Apr 17, 2024
Merawat motor secara rutin agar tidak rusak parah
Apr 16, 2024
Warna kabel kiprok Megapro
Setiap kendaraan bermotor Tantu memiliki komponen yang bernama Kiprok tau juga biasa disebut dengan regulator , kiprok atau regulator ini memiliki peran yang sangat penting bagi kelistrikan yang ada di kendaraan motor Kamu, karena fungsi dari kiprok atau regulator tersebut untuk mengubah arus listrik yang semula arus listrik dari spul yang sifatnya masih arus bolak balik,
kita akan mempelajari dan mengetahui Warna kabel kiprok Megapro dan tigerNah selanjutnya arus listrik dari spul tadi masuk ke komponen yang bernama Kiprok tau regulator tadi,Setelah itu arusnya akan berubah menjadi arus searah dan masuk ke baterai, fungsi kiprok juga untuk menstabilkan arus listrik dari spul ke aki motor agar daya yang masuk ke Akil tidak kembali ke spul tadi, Dan akan disimpan oleh baterai (aki)
Sedangkan baterai untuk penyimpanan yang akan digunakan untuk keperluan seperti, elektrik starter,klakson, lampu utama, speedo , dll.Kembali ke topik utama tadi , yaitu bagian kita mengetahui Warna kabel kiprok Megapro ,
Perlu diketahui bahwa kiprok atau regulator milik Honda Megapro ini sama dengan kiprok kepunyaan Honda Tiger.
Keduanya memiliki warna dan lerak skun-sekun yang sama juga, jadi bila kiprok atau regulator Kamu rusak seperti Megapro atau Honda Tiger kamu bisa gunakan kiprok tersebut , dan tidak perlu memindahkan letak atau posisi kabelnya ,
Dibawah bisa kita lihat bersama-sama letak dan warna yang bisa kita pelajari ;
Menurut warna kabel;
- warna merah
- warna hitam
- warna hijau
- warna kuning
- warna kuning
Menurut fungsi kabel;
- ke baterai
- ke positif kontak
- ke negatif (massa body )
- ke spul
- ke spul
Awas spul motor bisa rusak efek kebanjiran
pixabay.com |
spul motor bisa rusak efek kebanjiran
Namun tidak ada salahnya jika kamu cek terlebih dahulu sebelum memutuskan kerusakan ke yang lebih parah.. yaitu cek terlebih dahulu yang ringan-ringan bro,,
- Menepi cari tempat;
- Cek pada bagian busi;
Nah bila kejadian kamu mirip seperti di atas yang saat mogok saat menerjang banjir atau genengan air . kamu bisa coba cek di area busi, coba kamu menepi cari tempat agar pengerjaan perbaikan lebih tenang, coba kamu buka tutup busi (cop busi) dan cabut dari kabelnya lalu coba kamu bersihkan dengan kain dan sambil tiup-tiup agar cepet kering ,dan bersihkan area busi tersebut agar tidak terjadi konsleting di bagian badan busi dengan body ( massa )
selain itu perlu diperhatikan jika terjadi banjir usahakan jangan menerjang Karena ada banyak rangkaian kelistrikan serta akan berbahaya jika air tersebut masuk kedalam saluran intake,,,
kamu juga bisa dengan cara membuka busi tersebut dan mengengkol terus menerus , hsl tersebut dilakukan karena takutnya ada air yang masuk melalui knalpot dan masuk keruang bakar alhasil pembakaran tidak bisa sempurna,
Selain itu saat kamu menerjang genangan atau banjir, terkadang masalah yang muncul biasanya tidak langsung dirasakan biasanya akan terasa beberapa hari kemudian dan akan sering merasakan motor tidak nyaman saat di Kendari ,
memang sih biasanya sehabis nerjang banjir motor tidak mengalami suatu hal sedikitpun namun di kemudian hari kadang pemilik motor merasakan hal yang tidak nyaman kadang motor enek saat di langsam kadang tau-tau nyendat-nyendat habis gitu tau-tau mogok, di hidupin sulit di biarkan bentar di coba kembali eh hidup , nah pernah kan ngalami seperti ini,
- Cek pada karburator;
Jika kejadian mogok saat nerjang banjir dan langsung mesin mati kamu bisa lakukan seperti hal di atas tadi dengan melepas tutup busi dan membersihkan namun jika motor mengalami ketidak normalan beberapa hari setelah menerjang banjir, ini biasanya terjadi air tersebut masuk ke ruang karburator karena air yang masuk kedalam karburator ini akan mengganggu proses dalam pembakaran,
