Mar 1, 2023

Jalur kiprok Yamaha Honda Suzuki

Jalur kiprok Yamaha Honda Suzuki
Kiprok Yamaha Mio

Berikut adalah cara mengenali jalur dan posisi kabel juga warnanya melalui posisi skun-skun yang ada di bagian kiprok, serta perbedaan antara posisi kiprok Yamaha Honda Suzuki
Bentuk soket sama antara kiprok Yamaha Honda Suzuki untuk kiprok model ini atau kaki 4( empat ) seperti gambar di atas tadi ada urutan angka-angka yang memiliki fungsi dan tujuan masing-masing (1234)Untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana caranya agar bisa melihat perbedaan antara jalur kiprok Yamaha Honda Suzuki dan bagaimana jika kondisi darurat dan cara menyiasati pemasangan yang bukan miliknya,


Berikut ini adalah beberapa contoh gambar yang mungkin bisa membantu kamu untuk memodifikasinya ;

Yang penting untuk belajar jangan tegang biar tidak panik sambil di sruput ☕ nya dulu,

Contoh kiprok Yamaha:

Kiprok Yamaha Honda Suzuki

Contoh di atas seperti:

Yamaha Mio  Jupiter dkk

  1. Kabel hitam untuk negatif (massa) 
  2. Kabel putih untuk pengisian dari spul
  3. Kabel merah dari aki ke kontak 
  4. Kabel kuning dari spul ke kiprok dan lampu


Kiprok Yamaha Honda Suzuki

Contoh di atas seperti:

Supra lama ,fit, grand, GL PRO , MAX dkk

  1. Kabel merah positif aki ke kontak
  2. Kabel kuning dari spul ke kiprok dan lampu
  3. Kabel hijau untuk negatif (massa)
  4. Kabel putih untuk pengisian 



Kiprok Yamaha Honda Suzuki
Contoh di atas seperti:

Shogun, RC bravo, tornado, smash dkk

  1. Kabel hitam putih untuk negatif (massa)
  2. Kabel putih untuk pengisian
  3. Kabel merah untuk positif aki dan kontak
  4. Kabel kuning dari spul ke kiprok dan lampu

Untuk Suzuki dan Yamaha ada kesamaan yang membedakannya adalah warna kabel saja 


Selamat belajar semoga bermanfaat 
Salam otodidak ☕

Feb 27, 2023

Acara cb raleren pare kediri

3 Dekade + 1 cb Raleren pare in solidarity present.


Acara cb raleren pare kediri
CB RALEREN PARE KEDIRI


Halo... sobat pecinta CB , kita akan bertemu kembali dengan dulur-dulur semua di acara ,
3 Dekade + 1 cb Raleren pare in solidarity present.

Yang beberapa waktu lalu sempat tertunda namun, kini kita akan bertemu dengan sedulur dulur pecinta CB.

Untuk Bersolidaritas , pada tanggal,
  •  5 MARET  2023 
Yang berlokasi di tempat :
  • LAPANGAN MANGLI PUNCU KAB.KEDIRI, 

Acara cb raleren pare kediri


 

MUNGKIN ANDA CARI INI

Sedikit informasi dari panitia akan saya sampaikan kepada para calon peserta yang belum sempat daftar bisa SEGERA mendaftarkan ,

Dan langsung menghubungi kontak di bawah ini, atau yang sudah mendaftarkan namun belum ada respon dari panitia, peserta bisa menghubungi ;

INFO CONTEST:

  • BRO Rama   : ( 0812 4931 5391  )
  • BRO Azis paijo  : ( 0857 3682 0571 )
  • BRO Wawan  : ( 0857 3514 7177 ) 

Kegiatan lainnya;

  • Baksos,Santunan anak yatim,
  • Bantuan alat sekolah untuk murid2 sd,
  • pembagian sembako
Demikian informasi yang bisa kami sampaikan , dan sampai bertemu di acara :

 " ANNIVERSARY CB RALEREN PARE "


Dengan tema :
3 Dekade + 1 cb Raleren pare in solidarity present.

