Dec 7, 2021

Persamaan diameter piston Honda

 

Persamaan diameter/lingkaran piston

Persamaan diameter piston Honda




  Dibawah nanti  ada sedikit gambaran dan  contoh yang Mungkin bisa kamu gunakan sebagai referensi sebelum melakukan perubahan pada ukuran diameter lingkaran silinder juga piston tersebut,


Hal tersebut agar kita bisa lebih berhati-hati tentunya bagi yang masih belajar atau awam seperti saya ☝️ ini heeeen.. 😁

   karena belajar adalah hal yang menyenangkan,  apalagi jika kita sama-sama mau berbagi informasi tentang apa yang sudah kita ketahui , siapa tahu bisa bermanfaat buat kita semua, dan tidak maeti menjadi master dulu dalam hal barbagi pengetahuan atau pengalaman. Agar bisa bermanfaat.

  

  Kembali ke topik tadi, kita akan membahas tentang belajar mengenal lebih dalam apa itu piston (seher) dan fungsinya, dan bagaimana kerja atau peran dari piston tersebut.

Baca juga artikel terkait: 

diameter piston motor

Piston Megapro


   Piston atau seher yang sering kita dengar di kalangan dunia otomotif, ini adalah salah satu komponen utama yang ada di dalam yang menjalankan mesin motor maupun mobil,
Pertama piston itu sendiri adalah sebagai penghisap sebuah gas yang sudah tercampur antara bahan bakar dan udara melalui karburator.


  Kedua piston berfungsi untuk pemadatan atau kompresi pada di campuran bahan bakar dan udara yang sudah tercampur di ruang silinder tersebut, dan siap untuk di ledakan.


  Selanjutnya setelah pembakaran bahan bakar yang sudah tercampur bahan bakar dan udara, lalu dari sisa pembakaran akan di keluarkan juga oleh gerakan piston tersebut.


  Itulah sedikit gambaran dari cara kerja piston yang ada dalam mesin motor maupun mobil, 

Piston Honda Tiger


  Di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan kamu sebelum melakukan pergantian pada piston motor sebelum merubah ukuran diameter silinder juga piston tersebut, atau biasa disebut oversize untuk lebih besar atau untuk di kembalikan ukuran diameternya, 

  karena jika salah sedikit ini bisa tambah runyam dan akan lebih banyak gocek yang akan di keluarkan,  Dan jika kamu suka mengoprek mesin motor kamu sendiri.

Berikut adalah beberapa persamaan diameter lingkaran piston untuk motor Honda:

Persamaan diameter piston Honda;


  1. C70 47 mm

  1. Astrea 800 47 mm
  2. Star            47 mm

  1. Prima          50 mm
  2. Grand          50 mm
  3. Impressa      50 mm
  4. Legenda       50 mm
  5. Supra            50 mm
  6. Supra X        50 mm
  7. Supra Fit      50 mm
  8. Supra XX      50 mm 
  9. Fit X               50 mm
  10. Revo               50 mm
  11. Absolute Revo 50 mm
  12. Blade                 50 mm
  13. New Blade        50 mm
  14. Scoopy              50 mm
  15. Spacy                 50 mm
  16. Beat                    50 mm
  17. Vario 110           50 mm


  1. Supra X 125  52.4 mm
  2. Kirana.          52.4 mm
  3. Kharisma      52.4 mm
  4. Vario 125.      52.4 mm
  5. PCX 125         52.4 mm



  1. PCX 150 58 mm

  1. CB 100  50.5 mm

  1. CB 125     56.5 mm
  2. GL Max   56.5 mm


Baca juga: 



  1. CB 200 55.5 mm


  1. CG 150 57.5 mm


  1. GL 100 52 mm


  1. GL Pro  61 mm


  1. CS-1    58 mm


  1. New Mega Pro 57.3 mm
  2. Verza                 57.3 mm

  1. Tiger           63.5 mm
  2. CB 150R      63.5 mm
  3. Mega Pro    63.5 mm
_Nb;

  • Perlu diingat bahwa persamaan diameter lingkaran piston di atas tadi hanyalah kesamaan tentang besar kecilnya piston tersebut, dan tidak mesti sama antara pin piston satu dengan lainnya ,  ada yang sama ada yang berbeda usahakan untuk lebih berhati-hati dalam memilih, jika kamu ingin memodifikasinya.

