Aug 12, 2022

Ciri ciri Piston Honda Beat rusak

Piston atau seher yang ada di dalam mesin sepeda motor memang bagian penting yang harus kita perhatikan, maka dari itulah kita wajib menjaganya agar tetap awet dan tahan lama, 
Ciri ciri Piston Honda Beat rusak


Bagaimana cara menjaga piston atau seher yang terdapat di dalam mesin kendaraan tersebut , apa tiap bulan harus bongkar pasang untuk membersihkan piston atau seher tersebut ,
Ya tidak seperti itu ya gan kalau untuk motor jenis 2dua tak sih tidak menjadi masalah namun kalau untuk motor 4empat tak seperti Honda Beat misalnya , caranya menjaga agar piston tetap bersih salah satunya adalah memakai bahan bakar yang sudah di rekomendasikan seperti pertamak hal yang paling penting selain itu adalah kita wajib rutin mengganti oli mesin tersebut Dengan tepat waktu,

 Manfaat Melakukan servis rutin ;

Melakukan Servis pada kendaraan bermotor ini memang sangat dianjurkan, kenapa ?
Pertama untuk menjaga agar kondisi motor kita tetap dalam kondisi prima,


Kedua , bila dengan kita rutin melakukan servis terhadap kendaraan motor kita otomatis jika ada hal yang kurang tepat atau ada sesuatu mengenai komponen yang sudah tidak layak lagi ini akan ketahuan oleh mekanik nya,

Sebagai contoh ketika kita melakukan servis rutin tujuan awalnya hanya melakukan tune up berkala serta ganti oli mesin , saat mekaniknya mulai dan mengecek satu persatu alhasil komponen yang lainnya ketahuan oleh si mekanik nya, contohnya ada sil yang sudah aus atau packing mulai rembes
Salah satu lampu sein tidak menyala, dsb.

Ganti piston Beat

Namun selain itu penyebab keluar asap putih dari knalpot juga tidak musti piston nya yang rusak bisa juga bagian dinding silinder yang rusak , namun begitu tetap saja itu bagian dari pistonnya atau yang akan di benahi area piston tersebut, nah jika piston tidak terlalu rusak namun bagi rumahnya atau silinder yang rusak otomotif tetap saja piston minta ganti , bisa saja piston tidak ganti nama biayanya akan membengkak ,

Kembali lagi ke topik utama mengenai ciri ciri Piston Honda Beat rusak jika di atas tadi mengenai bagaimana caranya merawat agar piston tidak mudah aus atau rusak, kali ini mengenai ciri-ciri jika piston mulai aus atau rusak,
Salam satunya adalah keluarnya asap putih dari knalpot baik posisi mesin dingin maupun sudah panas ,

Cara lainnya;
Jika tidak keluar bisa kamu cek di bibir knalpot dengan cara memasukkan jari namun dalam kondisi Knalpot masih keadaan dingin gan, tidak di sarankan merogoh dalam keadaan panas 😁 (mlonyoh )

Pengecekan seperti ini dengan syarat knalpot tidak pernah di beri pelumas atau oli mesin, baru bisa dilakukan pengecekan seperti ini,

Dan lihat jika di jari kamu menunjukkan terdapat semacam oli hitam dan basah berarti ada kebocoran yang mengakibatkan oli mesin ikut terbakar , atau bisa dibilang  ruang kompresi tercampur dengan oli mesin 
Nah jalan satu-satunya oli bisa masuk adalah dari celah silinder , 
Ini bisa silinder atau boring rusak , ring piston rusak , 
Namun meskipun celah yang membuat oli bisa masuk ke ruang bakar itu banyak seperti Bos klep kocak , atau sil klep aus, namun jika masih ragu segera bawa ke bengkel terdekat anda, untuk memastikannya



Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua amin, 


Aug 9, 2022

Penyebab motor 4 tak keluar asap putih dari knalpot



Abm_ pagi kali ini kita belajar mencari tahu Penyebab motor keluar asap putih dari knalpot,