Nb; NO MIRAS,NO BLEYER
Salam Seduluran Selaware

Feb 24, 2023

Belajar otomotif dengan alat seadanya

Belajar bengkel motor otodidak



Halo.. Lama gak nulis sekali nulis gak lama alias kesusu(tergesa-gesa) heeeheπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
berhubung sehabis kerja dan waktu masih sore.. dan suadana hujan-hujan gini enak buat nulis apa ya...

Oh... Ya akhir--akhir ini banyak yang bertanya tantang keinginan belajar otomotif namun tidak memiliki modal atau ada keterbatasan lainnya,
Kita tahu Dalam otomotif, yang beberapa tahun ini banyak peningkatan jumlah peminat belajar otak-atik mesin motor,

Belajar otomotif dengan alat seadanya

Dari mulai usia muda hingga dewasa pecinta otomotif yang dalam hal ini minat anak muda yang ingin belajar bongkar pasang sendiri memang banyak,

  • Baik itu anak muda yang notabene merupakan pelajar dari kejuaraan maupun anak-anak yang putus sekolah, atau hanya bisa sekolah tidak sampai setingkat kejuaraan,

   kebetulan Akhir-akhir ini banyak anak-anak yang mengeluhkan tidak memiliki alat-alat penunjang yang mungkin mereka maksud alat-alat seperti yang ada di sekolah-sekolah kejuruan , yang serba lengkap,


Baca juga:


Namun tidak sedikit yang patah semangat hanya gara-gara seperti ini,
Sebenarnya jika saya boleh kasih saran, terutama untuk anak-anak yang mungkin tidak bisa melanjutkan sekolah setingkat kejuruan, atau yang putus sekolah , sebetulnya hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk tidak meneruskan pembelajaran, dalam hal ini tentang otomotif,

Memang benar alat-alat lengkap seperti pendeteksi kerusakan yang digunakan untuk motor-motor injeksi, dan alat-alat Penting lainnya seperti alat untuk mengukur kompresi, pengukur pengapian, dan lain sebagainya,

Menggunakan alat bantu tersebut untuk belajar yang memang di perlukan dan bisa membantu kelancaran proses pembelajaran,Tujuannya dari alat itu untuk mencapai ketepatan pada setingan-setingan di mesin tersebut supaya bisa maksimal, 

 

Kembali lagi seperti yang sudah saya katakan di atas tadi , hal yang paling penting dalam sebuah pembelajaran jika kamu benar-benar ingin dan mau belajar namun tidak memiliki pendukung seperti alat-alat lengkap mungkin kita bisa cobain saran ini,

Yang harus diperhatikan adalah:

  • Niat ( keinginan )
  • ketekatan
  • Kedisiplinan
  • Keuletan
  • Kesabaran
  • Belajar memahami

Belajar otomotif dengan alat seadanya

Belajar otomotif secara otodidak





perlu diketahui , bahwa yang menjadikan hasil yang maksimal bukan dari segi banyak atau lengkapnya alat-alat pendukung ya bro,

Jika kamu tidak memiliki atau serba kekurangan dalam hal alat, jangan patah semangat yang paling penting , belajar memahami apapun yang kita lakukan dan kita kerjakan,
bila tidak mampu beli alat, tidak usah dipaksakan , yang terpenting tujuannya memahami bagian-bagian yang di perlukan alat tersebut,
Kambali lagi yang paling penting belajar.memahami setiap komponennya , fungsi-fungsinya,

Perlu diperhatikan disini , dalam bidang apapun yang paling penting adalah bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut dengan sungguh-sungguh, dan tak kalah pentingnya adalah cintailah bidangnya , karena dengan kita mencintai bidang yang sedang kita jalani insya Alloh akan tercapai,bila tidak mampu beli alat, tidak usah dipaksakan , yang terpenting tujuannya memahami bagian-bagian yang di perlukan alat tersebut,
Kambali lagi yang paling penting belajar.memahami setiap komponennya , fungsi-fungsinya,

Perlu diperhatikan disini , dalam bidang apapun yang paling penting adalah bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut dengan sungguh-sungguh, dan tak kalah pentingnya adalah cintailah bidangnya , karena dengan kita mencintai bidang yang sedang kita jalani insya Alloh akan tercapai,


berhubung waktu udah petang...Sementara ini dulu ya bro.. ingat tetap desemang untuk belajar apapun kondisinya tetap semangat, jangan lupa berdo'a ,

Wassalam..

