita bisa buka hlaman dibawah ini,

selanjutnya mungkin adanya kebocoran pada Packing Silinder hal ini juga bisa mengakibatkaan ke bocoran kompresi melalui ini, mungkin baut pada
pengikat kepala silinder
longgar. atau kurang rapat,


jika kita sudah melakukan hal-hal seperti di atas dan masih tetap tidak ada perubahan baru kita melakukan pembongkaran terhadap mesin tersebut,

Jan 14, 2023

manfaat belajar kelistrikan sepeda motor

kelistrikan untuk sepeda motor fungsinya
jalur yang sudah berubah

    Abm_apa sih manfaat belajar kelistrikan untuk sepeda motor
Pada Sistem kelistrikan untuk sepeda motor ,merupakan bagian yang amat penting untuk kita pelajari , karena dengan kita mempelajari kelistrikan dan fungsi-fungsinya, ini akan mempermudah dalam hal menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kelistrikan yang ada di kendaraan bermotor,

Selain memudahkan bila kita nanti mendapati trouble-troubel di bagian kelistrikan seperti jalur yang sudah berubah kabel yng sudah putus-putus dan lain seagainya 

Selin itu juga akan mempersingkat waktu kerja dalam menyelenggarakan masalah yang saya rasa sangat penting dan banyak manfaatnya ,
Coba agan bayangkan jika kita belajar otak atik kendaraan motor dan kita mendapati masalah tentang kelistrikan , tentu ini akan membuat kita menjadi kebingungan apalagi jika kita tidak tahu sama sekali fungsi-fungsinya kelistrikan yang ada di kendaraan bermotor , dan juga pengerjaannya akan membutuhkan waktu yang sangat lama... apalagi bagi pemula seperti saya heee , untuk belajar otak atik otomotif apalagi dengan secara mandiri atau otodidak adalah masalah kelistrikan,

Kembali lagi ke topik semula , kali ini di kelistrikan sepeda motor, Sistem kelistrikan pada sepeda motor merupakan bagian penting karena sistem ini menyediakan arus listrik untuk keperluan salah satunya adalah untuk menghidupkan mesin kendaraan, dan banyak lagi fungsinya ,

Selain itu pembakaran bahan bakar ini pun membutuhkan adanya listrik agar bisa menggerakkan kendaraan sepeda motor , hingga bisa berjalan ,

Nah berikut ini adalah Sistem kelistrikan untuk sepeda motor dan fungsinya-fungsinya.

 Komponen yang ada di kendaraan bermotor yang membutuhkan adanya listrik agar bisa bekerja meliputi:

  1. Baterai (aki)
  2. Elektrik starter dan dinamo.
  3. CDI atau (bagian sistem pengapian) 
  4. Klakson
  5. Penerangan (lampu )
  6. Sein (riting)

  Sekali lagi manfaat bila kita sedang belajar atau menuntut ilmu tentang otomotif apalagi bagi kita yang tidak pernah belajar di bangku sekolah kejuruan, kita berharap semoga bisa mempelajarinya supaya kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat dan juga baik, 

Manfaatnya lain bagi kita yang mau belajar atau mempelajari bagian ini (kelistrikan) selain mengurangi resiko-resiko yang berhubungan dengan kelistrikan , juga sangat mempersingkat waktu proses pengerjaanya , 

Dibawah ini ada beberapa link yang berhubungan dengan kelistrikan , dan bisa untuk menambah wawasan kita tentang belajar kelistrikan sederhana untuk sepeda motor, 

Artikel kelistrikan : 

Jan 11, 2023

kontrol jarum bensin motor tidak bisa naik


Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik atau(
PELAMPUNG PENGUKUR BAHAN BAKAR RUSAK ) 

Atasi jarum bensin gak bisa naik
Pelampung bensin


  

Ini salah satu yang harus kita periksa,
Karena dari sinilah ( PELAMPUNG PENGUKUR BAHAN BAKAR ) alat tersebut mengirimkan pemberitahuan seberapa banyak isi bahan bakar yang ada di dalam tangki motor kita,Jika kita melihat jarum petunjuk bensin di motor kita tidak naik, kita bisa pakai cara-cara sebagai berikut
Pertama kita buka jok pada kendaraan motor kita, setelah itu Lepaskan tutup di samping tutup pengisian bensin , biasanya tiap-tiap kendaraan memiliki atau berbeda posisinya, ada yang di belakang tutup pengisian tangki , ada juga yang posisinya di depannya tempat pengisian bensin, bentuk nya seperti dibawah ini,

Namun sebelum itu agar kita tidak mengalami kesulitan mendapatkan kabelnya tau soket nya, sebaiknya kita buka penutup bodinya atau bok sampingnya,

Atasi jarum bensin gak bisa naik
Pelampung bensin

Untuk kendaraan motor jenis Honda penutup kontrol bensin biasanya cara membukanya memutar ke arah kiri, bisa dengan obeng minus lalu di dorong, karena sistemnya cuma mengunci ke arah kanan, dan membukanya ke arah kiri,

Setelah berhasil membuka sekarang cabutlah sambungan atau soketnya, lalu coba tes dengan cara memaki avo meter, sambil menggerakkan pelampungnya kita melihat jarum avo meter tersebut apakah bisa bergerak atau tidak, seperti gambar dibawah ini,

Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik

Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik


Atau jika kita tidak memiliki alat bantu seperti avo meter kita pakai petunjuk dengan jarum kontrol bensin yang ada pada spidometer Motor kamu,

Cara mengeceknya juga sama seperti di atas dengan menggerakkan pelampungnya sambil melihat jika pelampungnya kita tarik ke atas , jarum petunjuk bensin berada pada posisi huruf ( f. ) artinya full, (penuh)

jarum bensin gak bisa naik




Gambar di atas menunjukkan bahwa bahan bakar bensin dalam keadaan habis,

Jika kedua cara di atas tidak ada reaksi bisa dipastikan alat pengukur bahan bakar atau pelampung rusak,

Sementara ini yang bisa kita pelajari mengenai cara, Atasi kontrol jarum bensin gak bisa naik, Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua   

salam otodidak,, πŸ™

PILIHAN LAIN