karena bercampur dengan air Sehingga pembakaran didalam ruang bakar akan sulit terjadinya proses pembakaran, dan mengakibatkan busi yang menjadi basah hal yang harus dilakukan adalah membuka karburator dan membersihkan, dari air.Namun jika kamu tidak bisa cara membuka pembuangan yang terletak di bagian bawah karburator biasanya di bawah ada obeng (-)skrup nah kamu buka pastikan tidak tercampur air , dan ingat jangan terlalu lama, karena air jika ada di dalam posisinya di bawah jadi ketika kamu buka dan keluar maka airnya dulu yang akan keluar, segera tutup kembali,
jika motor kamu memiliki sistem pengapian dari spul kering seperti AC atau arus bolak-balik biasanya sepul ini mudah terjadi konsleting jika terkena air atau sehabis kebanjiran, yang harus kamu lakukan adalah membukanya, coba kamu keringkan dan angin-anginkan, hal tersebut biasanya spul CDI ini rawan konsleting bila terkena air selain rawan konsleting juga rawan putus dan mudah gosong,
dan jika hal yang paling fatal terjadi seperti spul terbakar dikarenakan motor sehabis kebanjiran yaitu spul bisa gosong dikarenakan konsleting saat terkena airsolusinya adalah dengan menggulung ulang ke tukan spul atau bengkel terdekat ,
namun jika kamu ingin belajar menggulung ulang spul CDI kamu bisa belajar sendiri, kamu bisa mencai artikel tentang belajar menggulung ulang spul CDI,
baca juga;
sementara ini dulu yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua amin π€²
Apr 13, 2024
8 langkah persiapan sebelum memutuskan mudik dengan motor sendiri
Halo sobat blog otodidak, dan Selamat datang kembali di halaman blog saya blogger otodidak,ok kali ini kita akan membahas tentang perencanaan melakukan perjalanan jauh atau rencana mudik dengan naik motor dan 8 langkah persiapan sebelum memutuskan mudik dengan motor sendiri
ilustrasi |
- pertama yang paling penting perhatikan kondisi fisik dan mental kamu jangan pernah memaksakan diri jika dirasa badan terasa tidak fit atau kurang sehat.
- selanjutnya jangan lupaa kenakan pakaian yang nyaman dan aman dari kondisi cuaca seperti jaket,sarung tangan,
- setelah itu pastikan kendaraan motor kalian dalam kondisi Prima atau tidak rewel, dan aman digunakan untuk perjalanan jauh , dan jangan lupa kontrol oli mesin kalian.
- dan selanjutnya kamu Jangan sampai lupa untuk membawa peralatan darurat seperti obeng dan kunci-kunci kecil seperti kunci busi dan siapkan juga busi serep untuk berjaga-jaga.
- pastikan kaki-kaki seperti pengeriman bagus kampas rem tidak habis, dan pastikan juga kondisi ban masih bgus tidak gundul , karena ban jika nsudah halus atau gundul rentan selip dan licin apalagi saat musim hujan ,
- gunakan aplikasi peta atau GPS untuk memudahkan navigasi dan memastikan kondisi cuaca dan menghindari kemacetan yang akan di lewati,
- pastikan membawa dokumen-dokumen penting seperti SIM STNK dan KTP Letakkan dokumen-dokumen tersebut di dalam dompet atau tas yang mudah dijangkau agar tidak kerepotan saat diperlukan di jalan nanti.
- yang terakhir , usahakan jangan membwa barang-brang berlebihan yang nantinya justr membuat perjalanan kalian jadi terganggu dan tidak kosentrasi, bawa barang secukupnya agar tidak mengganggu saat kalian nyetir
Apr 3, 2024
Cara bikin jalur klakson motor
Dalam pembuatan jalur klakson motor sendiri alat atau komponen yang dibutuhkan adalah:
- Pertama bateraiπ atau aki karena fungsi aki sebagai sumber energi listrik agar klakson bisa berbunyi,
- Yang kedua adalah sikring, perlu diketahui bahwa fungsi sikring itu sebagai pengaman apabila ada kemungkinan terjadinya konsleting atau ada muatan listrik yang berlebihan sehingga tidak terjadi short atau korslet yang bisa merusak komponen-komponennya,
- Yang ketiga, komponen yang dibutuhkan adalah kunci kontak, komponen ini berfungsi sebagai memutuskan dan penyambung arus listrik,
- Yang ke empat komponen saklar komponen ini berfungsi untuk penghubung dan pemutus listrik ke klakson,
- Sedangkan yang terakhir adalah klakson yang berfungsi sebagai penerima beban arus listrik yang diubah menjadi energi suara
keterangan di atas sebagai berikut
- baterai / aki
- sekring
- kontak
- tombol / sklar
- klakson