Jun 6, 2023
Jun 5, 2023
Penyebab lampu motor redup
Penyebab lampu motor redup
Baca juga:
Namun yang sering dikeluhkan banyak pengguna motor saat berkendara di malam hari, yaitu kurangnya cahaya yang di hasilkan oleh komponen yang satu ini yaitu lampu utama yang redup.
Saat berkendara di malam hari yang amat gelap, dan lampu sudah di nyalakan namun sorot atau sinar dari lamu masih terasa gelap, apalagi saat di jalan-jalan yang rusak, tentunya sangat menjengkelkan bukan π,
Kali ini saya akan memberikan sedikit tips agar lampu utama dari kendraan kamu bisa lebih terang, namun tips ini berlaku jika spul motor kamu benar-benar dipastikan normal, karena memang untuk kendaraan yang menggunakan arus dari spul,
Berikut adalah 5 Penyebab lampu motor redup dan cara sederhana untuk memeriksa kasus yang sering terjadi,
Penyebab lampu motor redup
- Lampu/bolham:
Pertama coba Kamu cek di bagian bolamnya siapa tahu sudah kondisi gosong atau minta di ganti, karena lampu kendaraan menjadi kurang terang juga bisa disebabkan karena kondisi lampu itu sendiri, namun jika lampu kendaraan motor kamu masih redup gak bisa terang dan sudah kamu ganti berbagai jenis dan merk ukuran lampu pun sudah diganti akan tetapi hasilnya tetep redup gak bisa terang, segera lakukan pengecekan selanjutnya.
2,Soket lampu:
Jika lampu sudah dipastikan aman dan normal selanjutnya kamu bisa cek di bagian soket dari lampu itu sendiri, siapa tahu kotor atau sudah karatan, segera lakukan pembersihan, dan amplas di bagian yang berkarat tadi, hal tersebut bisa mempengaruhi laju dari strum yang terhambat oleh karatan juga kotor,
Holder/saklar:
Kiprok
Yang terakhir coba cek di bagian Kiprok, kalau lampu sistem AC atau lampu yang memakai arus dari sEpul, dan Kiprok adalah sebagai penahannya, dan jika kiprok mengalami kerusakan ini akan menggangu arus listrik yang mengalir ke lampu, dan juga Jika kiprok mengalami kerusakan reaksinya ada dua, yaitu lampu akan sering putus saat rpm tinggi, tanda kedua lampu akan mengalami penurunan daya disebabkan adanya arus yang konslet dari rangkaian kiprok tersebut, karena Kiprok adalah komponen yeng terbuat dari elektronik juga bisa terjadi ke korsleting,
Mika atau Reflektor lampu sudah Buramm
Mika lampu atau reflektor itu juga memiliki masa pakainya Jika reflektor pada motor sudah lama dipakai dan sering terkena panas dari sinar lampu, maka sinar yang keluar dari lampu akan terlihat redup walaupun sebenarnya dari lampu bolhamnya terang,
Baca juga:
- Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua
<alam otodidak>π€
Jun 4, 2023
Bengkel bubut maju jaya Wates kabupaten Kediri
Bengkel bubut maju jaya Wates kabupaten Kediri
Bengkel bubut maju jaya Wates kabupaten Kediri
Mesin plong plastik |
Pesanan mesin rol mini yang siap di kirim |
- las alumunium
- Las listrik
- Ganti bos klep
- Struk bandul
- Porting
- Drat busi
- Ganti stang
- Sudut kop
- Ganti boring/silinder
- DLL
Jun 3, 2023
Acara kontes cb aniversay cb prambon 2023
Acara kontes cb aniversay cb prambon 2023
Jun 1, 2023
Cara service dan setting karburator sendiri
Cara service dan setting karburator sendiri
Cara service dan setting karburator standar
Kita tahu Karburator yang ada di kendaraan baik mobil maupun sepeda motor itu bekerja untuk mencampurkan antara udara dan bahan bakar
sebelum masuk ke dalam ruang bakar atau ruang kompresi ,
selanjutnya melalui proses pemadatan kompresi di dalam, dan Barulah campuran tersebut terbakar oleh percikkan api dari ujung busi, dan kendaraan bermotor maupun mobil bisa hidup dan berjalan,maka itulah pentingnya merawat dan rutin service karburaator, .dan ini sangat penting untuk proses pembakaran yang ssempurna.Di dalam karburator terdapat beberapa komponen untuk menyempurnakan proses pengabutan sebelum masuk ke ruang bakar,
isi atau komponen yang ada di dalam karburator meliputi;
- Katup Throttle.
- Saringan.
- Venturi.
- Sistem pengukuran.
- Ruang Apung.
- Ruang Pencampuran.
- Idle dan Transfer port.
Lalu bagaimana jika karburator di kendaraan kita itu bermasalah dan bagaimana caranya agar kita bisa setting sendiri karburator.
Hal yang harus kita siapkan sebelum belajar setting sendiri karburator tersebut siapkan dulu alat-alatnya seperti;
- Obeng blimbing (+)
- Kunci ring pas 8/10
- Obeng min (-)
- Tang
- Kuas kecil
proses pengerjaannya;
Sekarang kita mulai ke proses pengerjaannya;
Pertama lepaskan karburator dari tempatnya atau dari manifolnya,
Setelah selesai melepas selanjutnya buka baut mangkok dan lepas dari badan karburator nya setelah terbuka lepas semua yang ada di dalam karburator dan cuci dengan bensin, dan bersihkan spuyer mani jet dan pilot jet nya,pastikan tidak ada yang buntu atau tersumbat kedua spuyer tersebut,
jika sudah dan dirasa sudah bersih selanjutnya pasang kembali pada tempatnya,
Setting karburator standar
Pertama; Hidupkan mesin.sambil tarik tuas gas atau naikin rpm sedikit yang penting tidak mati saat kita melkukan penyetelan
Putar sekrup penyetelan udara se-arah jarum jam sampai habis ke-dalam,
kemudian kembalikan putar-annya keluar sampai menghasilkan penyetelan yang sempurna.ciri-cirinya adalah suara akan meninggi dan di posisi itulah Hasil penyetelan yang sempurna,nqamun jangan terlalu keluar dan jika terlelu keluar kita memutar skrup tersebut biasany rpm akan naik turun dan tidak stabil.
karena hasil penyetelan yang sempurna dapat dipastikan apabila Putaran mesin langsam/stationer terdengar enak dan/rata tidak naik turun,
dan perlu di ingat lagi jika kebanyakan aangin knalpot akan ada suara meletus-letus seperti suara tembakan Saat menutup gas dari putaran,
nah sementara ini dulu yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat, π€²