Apr 30, 2023

Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

 

Halo sobat biker.. mumpung masih suasana lebaran saya ingin mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin, πŸ™

Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor


Setelah beberapa hari bersilaturahmi dengan keluarga teman tetangga dan sodara-sodara yang dari jauh, bertemu di kampung halaman, kini saatnya untuk kembali beraktivitas,


Bagi kawan-kawan yang melakukan aktivitas di luar kota bahkan ada yang diluar provinsi, tentunya akan melakukan perjalanan jarak jauh, baik itu menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua utamakan safety riding dalam berkendara,

  • Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor untuk kalian yang sedang melakukan perjalanan atau yang berencana untuk perjalanan jarak jauh, semoga ini bisa menjadi referensi untuk kalian, tentunya juga ini adalah pengalaman saya saat melakukan perjalanan mudik atau perjalan jauh.

Sebetulnya seberapa jauh tidaknya itu perjalanan memakai kendaraan apalagi khusus kendaraan roda dua bukan menjadi ukuran untuk tidak berhati hati, untuk tidak melakukan persiapan, jauh dekat perjalanan melakukan kendaraan motor sebaiknya tetap saja kita melakukan kewaspadaan dan persiapan,

Jurus yang biasa saya pakai sebelum melakukan perjalanan jauh.
Kontrol kesehatan maksudnya sebelum hari ( H )tidak melakukan hal-hal yang bisa mengakibatkan tubuh kita lelah dan di jaga kesehatan supaya besoknya tidak kecapean dijalan, karena banyak faktor kecelakaan dikarenakan kecapean ,

Yang kedua persiapkan alat-alat ringan dan jangan banyak-banyak agar tidak memberatkan bawaan anda seperti ;

  1. Kunci busi
  2. Busi serep 
  3. Obeng bolak balik ( - + )
  4. Tang
  5. Gunting
  6. kain
Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

Selanjutnya persiapan untuk bekal perjalanan nanti , kalau saya biasanya di dalam tas udah ada kopi SASET,termos penyimpanan air panas, camilan kesukaan, satu botol plastik untuk air minum, berhubung saya perokok udah pasti tidak ketinggalan udud rokoknya πŸ™

Selanjutnya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya post tentang seputar persiapan touring atau perjalan jauh Kamu bisa mencari beberapa tips dengan membaca artikel dibawah ini;


Ok sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan tetap berhati-hati di jalan jangan ngebut jaga kesehatan di jalan dan tetap safety riding utamakan keselamatan ,

Salam hangat buat pecinta touring.

Apr 28, 2023

GL max pakai piston Tiger atau CBR

GL max pakai piston Tiger atau CBR

   Halo sobat blogger Otodidak, kali ini kita akan membahas tentang seputar modifikasi mesin motor agar tarikan lebih enteng melalui piston,

GL max pakai piston Tiger atau CBR   

Nah bagi yang sudah biasa mengotak-atik bagian ini tentunya hal yang sudah biasa, namun bagi kita yang baru belajar nah ini sangat perlu dan penting untuk diketahui,
Baik itu material apa saja yan perlu dipersiapkan untuk memodifikasi mesin GL max di bagian piston ini,

Sama halnya overseas  

GL max pakai piston Tiger atau CBR

Memodifikasi piston dengan harapan tenaga lebih besar sebetulnya hampir mirip dengan kita melakukan oversize atau memperbesar ukuran piston dari sebelumnya menjadi lebih besar pada kendaraan motor tersebut,,

Kolter 

Dan alasan kenapa dilakukan untuk memperbesar ukuran piston tersebut, tentunya banyak faktor dan alasannya, seperti piston sudah rusak yang biasanya di tandai dengan keluarnya asap putih dari knalpot, atau suaranya yang kasar ,

Maka dari itulah sebabnya mengapa kita harus melakukan overseas atau kolter untuk mengganti piston tersebut di tempat bubut,

Selanjutnya kita pakai contoh pada kendaraan motor GL max, yang semula piston nya masih bawaannya, karena dibagian ini rusak maka dilakukanlah penggantian piston tersebut di tempat bubut, dan otomatis ukuran piston tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya dari standar "0"ml ke 25-50 dan seterusnya,Hal tersebut dikarenakan agar dinding boring yang semula tergores atau longgar karena aus dari pemakaian, menjadi lebih rata agar tidak ada celah kebocoran yang menyebabkan oli mesin ikut terbakar,

Baca juga;  ukuran piston megapro dan tiger

Kita kembali ke topik utama, 

Lalu bagaimana jika kita mau mengganti piston tersebut yang semula GL max ke lebih besar lagi, karena boring bawaan GL max tersebut ada batasan akhir dari "0"hingga 100 "mili

Dan jika kita mau mengaplikasikan piston Tiger atau CBR apa yang harus kita ketahui dan apa yang harus diperlukan,

Memperbesar ukuran krengkes(kalter) 

GL max pakai piston Tiger atau CBR

Merubah ukuran di bagian ini memang harus dilakukan, Karena ukuran boring milik Tiger atau CBR lebih besar,

Dan ini membutuhkan waktu agak lama tergantung antrian bubut jika kita memakai jasa bengkel bisa lebih lama, antrian di bengkel tersebut belum lagi di tempat bubut, namun itu semua tergantung antri tidaknya kedua jasa tersebut.