Knalpot pada kendaraan sepeda motor untuk motor jenis 4 (empat )tak yang normalnya tidak mengeluarkan asap baik itu asap berwarna hitam maupun adap yang berwarna putih,


Jika kendaraa motor kita mengeluarkan asap berwarna hitam atau putih ini bertanda ada masalah pada bagian pembakaran tersebut, dan masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya keluar asap dari Knalpot memang beragam,
Hal ini bisa jadi hanya bagian paking saja, dan kebocoran akan membuat oli mesin merembes lalu melewati bagian sela-sela blok dan masuk kedalam ruang bakar alhy oli tadi jadi ikut terbakar dan mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot,

Namun bila knalpot motor kamu mengeluarkan asap hitam ini bisa di atasi tanpa bongkar mesin namun faktor-faktor keluarnya asap hitam bisa juga disebabkan oleh kinerja mesin dan setingan karburator kurang pas ,namun jika semua pengecekan pada setingan sudah benar mau tidak mau kita harus membongkar mesin dan menurunkanya, yang pertama kamu cek terutama di bagian kepala mesin tersebut yaitu bagian klep,
knalpot keluar asap putih



Namun kali ini kita belajar menganalisa untuk motor kita yang mengeluarkan asap berwarna putih,
Sedangkan untuk kasus motor yang mengeluarkan asap hitam dari knalpot nya, kit skan bahas di lain waktu,


Namun untuk Sementara ini kita akan mencoba belajar menganalisa penyebab knalpot keluar asap putih,

Baca juga;

Penyebab motor 4tak keluar asap putih dari knalpot

Penyebab knalpot motor kita yang mengeluarkan asap putih berarti ini ada kebocoran yang mengakibatkan oli mesin jadi ikut campur kebakar di ruang bakar, hal yang umum terjadi pada motor 4 (empat ) kerusakannya pada bagian piston dan ring piston tersebut , namun sebelum memastikan kita coba cek juga bagian lainnya , seperti sil klep dan cek juga pada bos klep ,

Karena jika keluar asap warna putih saat pertama kali menghidupkan mesin atau di pagi hari saja , biasanya yang perlu di benahi adalah bagian klep , coba cek sil klep atau bos klep terlalu Oblak (aus)


Cara mengatasinya jika:

  • Sil klep solusinya ganti,Bos klep kocak atau terlalu longgar solusinya , ganti di tempat bubut.
  • Piston atau ring aus solusinya ganti dan kolter di tempy bubut,

Setelah itu cek boring (silinder ) plus cek ring piston yang mungkin sudah lemah dan hal ini juga bisa mengakibatkan  kebocoran dan akan membuat oli mesin merembes melewati sela-sela dinding silinder otomatis oli mesin yang masuk tadi ikut terbakar di ruang bakar atau ruang kompresi, 
Alhasil asap putih pun jadi keluar karen oli mesin yang ikut terbakar, tadi, 
Ganti seher baru



Sementara cek kondisi piston (seher) masih bagus atau ada goresan-goresannya jika iya solusinya adalah ganti piston dan harus dilakukan kolter ke  bubut dan dilakukan oversize atu di besarkan, tujuannya adalah agar dinding silinder dan piston rata dan tidak ada celah , jika rapat otomotif tidak ada oli mesin yang ikut terbakar , 

Oversize piston

Ok sementara itu dulu ya gan mengenai bagaimana caranya mengetahui Penyebab motor 4 tak keluar asap putih dari knalpot semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, 
Salam belajar 

Jul 27, 2022

Penyebab knalpot keluar asap hitam

Penyebab knalpot keluar asap hitam;

Halo sobat blogger.. artikel yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai penyebab knalpot keluar asap hitam, mari kita belajar bersama-sama mempelajari dasar-dasar otomotif secara alami atau Otodidak, seperti halnya situs ini segala sesuatu dengan cara belajar sendiri, (Otodidak) 

Semoga artikel ini bisa menjadi acuan dalam belajar otomotif secara mandiri/otodidak, 