   


   Sementara ini dulu yang bisa saya tuliskan mengenai belajar mengenal ukuran diameter piston Honda, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲


Salam Otodidak 🀝

Persamaan diameter piston Honda

Oct 20, 2021

Blogger otodidak

Blogger pemula

Blogger otodidak
Blogger otodidak


Bagaimana kita ingin membuat situs web,atau sebuah blog, sedangkan kita tidak memiliki kemampuan dalam bidang menulis ,




Padahal kita ketahui sebuah website atau blog dan lainnya itu memerlukan sebuah tulisan atau artikel ,entah itu tentang cerita pendek (cerpen) atau informasi-informasi penting lainnya, karena blog adalah semacam website yang isi utamanya adalah sebuah konten artikel, jadi lebih banyak mengandung tulisan-tulisan yang di sajikan untuk orang-orang yang membutuhkan artikel yang kamu buat,
   Baik itu berupa sebuah tulisan tutorial seperti halnya , tips cara memasak, informasi tentang otomotif, berita , dan masih banyak lainnya ,Kalau Dari pengalaman saya sendiri selama ini, yang notabene jauh dari pengalaman menulis artikel, atau mengelola sebuah website , pasti merasa kebingungan ketika mulai membuat blog, saya sendiri sebelumnya tidak pernah mengenal apa itu blogger, dan buta tentang apa itu blogging, hanya saja pernah mendengar dari seseorang tentang blogger ,

Sedikit cerita bro..
Suatu hari ketika saya browsing internet, dan iseng-iseng mencari tahu tentang apa itu blog atau blogger, mungkin karena keasikan membaca artikel tentang apa itu blogger padahal jujur membaca gak begitu suka, namun karena tertarik dan bagaimana cara membuat sebuah blog ini

,
Artikel terkait: belajar secara otodidak

Lama-lama kok jadi penasaran, tiap ada waktu senggang saya sempatkan membaca dari berbagai sumber yang mengulas informasi tentang bagaimana sih cara membuat blog itu, mendapat informasi dari blogger-blogger yang sudah lama dan profesional, yang ternyata adalah bagaimana kita mengisi sebuah blog dengan artikel-artikel yang bermanfaat, dan bisa di baca oleh orang banyak,
Dan untuk jadi seorang blogger menurut beberapa sumber , tidak harus menjadi seorang penulis yang profesional atau seorang master dulu baru bisa membuat blog,
Yang paling penting isi dengan artikel terkait dengan cerita/pengalaman, dan ilmu pengetahuan lainnya, bisa juga kita isi dengan cerita pengalaman-pengalam yang kita miliki selama ini,

Blogger otodidak
Ilustrasi picabay

Dari itulah saya jadi berpikir Oh.. ternyata blog ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuat sebuah catatan dan bisa juga untuk jalan berbagi melalui sebuah artikel, dan bisa menjadi tempat bisnis seperti toko online dan masih banyak lainnya ,

Dan juga, kamu bisa jadikan sebuah blog itu sebagai tempat berbagi informasi atau pengalaman lainnya melalui tulisan,Perlu kita perhatikan bila kita mau belajar untuk menjadi seorang blogger tidak harus menjadi penulis master dulu, agar bisa menjadi seorang blogger, nanti tanpa kita sadari akan memperbaiki dan mengoreksi mana yang kurang baik dan memperbaiki dari sebelumnya Sampai saat ini saya pun masih terus belajar menulis, walau masih banyak artikel saya yang masih amburadul dari segi penulisannya,πŸ˜…πŸ™
Namanya otodidak jadi ya belajar dengan cara mencari informasi sendiri dengan menerapkan apa yang kita ketahui tentang dunia blogging,
Dan ingat untuk menulis sebuah artikel usahakan hasil tulisan sendiri, nanti lama kelamaan kita akan terbiasa membuat sebuah tulisan/ artikel,
Yang penting kita bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman dan apapun bisa kita bagikan melalui sebuah blog,

Blogger otodidak
Ilustrasi picabay

Dan kamu bisa jadikan sebuah blog untuk menyimpan catatan-catatan apapun dengan cara merubah setelan pribadi, artinya kamu bisa buat blog ini sebagai penyimpanan seperti halnya google Drive dan lainnya tinggal kita ingin mempublikasikan atau hanya sekadar untuk menyimpan catatan kamu itu saja,
Jika kita ingin menjadi blogger pebisnis alangkah baiknya pelajari dulu beberapa dasar-dasarnya, seperti bagaimana menata bahasa yang tepat untuk membantu dan memastikan bahwa konten yang kita miliki itu mewakili bisnis yang kamu kelola secara profesional.