Ganti boring 

Untuk merubah ukuran piston dari standar GL max ke piston Tiger atau CBR kita harus membawa silinder blok tersebut ke tempat bubut untuk mengganti rumah (boring) yang lebih besar karena jika tidak boring miliki GL max tersebut tidak muat,
Nah itu semua mungkin tidak membutuhkan biaya yang sedikit kawan,
Ada juga yang menginginkan lebih bertenaga lagi dengan merubah lainnya seperti langkah atau struk bandul,

Merubah ukuran piston dan langkah 

Ada lagi memang sengaja menginginkan mesin GL max tersebut menjadi lebih besar CC nya sekaligus lebih bertenaga dengan merubah langkah nya juga , mungkin biayanya lebih besar lagi πŸ€’

GL max pakai piston Tiger atau CBR


Jika yang semula ukuran piston standar dari Honda GL max, dan menginginkan mesin menjadi seperti Honda Tiger yang harus kita perhatikan adalah, Kamu harus merubah boring (silinder) ke yang lebih besar dan juga menambah pak aluminium setebal yang diperlukan, misalnya;

Standar Tiger stroke 62,2 mm,
Sedangkan punya GL Max 49.5 mm

itulah yang diperlukan tebal pak aluminiumnya

Atau kalau tidak mau ribet-ribet mengakali dengan pak aluminium tersebut Kamu perlu mengganti blok miliki Honda Tiger namun biaya yaang di keluarkan bertambah

Sementara ini dulu yang bisa bagikan semoga bermanfaaat untuk kita semua






Apr 27, 2023

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

 

Lampu motor adalah komponen yang sangat penting untuk penerangan saat berkendara di malam hari, namun bagaimana jika lampu di kendaraan motor kita sering mengalami putus,

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

 Baca juga:

Jalur pengisian Megapro

Persamaan kiprok Honda

Lampu motor mudah putus

apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah semacam ini??

hal yang harus kita lakukan adalah , mencari di bagian penahan arus listrik untuk lampu dulu,
Tapi sebelum melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen lainnya
Akan tetapi Sebelum kita mencoba belajar mencari tahu asal-usul penyebabnya, alangkah baiknya jika kita belajar juga memahami alur atau sistem dari kelistrikan di bagian lampu ini,
Kita ketahui bersama bahwa lampu utama kendaraa motor yang menggunakan sistem arus dari spul atau jenis AC , ini memang harus ada komponen lain untuk mengontrol arus listrik yang dihasilkan oleh spul untuk keperluan lampu utama tersebut, agar tidak mengalami over pada listrik atau arus yang berlebihan ,


Spul ac


Hal tersebut dikarenakan arus listrik yang dihasilkan dari spul akan terus bertambah daya mengikuti pada putaran magnet tersebut, dan voltase yang di hasilkan oleh spul mengikuti kecepatan dari magnet ini,
Jadi semakin bertambahnya putaran pada magnet yang ada di motor kita maka akan bertambah besar pula listrik yang mengalir dari spul ke lampu utama, Sedangkan lampu utama pada kendaraan bermotor itu juga ada batasan pada voltase nya,
Maka dari itulah diperlukan komponen yang bisa mengontrol dan menahan arus listrik yang mengalir ke lampu utama tersebut agar lampu tidak mudah putus dan arusnya tertahan , yaitu di perlukan regulator atau kiprok ,
Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator


Nah sekarang kita coba cek di bagian ini yaitu regulator atau kiprok, jika regulator atau kiprok ini mulai lemah atau rusak otomatis lampu utama pada motor kita akan mudah putus, bahkan jika regulator (kiprok) ini rusak ini juga akan berimbas pada komponen lainnya seperti lampu-lampu indikator lampu stop ,Kesimpulannya bila lampu utama pada kendaraan bermotor ini mudah putus , ini ada masalah pada regulator atau kiprok tersebut,Namun kita juga harus memastikan bahwa tidak ada kabel-kabelnya yang mengarah ke regulator atau kiprok tidak ada yang putus, jika kabel-kabelnya di rasa aman tidak ada yang putus atau hangus (gosong) sudah bisa dipastikan regulator atau kiprok tersebut rusak, dan harus di ganti agar tidak menjalar ke komponen lainnya,Ok sementara itu dulu yang bisa kita pelajari tentang

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulatorSemoga bisa bermanfaat untuk kita semua,


Selamat belajar dan salam Otodidak


Apr 24, 2023

Langkah langkah bongkar kepala mesin 4tak



masih di suasana lebaran ini sebelumnya saya ingin mengucapkan minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin.