Jan 31, 2023

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup,

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup

penyebab semacam ini sering terjadi, dan kebanyakan Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup baik itu
distarter maupun kita engkol,
padahal aki baru otomatis setrum juga besar ,
Salah satu yang sering terjadi jika kita sudah menghidupkan dengan cara pakai tombol start dan pakai engkol tetep gak bisa ,

Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup


ini biasanya ada masalah di bagian Swift satndar samping,
Namun sebelum mengarah ke situ Untuk memastikan penyebab utama motor Honda Beat injeksi gak 
bisa hidup,
kita coba mulai cara tahu ciri-cirinya jika masalah ada pada switch standar nya dengan cara kita tes 
tombol klakson , jika bunyinya keras, baru kita mulai mengeceknya di bagian bawah dasbor nya


Penyebab Honda Beat injeksi gak bisa hidup


Karena posisi jalur Swift standar memang berbeda di bagian bawah,Selanjutnya kita lihat dua kabel Swift standar yang berwarna hijau putih, yang posisinya berada di bawah di belakang selebor depan,Penyebab ini biasanya yang sering terjadi adalah putus d, jika kabel yang berwarna hijau putih ini putus , dan motor tak kan bisa hidup
Putus nya kabel tersebut kebanyakan karena posisinya yang berbeda dibagian bawah, yang rentan di makan tikus,
Swift ini yang berfungsi sebagai memutus arus dari soket distributor koil yang artinya motor Honda Beat injeksi ini ada pengaman tambahan di bagian standar nya, Sementara ini dulu yang bisa kita pelajari , semoga bermanfaat untuk kita semua.


Jan 29, 2023

Warna kabel soket CDI grand dan supra

CDI (Capacitor Discharge Ignition)
berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol pada pengapian kendaraan bermotor ,seperti sistem pengapian sebelumnya platina,

Warna kabel soket CDI grand
pemanis


Baca juga:  cara-bikin-jalur-klakson-motor-sendiri



Salah satu komponen yang sangat penting untuk kita ketahui pada sepeda motor adalah CDI (Capacitor Discharge Ignition)Warna kabel soket CDI grand
CDI berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol pada pengapian kendaraan bermotor, yang menjadi pengganti dari sistem pengapian manual platina,
Sistem pengapian tipe ektronik ini dirasa lebih simpel dan tidak repot-repot untuk menyetel ulang seperti platina,


Warna kabel soket CDI grand


CDI (Capacitor Discharge Ignition) Pada dasarnya adalah sama seperti platina sama-sama berperan sebagai pengatur atau pengontrol waktu terjadinya percikan bunga api pada ujung busi,

Artikel terkait:  manfaat belajar kelistrikan sepeda motor


Berikut ini CDI pada kendaraan motor honda yang memiliki kesamaan dengan beberapa jenis motor Honda lainnya

  • Untuk motor honda jenis lainnya seperti:

  1. Honda Star
  2. Honda Astrea Prima
  3. Honda Legenda
  4. Honda Supra Series
  5. Honda Revo
  6. Honda Win 100

Dan dibawa ini adalah Warna kabel soket CDI grand dan beberapa jenis motor Honda lainnya seperti supra x ,yang memiliki kesamaan seperti daftar di atas.


Warna kabel soket CDI grand

Dari gambar di atas kita pelajari bagian warna kabel soket CDI dari tempat angka-angkanya  seperti: 

  1. Dari spul ac
  2. Menuju ke arah kontak
  3. Mengarah ke massa
  4. Tersambung dengan pulser
  5. Menuju ke arah koil