Untuk hal semacam itu mungkin kamu bisa cari materi tentang bisnis di internet, atau trik-trik untuk menjadi seorang blogger profesional seperti bagaimana memahami apa itu SEO , template apa yang cocok, yang yang bisa menjadikan situs kamu menjadi profesional.
Sebuah blog juga bisa menghasilkan uang dengan menampilkan iklan dari adsense, namun kamu harus menjadi partner dari Google adsense itu dulu, ada caranya bila kamu ingin di percaya oleh google adsense tersebut, dengan cara membuat artikel atau konten-konten yang berisi hasil karyamu sendiri,

dan mematuhi peraturan yang adsense berikan, kamu bisa mendapatkan informasi apa saja mengenai adsense dengan browsing-browsing di internet berikut jika kamu ingin mendapatkan informasi dan mendaftarkan situs kamu ke  adsense mendaftar,

Dan lagi Sebuah blog juga bisa membuat menarik pengunjung dan bisa menginspirasi mereka tentang hal-hal yang kamu bagikan melalui tuliskan di dalam blog ini, ,

 Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi pemula seperti saya 😁 Salam otodidakπŸ™

Oct 12, 2021

Belajar servis motor otodidak

 hay luurr.. ketemu lagi  terimakasih atas kesetiaan mengikuti situs yang mengenai belajar bersama-sama belajar berbagi  melalui tulisanπŸ“

Belajar bengkel


Baca juga: 

 Cara cepat mekanik Otodidak

Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya belajar servis sendiri Cara servis ini untuk mengenal langkah-langkah sederhana agar mudah di pahami, sementara ini akan membahas tentang sepeda motor yang memiliki mesin 4 tak dulu nanti lain waktu kita bisa membahas untuk motor yang memiliki jenis 2tak,
berikut adalah langkah-langkah untuk memulai belajar servis sepeda motor sendiri: tentunya ini untuk yang sederhana dulu,

 Persiapan kunci-kunci

 Pertama-tama kamu persiapkan peralatan kunci-kuncinya seperti pas ring ,T, tang,obeng ,min juga plus, lalu buka penutup body motor tersebut terutama bagian yang menghalangi karburator, hal ini agar kita bisa lebih mudah untuk melakukan pelepasan karburator dari motor yang akan kita servis, 

Melepas karburator

 Yang selanjutnya bongkar karburator dan melepas satu-persatu komponen2 yang di dalam karburator tersebut cuci dengan bensin seperti spuyer-spuyer dan rumah pentilator,. Setelah semuua komponen karburator di cuci dan di jika memiliki kompresor semprot lubang-lubangnya setelah dirasa semua sudah bersih , pasang satu persatu dan tutup kembali mangkok penutup karburator tersebut,

 Penyetelan klep

Selanjutnya penyetelan pada klep atau katup kendaraan tersebut, dengan membuka penutup in maupun ex , lalu lakukan penyetelan namun sebelum itu pastikan posisi klep saat mau di stel harus keadaan bebas, (toleransi) posisi seperti ini biasa disebut (top)  atau titik mati atas, setelah sudah di pastikan lakukan penyetelan dengan mengendorkan mur pengikat atau pengunci, lalu masukan Fuller setelah dirasa cukup , keraskan kembali mur pengunci baut setelan klep tersebut, dan tutup kembali penutup klep tersebut,

Baca juga: ukuran standar klep kendaraan

 bersihkan filter udara 


Setelah itu lakukan pembersihan pada filter udara dengan melepas penutupnya setelah bosa kamu buka lakukan penyemprotan atau di bersihkan dengan kain , namun jika dirasa filter udara sudah amat kotor dan susah di bersihkan, sebaiknya di ganti, Hal ini dikarenakan peran dari filter udara pada kendaraan sangatlah penting , dan berpengaruh terhadap laju kendaraan motor tersebut, jika sudah selesai di bagian ini , pasang kembali dan baut kembali, 


Menyetel rantai motor

Setelah itu lakukan pengecekan pada rantai sepeda motor , sambil melakukan pengecekan pada rem , lakukan penyetelan rantai tersebut dengan mengendorkan mur pada as roda , setelah kendor putar baut penarik setelan atau (Drive chain) atau anting-anting, setelah selesai kencangkan lagi mur pada as roda tadi, jangan lupa cek juga kondisi kanvas rem depan belakang, jika sudah habis sebaiknya lakukan penggantian , agar tidak merusah pada rumah (tromol) dan piringan cakram tersebut,