Langkah langkah bongkar kepala mesin 4tak


OK sahabat blogger kita kali ini tidak membahas tentang seputar arus mudik lebaran ini , namun berhubung lagi santai saya akan mengajak membahas mengenai bagaimana caranya membuka klep isap maupun klep buang,


Nah alasan kenapa di bagian ini perlu dilakukan pemeriksaan itu juga banyak faktor yang mengharuskan kita untuk membongkar nya,


Salah satunya ialah ada kebocoran kompresi dan harus dilakukan pemnersihan di ruang bakar dan skir ulang, atau bisa saja membongkar bagian ini untuk melakukan penggantian pada sil klep, dikarenakan adanya kebocoran pada sil klep tersebut dan harus dilakukan penggantian kalau tidak oli mesin akan ikut terbakar,

Atau bisa juga alasannya karena terjadi patah batang klep itu semua memang harus dilakukan pembongkaran agar bisa mendapatkan komponen yang ada di dalam kepala mesin tersebut,

Lantas bagaimana cara membongkar kepala silinder sepeda motor dan langkah-langkah atau 
proses pembongkaran kepala mesin tersebut, nah berikut ini adalah step by step bongkar kepala mesin 4tak sendiri;

Alat-alat yang kita butuhkan untuk belajar membongkar kepala mesin motor sebagai berikut ini 

Pertama siapkan dulu kunci-kuncinya seperti;

  1. Kunci T 12"
  2. Kunci T 8"
  3. Kunci T 10"
  4. Obeng min+plus
  5. Ring pas 10
  6. Ring pas 14
  7. Ring pas 12
  8. Kunci busi

Langkah pembongkaran;

Lepas karburator dari tempatnya (manifol)
Lepas postep
Lepas knalpot

Setelah selesai selanjutnya pembongkaran inti

Buka baut tutup noken samping kiri
Buka baut gigi kateng (kamprat) atas untuk Lepaskan kamprat dari gigi katengnya seperti gambar dibawah ini

Langkah langkah bongkar kepala mesin 4tak

selanjutnya buka empat baut silinder yang berada di atas kepala , untuk motor berbeda-beda ukurannya , untuk motor honda jedis supra ukuran bautnya pakai kunci ring 10,

nah jika semua baut dirasa udah lepas semua tinggal cabut kepala silinder tersebut, 

dan baru bisa untuk di bersihkan atau kamu punya tujuan sendiri ,


Langkah langkah bongkar kepala mesin 4tak


seperti skir ulang,ganti sil klep,dan sbg,,,

sementara ini yaang bisa saya sampaikaan tentang Langkah-langkah bongkar kepala mesin 4tak



Apr 18, 2023

Spesifikasi Motor Honda Vario 125

Spesifikasi Motor Honda Vario 125

Selain Spesifikasi Motor Honda Vario 125 lihat Harga dan spesifikasi Honda PCX 60 terbaru

Mesin

Tipe Mesin = 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan
Bahan Bakar = PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Langkah = 124,8 cc
Diameter X Langkah = 52,4 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatis , V - Matic
Daya Maksimum = 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum = 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe Kopling = Automatic Sentrifugal Tipe Kering
Tipe Starter = Elektrik
Minyak Pelumas = 0,8 liter

Kapasitas

Kapasitas Tangki Bahan Bakar = 5,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas = 0,8 liter pada Penggantian Periodik

Persiapan mudik lebaran 
Kapasitas U-Box = 18 lite
r

Rangka & Kaki-Kaki

Tipe Rangka  =  Underbone
Tipe Suspensi Depan   = Teleskopik
Tipe Suspensi   =  BelakangSwing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan   =  90/80 – 14M/C 43 P Tubeless
Ukuran Ban Belakang   =  100/80 - 14M/C 48P Tubeless
Rem Depan   =    Wavy Disc Brake
Rem Belakang     =  Tromol
Sistem pengereman   =    Combi Brake System (CBS)

Kelistrikan

Tipe Baterai Atau Aki = MF 12V-5 Ah
Sistem Pengapian = Full transisterized
Tipe Busi = NGK CPR9EA-9 Denso U27EPR9