Okeh.... Kita kembali lagi ke topik utama tadi mengenai penyebab knalpot keluar asap hitam, 

Tentunya yang akan kita bahas adalah jenis motor 4 (empat) tak, 

Kenapa begitu , karena yang lumrah nya atau umumnya motor yang biasa mengeluarkan asap Hitam adalah motor jenis ini 4(empat) tak, 

Ok kita pelajari bersama-sama ya gan,, motor 4(empat) tak mengeluarkan asap hitam ini penyebabnya beragam , Bisa dikarenakan pasokan bahan bakar berlebihan dan tidak seimbang antara bahan bakar bensin dengan udara,  

Nah yang sering terjadi adalah hal semacam itu, jadi campuran antara bahan bakar dengan udara tidak seimbang, alhasil motor menjadi boros , 

Karena kita ketahui bersama bahwa di ruang bakar mesin atau kompresi ini membutuhkan campuran yang sempurna agar ledakan pun yang didapat juga sempurna, 

Penyebab knalpot keluar asap warna hitam


  Penyebab knalpot keluar asap hitam , ini bisa saja penyetelan terhadap karburator kurang baik atau tidak sempurna salah satunya adalah stelan jarum skep terlalu boros, solusinya coba kita lihat posisi kancing pada jarum skep berada di bawah tengah atau paling atas, 

Kita ketahui bersama jika kita perhatikan di kepala jarum skep ada rumah kancing yang umumnya berjumlah 5(Lima) coakan , 

Coba agan lihat posisi kancing berada pada tempat sesuai aturan atau tidak, yang jumlahnya ada 5(Lima) 

Yang atas sendiri menunjukkan paling irit  

Yang tenga sedang atau normal dan yang paling bawah sendiri adalah paling boros, namun di antara celah-celah tersebut ada celah lain yaitu celah penyesuaian 


Penyebab knalpot keluar asap warna hitam


Faktor lainnya Penyebab knalpot keluar asap hitam yang sering kita jumpai adalah penyetelan terhadap karburator tidak sempurna,

Jika benar ini penyebabnya coba kita lakukan pengecakan komponen yang ada di dalam karburator, seperti spuyer Angi dan bensin, atau ( main jet dan pilot jet ) 

Jika pilot jet kebesaran ini juga bisa mengakibatkan knalpot keluar asap hitam hasil pengabutannya terlalu basah, 

Coba kita perkecil ukuran pilot jet tersebut, 


Selain itu penyebab knalpot keluar asap hitam ini bisa juga dikarenakan ada kebocoran pada klep hal tersebut ada celah birir klep yang tidak menutup rapat dan solusinya coba stel klep dan jika ternyata terlalu rapat pada stelan tersebut dan tidak ada toleransi Nya coba stel klep dan kita buat ada toleransi Nya atau spelingnya, 

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas mengenai penyebab knalpot keluar asap hitam

Selamat belajar salam Otodidak

Jul 13, 2022

Apakah yang dimaksud TMA dan TMB pada mesin motor

TMA dan TMB motor


 Halo.. sobat blogger dan sobat lainnya terutama bagi sobat yang sedang belajar secara otodidak, 

 Berhubung masih Banyak yang belum tahu, apa sih yang dimaksud dengan istilah TMA dan TMB pada sistem yang bekerja pada mesin yang kali ini adalah mesin motor?

Meskipun  sebenarnya istilah-istilah selerti itu juga wajib ada pada mesin-mesin lainnya termasuk dalam mesin mobil.

