Feb 26, 2024

Atasi rem cakram yang keras macet



Halo sobat otodidak . Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa membetulkan sendiri pada rem cakram yang terkadang keras macet, namun sebelum kita belajar mengatasi sendiri jika rem cakram motor kita terasa keras. Kita coba belajar memahami cara kerja dari rem cakram tersebut ,
rem cakram yang berfungsi sebagai alat untuk penghambat laju dari kendaraan motor maupun mobil ini sangatlah penting untuk kita perhatikan.  

Hal tersebut dikarenakan fungsi dari rem cakram tersebut sebagai alat pengaman saat kita sedang mengendarai motor, coba bayangkan bagaimana jika saat kita memakai kendaraan yang tanpa ada rem cak , gak kebayang kan ,

Rem Cakram atau rem drolis ini meliputi master rem, dispat , dan minyak , ini wajip kita perhatikan dan kita harus rutin mengeceknya , agar kita tahu dan meminimalisir terjadiny macet dan mengakibaykan rem cakram jadi keras bahkan bila parah bisa mengakibatkan macet padapkomponen-komponen nya.

Bagian yang perlu kita cek ;

Nah kinerja dari rem cakram tersebut karena kampas yang di terdorong oleh piston di bagian bawah atau kaliper, bagin untuk mengubah tekanan hidrolis dari piston menjadi energi gerak berupa tekanan

Disc Brake Oil Reservoir

Seperti kasus yang sering terjadi rem blog di karenakan adanya anginayang masiluk ke dalam selang bercampur dengan minyak tersebut , maka dari itulah pentingnya kita rutin mengecek kondiy rem cakram tersebut dan dipastikan ready bila kendaraan kita pakai kemampuan.
Kembali lagi ke topik pembahasan tadi bagaimana caranya agar kita bisa membetulkan rem cakram yang keras bila kita tekan bendel nya , 


Brake Caliper ;  (kaliper bwah) 

Ok pertama kita cek dulu kondisi rem bagian bawah atau di bagian sekitar Brake Caliper dan kmpas Jika di rasa sudah habis cobalah di ganti dahulu atau jika kampas masih baru tidak parlu diganti , sekarang coba kita tes jika hendel masih terasa keras bila kita tekan coba cek kondisi master yang berada di bagian dalam kaliper atas, ini biasanya terdapat kotoran ataa karet dari master tersebut mengalami lecet dan mengakibatkan macet.

Namun sebenarnya bila kita rutin ganti kampas dan minyak rem secara rutin ini akan jauh dari kata macet,


Hal tersebut di karenakan minyak rem bila terlalu lama di pakai akan menjadi lebih kotor dan kotoran tersebut akan mengendap di bagian master rem atas mauy pada kaliper bagian bawah dan mengendap di bagian belakang pistonnya.
Perlu kita perhatikan lagi bila minyak rem ini kalau lama nggak diganti ini bisa terjadi kotoran di saluran saluran rem khususnya di dalam master rem, Selang dan kaliper bawah, jadi sebaiknya ganti minyak rem bilamana di rasa urah gak enak saat hendel di gunakan.

Sementara ini yang bisa kita bahas semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.




Feb 15, 2024

Jadwal acar cb tahun ini 2024


Jadwal acar cb tahun ini 2024

Abm_Halo sobat pecinta motor cb di seluruh Nusantara , sedikit akan saya infokan beberapa Jadwal acar cb tahun ini 2024
Bagi dulur-dulur bikers cb yang hobi touring ,yang hobi memodifikasi cb, dan tentunya yang selalu memprioritaskan Paseduluran selawase , kita akan kembali bertemu di tahun 2024 ini , mungkin agenda acara cb Indonesia 2024 ini ada yang berlokasi di dekat ini atau di sekitar daftar di bawah ini, bersiaplah kamu akan kedatangan dulur-dulur jauh ,
Nah berikut ini adalah daftar AGENDA ACARA CB INDONESIA 2024


AGENDA  ACARA CB INDONESIA 2024
info cb

Jadwal acar cb tahun ini 2024
CONTES CB RALEREN 



PROVINSI 

  1. JATENG 
  2. JATIM
  3. MALUKU UTARA
  4. JATENG
  5. SUL-TENG
  6. D.I YOGYAKARTA
  7. RIAU
  8. KALTIM
  9. JABAR
  10. KALTENG
  11. KALTENG
  12. JATENG
  13. KALTENG
  14. BALI
  15. KALSEL

Feb 7, 2024

fungsi spul motor

fungsi spul pada sepeda motor



Abm_ Kita tahu Spul pada kendaraan bermotor memiliki peranan yang amat penting untuk sistem kelistrikan yang ada di sepeda motor, fungsi spul motor  Spul yang bentuknya berupa kumparan yang ada lilitan kawat tembaga tersebut dapat menghasilkan arus listrik , maka dari itulah wajib ada komponen ini pada kendaraan bermotor yang biasa kita gunakan sehari-hari,
penting dalam sistem kelistrikan ,
dan ini ada di setiap kendaraan bermotor,
fungsi dari spul itu sendiri adalah untuk menghasilkan sumber listrik yang akan di gunakan untuk keperluan komponen-komponen yang ada di kendaraan tersebut,
Selain itu peranan spul sangat penting untuk penyuplai seperti baterai (aki) apalagi jika kendaraan tersebut menggunakan sistem pengapian DC,

Dan juga pada setiap kendaraan bermotor,fungsi dari spul itu sendiri memiliki kesamaan antara motor satu dengan yang lainnya,
maksudnya motor lainnya adalah sama,😁