Artikel terkait : rantai kendaraan

Pengecekan busi

Selanjutnya lakukan pengecekan pada busi motor sebelum melakukan penyetelan pada saat mesin hidup nanti, kemudian setelah busi dilepas lakukan untuk membersihkan Busi tersebut dengan menggunakan amplas, atau kawat baja, kalau sudah dirasa bersih pasang kembali,,

Sementara ini yang bisa saya tuliskan mengenai proses belajar servis sepeda motor sendiri , semoga bisa bermanfaat, untuk kita semua ,

Beranda


Jalur Pengapian Megapro


Jalur Pengapian Megapro
Jalur Pengapian Megapro

Kelistrikan yang ada di kendaraan motor adalah hal yang perlu diperhatikan, dan saya akan membahas sedikit tentang belajar membaca jalur dari pengisian hingga ke pengapian Megapro.
Dan berhubung ini sering saya jumpai problem dari teman, kali ini saya akan membahas lagi alur atau skema dari pengisian hingga ke komponen utama yaitu cdi Megapro.

Jalur Pengapian Megapro Lalu dari mana dan kemana saja jalur atau skema dari mulai warna kabel kelistrikan hingga ke pengapian Megapro, namun kali ini saya hanya Fukus di bagian ini saja yaitu jalur pengisian ke pengapian,

Sebetulnya masalh ini sudah pernah saya tuliskan di artikel sebelum-sebelumnya tentang sistem pengapian, tapi tidak apa ini saya buat untuk kendaraan Megapro, dan akan saya bagikan skema atau gambar dari pengisian ke pengapian motor tersebut (Megapro)Perlu di perhatikan untuk motor ini (Honda Megapro) ini mempunyai dua sekring yang satu untuk pengisian yang satunya untuk kontak atau posisi on ,
Biar lebih mudah untuk di pahami nanti dibawah kamu bisa melihat alurnya dari pengisian hingga ke pengapian motor Megapro. Coba simak dibawah ini,


Jalur Pengapian MegaproJalur pengisian Megapro

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa baterai (aki) memiliki peran Yang sangat penting dalam menstabilkan semua kelistrikan yang ada di motor ini,
Bagaimana jika baterai atau aki soak atau mati ? Pastinya ini akan mengganggu kinerja dari komponen-komponen kelistrikan yang ada pada motor tersebut. Kerja regulasi /kiprok semakin berat , belum lagi ke komponen yang sangat penting yaitu CDI,
Hal tersebut dikarenakan CDI di motor ini atau semua motor yang memiliki jenis pengapiannya DC atau (Direct Current) membutuhkan arus listrik yang stabil tidak naik dan turun,
Kadang kita terlalu menyepelekan tanpa aki mesin tetep bisa hidup atau jalan, namun jika kendaraan motor sudah mengalami kerusakan pada beberapa komponen ini justru akan membuat biaya lebih banyak lagi lagi kan,


Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan πŸ˜…
Sementara ini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat sobat yang baru memulai otak otak Atik sendiri



Sep 17, 2021

Penyebab Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup

Motor terasa getar

  
Ganti laker bandul

      Selain untuk keperluan transportasi agar mempersingkat waktu ,Berkendara dengan sepeda motor, itu juga sangat menyenangkan bukan , Akan tetapi bagaimana jika kenyamanan saat mengendarai motor tersebut terganggu oleh getaran-getaran motor yang amat kuat yang kita rasakan dari mesin motor tersebut, hal ini tentunya sangat menggangu kenyamanan saat kamu berkendara atau melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring dan sebagainya.


perlu kita ketahui getaran-getaran tersebut bisa jadi hanya masalah yang sangat sepele tapi juga bisa dari masalah yang amat serius seperti as kruk,

  • Baca juga:


✍️  bergetar saat mengendarai memang terasa tidak nyaman, apalagi getarannya sampai membuat kita risih (gak nyaman) ini perlu untuk diperhatikan dan di waspadai lur..
Namun sebelum kita memvonis masalah berat yang terdapat di dalam mesin motor tersebut, alangkah baiknya jika kita mau mengeceknya terlebih dahulu, dari hal yang ringan-ringan dulu, kamu bisa periksa dulu di bagian seperti berikut ini,

  • Arem atau supit 

Arem grand


Arem atau supit, ini juga perlu diperhatikan tidak menutup kemungkinan Arem/supit bisa jadi biang kerok dari  penyebab getaran-getaran pada kendaraan motor kamu, bisa jadi baut atau as supit ini kendor , jika ini benar kendor lakukan pengencangan pastikan arem sudah kencang dengan benar,

  selanjutnya kamu bisa cek atau periksa bos"bosan Arem/supit yang menjadi rumah dari as arem/ supit tersebut,
Jika sudah mengalami oblak atau aus solusinya adalah ganti bos-bosan arem tersebut ,
Karena jika tidak diganti, percuma saja kita melakukan pengencangan mur pada baut arem tersebut, 

  • Pangkon gantungan mesin:



Pangkon


       Selanjutnya pangkon dar tempat menaruh mesin atau tempat untuk menggantungkan body mesin tersebut, Ini juga bisa jadi penyebab motor terasa getar saat mesin hidup.