Namun berhubung ini lagi belajar dan bagi yang baru memulai mengenal atau mempelajari tentang mesin motor contohnya saya sendiri yang masih belajar,

  Lanjut Apakah yang dimaksud TMA dan TMB pada mesin motor ? Sering kali kita mendengar dengan istilah kata TMA maupun TMB saat kita berada di bengkel motor, terkadang saya sendiri juga bingung karena belum tahu apa sih yang mereka sebut itu, dan dan untuk apa , alat itu, 
Lama kelamaan mulai mengerti daei pembicaraan seorang mekanik dengan rekannya, 
 Dan kali ini akan saya bagikan informasi tentang kata-kata atau istilah TMA dan juga TMB pada mesin kendaraan bermotor, 
Karena saya mendengar dan bertanya pada mereka dan mereka menjelaskan panjang lebar tentang hal tersebut , 

  Nah kali ini waktunya saya ingin membagikan  informasi tersebut seperti mereka mau dan Sudi membagikan info nya kepada saya πŸ“’ karena saya yakin teman-teman yang lagi proses pembelajaran di dunia otomotif apalagi yang mendalaminya dengan cara mandiri atau (Otodidak) 
Pasti mencari-cari informasi tentang hal ini, 

 Dan menurut informasi yang saya dapatkan dari mereka, yang intinya adalah:
TMA :  adalah (titik mati atas) yang artinya disini Piston dalam posisi paling atas 

Sedangkan istilah berikutnya adalah: 
TMB : atau (titik mati bawah)
Istilah ini menunjukkan bahwa Piston berada posisi paling bawah.

Sedangkan di antaranya posisi (TMA) dan (TMB)  disebut sebagai langkah (stroke) yang artinya juga pergerakan Piston dari TMA (titik mati atas) bergerak ke paling bawah TMB (titik mati bawah) disebut langkah (stroke) 

Jadi sekali lagi yang dimaksud langkah (stroke) pergerakan Piston dari TMA ke TMB atau sebaliknya, nah inilah proses kerja mesin pada kendaraan Motor 

Di bawah ini adalah contoh yang dimaksud TMA dan TMB juga langkah (stroke) pada sistem kerja mesin kendaraan motor, 

TMA dan TMB motor

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas tentang Apakah yang dimaksud TMA dan TMB pada mesin motor semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua yang lagi belajar , 

Selamat belajar

Jun 28, 2022

Lakukan 4 pengecekan motor sebelum membawa ke bengkel

Lakukan 4 pengecekan motor sebelum membawa ke bengkel


Selamat pagi sahabat abm_ kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya agar kita bisa membenahi motor kita sendiri troubel atau saat meu berangkat dan tiba motor kita mogok atau sulit dalam kondisi kurang prima atu tidak nyaman.

Dalam hal ini yang dimaksud tidak nyaman adalah seperti contohnya, motor mengalami nyendat-nyendat , susah di hidupkan, dan tarikannya lembek atau loyo,

Lakukan 4 pengecekan motor sebelum membawa ke bengkel
Sebetulnya jika kendaraan motor kita terasa seperti di atas tadi itu tandanya kita harus segera membawanya ke tempat servis atau bengkel terdekat, agar segera dilakukan penanganan supaya tidak menjalar kemana-mana,

Faktor penyebab motor kita terasa seperti di atas tadi sebenarnya bukan karena akibat di apa-apain, namun hal tersebut memang wajar jika terjadi pada kendaraa kita,
banyak faktor penyebab motor kita kurang enak di Kendari ini bisa dikarenakan adanya salah satu komponen yang kurang tepat atau ada salahnya kotoran yang masuk pada saluran-saluran udara ,

Namun sebelum kita membawa motor kita ke tempat servis atau bengkel terdekat tidak ada salahnya jika kita melakukan pengecekan sendiri ,apa saja yang bisa kita lakukan dan apa saja yang harus kita cek sendiri sebelum membawanya ke tempat servis atau bengkel, coba kita lakukan pengecekan ringan seperti dibawah ini.

Baca juga:


Cek :
  1. Busi siapa tahu kotor  dan bersihkan.
  2. Renggang busi tidak tepat coba stel .
  3. Spuyer dalam karburator kotor bersihkan.
  4. Saringan udara tersumbat bersihkan .

Sementara ini dulu yang bisa kita bahas berhubungan udah mulai berangkat kerja , nanti akan kita sambung lagi mengenai belajar servis sendiri, (otodidak) 

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
Selamat belajar.