Baik itu Yamaha , Honda ,Suzuki, maupun Kawasaki semua itu sama , sama-sama memiliki komponen seperti spul , kalau tidak ada spul pada motor itu tandanya motor gak bis hidup karena memang semua sumber listrik dari situ,


''lalu apa saja yang membedakan antara sepeda motor satu dengan sepeda motor merk lainnya,
Yang membedakan antara sepeda motor Honda,Yamaha, Suzuki dan Kawasaki itu adalah warna pada kabel bodinya , walaupun mungkin ada sedikit skema ataupun jalur pada Rakita motor-motor tersebut namun intinya sama sama-sama memaki spul ,


karena spul dan magnet yang ada di sepeda motor ini, dan fungsi komponen ini adalah untuk menghasilkan sumber listrik yang akan di gunakan untuk keperluan komponen-komponen yang ada di kendaraan tersebut, seperti mengisi ulng baterai secara otomatis bila kendaraan motor ini dinyalakan, selain itu fungsi spul pada kendaraan motor juga untuk ,menyalakan lampu penerangan/lampu utama dan lain sebagainya,


ingat dan in i sangat penting juga bagi kalian yang baru blajar , untuk kendaraan motor yang menggunakan pengapiannya memakai jenis DC saya sarankan untuk selalu menggunakan aki, intinya setiap kendaraan motor tyang memakai cdi jenis dc wajip ada aki , agar cdi pada motor tersebut aman



Feb 1, 2024

belajar membuat blog melalui hp android

 

 Belajar membuat diagram melalui aplikasi di Android 







Lihat juga: Versi YouTube 
Blogger otodidak




Jan 28, 2024

kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak

Bismillahirrohmanirrohim 



kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak


Abm-kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui permasalahan di motor yamaha injeksi, dan kali ini kita akan belajar pada motor matik milik yamaha yaitu motor Mio J ,dan cara menghitung kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak ?

kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak



Kebanyakan orang sudah banyak yang mengetahui kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak bahkan yang terlihat sepele jika di biarkan akan berdampak lebih parah yang membuat sistem jadi eror ,namun kali ini saya akn membagikan informasi ini bagi yang belum pernah aatau yang masih baru belajar otomoti otodisak seperti saya ini heeeee,,, ✌πŸ˜‚

saya pos ulang karena dan ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya semoga dengaan seperti ini tulisan ini bisa bermanfaat untk mereka-mereka yang masih awam, 

kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak ini biasa terjai pada motor yamaha mio ji maupun mio gl, sebetulnya ini masalah dari sistem injeksi bagian sepido meter KM/kilo meter, 
motor ini jika kamu melihaat ada tanda pada lampu kuning di spido meter dan berkedip coba kamu perhatikan berapa kedipan yang muncul di lampu kuning pada spido meter tersebut, 
 

belum paham ? ya  samaa,,, heeee maksudnya dengan adanya kedipan pada lampu kuning tersebut ini bertanda ada permasalahan di kendaraan motor tersebut, 
lalu Bagaimana  caranya menghitung jumplah ketipan pada lampu tersebut,seperti gambar di bawah ini

kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak

pertama kamu kontak dan setiap kode mil injeksi awanya semua nyala pada lampu warna nya, setelah mati bila ada masalah akan muncul lagi seperti kedipan, nah dari sini mulai kamu hitung berapa kedipan ,
namu perlu kamu ketahui bro,,, ada perbedaan dan nilainya setiap kedipan pda indikator lampu kuning tersebut, misanya, seperti topik ini ,kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak ?

 

Contoh durasi nyala;

lampu kuning kedip satu panjang artinya puluhan,
dan lampu kuning kedip satu pendek artinya satuan,

jika;

1 panjang 2 panjang 3 panjang 4 panjang artinya 40 (empat puluh )
1 kedipan cepat 2 kedipan cepat artinya 2 (satuan)
berarti di hitung 42

Itulah cara menghitung jumplah kedipan pada lampu indikator warna kuning yang ada di spido meter motor yamaha mio j ,mio gt dll,


lalu apa penyebabnya dan apa risikonya jika lampu tersebut di biarkan , apa ada pengruhnyaa pada peforma pada motor injeksi,

jawabanya adalah pasti ada, karena lampu indikator yang berwarna kuning berada pada spido eter tersebut memang untuk memudahka para mekanik dan memberi petunjuk jika ada masalah pada part-part atau kerusakan pada salah satu siatem injeksi tersebut,

seperti kasus atau yang kita bahas sekarang ini, tentang kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak nah dengan munculnya jumplah kode tersebut kita jadi tahu baian mana yang harus kita perbaiki jika kit nanti benar-benar bisa jadi mekani sungguhan seperti paman saya heeeee,,
😁

sekarang ap sih penyebap kode 42 ini muncul di permukaan tanah,,✌😁,hhhh lampu indikator kuning di spido meter,tersebut,kode mil 42 atau function Indicator adalah alat speed sensor,/sensor speed atau pengukur untuk kecepatan (speed sensor). efek bila laama di biarkan akan ada rusakan pada ICCU dan terjadi eror

sekali lagi jika muncul jumplah kedipan yang maanunjukan bwhwa itu kode 42 sebaiknya lakukan pemeriksaan seperti kabel speedo mete dalam keadaan baik atau rusak,atau putus

kode mil 42 yang membuat motor sering mati mendadak

saran saya sebaiknya di ganti saja dari pada main akal akalan , karena sesuatu jika sifatnya akal akalan akan mudah rusak apalgi bisa merepotkan mekaniknya ✌😁

sementara ini yang bis saya bagikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, amin,,🀲

selamat belajar