   Nah..Sebelum kita mengarah ke hal yang serius lainnya , bagian-bagian ini juga perlu kita lakukan pemeriksaan, hal tersebut dikarenakan bila baut dari pangkon mesin mengalami kendor atau kurang kencang , ini juga bisa membuat Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup,  
Perlu diketahui selain mesin yang menjadi faktor penyebab getaran pada motor ini juga bisa juga menjadi viang kerok munculnya getaran-getaran saat mesin hidup, 

Pangkon mesin


Intinya:
Apa saja yang perlu kita perhatikan saat mengalami hal-hal yang seperti di atas,  periksa dulu dari hal yang ringan dulu, sebelum kita benar-benar membawanya ke bengkel

  Kendaraan motor terasa bergetar saat mesin hidup memang itu banyak kemungkinan dari mulai hal sepele sampai hal yang serius, 

Jika dirasa pengecekan atau pemeriksaan di atas sudah dilakukan, dan motor tetap terasa ada getaran yang tidak wajar sebaiknya di bawa ke tempat orang-orang yang sudah ahlinya atau ke bengkel terdekat , agar bisa di periksa si mekanik bengkel tersebut, 

 Peterasa seperti dari dalam mesin motor kita.sebab itulah perlunya kita memeriksa sendiri dari bagian ringan, seperti pemeriksaan  yang kita lakukan di atas, 
walaupun itu bisa terjadi karena proses dari kerja mesin tersebut, yang menimbulkan efek getaran yang amat kuat,
Namun kita juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya ,

Ini membutuhkan pegangan atau pangkon" yang kuat, untuk menaruh mesin pada rangka motor tersebut
Hal yang perlu kita lakukan jika motor terasa getar adalah ,
Kita perlu cek dan periksa dulu seperti baut pada pangkon mesin tersebut bisa jadi baut pangkon mesin kondisi kendor atau keropos,

Karena jika dirasa cukup kuat dan keras, dan terus di biarkan ini akan menjadi masalah besar dan berakibat fatal, pada kendaraan motor kamu.


Jika pengecekan pada bagian-bagian yang ringan sudah dilakukan , namun motor tetap terasa bergetar kuat saat di kendarai,
Perlu kita perhatikan getaran pada motor tersebut getaran yang wajar atau tidak normal, jika benar-benar dirasakan tidak normal , ini sudah dipastikan masalah pada mesin motor tersebut,

  • Penyebab Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup
Motor ada getaran-getaran yang kuat saat mesin hidup atau  dikendarai, ini memang bisa  terjadi di karenakan beberapa faktor atau penyebab getaran tersebut, 
  Seperti  hal yang berat getaran saat mesin hidup ini bisa saja efek dari as kruk bandul tersebut,Hal tersebut dikarenakan jika kendaraan motor mengalami getaran kuat yang berasal dari mesin yang patut di waspadai adalah dari bagian kruk as (bandul), 

  Bearing atau laker pada as kruk (bandul) jika aus dan oblak ini akan menjadi Penyebabnya bandul as kruk yang tidak seimbang dan putaran bandul kruk as yang tidak seimbang mengakibatkan oleng dan timbul getaran pada motor tersebut ,

  • Selain faktor ringan seperti yang sudah saya tulis di atas seperti, 
Pengecekan arem atau supit,
Pengecekan pangkon atau dudukan mesin ,
Penyebab yang paling berat adalah as kruk , bearing (laker) yang membuat bandul berputar tidak normal (oleng) 


Penyebab semua ini bisa dari kurangnya kita merawat kendaraan terutama di bagian mesin tersebut, seperti halnya, tidak rutin mengganti PELUMAS akhirnya bearing atau laker bandul menjadi aus atau rusak,dan harus minta di ganti,

Itulah sebabnya pentingnya kita merawat kendaraan motor terutama di bagian mesin tersebut, agar kita terhindar dari semua itu sebaiknya lakukan servis secara rutin ganti pelumas secara rutin , agar motor kita tetap dalam keadaan prima,

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi mengenai penyebab getaran pada kendaraan motor, 

Salam otodidak